APA ITU FISSURE SEALANT ??

by drg. Ricke Santoso

Gigi belakang ternyata merupakan gigi yang paling sering mengalami karies/ bolong baik pada gigi susu maupun gigi tetap. Hal ini disebabkan karena gigi belakang memiliki banyak fissure.  Fissure sebenarnya merupakan bentuk anatomi normal dari gigi yang berbentuk seperti parit-parit kecil yang terdapat pada permukaan kunyah gigi-gigi belakang. Pada beberapa orang, bentuk fissure ini cukup dalam sehingga menyebabkan plak dan sisa makanan dapat menempel di daerah tersebut sulit dibersihkan dengan sikat gigi . Hal ini menjadikan parit tersebut merupakan tempat yang paling rentan mengalami karies.

Pit and fissure sealant atau yang lebih dikenal dengan nama FISSURE SEALANT adalah sebuah bahan yang diaplikasikan pada parit tersebut sehingga tercipata lapisan tipis yang berguna untuk menjaga permukaan kunyah gigi bebas dari karies. Dengan bahan sealant ini, fissure yang dalam akan ditutup sehingga tidak lagi menjadi tempat perlekatan plak dan sisa makanan dan gigi menjadi lebih mudah dibersihkan.

Sealant ini akan sangat berguna jika diaplikasikan pada gigi anak-anak untuk mencegah terjadinya karies pada gigi belakang. Gigi belakang permanen (gigi molar tetap) akan tumbuh di usia 6 tahun, dan pada saat itu pula tingkat kesadaran anak usia 6 tahun untuk membersihkan giginya masih kurang. Selain letak gigi tersebut yang berada di paling belakang sehingga gigi tersebut sulit dibersihkan dengan sikat gigi, anak-anak juga sering mengkonsumsi makanan manis. Jadi sebelum terjadi karies, sangat direkomendasikan agar giginya diberi fissure sealant, terutama pada anak yang memiliki resiko karies yang tinggi. Lain halnya dengan gigi susu, yang jika tanggal akan tumbuh gigi penggantinya, gigi tetap tidak ada penggantinya lagi. Oleh sebab itu, diperlukan perhatian ekstra untuk menjaga gigi tersebut sejak usia dini. Disarankan untuk berkonsultasi dengan tim dokter gigi kami agar mendapat tindakan pencegahan terhadap karies sedini mungkin, terutama bagi anak yang rentan mengalami karies.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>