TOP 10 KELUHAN PADA GIGI

by Drg. Marsellina

SAKIT GIGI

Bila mulut atau  rahang anda sakit, dapat berasal dari sakit gigi. Sakit gigi biasanya mengindikasikan adanya lubang gigi, penyakit gusi, pertanda adanya abses atau gigi impaksi. Sakit gigi harus dievaluasi oleh dokter gigi agar dapat dievaluasi dan diketahui penyebabnya, serta mencegah kondisi yang lebih parah.

MH_toothache

GIGI SENSITIF

Bila gigi anda sakit saat mengkonsumsi minuman panas/dingin, anda mungkin mengalami gigi sensitif.Hal ini dapat menjadi gejala awal dari kerusakan gigi, fraktur gigi, tambalan lama yang aus/ terkikis, penyakit gusi, atrisi/abrasi yang berhubungan dengan resesi gusi. Perawatan dilakukan tergantung dari sumber sensitivitasnya, yang dapat diketahui setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter gigi.

MH_sensitive_teeth

GUSI MUDAH BERDARAH

Gusi yang mudah berdarah seringkali menjadi gejala awal dari radang gusi (gingivitis), penyakit gusi atau hanya karena menggosok gigi terlalu keras. Bila gusi anda berdarah terus menerus, sebaiknya periksakan ke dokter gigi anda.

MH_gum_disease

LUKA PADA MULUT

Luka pada mulut sangat lah beragam, seperti pada kanker, leukoplakia ataupun kandidiasis. Luka pada mulut dapat juga menjadi gejala dari penyakit tertentu, infeksi bakteri, virus, atau jamur, atau bisa juga disebabkan oleh  iritasi karena penggunaan kawat gigi, gigi tiruan atau permukaan gigi yang patah atau tambalan yang tajam.

MH_canker_sore

BAU MULUT

Bau mulut dapat berasal dari apa yang anda makan, pembersihan mulut yang kurang baik, mulut kering, merokok atau kondisi medis lainnya. Bau mulut yang persisten juga dapat menjadi salah satu pertanda dari penyakit gusi. Menggosok gigi 2x sehari dan flossing menggunakan benang gigi sangatlah penting untuk mengurangi bau mulut dan mencegah penyakit gusi. Jangan lupa untuk menggosok lidah anda juga.temui dokter gigi anda untuk mengatahui penyebab dan solusi nya.

MH_bad_breath2

SAKIT PADA RAHANG

Banyak hal dapat menyebabkan keluhan seperti ini, sehingga sulit untuk didiagnosa. Kemungkinan yang dapat terjadi seperti masalah pada sinus, sakit gigi, arthritis, kecelakaan, bruxism/clenching, radang gusi atau masalah dengan rahang / TMJ anda. Dokter gigi anda akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, termasuk dilakukan rontgen foto, untuk mengetahui sumber rasa sakit tersebut.

MH_jaw2

MULUT KERING

Jika anda mengalami kondisi mulut kering, dapat menjadi gejala dari kelainan medis atau efek samping dari pengobatan yang sedang dijalani. Air liur merupakan pertahanan utama mulut terhadap kerusakan gigi. Air liur membersihkan mulut dari makanan dan kotoran lainnya, menetralkan asam yang diproduksi oleh bakteri di dalam mulut dan memberikan zat pelindung dari penyakit secara menyeluruh.

MH_dry_mouth-2

INFEKSI AKIBAT TINDIK PADA MULUT (ORAL PIERCING)

Tindik pada mulut dapat mengakibatkan serangkaian masalah untuk kesehatan anda. Mulut anda dapat menjadi sarang bakteri yang menciptakan tempat ideal bagi infeksi. Jika anda merasakan gejala-gejala infeksi seperti bengkak, sakit, demam, meriang atau kemerah-merahan yang muncul di daerah sekitar tindikan tersebut, hubungi dokter gigi anda segera

MH_oral_piercing_2

GIGI PATAH

Penyebab gigi patah dapat bermacam-macam, karena struktur gigi yang rapuh, kebiasaan bruxism/clenching, atau kecelakaan. Patahan dapat terlihat dengan mata telanjang atau dengan rontgen foto, dapat menimbulkan sakit dan permasalahan yang makin kompleks bila dibiarkan tidak terawat. Bila anda merasa sakit saat mengunyah, temui dokter gigi anda. Mereka dapat membantu mendiagnosa penyebab dan memberikan solusi perawatan untuk anda.

MH_small-crack

PERUBAHAN WARNA GIGI

Suatu saat, gigi anda dapat menjadi kecoklatan akibat stain atau berubah warna. Hal ini biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman tertentu, seperti kopi, teh, merokok, usia, genetik, kecelakaan atau pengobatan tertentu. Pembersihan stain atau pemutihan gigi dapat dijadikan pilihan perawatan untuk membuat warna gigi anda lebih bersih dan cerah, tentu saja di bawah pengawasan dokter gigi anda.

MH_teeth_stains

(Artikel dan gambar diambil dari www.mouthhealthy.org)

"Tips mudah menjaga tambalan gigi tetap awet" (Cavity Filling Aftercare)

by drg. Trini Santi Pramudita, SpKG

1

Anda baru saja menambal gigi dengan resin komposit?

Dapat dikatakan anda telah membuat keputusan yang tepat untuk meningkatan kesehatan rongga mulut anda. Keunggulan resin komposit adalah estetik, kekuatan yang baik dan pembuangan jaringan gigi yang minimal. Namun tahukah anda bagaimana menjaga supaya tambalan ini tetap awet? Karena sebagian besar bergantung dari pemeliharaan anda dirumah. Berikut beberapa hal yang dapat dijadikan pedoman untuk anda:

•      Setelah penambalan, kapankah boleh dipakai makan?

Tambalan resin komposit akan segera mengeras setelah penyinaran pada proses menambal. Maka, sepulang dari dokter gigi anda tidak perlu ragu menggunakannya langsung untuk mengunyah.

•    Penggunaan anestesi lokal

Bila pada saat penambalan disertai anestesi lokal/bius, umumnya rasa baal tersebut masih menetap dalam beberapa jam. Lebih baik untuk makan setelah rasa baal hilang untuk menghindari tergigitnya lidah atau pipi secara tidak sengaja.

•   Gigitan terasa “mengganjal/tinggi”?

Bila tambalan terasa mengganjal atau tinggi dibanding gigi lainnya, maka mungkin anda merasa tidak nyaman dan sensitif saat mengunyah. Tidak perlu khawatir, periksakan kembali ke dokter gigi anda apakah  perlu dilakukan pengasahan untuk penyesuaian gigitan / occlusal adjustment.

•  Adanya peningkatan sensitivitas

2

Sensitif terhadap tekanan, udara, atau minum dingin setelah ditambal adalah  hal yang umum terjadi dan normal.

Bila memang hanya ini penyebabnya, maka dalam beberapa hari sensitivitas akan semakin berkurang dan terus membaik.

3

Namun bila rasa ini tidak membaik setelah dua minggu atau semakin tajam, maka sebaiknya diperiksakan kembali. Pada lubang yang dalam dan dekat dengan saraf gigi, maka bakteri bisa saja sudah masuk terlalu dalam dan merusak saraf gigi. Dalam keadaan ini, maka gigi memerlukan perawatan saluran akar.

• Pemeliharaan sehari-hari yang baik

Tidak perlu takut merusak tambalan akibat menyikat gigi. Justru menyikat gigi dengan teratur akan mencegah penumpukkan sisa makanan dan plak yang menempel pada gigi yang merusak tambalan.

6

Begitupula dengan pasta gigi. Peran pasta gigi selain untuk membantu menghilangkan plak dan sisa-sisa makanan pada saat penyikatan gigi tersebut, kandungan fluoride di dalamnya akan membunuh kuman penyebab gigi berlubang dan membantu proses perbaikan mineral gigi. Untuk gigi berjejal maupun sela-sela gigi yang sulit dibersihkan, gunakan dental floss atau obat kumur.

•    Sadari apakah anda memiliki bad habit?

Umur tambalan juga dipengaruhi oleh kebiasaan pasien mengunyah, menggigit, atau grinding gigi pada saat tidur. Keadaan ini dapat menyebabkan tambalan lebih cepat pecah dan aus. Pada kondisi ini, konsultasikan dengan dokter gigi anda mengenai penggunaan night guard.  Hindari juga makanan yang terlalu keras seperti kacang, atau menggigit apel dengan gigi depan yang memiliki tambalan besar.

4

Minum-minuman seperti : teh, kopi, soda, sebaiknya dihindari, karena dapat menodai daerah yang telah ditambal dengan komposit.

Begitu pula dengan merokok, karena penggunaan tembakau dapat merubah warna gigi.