TAMBALAN ESTETIK KOMPOSIT

drg. Henny Susanty.

Sekarang ini banyak jenis bahan tambalan yang terdapat di dunia kedokteran gigi.  Salah satunya adalah bahan tambalan komposit yang banyak menjadi pilihan pasien dengan alasan utama untuk penambalan gigi depan dimana tambalan yang dahulu banyak dipakai yaitu tambalan amalgam mempunyai warna yang tidak estetis.

composite-feb2

Sesuai dengan perkembangan teknologi, bahan tambalan komposit tidak hanya untuk tambalan gigi depan, tetapi juga digunakan untuk tambalan gigi belakang. Trend ini juga karena masyarakat yang mengkhawatirkan tentang bahaya kesehatan yang ditimbulkan oleh bahan tambal amalgam yang sekarang ini masih menjadi bahan perbincangan. Tentu saja keinginan pasien untuk mendapatkan tambalan sewarna dengan gigi juga membuat perkembangan tambalan komposit semakin maju.
Tambalan komposit adalah bahan tambalan yang berbahan dasar resin dan pengerasannya dibantu dengan alat sinar halogen atau LED (Light Emitting Diode). Pada klinik ini bahan tambalan komposit yang digunakan adalah Tetric Evo Ceram dan Tetric N Ceram keluaran Ivoclar Vivadent  dengan keunggulan dimana golongan bahan tambalan tersebut termasuk dalam kategori nano hibrid, berarti campuran partikel terkecilnya sudah mencapai ukuran nano.

Keunggulan dari bahan tambalan ini adalah estetiknya yang baik, radiopak yang berarti tambalan bila di rontgen akan terihat jelas apakah ada kebocoran atau untuk mengetahui keadaan tambalan dan tambalan ini tidak cepat aus bila dipakai kunyah. Tambalan ini setelah dipoles juga mempunyai permukaan yang halus untuk mencegah akumulasi plak.

composite2-feb

199 thoughts on “TAMBALAN ESTETIK KOMPOSIT

  1. salam kenal dok,
    dok gigi dpan saya kan keropos teruz 2hari lalu saya tambal dtempat ahli gigi tp warna tidak sama sebaik ny sran dokter ap ya ., mnyesal cozny dok ,mhon sarany mksh

    • Dear Didik,
      Sebaiknya kamu datang ke dokter gigi dan mengganti tambalan tersebut dengan tambalan yang sewarna gigi sebelahnya agar terlihat natural. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

  2. Dear Dokter …
    Sejak SMP saya sudah melakukan pembersihan karang gigi secara rutin, namun saya tdk menyadari adanya lubang gigi, sampai skrg saya sudah kuliah lubang gigi itu sudah membesar dan bewarna abu2, namun saya tidak pernah merasakan ngilu dan sakit gigi.
    Ketika saya melakukan pembersihan karang gigi dan saya meminta dokter utk menambal gigi saya yg sudah berlubang besar itu, dokterpun bilang kalo gigi saya itu tidak bisa ditambal lg namun harus dicabut.
    Yg ingin saya tanyakan, apa langkah yg harus saya ambil padahal saya tidak mau gigi saya jadi ompong dok?
    Terimakasih dok atas jawabannya :)

    • Dear Diah,
      Jika lubangnya sudah terlalu besar sampai tidak dapat ditambal lagi, maka apa boleh buat harus dicabut dan diganti
      dengan gigi tiruan lepasa/ bridge/ implant. Namun saya sarankan Diah datang dahulu ke dokter spesialis konservasi gigi
      (Sp.KG) untuk menanyakan apakah gigi tersebut masih bisa dirawat dan dipertahankan.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Ricke Santoso SpKG, Dentia Dental Dentist Team

  3. Dok, saya mau tanya. Saya punya kebiasaan bruxism (clenching) saat tidur, jadi gigi saya mulai ada yang cuil. Dan skg gigi depan udah ada yg cuil sedikit sehingga terasa ngilu sekali. Bagaimana mengatasinya yaa dok? Saat ini saya juga masih menggunakan bracket. Terima kasih.

    • Dear Nindy,
      Gigi yang terasa ngilu karena cuil sebaiknya ditambal terlebih dahulu. Lalu untuk menghindari gigi cuil terjadi kembali, dipasang alat khusus untuk melindungi gigi di saat tidur. Alat tersebut dapat dipakai walaupun sedang dalam perawatan kawat gigi. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi klinik Dentia Dental Care Center.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Ricke Santoso, SpKG, Dentia Dental Dentist Team

  4. Assalamualaikum dok , saya ingin bertanya gigi depan tambalan komposit saya sudah mulai menghitam(menghitamnya kayak di dalam) padahal baru 1 tahuan dok , tapi tambalan saya tersebut sudah lumyan besar dok. Apakah saya harus mengganti tambalan saya supaya warnanya bisa sama dok ?? apakah yang di boor tambalannya apa gigi aslinya yg masih itu y adok ? terimakash dok :)

    • Dear Dwi Kusuma,
      Tambalan gigi depan bila menghitam di dalam kemungkinan terjadi lubang gigi di bawah tambalan tersebut. Sebaiknya tambalan dibongkar, bagian gigi yang menghitam dibersihkan kemudian ditambal ulang. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

  5. Dokter saya mau tanya, gigi depa saya bagian belakangnya kan ditambal, pertama pakai tambalan sinar, setelah itu copot dan mau ditambal lagi, saya pikir dokternya akan tambal laser juga tapi ternyata kok cuma tambal GIC dan todak ada sinar, hanya di beri tambalan putih terua tidak boleh minum/makan dan kumur aelama 1 jam. Kira kira itu kenapa ya? Dan apakah awet? Bedanya bagaimana? Terimakasih dokter

    • Dear Caca,
      Tambalan GIC dengan tambalan sinar (komposit) berbeda pada beberapa aspek, seperti warna, cara tambalan tersebut mengeras, dan ikatan dengan gigi asli. Tambalan komposit yang lepas bisa dikarenakan beberapa sebab, antara lain pada saat penambalan gigi tidak benar-benar kering, atau kurangnya preparasi gigi. Tambalan GIC memiliki ikatan kimiawi dengan gigi sehingga cukup dilakukan preparasi minimal. Karena yang berlubang di bagian belakang gigi warna yang putih tidak akan mengganggu. Selain itu GIC mengandung fluoride dan juga awet. Mungkin karena itu dokter mengganti tambalan komposit dengan GIC. Demikian jawaban dari kami, semoga membantu.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>