Perawatan Kosmetik Gigi (Cosmetic Dentistry)


foto smile

A Smile

A Smile Costs Nothing,
but gives much.
It enriches those who receive
without making poorer those who give.
It takes but a moment
but the memory of it sometimes lasts forever.
None is so rich and mighty that he can get along without it,
and none is so poor that he cannot be made rich by it.

A Smile creates happiness in the home,
fosters goodwill in business,
and is the countersign of friendship.
A smile brings rest to the weary,
cheer to the discouraged, sunshine to the sad,
and it is nature’s best antidote for trouble.

Yet it cannot be bought, begged, borrowed or stolen,
for it is something that is of no value to anyone
until it is given away.

Some people are too tired to give you a smile,
Give them one of yours,
as none needs a smile so much
as he who has no more to give.

Anon

Semua orang pasti menginginkan senyum yang cantik dan sempurna. Gigi yang cantik akan membuat penampilan kita menjadi lebih menarik, lebih percaya diri dan terlihat lebih muda . Menurut survey Emnid (2002), gigi yang cantik memberikan dampak yang paling besar pada penampilan seseorang baru kemudian disusul dengan kecantikan kulit, tubuh yang indah dan rambut yang indah.

Kriteria gigi yang cantik adalah:

  1. Gigi harus sehat terlebih dahulu.
  2. Susunan, bentuk dan warna gigi baik.
  3. Gigi harus dapat berfungsi dengan baik

Ketiga kriteria ini harus ada dan tidak terpisahkan untuk memperoleh kosmetik gigi yang ideal.
Ilmu yang mempelajari kosmetika gigi disebut dengan Cosmetic Dentistry. Cosmetic Dentistry adalah ilmu dan seni yang mempelajari bagaimana mempercantik senyum yang dapat mengubah penampilan kita.
Banyak orang berpendapat prosedur perawatan kosmetik gigi hanya memperbaiki kecantikan saja. Pendapat itu salah. Sesuai dengan tiga kriteria gigi yang cantik ideal di atas, maka tujuan perawatan kosmetik gigi tidak hanya mengubah gigi menjadi cantik natural atau mengubah penampilan senyum seseorang, tetapi juga gigi itu harus menjadi sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Bahan yang digunakan harus yang kuat dan dapat bertahan lama.

Saat gigi yang sudah cantik itu digunakan untuk mengunyah dan berbicara maka kontak semua gigi harus baik sehingga dapat berfungsi dengan baik dan ideal.

Hasil perawatan kosmetik gigi akan memberikan makna bagi kehidupan pribadi seseorang dan menunjang profesionalisme sehingga tampil lebih percaya diri, kuat, gembira sehingga dapat diterima di lingkungan dan memiliki banyak relasi / sahabat.

Banyak dokter gigi yang mengerjakan kosmetika gigi tanpa memiliki keahlian khusus sehingga banyak kasus kosmetik gigi yang tidak tertangani dengan teknik, keahlian dan proses yang up to date.

Sebagai pasien kita harus dapat meyadari dan memilih tenaga drg yang tepat . Keberhasilan perawatan kosmetik gigi tergantung pada keahlian drg , penggunaan bahan dan lab yang berkualitas tinggi.
Apakah anda membutuhkan perawatan kosmetik gigi? Berdirilah di depan cermin kemudian tersenyum kecil dan lebar. Cobalah dari berbagai sudut.

Berikut ini adalah alasan-alasan yang paling sering dikemukakan mengapa orang tidak puas dengan senyum mereka sehingga memerlukan perawatan kosmetik gigi.

foto gigi1
Apakah ada space / diastema pada gigi depan ?

fotogigi2
Apakah warna gigi yang tidak baik?
Biasanya ini terjadi karena konsumsi antibiotika jenis tetrasiklin saat terjadi pertumbuhan gigi

fotogigi3

Apakah bentuk dan susunan gigi tidak baik?

fotogigi4
Apakah gusi lebih banyak terlihat saat tersenyum / gummy smile?

fotogigi5
Apakah bentuk dan tinggi gusi tidak teratur?

fotogigi6
Apakah ukuran gigi terlalu kecil?

fotogigi7
Apakah ukuran gigi terlalu panjang?

fotogigi8
Apakah susunan gigi tidak baik?

fotogigi9
Apakah midline gigi depan tidak tepat di tengah garis muka dan hidung?

fotogigi10
Apakah gigi taring terlihat menonjol & panjang?

fotogigi11
Apakah gigi mengalami atrisi / aus?

fotogigi12
Apakah ada gigi-gigi yang hilang?

fotogigi13

Apakah gusi terlihat turun?

fotogigi14
Apakah tambalan lama sudah terlihat buruk?

fotogigi15
Apakah crown gigi terlihat palsu dan tidak natural?

fotogigi16
Apakah gigi terlihat berubah warna setelah perawatan saraf gigi?

fotogigi17
Apakah ada beberapa gigi yang rusak karena erosi?

fotogigi18
Apakah gigi depan tampak maju ?

fotogigi19
Apakah gigi-gigi mengalami karies yang cukup luas?

fotogigi20
Apakah ada tambalan lama yang perlu diganti?

fotogigi21
Apakah masih memiliki gigi susu yang tidak tanggal?

fotogigi22
Apakah ada bintik putih / white spots karena hypokalsifikasi?

fotogigi23
Apakah ada gigi yang overlap?

fotogigi24
Apakah rahang bawah terlihat lebih maju?

fotogigi25
Apakah gigi mengalami abrasi karena pemakaian sikat gigi?

fotogigi26
Apakah insisal / ujung gigi terlihat aus?

fotogigi27
Apakah ada kelainan bentuk enamel / mottled enamel?

fotogigi28
Apakah ada gigi yang tidak ada karena kongenital / bawaan.

fotogigi29
Apakah insisal gigi terlihat tipis?

fotogigi30

Apakah anda ingin mengubah tambalan amalgam lama dengan tambalan putih natural sewarna gigi ?

Jika salah satu jawaban di atas adalah ya, maka anda membutuhkan perawatan kosmetik gigi. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan drg kosmetik. Perawatan kosmetik gigi tidak selalu berdiri sendiri , terkadang membutuhkan tindakan drg spesialis lain terlebih dahulu seperti implant dan ortodonti. Setelah prosedur implant dan ortodonti selesai, barulah drg kosmetik menyelesaikan dan menyempurnakannya.

Ada beberapa tindakan perawatan kosmetik gigi seperti:

  1. Whitening /Pemutihan Gigi : Untuk memperbaiki warna gigi agar terlihat lebih cerah dan natural. Ada beberapa metode whitening seperti dengan sinar, dilakukan sendiri di rumah dengan pengawasan dokter gigi dan kombinasi keduanya. Prosedur ini aman dan tidak ada efek samping jika dilakukan dan diawasi oleh dokter gigi. Warna gigi yang cerah dan natural membuat senyum menjadi cantik , segar dan lebih muda dari usia sebenarnya.
  2. Bonding: untuk memperbaiki bentuk gigi yang sedikit gompel, gigi yang karies dan gigi yang diastema / bercelah. Selain dapat memperbaiki bentuk gigi, bonding juga dapat memperbaiki warna gigi.
  3. Porcelain Veneers: pada beberapa kasus yang tidak dapat dirawat dengan bonding, maka porcelain veneers pilihannya. Prosedurnya cepat, painless dan hasil yang memuaskan. Porcelain veneers dapat memperbaiki bentuk gigi, warna gigi, susunan gigi dan ukuran gigi. Prosedur ini sangat popular karena hasil yang memuaskan tanpa membuang banyak jaringan gigi. Jaringan gigi yang diambil hanya setebal kulit telur, dicetak dan porcelain dikerjakan di lab, biasanya selesai dalam satu minggu.
  4. Porcelain Crown & Porcelain Fused Metal Jacket Crown: Pada keadaan struktur jaringan gigi yang tidak cukup kuat, fungsi gigi tidak baik sehingga tidak mungkin dilakukan veneer, maka jacket crown adalah solusinya. Untuk gigi depan dianjurkan bahan full porcelain sedangkan gigi belakang dapat memakai bahan porcelain fused metal.
  5. Inlay / Onlay: untuk kasus gigi belakang dengan karies atau gompel tetapi masih memiliki struktur jaringan gigi yang kuat.

Prosedur kosmetik gigi dapat diselesaikan satu kali kunjungan untuk whitening , composite crown , composite veneer dan direct composite inlay / onlay. Untuk tindakan porcelain veneer, porcelain crown, porcelain fused metal crown, adoro onlay, porcelain fused metal inlay / onlay minimal dua kali kunjungan.

Prosedur Cosmetic Dentistry mampu menyelesaikan dan memperbaiki semua situasi dan kondisi gigi anda sehingga tidak hanya cantik natural, tetapi juga sehat dan dapat berfungsi dengan baik sehingga memberikan dampak positif bagi emosional, psikologi dan profesionalisme seseorang.

Enhanced your confidence with a stunning smile,
Beautify your smile with a perfect set & colour of tooth….
Let me help you to have those all!

Drg Yeanne Rosseno
Dentia Dental Care Center

81 thoughts on “Perawatan Kosmetik Gigi (Cosmetic Dentistry)

  1. saya ada sedikit keluhan
    saya sudah pakai behel 6 bulan, wktu pertama gigi saya dicabut 3gigi, 2 dibagian atas yaitu gigi taring belakang dan 1 dibagian bawah yaitu gigi geraham depan, awalnya gigi seri saya agak sedikit jarang tapi gak kentara kali dan saya rasa agak maju dikit, wktu saya kontrol ke dokter itu katanya giginya harus dicopot.karena saya orang awam kurang tau masalah behel ya sudah saya ikutin anjuran dokter untuk mencabut gigi saya.hari itu juga gigi saya sekaligus dicopot 3 gigi saat pemasangan behel. dan sampai saat ini belum ada perubahan gigi saya kearah yang lebih bagus, malah gigi atas saya bergeser menjadi jarang-jarang semua. setiap saya kontrol dokter itu gak pernah lama nanggani gigi saya selalu perawatnya yang tanggani, selalu saya tanya kenapa semua gigi atas saya sudah terlalu jarang.perawat nya cuma bilang itu proses.
    sekarang malah saya merasa minder setelah pasang behel. pingin untuk cantik malah hancur.
    saya merasa dokter itu salah ambil tindakan waktu pertama sekali saya pasang behel,dia gak melihat dan mempelajari susunan gigi saya malah dia langsung bilang cabut
    nah sekarang saya mau tanya apa kirakira gigi saya bisa rapat seperti semula,sudah 6 bulan belum ada perubahan nampak mundur gigi saya.
    ato ada alternatif lain, apa saya perlu lanjutin kontrol sama dokter itu atau saya pindah mencari dokter lain yang lebih ahli, karena dokter saya ini hanya dokter gigi umum, saya merasa menyesal pasang behel ditempat dia
    mungkin karena murah 4 juta pasang atas bawah trus gak bayar lagi waktu kontrol. tapi yang herannya rame juga yang pasang ditempat dia

    • Dear Liza,
      Memang keberhasilan perawatan orto / behel biasanya perlu waktu1-2 tahun. Sebelum melakukan perawatan orto biasanya drg akan mencetak gigi, rontgen, foto dalam mulut dan foto profil pasien untuk rekam medik dan diagnosa sehingga saat kontrol dapat membandingkan dengan keadaan semula. Di sini saya tidak bisa menilai keadaan estetik Liza karena catatan2 tersebut tidak ada. Jika kasus gigi Liza yang dibehel tidak sulit bisa saja ditangani drg umum. Drg kosmetik biasanya juga bekerja sama dengan drg spesialis ortodonti untuk menangani behelnya. Saran saya, Liza boleh coba kembali untuk berkomunikasi serta diskusi dengan drg yang merawat Liza.
      Boleh saja minta second opinion ke drg lain. Terima kasih
      Dentia Dental Dentist Team

    • Kekurangannya secara medis tidak ada karena whitening yang dilakukan oleh drg kosmetik sangat aman, asalkan gigi yang akan diwhitening adalah gigi yang sehat baik gigi maupun jaringan lunaknya (gusi).
      Kelebihannya adalah menambah estetika wajah yang sangat berpengaruh pada penampilan. Dengan gigi yang sehat dan terlihat cerah warnanya membuat kita lebih percaya diri dalam pekerjaan dan pergaulan.

      Terima kasih, Dentia dental dentist team

  2. Koming

    Dok saya mau bertanya ,sudah seminggu behel saya dilepas ,saya pakai behel selama 1 tahun 2 bulan ,memang ada sedikit perubahan ,gigi saya agak mundur sedikit ,karena dokternya tidak mau memundurkan lagi dengan alasan nanti giginya lepas ,apakah itu betul? dan gigi saya juga tidak dicabut ,cuma dikurangi sedikit di beberapa gigi ,trus adakah kemungkinan gigi balik lagi? saya juga dianjurkan untuk memakai cekat gigi ,tapi berbentuk gigi/rahang plastik ,tidak berupa kawat,harga cekat gigi plastik itu harganya 200rb per rahang!jadinya saya harus membayar 400rb, apakah cekat gigi plastik itu bisa membuat gtigi saya tidak balik maju lg dan akan bertahan bagus?
    Trimakasih dok ,saya sangat mengharapkan jawaban dr dokter!
    trimakasih

    • Koming,
      Kalau untuk perawatan kawat gigi sebaiknya mengikuti instruksi dokter yg merawat spy didapat hasil yg optimal .
      Terima kasih, Dentia Dental Dentist Team

    • Alicia,
      Tidak semua gigi dapat diberikan porcelain veneer, banyak pertimbangan kondisi gigi dan gusi yang perlu diperhitungkan. Harga berkisar antara 1,5 sampai 4,5 juta. Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi klinik kami.
      Terima kasih, Dentia dental dentist team

  3. Dokter,

    Gigi saya susunannya berantakan. Tapi saya tidak bisa pasang kawat gigi, karena saya sering pindah2 kota. Sehingga tidak bisa kontrol secara tetap.

    Selain pasang behel ada cara lain yang lebih praktis tidak dok? yang tidak memakan waktu lama.Seperti operasi gigi misalnya.
    Kalau tidak salah Anggun(artis) juga melakukan operasi tersebut.

    Kalau di klinik dokter ada, kira-kira operasinya makan waktu berapa lama dan berapa biayanya?

    Mohon informasinya, terima kasih.

    • Dear Kiki,
      Ada, bisa diganti dengan veneer atau crown tergantung kondisi giginya. Operasi dilakukan jika terdapat kelainan yang disebabkan oleh keadaan susunan rahang yang tidak baik.
      Untuk memastikannya, harus dilihat terlebih dahulu kondisi susunan rahang, susunan gigi dan tujuan akhir perawatan yang Kiki inginkan, natural smile atau hollywood smile?
      Silahkan hubungi klinik kami untuk konsultasi lebih lanjut. Terima kasih.

      Drg Yeanne Rosseno, Cosmetic Dentist.

  4. Dear Dokter,

    Saya punya masalah dengan gigi saya. Gigi saya mengalami keropos yang sangat parah dan juga ada yg bolong2. Kira2 sebagai gambaran saya, baiknya gigi saya diapakan ya dok? maksud saya ,mungkin apa masih bisa di crown atau bridge. Dan kisaran harga nya mulai berapa sampai berapa ya? untuk per satu gigi .
    Terima kasih sebelumnya

    Octa

    • Octa,
      Jika gigi tersebut keroposnya sampai infeksi berat dan banyak jaringan gigi yang hilang, sebaiknya dicabut, tetapi jika infeksi tdk parah, dapat dilakukan perawatan saraf gigi dan direstorasi kembali baik dgn pin post core crown, bridge atau restorasi dgn bonding komposit. KIsaran harga untuk restorasi 200.000-6.000.000.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center.

      Dentia Dental Dentist Team.

  5. Dear doctor,

    Awalnya gigi saya berwarna abu2 karena obat (tetrasiklin) waktu kecil. kemudian th 1996 saya ke dokter gigi utk memutihkan tapi dokter waktu itu menyarankan di buat crown (porcelaine) saja untuk hampir semua gigi saya. Akhirnya saya menyetujui. Tapi karena pemasangannya tidak sekaligus jadi warnanya juga agak belang2. Saya jadi agak minder juga dok. Kalau seandainya saya ingin memperbaiki lagi bisa tidak dok ? dengan jalan crown diganti lagi semua dengan yg 100% porcelaine ? Atau apakah mungkin crown yg sekarang dicopot dulu trus diperbaiki dan di pasang lagi? Karena saya merasa kondisi gigi yg sekarang ini juga kurang nyaman.
    Apakah prosesnya lama dan kira2 berapa biayanya dok untuk satu gigi? Terima kasih banyak dokter.

    • Dear Tasya,
      Crown lama hrs dibongkar dulu, dibuat crown sementara .
      Untuk harga silahkan hubungi klinik kami untuk konsultasi.
      Terima kasih, Dentia Dental Dentist Team

  6. Dear Drg,

    dok, uda tiga minggu ini saya pasang behel, namun saya pasang ditempat ahli gigi. sebenarnya saya tahu lokasi itu dari internet, ternyata tempatnya enggak banged. karena saya ga enak bilang mau pasang, akhirnya sayang pasang juga.

    tapi yang aneh banged belum apa” bisa langsung pasang, ga dibersihin, ga rontgen, tempatnya ga banged de dok..

    saya tuh pengen ganti tempat, bisa ga ya dok?

    kalau ketempat drg juga gpp, tapi biayanya gimana ya?
    asal jangan kena biaya awal aja dok, saya masih mahasiswa..

    tolong saya drg..

    thanks.

    • Dear Hendra,
      Seperti yang sudah anda ketahui, untuk melakukan perawatan behel harus melalui analisa dan diagnosa yaitu pemeriksaan gigi maupun rontgen yang akan menentukan perawatan yang tepat.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center .
      Terima kasih, drg. Yeanne R, Cosmetic dentist, Dentia Dental Dentist Team

  7. Dokter,

    saya baru saja melakukan perawatan saluran akar ganda pada geraham 2 kanan bawah. saya terpaksa melakukan perawatan ini karena gigi geraham 2 ini rusak ditabrak geraham bungsu yang tumbuh miring dan sudah dioperasi. Selanjutnya oleh drg spkg yang saya kunjungi dipasangkan inlay-onlay. tapi bahannya berupa metal. tadinya saya pikir memang harus begitu bahannya. Ada sedikit kecewa karena tidak berwarna putih seperti gigi. Yang saya mau tanyakan dok, apakah bahan metal seperti ini lebih kuat dari porselen dan memang disarankan untuk geraham? mungkin karena tidak kelihatan saat bicara dan ketawa? menurut dokter apakah bijaksana kalau saya ganti ke porselen lagi? Terima kasih dok atas sarannya.

    • Dear Aswardi,
      Saat ini ada bbrp jenis porselen yang cukup kuat dan estetik untuk gigi belakang. Namun jika dibandingkan dgn logam, logam lebih kuat dari porselen tetapi estetikanya memang jauh berbeda.
      Menurut saya, jika onlay logam yang sudah terpasang tidak terlihat saat bicara dan tertawa, lebih baik didiamkan saja, yang penting dapat berfungsi dengan baik dan dapat melindungi gigi yang sudah dirawat saraf.
      Terkecuali jika kamu sangat mementingkan estetika, maka tidak ada salahnya diganti dengan porselen.
      Terima kasih, drg. Yeanne Rosseno, cosmetic dentist, Dentia Dental Dentist Team

  8. dokter.. saya tgl 25 kemarin memakai behel..
    tapi yg saya bingung.. gigi saya tidak di bersihkan kawat atau di cek ada lubang atau tidak..
    bahkan mengenai cabut atau tidak-pun sya tidak mengalaminya…
    kata dokter-saya.. cabutnya bisa nanti saja..
    setiap konsul saya dikenai biaya yg lumayan (padahal gigi saya blm diapa-apakan) blm dipasang band jg..
    saya tidak puas dengan dokter saya ini..
    tapi apakah saya bisa ganti dokter..
    apabila bisa, bgmn prosedurnya? sya telah mebayar utk brechet.. tapi sepertinya pembayaran itu memanga hanya utk alat itu saja..
    saya bnr2 resah dokter.. saya merasa ditipu oleh dokter saya ini, karena prosedur pemasangan kawat dari dia tidak spt halnya dokter2 lainnya..
    apa yang harus saya lakukan?
    apakah saya bisa menemui dokter gigi lain, kira2 siapa yang bs saya temui di semarang? saya sangat memohon jawaban dokter..

    • Icha,
      Memang metode perawatan orto saat ini, beberapa kasus pencabutan dapat dilakukan saat perawatan berjalan. Anda lebih baik komunikasikan dengan drg yang merawat saat ini sehingga lebih jelas. Mungkin saja gigi anda memang bersih sehingga dapat langsung dipasang behelnya.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center.
      Terima kasih, drg. Yeanne Rosseno, cosmetic Dentist, Dentia Dental Dentist Team

  9. Dokter,saya ingin bertanya mengenai tambal gigi onlay…sejak bulan juni saya sudah berobat secara rutin mengenai gigi geraham belakang kanan sy yg bolong,setiap datang berobat gigi sy hanya ditambal sementara slm minggunya slm 8 kali,menurut hasil rontgen,tanduk syaraf gigi sdh terkena,pada awal pengobatan,sy srg mrskn nyeri pada gigi yg bolong dan telinga kanan,namun kelamaan tdk,pada pertemuan sy yg terakhir kmrn,dokter sy menganjurkan agar dilakukan tumpatan khusus/onlays,apakah itu perlu dokter?berbahayakah apabila sy hanya ingin ditambal permanen biasa?mengingat sy msh mhsiswa dan blm bekerja,biayanya antara 400 rb utk yg metal dan 800 rb utk porselain terlalu mahal bg sy..dan apabila bnr2 berbahaya bg kshtn sy,material apa yg hrs sy gunakan?terima kasih byk dokter..saran dokter sgt membantu sy

    • Fauziah,
      Perawatan yang sudah diberikan oleh dokter gigi kamu sudah tepat. Jika caries sudah mengenai tanduk pulpa harus dilakukan perawatan saraf gigi / endodontik / pulpektomi yang membutuhkan beberapa kali kunjungan oleh karena saraf giginya dibersihkan dan harus diberi obat beberapa kali sehingga hanya ditambal sementara. Jika sudah selesai perawatan saraf gigi, memang lebih baik direstorasi dengan onlay agar lebih kuat sehingga gigi tidak mudah pecah. Kamu boleh saja memilih ditambal biasa, onlay maupun tambal biasa tidak berbahaya, tetapi kekuatan dan fungsi gigi yang ditambal biasa kurang maksimal dibanding onlay. Jika memang saat ini kamu kesulitan biaya untuk onlay, kamu bisa ditambal permanen biasa dahulu dan nantinya dapat diganti dengan onlay dan tentu saja sebaiknya jangan ditunda terlalu lama.
      Terima kasih. Semoga penjelasan saya bermanfaat.
      Drg. Yeanne Rosseno, Cosmetic Dentist, Dentia Dental Dentist Team

  10. dokter, saya ingin tanya mengenai masalah gigi saya. gigi saya itu mudah berkerak, padahal saya sudah sering kali dan rajin menyikat gigi saya, sampai2 untuk menghilangi hal tersebut saya harus kedokter sehingga sama dokterna di gosok (dirempelas) ,saya takut dok kl saya gt trs nanti bisa2 gigi saya jadi tipis dok. jd sebaikna apa yg hrs saya lakukan dok untuk mengatasi masalah saya ini. terimakasih

    • Iena,
      Ada beberapa penyebab gigi berkerak di antaranya sifat asam basa air liur, susunan gigi, fungsi oklusi / gigitan gigi geligi.
      Membersihkan karang gigi adalah sangat aman dan dianjurkan minimal 6 bulan sekali untuk kontrol rutin ke drg walaupun gigi tersebut tidak sakit.
      Alat untuk membersihkan karang gigi tidak mengamplas email gigi karena hanya bergetar menggunakan kekuatan suara (ultrasonic scaler).
      Semoga penjelasan saya bermanfaat.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center.
      Terima kasih, drg. Yeanne Rosseno, Cosmetic Dentist, Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Ifa,
      Gigi yang agak maju bisa saja dimundurkan dengan crown atau veneer tetapi harus melihat hubungan rahangnya terlebih dahulu apakah bisa atau tidak dilakukan crown atau veneer.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center.
      Terima kasih, drg. Yeanne Rosseno, Cosmetic Dentist, Dentia Dental Dentist Team

  11. doc, saya mau tanya.. apa beda nya tambal gigi biasa dengan restorasi?
    saya pernah tambal gigi depan sebanyak 4 gigi dan warna tambalannya tidak sama dengan gigi asli. bekas tambalan nya juga ada yg retak karena tambalannya cukup besar. jadinya saya tidak berani menggunakan gigi depan saya untuk menggigit mknan keras karena takut pecah.

    apakah dengan restorasi hasil nya akan sekuat gigi asli?
    berapa kisaran harga untuk restorasi gigi?

    thx

    • Hi Fani,
      Istilah tambalan dan restorasi hampir sama, restorasi adl tambalan yg memperhatikan segi estetisnya.
      Restorasi komposit (tambalan sewarna gigi) bertahan 5-10 tahun.
      Kisaran harga tergantung dari besar dan sulitnya pekerjaan ; jenis pekerjaannya; keahlian dan pengalaman drg yg mengerjakan dan lamanya waktu yg diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaannya.
      Hari ini saya membawakan webinar untuk Kosmetik Gigi, silahkan lihat informasi pendaftaran disini, kamu bisa langsung bertanya saat webinar.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center.
      Terima kasih, drg. Yeanne Rosseno, Cosmetic Dentist, Dentia Dental Dentist Team

  12. Sy baru saja memasang crown. Utk gigi depan, kok di kasih metal porcelain ya dok. Ud gitu, warna nya agak kurang sama dgn yg aslinya. Garansi nya pun hanya satu bulan. Mohon jawabannya…trims

    • Arief,
      Biasanya sebelum dikerjakan, dokter terlebih dahulu menawarkan jenis crown untuk gigi depan ; porselen metal, porselen metal precious,
      porselen metal semi precious, porselen zirconia, all porselen beserta harga dan plus minusnya.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center.
      Terima kasih, drg. Yeanne Rosseno, Cosmetic Dentist, Dentia Dental Dentist Team

  13. Dok, saya mau tanya sebaik nya gigi saya yg bagus harus diapain???? kondisi gigi saya sudah parah… geraham belakang kiri kanan sudah patah tapi masih ada akar’ya… sekarang gigi geraham atas saya berlubang… jd harus di apakan??? dan biaya’ya berapa??? terima kasih

    • Arie,
      Gigi yg bagus dirawat dgn kontrol rutin ke drg tiap 6 bulan walau tdk sakit.
      Gigi sisa akar sebaiknya dicabut karena merupakan sumber infeksi kemudian diganti dengan gigi palsu lepasan, bridge atau implant.
      Gigi yang berlubang harus ditambal, bisa langsung ditambal atau perawatan saraf dahulu tergantung keparahan lubang giginya.
      Semoga keterangan saya bermanfaat.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center.
      Terima kasih, Drg.Yeanne Rosseno, Cosmetic Dentist, Dentia Dental Dentist Team

  14. Anak saya tidak mempunyai space gusi yang cukup untuk tumbuh gigi taring

    Dok ! anak saya peremppuan umur 10 tahun, sampai saat ini gigi taringnya belum muncul, sudah dironsen, gigi taringnya ada, masalahnya gusinya gak ada space untuk tumbuh gigi tarinya.
    Dok, tindakan apa yang harus saya lakukan agar gigi tarinya bisa ada tempat untuk tumbuh.

    trimakasih
    pamela

    • Pamela,
      Jika kurang ruangan sebaiknya dilakukan perawatan ortodonti. Sebelum drg memutuskan utk melakukan perawatn tsb, drg akan menganalisa kembali dengan melakukakan pencetakan, rontgen panoramik dan rontgen cephalometeri.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center.
      Terima kasih, Drg.Yeanne Rosseno, Cosmetic Dentist, Dentia Dental Dentist Team

  15. doc, saya mau tanya kalau untuk crown 2 gigi depan dengan hasil yang terbaik harga total keseluruhan hingga gigi rapih,berkisar dari berapa hingga berapa? dan bila gusi maju apakah dapat dimundurkan?

    • Villy,
      Gusi yang maju bisa disebabkan oleh gigi atau tulang rahang dan keduanya bisa dikoreksi.
      Untuk masalah biaya tidak dibahas melalui media ini.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center.
      Terima kasih, Drg. Yeanne Rosseno, Cosmetic Dentist, Dentia Dental Dentist Team

  16. Siang Dok,

    Saya mau tanya kalo mau crown gigi di Dentia Dental untuk satu gigi kisaran harganya berapa ya? Terima kasih :)

    • Yola,
      Maaf kami tidak membahas soal biaya di media ini, hubungi klinik kami untuk informasi lebih jelas.
      silahkan hubungi Dentia Dental Care Center, Jakarta, Indonesia di 021-5635991, 021-5635992, 021-5632831.
      Terima kasih, Dentia Dental Dentist Team

  17. Salam kenal dokter, saya mau tanya
    Dokter, saya pasang kawat di dokter langganan saya, untuk gigi atas yg bentuknya jadi g karuan setelah tumbuh gigi bungsu. waktu pasang, sdh di cetak dan dokternya blg tidak perlu cabut gigi. Ternyata setelah 3 bulan dok nya bilang perlu cabut gigi, agar lebih bagus bentuk nya dgn muka nanti. apakah cabut gigi berbahaya dokter? Apa tidak terkait dgn saraf2 apapun? karena yg dicabut tentu gigi yg seharusnya sehat/baik2 saja

    • Salam kenal Fara,

      Untuk perawatan kawat gigi salah satu sebab adalah letak gigi yang berantakan karena tidak cukup ruang atau tempat untuk tumbuh gigi. Untuk mendapatkan ruang dapat dengan membesarkan lengkung rahang atau mencabut gigi supaya mendapatkan ruang untuk meratakan lengkung gigi. Semua ini tergantung dari profil wajah pasien dan kondisi lengkung dan gigi, apakah perlu dilakukan pencabutan atau tidak supaya setelah perawatan kawat gigi selesai tidak hanya mendapatkan gigi yang rata tetapi juga profil wajah yang baik. Untuk pencabutan gigi sendiri tidak bermasalah, biasanya dokter juga memastikan keadaan gigi yang akan dicabut pada rontgen awal sebelum perawatan kawat gigi.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia dental care center.
      Terima kasih, Drg. Henny Susanty, Dentia Dental Dentist Team

  18. Dok… untuk gigi bercelah, apa solusi yang harus dilakukan selain behel dan berapa biaya yang harus dikeluarkan? terima kasih

    • Dear Silvia
      Untuk gigi bercelah harus dilihat ukuran gigi, berapa besar celah. Pilihan selain pasang behel dapat dibuatkan veneer porselen dengan mengasah sedikit bagian depan gigi dan dibuatkan lapisan gigi baru dengan bentuk disesuaikan untuk menutup celah atau dengan direct veneer komposit. kami tidak membahas tentang biaya di media ini.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Henny Susanty, Dentia Dental Denti

  19. dok, gigi depan saya ditambal. warnanya sudah abu2, sepertinya berlubang di dalam. dan saya punya gummy smile. menurut dokter perawatan yg bagus untuk gigi depan saya dan solusi gummy smile nya bagaimana? trims

    • Dear Catty
      Untuk tambalan lama yang warnanya sudah abu abu maka harus di cek apakah tambalan itu sudah bocor dan perlu ditambal ulang. Untuk gummy smile mesti dilihat ukuran gigi dan diukur kedalaman tinggi gusi ke tulang rahang dan dilihat apakah bisa di panjangkan bentuk giginya agar lebih estetik.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Henny Susanty, Dentia Dental Dentist Team

  20. Dok sewaktu SD .sering ad dokter gigi yang datng kes sekolah saya untuk pemeriksaan …seingat saya 2atw 3 kali gigi saya di cabut…….saya tidak trauma dengan dokter gigi ….tetapi sekrng gigi depan saya maju & jarang….gigi bawah ada yg tumbuh dibelakng gigi lain…………..saya saat ini memakai kacamata minus 3……….saya pernah konsultasi gigi dengan niat untuk pasang behel untk gigi depn saya, di sebuah RS,gigi saya di rontgen atas bawah, stlh liat rontgen dokternya bilangg untk hasil kerapihan gigi yang baik total 5 gigi yg harus di cabut dulu, 2 atas, 3 bawah sebelum pakai behel, krn hrs pake behel nya atas bawah, mendengar itu saya jadi ngeri takut pencabutan itu berpengaruh pada penglihatan saya, stlh pikir2 saya blm deal untk cabut gigi….saya minta dibersihkan karng gigi saja………….selama pembersihan karang gigi, air liur mengalir deras jadi hrs dimuntahkan berkali kali……karena tiap alat mulai membershkan karng lasng say merasa ingin muntah sampe dokternya mrh2 dan selama pengerjaan pembrsh krng gigi doktr trsb mengrjaknnya dengn kasr….krn saya mau munth ters………….jadi saya trauma untuk balk ke doktr itu untk psng behel………..entah knp ya dok saya juga kalo minum obat/ pil tdk bisa sprt org2 yg cukup diletkn di tenggorokan lalu minum…..lalu kalo sikat gigi kadng2 juga sprt org mo muntah…atw istilah sy “kelolodan”…apkh ini suatu kelainan?trs pd kasus sy dokter itu bilang perlu sktr 5 tahun an untuk mendptkn hsl gigi yg rapih……stlh itu sy jd trauma…………dan yg pasti ngk akn bisa senyum dengn cantik……sy tdk stres….tp trekdng bnr2 membuat sy minder dgn keadaan gigi saya ini…….mohon pencerahannya dok………

    • Dear Ayeff,
      Perlu diketahui bahwa pencabutan gigi berhubungan dengan saraf mata adalah tidak benar. Pencabutan gigi tidak akan berpengaruh/ memperburuk keadaan mata Ayeff. Jadi tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

      Mengenai perawatan untuk meratakan gigi.. Dalam menentukan rencana perawatan untuk pemasangan kawat gigi/behel, yang perlu dilakukan adalah pengambilan foto roentgen cephalometric dan panoramic. Selain itu perlu dilakukan pencetakan gigi. Hal tersebut dilakukan untuk menganalisis keadaan dan posisi gigi sehingga selanjutnya dapat ditentukan rencana perawatannya. Kasus yang kompleks memang membutuhkan jangka waktu pemakaian kawat gigi yang lebih lama namun apabila dijalani dengan sabar, pasti hasilnya memuaskan. Profil dan bentuk wajah dapat berubah menjadi lebih proporsional seiring bergesernya posisi gigi ke arah yg lebih baik.

      Mengenai refleks muntah yang terlalu sering, perlu dianalisis lebih lanjut. Ada kemungkinan berkaitan dengan bentuk lengkung rahang,langit-langit, dan rongga mulut yang tidak normal, sehingga secara tidak sadar sering bernapas melalui mulut. Ada baiknya untuk memasang kawat gigi karena dapat membantu memperbaiki lengkung gigi. Usahakan bernapas melalui hidung dan hilangkan kebiasaan bernapas melalui mulut. Namun dapat juga berkaitan dengan gejala sering muntah (refluks gastroesofagus), penyakit asma, dll. Untuk pemeriksaan yang lebih tepat anda dapat berkonsultasi dengan dokter.

      Jangan trauma untuk datang ke dokter gigi karena di klinik gigi kami pasti akan membantu anda dan mengusahakan penanganan yang tepat dan nyaman bagi anda.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Ricke Santoso, Dentia Dental Dentist Team

  21. dok, sekarang saya sedang menjalankan pearawatan syaraf, baru mulai. nah pas di tambal sementara pertama kali gigi grahamnya linu, kayaknya bengkak jg deh, nah itu gimana dong? oh ya setelah perawatan syaraf apakah bisa gigi ini dibehel dok? gigi graham 3 kanan saya udh gada dok, tp tinggal akarnya aja, itu sebaiknya gimana? terimakasih :)

    • Dear Ririn,
      Jika gigi Ririn menjadi bengkak setelah ditambal, sebaiknya Ririn segera datang ke dokter gigi untuk memeriksakan gigi tersebut, sehingga tambalan dapat segera dibongkar kembali untuk kemudian dilakukan perawatan ulang untuk menghilangkan sumber infeksi yang masih terdapat di dalam gigi tersebut…
      Setelah perawatan saraf, gigi Ririn masih dapat dibehel..namun tentunya harus diberi tambalan yang kuat dahulu supaya giginya tetap kuat dan tidak pecah ketika sedang dibehel..
      Mengenai gigi geraham 3 kanan yang tinggal akarnya, sebaiknya segera dicabut untuk menghindari terjadinya infeksi/komplikasi lainnya..
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Ricke Santoso, Dentia Dental Dentist Team

  22. Dear Dokter,

    saya mempunyai masalah dengan gigi depan yang terlalu ber-space. ingin menggunakan behel tetapi terlalu lama and saya berpindah kota. yg ingin saya tanyakan, mana yg lebih baik.. perawatan veneer atau jacket crown untuk masalah gigi saya.

    Terima kasih

    • dear Eva,

      Ada beberapa alternatif perawatan untuk menutup gigi depan yang bercelah, di antaranya, tambalan komposit, porcelain veneer ataupun jacket crown.
      Bila celah nya kecil saja, penutupan celah dengan tambalan komposit masih dapat dilakukan, tapi seandainya celahnya cukup lebar, dan gigi nya masih sehat, lebih disarankan untuk penggunaan porcelain veneer, di mana warna dan bentuk gigi pun dapat disesuaikan dengan keinginan pasien. Namun, bila gigi tersebut telah mengalami kerusakan yang cukup parah, jacket crown merupakan alternatif perawatannya.
      Tidak semua gigi dapat di porcelain veneer ataupun di jacket crown, Eva… Segera konsultasikan dengan dokter gigi anda, untuk mendapatkan informasi tentang perawatan apa yang terbaik untuk masalah gigi anda….
      Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991, 5635992, 5632831.
      Terima kasih, drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team.

    • dear Ika,
      Treatment untuk gummy smile bervariasi, tergantung dr apa penyebabnya, di antaranya pemanjangan mahkota gigi dengan veneers, pemasangan kawat gigi ataupun melalui bedah ortognatik….Sebaiknya Ika konsultasi dan dilakukan pemeriksaan oleh dokter gigi agar mendapatkan diagnosa yang tepat dan rencana perawatan yg tepat untuk kondisi gigi Ika….Semoga membantu….
      Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991, 5635992, 5632831.
      Terima kasih, drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team.

  23. Dok, saya butuh perawatan untuk gigi saya, kondisinya adalah:
    gigi geraham atas kiri tumbuh ke samping sekali dan rahang atas sangat maju/monyong. Rahang bawah juga agak maju, karena kondisi ini saya sering merasakan sakit kepala dan sakit sendi rahang. Kadang-kadang juga terasa kejang di area tangan.

    Gigi geraham kiri bawah sudah hilang dua, semenjak itu saya lihat mulut saya semakin maju.

    Kira-kira perawatan seperti apa yang saya butuhkan?
    Minta tolong untuk bantuannya?

    Terima kasih sebelumnya

  24. Dok, saya butuh perawatan untuk gigi saya, kondisinya adalah:
    gigi geraham atas kiri tumbuh ke samping sekali dan rahang atas sangat maju/monyong. Rahang bawah juga agak maju, karena kondisi ini saya sering merasakan sakit kepala dan sakit sendi rahang. Kadang-kadang juga terasa kejang di area tangan.

    Gigi geraham kiri bawah sudah hilang dua sejak 2009, semenjak itu saya lihat mulut saya semakin maju.

    Waktu umur 12 tahun saya di infokan oleh dokter gigi bahwa ruang gusi saya
    tidak akan cukup dengan jumlah gigi. Di Umur 17 tahun semua gigi geraham tumbuh tidak beraturan/ ke samping, menyebabkan pipi saya
    terlihat tembem

    Kira-kira perawatan seperti apa yang saya butuhkan?
    Minta tolong untuk jawabannya

    Terima kasih sebelumnya

    • Rianto
      Kondisi kehilangan gigi bisa merubah susunan gigi menjadi renggang shg tampak gigi2 menjadi maju (miring ke arah depan) . Saran kami, lakukan konsultasi ke dokter gigi untuk mencari solusi dg perawatan kawat gigi dan gigi palsu.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM,FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  25. dok, apakah orang dengan gangguan tiroid tidak bisa cabut gigi maupun implant gigi? saya ingin nanyakan ini sebab gigi sayasudah lama ( enam tahun yang lalu gigi saya dicabut), tetapi karena saya kena hipertiroid (kadar TSH 15%), jadi saya tidak berani ke dokter gigi. Mohon sarannya ya dokter. Terimakasih.

    • Astin,
      Kondisi hipertiroid sebaiknya diobati terlebih dahulu, seandainya baru mulai terapi maka biasanya butuh 4-6 minggu untuk mendapatkan hasil. Hal ini sangat perlu agar fungsi jantung dalam keadaan normal.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  26. dok saya punya masalah dengan gigi depan saya.. gigi saya ada space ditengah2nya atau jarang gitu. saya kedokter gigi sewaktu smp dan dia bilang tidak bisa dipasang behel karena tidak akan bisa rapat katanya sehingga saya dikasih gigi tiruan yang bisa lepas pasang. saya memakainya dari smp hingga kuliah skarang.. dan skarang merasa terganggu karena tidak nyaman. menurut dokter apa solusinya? saya memakai behel atau veneer dan crownn.. tapi kalo saya masang behel saya merasa malu karena teman2 saya taunya gigi saya tidak ada space ditengahnya.. tapi ada satu gigi nyempil karena gigi palsu itu.. terimakasih

    • Dear Icha,
      Dari cerita kamu, ada beberapa alternatif solusi untuk gigi yang bercelah seperti yang kamu alami,di antaranya: pemasangan kawat gigi, gigi tiruan lepasan,dental veneer,ataupun dental crown, tergantung dari kondisi gigi kamu.
      Menurut saya, kenapa harus malu bila penggunaan kawat gigi memang bertujuan untuk perbaikan penampilan dan kesehatan, yang terpenting adalah hasil akhirnya nanti.
      Untuk mendapatkan solusi yang tepat sesuai dengan kondisi kamu,saya sarankan untuk memeriksakannya ke dokter gigi terlebih dahulu.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat….
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992,5632831.
      Terima kasih, drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team.

    • Dear Mira,

      Kebetulan klinik kami tidak menyediakan produk Therabreath, tapi kami menggunakan produk lain yang fungsi nya sama..
      Untuk informasi, dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992,5632831.
      Terima kasih, drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team.

  27. permisi dok saya keropos gigi depan,
    sudah di tambal 3x pakai sinar tp lepas trus bgaimn penanggulanganya.
    trimaksih

    harus di apakan

    • Dear Nia,
      Mungkin lubang gigi kamu cukup besar sehingga dengan beberapa kali penambalan biasa mudah lepas. Alternatif perawatan lain yang dapat dipertimbangkan adalah crown gigi, tapi sebelumnya Nia harus memeriksakan kondisi gigi kamu,apakah lubang gigi nya sudah mencapai pulpa gigi atau belum, sehingga dokter gigi dapat menentukan solusi apa yg terbaik untuk gigi Nia. Bila lubang gigi telah mencapai pulpa gigi, tentu saja gigi tersebut harus dilakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu, baru kemudian dibuatkan crown giginya
      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat…
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992,5632831.
      Terima kasih, drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team.

  28. Dok 2 gigi depan saya pernah patah stngah waktu kecil dan skrg kurang pede kalau senyum.space antar gigi depan agak renggang.Kira2 range biaya penyarungan dll brapaan ya dok

    • Dear Hotma,
      Gigi yang patah dapat diperbaiki kembali ke bentuk semula melalui berbagai cara, contohnya dengan penambalan biasa jika patahnya tidak terlalu banyak. Jika gigi Hotma memang sudah tidak bisa ditambal, maka perlu penyarungan, biayanya tergantung bahan yang dipilih,kami tidak membahas mengenai biaya di mesia ini. Untuk lebih jelasnya Hotma sebaiknya datang dan konsultasi ke klinik Dentia.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg Ricke Santoso, SpKG, Dentia Dental Dentist Team

  29. Dok,
    saya memiliki gummy smile ydi bagian rahang atas.
    diduga juga oleh drg saya memiliki gingivitis ringan.
    bagaimana cara mengatasinya?

  30. dok, 9 tahun lalu sya mengalami kecelakaan hebat, rahang bawah saya patah, rahang atas dan hidung juga patah dan masuk ke dalam, (rahang atas tengelam, mf kurang lebih berubah sperti ARB /cesar), intinya konstruksi wajah saya jauh berubah, dan terkadang leher belakang mudah pegal,,
    pertanyaan saya, jika di lakukan operasi kembali, untuk mengembalikan konstruksi wajah /menaikan rahang atas, berapa perkiraan biaya yg sya butuhkan, berapa lama masa penyembuhannya? dan efek samping/ kemungkinan resiko-resiko apa yg sy hadapi? trims dok..

    • Juvan,
      Kondisi yg kamu gambarkan adalah kondisi prognathi rahang bawah, untuk mengoreksinya harus dg operasi yg dikenal dg nama orthognati surgery, untuk bisa memberi jawaban yg akurat maka perlu pemeriksaan yg menyeluruh, termasuk biaya yg perlu dikeluarkan untuk operasi tsb. Saran sebaiknya datang untuk konsultasi lebih dulu.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat….
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team.

  31. oh ya, apa efek samping (bahaya) dari orthognati surgery.. saya di luar jawa… mungkin, klo sudah ada waktu baru saya konsul..

    • Juvan,
      Efek samping atau komplikasi ada beberapa diantaranya paresthesi atau rasa baal yg tdk mau hilang, terjadi gangguan sendi rahang sehingga perlu terapi tambahan.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat….
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  32. Dok..saya mau tnya.gigi geraham kanan saya patah.sudah dilakukan perawatan saraf gigi.namun stlh bbrp hari,gigi saya msh ngilu” begitu.knpa bgtu ya dok?dokter yg saya kunjungi mnyarankan gigi yg patah utk di psg crown.namun saya bgng dok.lbh bagus crown metal atau porselain untk gigi geraham ya dok dan untk kesehatan gigi juga?

    • Dear Clowdie,
      Jika setalah perawatan saraf masih terasa ngilu, dan tidak hilang atau malah bertambah parah setelah 1 minggu, sebaiknya diperiksa kembali apakah perawatannya sempurna atau tidak. Atau mungkin juga masih dalam tahap proses penyembuhan. Jika makin terasa ngilu sebaiknya jangan dulu terburu-buru memasang crown. Diteliti dulu penyebab ngilunya. Apabila sudah tidak ngilu, dapat dipasang crown. Untuk gigi belakang bisa saja memakai bahan metal karena paling kuat dalam menahan daya kunyah, namun estetiknya kurang memadai. Dapat dipakai bahan metal porselen sehingga estetisnya tetap terpenuhi dan cukup kuat menahan daya kunyah. Namun kembali lagi harus dilihat kondisi gigi itu sendiri, apakah memungkinkan untuk memakai bahan metal porselen, atau hanya mungkin memakai bahan all metal.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Ricke Santoso, SpKG, Dentia Dental Dentist Team

  33. Dok, umur saya 26 tahun. Gigi seri saya ada yg tertanam di dalam gusi. Sepertinya dulu waktu tumbuh, tidak cukup space dalam rahang saya sehingga gigi seri tersebut tidak muncul ke permukaan.
    Saya sudah melakukan rontgen, dan benar saja ada gigi di dalam gusi yang posisinya berada di dekat hidung, di atas gigi seri yang lainnya.
    Selin itu 1 gigi seri saya yg persis berada ditengah, posisinya lebih maju dari gigi lainnya.. sehingga terlihat jelek sekali krn tidak rata.
    Bila kasusnya seperti ini, apa tindakan yang harus dilakukan?
    Terimakasih Dok.

    • Vievie
      Usahakan gigi yg terbenam ditarik keluar dg perawatan orthodonti , namun bila jal ini tdk mungkin maka gigi tsb dicabut dan gunakan gigi palsu sebagai penggantinya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  34. Dok mau tanyak gigi saya yang bawah banyak yang berlubang.. saya pengen pakek behel karena gigi saya yang atas agak maju sedikit apakah bisa rapi dok dan kira biayanya juga berapa..trimakasih

    • Dear Tyan,
      Gigi yang tidak rapi bisa dirapikan dengan penggunaan kawat gigi/behel. Tetapi sebelumnya gigi yang berlubang harus ditambal terlebih dahulu. Maaf kami tidak membicarakan biaya di media ini. Untuk jelasnya silahkan hubungi klinik kami. Demikian jawaban dari kami, semoga membantu.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

  35. Mau tanya lagi dok berlubangnya yang bawah itu agak parah ada 2 di kanan dan di kiri .. klo misal pkek behel buat gigi atas bisa tidak y dok… dan buat gigi yang bawah itu sebaiknya bagaimana ya dok trimakasih

    • Dear Tyan,
      Untuk gigi bawah yang berlubang parah harus diperiksa dulu apakah masih bisa ditambal atau harus dilakukan perawatan saluran akar. Demikian juga dengan pemasangan behel atas saja atau atas bawah langsung tergantung kondisi gigi geligi Tyan. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

  36. Dear Dokter,

    Beberapa hari lalu saya ke drg karena gigi geraham belakang kiri (gigi bungsu) saya berlubang dan gusinya sudah nutup ke lubangnya, Oleh drg gusi dipotong dan giginya dicabut. Terus waktu di Pronamic ternyata dua gigi didepan gigi yang dicabut tadi sudah mulai tidur. Kata drg ortho nya baiknya dikasi behel untuk ditarik tegak kembali. Terus ada gigi bagian kanan yang sudah berlobang juga dan nantinya setelah pasang behel atas dan bawah kemudian dipakaikan gigi implan atau palsu. jadi saat ini ada 3 gigi bagian bawah yang sudah dicabut. Menurut dokter apakah tindakan pemakaian behel atas bawah agar gigi tidur tadi tegak kembali dan supaya space nya tertutupi dengan gigi palsu sudah benar?

    Kemudian gigi saya ada yang sudah mulai berlubang setelah di scaling kelihatan. Apakah tindakan tambal adalah salah satu solusinya. Atau di coating sudah cukup (karena satunya itu masih berwarna hitam saja).

    Terima kasih.

    • Dear Uli,
      Penggunaan behel untuk menegakkan kembali gigi yang tidur dan menjaga space gigi hilang agar nantinya dapat dipasangkan gigi palsu sudah merupakan rencana perawatan yang baik. Perawatan tersebut cukup sulit sehingga pastikan kamu ditangani oleh drg yang memang ahlinya. Bila gigi ada yang mulai berlubang sebaiknya ditambal saja. Pemberian coating atau fissure sealant bisa dilakukan untuk mencegah gigi berlubang. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>