Wisdom Tooth (Gigi Geraham Bungsu)

Drg. Djoko Micni, Sp.BM, FICOI

wisdom1-jpg

Dari namanya kita pasti menginginkan gigi ini kita miliki selamanya, namun wisdom tooth atau yang sering kita kenal dengan sebutan gigi geraham bungsu acap kali menimbulkan masalah pada saat usia menjelang remaja.

Alih-alih menjadi gigi dambaan, gigi ini malah harus cepat enyah dari si pemiliknya. Ditenggarai sebagai salah satu alasan utama untuk datang ke dokter gigi, sebenarnya apa yang menjadi pertimbangan utama untuk membuang gigi ini dan bagaimana prosedur yang aman?

Istilah yang Rancu
Wisdom tooth adalah gigi geraham bungsu atau gigi geraham ketiga dari seri gigi geraham pada lengkung rahang. Merupakan gigi yang terakhir erupsi/tumbuh pada saat usia 16-18 tahun suatu masa saat seseorang telah dianggap dewasa dan mulai bijaksana. dari sinilah mungkin istilah wisdom ini muncul. Saat gigi ini erupsi gusi di sekitarnya/pericoronal mengalami peradangan sehingga timbul rasa sakit yang berangsur-angsur akan hilang setelah mahkota gigi tumbuh sempurna. Akan tetapi, apa yang sering terjadi adalah gigi ini mengalami impaksi/retensi dikarenakan terhalang oleh gigi geraham di depannya, sehingga peradangan menjadi berkepanjangan/kronis. kondisi inilah yang merupakan pemicu dari gangguan kesehatan organ-organ tubuh lainnya (infeksi focal)

wisdom2-woodlakedental

Gangguan Kesehatan karena “Wisdom Tooth”
“Dok, saya sudah berobat kemana-mana, tapi tetap saja sakit kepala saya tidak sembuh-sembuh, saya sudah melakukan CT scan, MRI, tapi tetap saja tidak menemukan apa-apa di kepala saya” demikianlah kalimat yang terlontar dari banyak pasien yang saya hadapi saat menemukan adanya gigi wisdom.

Dari masalah yang sifatnya lokal seperti pericoronitis(radang di sekitar mahkota gigi), caries, kista atau tumor rahang yang dapat timbul dari gigi impaksi, gangguan kesehatan dalam bentuk atau menifestasi di luar rongga mulut juga sering kali muncul seperti sakit kepala/migrain, otalgia/sakit telinga, myalgia/nyeri otot, bahkan endokarditis/infeksi katub jantung dapat dibuktikan sumbernya dari gigi ini.

Oleh karena itu, bila dijumpai masalah-masalah kesehatan yang belum ditemukan solusinya adalah bijaksana untuk melakukan pemeriksaan radiologis gigi dan bila menemukan gigi impaksi/wisdom tooth, tindakan selanjutnya adalah mengangkat gigi tersebut walaupun dirasa hal ini belum pasti.

Teori yang kontroversial.
Dalam kondisi yang meragukan apakah gigi ini merupakan penyebab gangguan yang selama ini diderita, anjuran untuk mengangkatnya tetap menjadi pilihan utama. Hal ini sebenarnya dapat dijelaskan dari teori focal sepsis, yaitu dengan adanya kondisi infeksi kronis di duatu tempat yang menyebar ke tempat lain dan bermanifestasi sebagai gangguan dari organ yang jauh dari sumber tersebut. Jadi dapat disimpulkan pertimbangan utama untuk mengangkat gigi ini atau diistilahkan dengan odontektomi adalah selain untuk mengatasi gangguan-gangguan lokal juga untuk profilaksis masalah-masalah kesehatan yang sifatnya sistemik.

Apakah aman melakukan operasi Wisdom Tooth (gigi Geraham Bungsu)?
Setiap tindakan operasi memang mengandung resiko timbulnya komplikasi, dari yang sifatnya sederhana/sementara seperti pembengkakan, pendarahan, nyeri sampai pada komplikasi yang lebih berat/permanen seperti paresthesia/gangguan saraf perasa sampai fraktur tulang rahang.

Semuanya ini bisa diantisipasi/dihindari dengan :
1. Pemeriksaan yang teliti dan menyeluruh: lakukan pemeriksaan laboratorium darah, pemeriksaan radiologis baik panoramic maupun CT scan dental 9melihat jarak antara gigi dengan saraf)
2. lakukan operasi gigi ini/odontektomi sedini mungkin antara usia 12-18 tahun
dengan perimbangan profilaksis karena saat usia ini akar gigi belum terbentuk sempurna sehingga proses pengangkatan menjadi lebih mudah dan terhindar dari kemungkinan trauma pada saraf 9karena jarak gigi dengan saraf jauh).
3. Prosedur operasi yang asepsos dan antisepsis dengan kontrol sterilisasi yang optimal disertai penggunaan alat operasi non-traumatis, yaitu piezoelectric dapat menghindari cedera saraf.
4. untuk kasus-kasus tertentu, yaitu pada posisi-posisi gigi impaksi yang letaknya dekat dengan organ anatomisn penting seperti saraf atau di luar rahang seperti di dalam sinus, maka operasi dapat dilakukan dengan bantuan anestesi umum

Dengan pemahaman yang lebih dalam dan luas, wisdom tooth bukan lagi masalah yang rumit dan dambaan akan gigi dan tubuh yang sehat bukan merupakan mimpi.

TIPS :
Lakukan panoramic untuk screening
Jangan ragu untuk “early removal of wisdom tooth”
Percayakan pada ahlinya

Early removal of wisdom tooth makes a contribution towards the prophylactic and reduction of complication rate.

Note : gambar diambil dari woodlakedental.com

78 thoughts on “Wisdom Tooth (Gigi Geraham Bungsu)

  1. Dok, pada hari selasa malam tgl, 14 Desember 2010 kemaren saya melakukan operasi pengangkatan gigi geraham bungsu yang letaknya di kanan bawah (posisi angular impaction). Pasca operasi memang sakitnya luar biasa, apalagi sekarang saya masih menyusui anak saya jadi dosis yg diberikan juga kecil. Setelah satu minggu bengkak sudah berkurang, bekas jahitan juga katanya sudah bagus. Tapi saya merasakan kebas/ mati rasa pada separuh dagu saya (yg bagian kanan) dan gigi depan kanan saya berasa seperti di pres, kadang terasa seperti ngilu sakit gigi padahal gigi saya sehat semua dan tidak berlubang. Dokternya bilang kalo saraf saya kena karena letak gigi yg terlalu dalam, dan diberi vitamin untuk memperbaiki jaringan sel saraf. Yang saya tanyakan bisakah rasa kebas itu hilang atau bakal permanen. Untuk perbaikan sarafnya apa yang harus dilakukan dok?

  2. Dok, sy operasi pengangkatan gigi graham bungsu kiri bawah tgl 22 Jan 2011, hari ini 26 Jan rasa nyeri masih terasa hebat padahal bengkak hanya sedikit saja, tetapi di sekitar gigi yg diangkat muncul bbrp sariawan, telinga kanan sy jg kok jadi berdenyut-denyut (mbengung), kepala sebelah kiri pusing nyut2an. saya bs buka mulut spt biasa, tp saat mengunyah makanan dg gigi sblh kanan rasanya gigi kiri jg sakit semua……apakah sariawan yg muncul ada hub dg tindakan saat operasi ? lalu efek pd telinga apa jg berhub dg operasi? setelah berapa lama pasca operasi boleh makan dg normal?

    • Wigati,
      Pasca operasi bisa timbul sariawan, dan ini memang menimbulkan nyeri yg ckp mengganggu. Unt mengatasinya bisa dg minum obat non flamin. Makan normal stlh 1 minggu.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center.
      Terima kasih, Drg.Djoko Micni, Sp.BM,FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  3. Dear Dokter,

    Tepat seminggu lalu saya operasi angkat gigi wisdom.
    Diberikan antibiotik, tatum, nonflamin dan feldene.
    Bengkak 4 hari kemudian sudah hilang, namun rahang saya jadi tidak bisa membuka lebar seperti kondisi normal dan lidah saya yg dekat dengan lokasi operasi gigi mengalami baal sebagian.

    Saya juga merasa nafas saya kurang sedap. Mhn infonya :
    1. Apakah boleh saya menggunakan obat kumur yg dijual umum di supermarket?
    2. Lidah baal, apakah akan terbantu dan hilang dg konsumsi neurobion 5000 tab xx dan methycobal tab xv?
    3. Rahang supaya normal kembali bagaimana ya?

    Terima kasih ;)

    • Erik,
      1. Obat kumur yg ada boleh saja dipakai, saran: gunakan juga air garam hangat untuk mempercepat pembengkakan hilang
      2. Neurobion dan methylcobalt bisa membantu untuk mengatasi baal yg timbul pasca operasi. Sebaiknya terus kontrol untuk dievaluasi
      3. Bila terjadi trismus, kompres hangat di pipi yg bengkak dan latihan buka mulut yg lebar setiap hari
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center.
      Terima kasih, Drg.Djoko Micni, Sp.BM,FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  4. dear dokter

    baru 3 hari belakangan saya merasa sakit d graham bungsu saya, awal ny saya tidak tau ada yg nama ny graham bungsu,,
    kalau tidak d cabut bagaimana.. tp mata,kpala,dan telinga saya sakit sekali..

    • Lusiana,
      Gigi geraham bungsu bila sudah mengganggu bahkan sampai sakit sekali sebaiknya dicabut, tidak perlu khawatir.
      Silahkan mengunjungi drg spesialis bedah mulut.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia dental care center 021-5635991, 021-5635992, 021-5632831
      Terima kasih, Drg.Djoko Micni, Sp.BM,FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  5. dear dokter,
    terus terang saya paling takut kalau sudah berurusan dengan dokter gigi, karena takut dengan rasa sakitnya. dan sekarang kelihatannya saya harus operasi gigi untuk gigi bungsu yang lokasinya dirahang atas kanan. apa saya harus dibius total dok? boleh tau berapa estimasi biaya untuk operasi tersebut? terima kasih dok…

    • Mira,
      Untuk pengangkatan gigi geraham bungsy tidak perlu takut, juga tidak akan dilakukan bius total.
      Untuk biaya kami tidak membahas di media ini, silahkan hubungi Dentia Dental Care Center, Jakarta, Indonesia di 021-5635991, 021-5635992, 021-5632831
      Ruko Sentra Bisnis no.A7
      Tanjung Duren Raya
      Jakarta Barat, 11470
      Terima kasih, Dentia Dental Dentist Team

  6. Dear Dokter,

    Saat ini saya sedang hamil 3 bulan, disaat kehamilan ini gigi geraham bungsu saya tumbuh (sebelumnya sudah keluar mahkota gigi, tp rasa sakit ga seberapa) akhir2 ini gigi makin tumbuh besar dan mendesak gigi disebelahnya yg buat rasa ngilu suakit banget. apakah saya wajib operasi dok? bahaya kah operasi gigi dgn pengaruhnya pada janin saya?? terimakasih dok.

    • Indry,
      Bila kondisi sedang hamil. Maka operasi gigi tetap bisa dilaksanakan, tentu dg izin dari dokter kandungan.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM,FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  7. Seminggu lalu saya operasi angkat gigi bungsu kiri bawah. Sebelumnya saya tenang2 aja pas mau operasi, saya fikir ga ada efek samping dan sama kaya cabut gigi biasa.
    Akan tetapi saya jadi bertanya2 ketika rahang saya hingga sekarang masih tidak bisa membuka normal (kaku dan hanya terbuka sedikit). Selain itu lidah saya hingga sekarang mengalami baal sebagian (sebelah kiri)
    Mohon info dan saran dokter :
    1. Kapan rahang saya bisa kembali normal/ dapat membuka lebar?
    2. Kenapa Lidah saya masih baal, sementara apa permanen baalnya? Mohon solusinya?
    3. Apakah bisa dikatakan malpraktek ketika hasilnya malah menimbulkan masalah?

    Terimakasih

    • Lia
      Efek samping pasca operasi bisa bermacam2 termasuk bengkak, trismus dan baal, oleh karena itu dokter selalu menjelaskan kemungkinan2 spt ini. Tetapi pada umumnya semua gejala2 tsb dpt sembuh. Saran terbaik adalah kontrol kembali ke dokter dan mendapatkan perawatan lanjutan berkenaan dg gangguan yg dialami.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM,FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  8. dok.. ad bbrp hal yg ingin sy tanyakn…
    gigi bungsu sy dibagian atas sdh tumbuh sempurna.. tp dibagian bwh sblah kiri mau tumbh sekitar 3mggu yg lalu, giginya difoto dan terlihat agak miring tp ga bersentuhan dg gigi disebelahnya.. kata drg nya dilihat dulu pertmbhanx jd ga perlu dicbut.. tp smp skrg gigi itu gak nembus digusi, hanya terlihat putih2 sj dan pas dipegang terasa giginya tp hanya separo.. yg disebelah kanan blm tmbh tp skrg spertinya mulai tumbuh dan jg gusinya berlubang trus didlmnya ad putih2 sperti gigi..
    rasax ngilu ktka hbs mkn tp lama2 menghlg ngilux..
    pertanyaan sy :
    1. apa sy hrs melakukn bedah mulut? bagaimana jk tdk?
    2. berhbng sy orgnya tkut sma sakit, jd sya takut kalo hrs dibedah.. mengingat kemungkinan yg bs terjdi setlah bedah.. apa bius lokal tdk menimbulkn rasa skt
    sma sekali saat pencabutan?
    3. stelah pembedahan pastinya darah terus bercucuran, mkanan apa yg bs sy makan? krna sy mnderita maag akut dan jg tdk bs mkn2an yg manis..
    4. brp lama proses penyembuhan dan bs kembali makn dg normal?
    5. akhir2 ini sy mengalami skt pd mata seperti pusing, telinga kadang sakit, apakah itu efek gigi bungsu ato hanya sy aj yg tersugesti dan takut terlebih dulu sehingga menimbulkan efek ini

    mohon penjelasanx, meskipun ini operasi kecil tp dikluarga sy blm pernh melakukannya.. shg jd was2 dg efek yg ditimbulkn..

    • Angel
      1. Sebaiknya gigi tsb dikeluarkan krn memang terjepit dan tdk bisa tumbuh sempurna. Kalau didiamkan suatu ketika bisa sakit dan bengkak
      2. Krn minum obat pereda sakit maka stl operasi akan biasa saja
      3. Darah akan berhenti krn luka operasi dijahit, makan spt biasa saja
      4. Stl 10 hari bisa buka jahitan, makan normal sejak hari pertama
      5. Gangguan2 tsb bisa saja timbul akibat gigi ini
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM,FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  9. Pagi dok, saya gris mau tanya, hari sabtu kemarin (17 maret 2012) saya melakukan Odontektomi, sebenarmya gigi geraham saya memang sudah harus dicabut sejak beberapa tahun lalu, tetapi karena takut jd tidak saya cabut-cabut. Hari sabtu kemarin sudah terlihat agak bengkak di pipi dan dagu saya, maka hari itu juga langsung dilakukan ondotektomi pada geraham kanan bawah, dan pencabutan pada geraham bungsu atas Setelahnya seperti reaksi operasi terjadi pembengkakan hingga leher, dan sudah mulai kempes sampai hari ini. Tetapi yang saya binggung setiap saya kompres dengan air hangat, kenapa keluar cairan seperti nanah dari bekas operasi gigi bawah kanan saya. Tetapi badan saya tidak panas. Cairan itu apaka benar nanah atau apa ya dok? Dan gimana cara menanggulanginya. Cairan itu keluar sejak hari ke 4 pasca operasi.
    Terima kasih

    • Gris
      Cairan yg keluar blm tentu nanah, tapi cairan yg masuk dari air liur dan air minum yg bercampur dg sisa2 makanan. Datang saja ke dokternya untuk dibersihkan dg irigasi NaCl.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM,FICOI, Dentia Dental Dentist Tea

  10. Dokter saya mau tanya apakah gigi impaksi bisa ditimbulkan/ ditegakan lalu dipertahankan?
    Saya sedang melakukan perawatan ortho, dokter saya bilang 4 gigi impaksi saya harus dibuang.
    Posisi saat ini adalah : 2 graham kecil belakang taring bagian atas kiri dan kanan sudah cabut, 1 graham kecil belakang taring bagian kanannsudah cabut, kecuali bagian kiri tdk ada pencabutan graham kecil, karena graham besar pertama sudah dioperasi karena impeksi gusi.
    Permasalahan utama ada di bagian kiri rahang bawah, posisinya hanya tinggal 1 graham, krn 1 graham sudah hilang operasi impeksi dan satu lagi masih impaksi.

    Mksd saya adalah ketika 3graham bungsu dibuang, saya ingin komposisi gigi graham saya ada 2 pd seluruh bagian kiri dan kanan baik atas maupun yg bawah, maka saya berniat mempertahankangigi impaksi kiri agar nnti saya memiliki 2 graham dengan harapan tindakan operasi pengangkatan lalu dipertahankan, namun apakh itu mungkin???. Tolong dijawab, terima kasihbanyak dokter.

    • Abdul Fatah
      Mengenai bisa tdknya gigi tsb tdk dicabut maka perlu melihat x ray nya dan evaluasi bersama antara drg yg merawat ortho dan bedah mulut.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM,FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  11. Pagi Dok.
    Saya laki laki berumur 34 tahun, pada tahun lalu saya mengalami gangguan mulut yang hebat, ternyata gigi geraham belakang saya nongol dan sakitnya luar biasa. saya telah berobat ke rumah sakit, dan mereka hanya memberikan obat penurun rasa sakit, sementara mereka menyarankan ke pada saya untuk melakukan bedah mulut ke rumah sakit lain. sebenarnya saya ingin cepat cepat melakukan operasi, akan tetapi mengingat begitu banyak berita di google, tentang wisdom teeth ini, saya menjadi was was untuk melakukan operasi.
    di tambah sekarang terjadi pembengkakan gusi samping kiri,

    pertanyaan saya :
    1. Apakah saya harus melakukan operasi, dan mengabaikan alasan
    alasan dari berita google tersebut, salah satunya (baal) seumur hidup
    2. kapan saya melakukan operasi, melihat kondisi sekarang sudah terjadi
    pembengkakan pada gusi kiri saya.
    3. untuk merekan rasa sakit ini saya harus makan obat atau antibiotik apa.
    mohon bantuan dok, biar saya beli di apotik terdekat.

    Demikan Dok, sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

    • Adi Sumardi,
      1, operasi gigi ini cukup aman jangan terlalu takut akan komplikasi yg mungkin terjadi krn bila dilakukan olah ahlinya, prosedur ini akan aman
      2, bila msh sakit dan bengkak sebaiknya diobati dulu dg antibiotik dan analgetik
      3, antibiotik yg sering digunakan adalah dari golongan penisilin dan cephalosporin sedangkan untuk analgetik bisa digunakan golongan asam mefenamat, parasetamol atau lainnya.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM,FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  12. Salam dokter,
    Saya wanita usia 33 tahun. Gigi geraham bungsu saya mulai berlubang 4 tahun yang lalu karena tumbuhnya miring dan sulit dibersihkan.
    Karena waktu itu saya sedang hamil, saya khawatir berpengaruh ke janin, maka saya memutuskan untuk tidak dicabut.
    Setelah melahirkan, rasanya gigi saya baik-baik saja, tidak sakit, walaupun lubangnya terus membesar.
    Baru hari ini, tiba-tiba saya mengalami rasa sakit senut-senut luar biasa di gigi tersebut, kiri bawah. Giginya sudah bolong, habis hampir 90%. Mungkin sudah mengenai saraf ya dok?

    Apa masih bisa dioperasi, dok, mengingat sudah tinggal akarnya saja?
    Membaca komentar & jawaban dokter di atas, saya berusaha tidak khawatir akan efek sampingnya walaupun masih tetap khawatir…

    Terima kasih banyak atas jawabannya, dok.
    Salam.

    • Arine,

      Gigi tersebut memang harus diangkat. Tidak perlu khawatir, konsultasikan dengan spesialis bedah mulut.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM,FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  13. Dok saya kok stlh operasi dikasi obat flamar anti rasa sakit dan cefadroxil 500mg. Tp stlh pulang rmh minum flamar tp sakitnya masih ada, dan minum antibiotik juga.. Kesalahan saya 1. Hari pertama stlh operasi tdk gosok gigi jd malam lgsg tidur . 2. Saya ga denger wkt dokternya bilang. Stlh operasi makan sprti biasa.. Saya selama ini hanya makan bubur dan daging dikit.3. Saya jarang menggerak2kan mulut ato buka mulut. Dan ternyata stlh operasi katanya mulut malah hrs digerak2kan.. Biar elastis.4. Saya selama 3 hari lebih byk tidur dan hanya minum obat. Tidur untuk nahan rasa sakit. . 5. Kenapa sy liat di gusi ada seperti nanah atau mau sariawan sy ga ngerti seperti kuning muda. Pertanyaan saya kenapa dr hari pertama sampe sekarang masih ada rasa sakit kdg dahsyat bgt.. Sy sampe nangis2. Dan sy jarang buka mulut krn sakit meski kdg saya paksa buka mulut. Krn baru tau katanya habis dioperasi hrs sering bukka mulut gt.. Agar elastis dan cpt sembu:. Dok gimana ya senin saya operasi dan sening tgl 13 agstus ini seharusnya uda lepas jaitan. Tp kenapa saya masih senyi kayak ditusuk atau diiris2 gt perih bgt..dan pusing. Makasih. tolonglah dok mungkin ada solusi buat saya.. Krn sy takut bgt.. Thanks.

    • Hadasa
      Kemungkinan besar sakit akibat sariawan atau bisa juga dari bekas luka yg kurang bagus suplai darahnya shg timbul sakit berkepanjangan. Minum antibiotik saja lagi dan analgetik .
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM,FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  14. Oh yg sakit itu krn ternyata di gusi yg dibedah ada beberapa sariawan muncul jd menimbulkan nyeri .. 3 sariawan.. Jd gimana cr ngobatinya ya.. Pusing ga kuat dok

  15. Dok, senin tgl 3 sept 2012 lalu gigi geraham belakang sebelah kanan ditambal. tetapi semalaman terasa cekot-cekot. akhirnya selasa sorenya saya minta dicabut saja.
    ternyata mencabutnya agak sulit, dan ada akar yang masih tertinggal. kata dokter, akar tersebut akan naik dalam waktu 6-9 bulan.
    benarkah demikian, dok? apa yang harus saya lakukan? apakah harus dilakukan operasi bedah mulut untuk mengeluarkan akar sisa ini?
    terima kasih

    • Lina
      Bila mungkin sisa akar dikeluarkan segera, kecuali sangat kecil dan dekat dg saraf.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM,FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  16. dok, gigi bungsu kiri bawah sy tumbuh sekitar 5th yg lalu, awalnya tdk kelihatan tp sekrg muncul kecil, sy tdk pernah sakit gigi atau keluhan yg lain, tp selama 5th ini sy jadi bau mulut, apa hrs dicabut dok? setelah dicabut apa bau mulut bisa hilang?

    • Dewi
      Bau mulut bisa disebabkan oleh sisa2 makanan yg terselip diantara dua gigi. Bila ada celah antara gigi bungsu dg gigi didepannya maka bisa saja menjadi sumber bau. Coba ke drg untuk diperiksa shg dpt diatasi masalahnya.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  17. Dok,gigi bungsu saya sebelah kiri tdk tumbuh sempurna separuh bagian msh tertutup gusi.krn takut proses dan pasca operasi saya sll tunda operasi.smp akhirnya berlubang dan tinggal setengah.gusi itu sering bengkak dan sakit disekitar telinga smp ke kepala.akhir2 ini malah sakit nya rasa nya menyebar ke area wajah lain nya.cuma aneh nya dok,bagian kelopak mata bawah sebelah kanan saya sering berdenyut padahal yang sakit gigi sebelah kiri.apa mungkin saraf mata ini bisa terganggu akibat infeksi gigi bungsu itu dok?dan kalo dilakukan pencabutan gigi itu apakah akan aman utk saraf wajah dan mata saya dok?mohon penjelasan nya dok..trmkasih..

    • Linda,
      Untuk gigi geraham bungsu yang mengganggu memang sudah seharusnya dicabut, tidak perlu khawatir, operasi dapat dilakukan dengan baik oleh Spesialis Bedah Mulut.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  18. dok, gigi bungsu saya tengahnya bolong sampai ke gusi dan sesekali mengeluarkan darah yang banyak sekali, saya ingin operasi tapi saya takut dengan banyak keluhan after op saya sedang mengandung 5bulan apakah op hrs dtunda terlebih dahulu? saya juga sering mengalami gusi berdarah tiap bangun pagi? mohon penjelasannya

    • Liza
      Ditunda boleh saja asalkan tdk ada gangguan sakit, tetapi bila mau dilakukan tindakan sekarang juga boleh setelah ada persetujuan dari dokter kandungannya. Hindari pemakaian obat2 yg tdk tepat.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  19. Dok, 3 hari kemarin istriku tiba2 sakit gigi sampai nangis2. besoknya ada pembengkakan di gusi nya,trus tiba2 jadi kaku mulutnya ngga bs buka lebar bahkan 1 jari pun ngga masuk. pas di cek ternyata infeksi gigi geraham blk yg posisinya miring nubruk ke depan dan gigi nya sudah hancur sebagian. Yang ingin saya tanyakan adalah apakah kaku di mulut itu bisa hilang dan kembali normal? skr sih sudah dikasih lincocin dan flagyl udh 2x minum.. sakit gigi nya sudah hilang tp masih ada bengkak dan mulutnya blm bisa terbuka lebar. Saya benar2 takut nih dok.. tolong pencerahannya.. Oh ya masih boleh menyusui ngga ya dok? soalnya istri saya sebenarnya sedang menyusui,tp karena minum obat ini jadi dihentikan dulu menyusuinya..

    • Dear Budiyanto,
      Infeksi gigi tidak boleh dianggap remeh, apalagi sampai tahap mulut kaku dan tidak bisa membuka lebar. Dikhawatirkan infeksinya terus menjalar. Secepatnya gigi tersebut dicabut dan dicover antibiotik dosis tinggi. Jika sedang menyusui, akan diberi obat yang aman atau dihentikan dulu sementara menyusuinya. Untuk lebih jelasnya silahkan berkonsultas ke klinik Dentia.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Ricke Santoso, Sp.KG, Dentia Dental Dentist Team

  20. Halo dok.. Setelah saya melakukan foto panoramic terlihat gigi geraham bungsu harus dicabut. Yang saya dengar sekarang ada teknologi baru menggunakan laser, sehingga operasi dan penyembuhannya lebih cepat. Apa itu benar Dok? Apakah di Dentia jg ada? Thanks.

    • Anto,
      Alat laser memang bisa digunakan untuk operasi, namun mengingat alat laser sangat mahal maka biaya operasi menjadi tinggi. Bila operasi tdk mau sakit maka dg teknik yg baik maka operasi juga tdk akan sakit walaupun tanpa laser. Klinik kami memberikan perawatan dengan painless system.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  21. Beberapa th yg lalu kira2 th. 2009/2010 gusi belakang kiri bawah sy mengalami impaksi. Awalnya membengkak dan terasa sakit, sy biarkan dan setelah itu tidak apa2. Namun setelah beberapa lama, gusi itu mengeluarkan cairan putih seperti nanah dan bau setiap kali ditekan. Sy periksakan k dokter gigi, oleh dokter gigi pertama sy diberi antibiotik, beliau bilang tidak apa2 nanti akan hilang sendiri. Setelah obat habis tidak jg berhenti. Selanjutnya sy k dokter gigi yg lainnya, beliau jg memberi antiobiotik plus menganjurkan sy utk memeriksakan k dokter bedah mulut. Oleh dokter bedah mulut sy diminta utk melakukan rontgen, beliau khawatir klo penyebabnya adalah kista. Berdasarkan hasil rontgen ternyata kondisi gusi sy baik2 saja, beliau katakan bahwa penyebab cairan itu adalah sisa makanan yg terperangkap dan bercampur dgn kelenjar ludah sehingga berbau, lalu sy diberi resep antiobiotik. Beberapa tahun berlalu dan gusi sy masih seperti itu. Saat ini sy khawatir dok, karna sy br mengetahui kalau sy hamil. Sy takut hal ini berpengaruh ke janin sy. Apa yg harus sy lakukan?

    • Debby
      Kondisi yg kamu alami adalah infeksi pd gusi, shg hrs terapi dg antibiotik dan bila perlu pencabutan gigi yg menjadi penyebab, bila saat ini sedang hamil maka perlu konsultasi dg ahli kandungan apakah diperbolehkan untuk tindakan bedah gigi.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  22. Hallo dok, saya helena 24/06/13 saya operasi geraham gr2 geraham saya miring, Stelah operasi saya dikasih obat anti biotik n analgetik, shabisoperasi seharian saya tdak bisa tdur gr2 kesakitan, bsoknya saya meriang smalaman, saya detiap hainya hanya makan bu2r aja ” pas 3 hari pasca operasi bekas operasinya nyut2tan skit n saya liat bnyak putih2 kaya sariawan di sekitas bekas operasinya, yg sya mau tanyakan: 1 apa kah sakit dan demamnya adalah suatu al yang normal ? 2. Bagai mana caranya n mengobati luka yang ada sekitar bekas geraham yg di operasi? 3, apa kah saya harus konsul ilang ke dokter saya ?

    • Dear Hellna,

      Rasa sakit yang disertai demam setelah operasi gigi bungsu, kemungkinan merupakan gejala adanya infeksi. Sebaiknya Helena kontrol ke dokter gigi untuk evaluasi dan mendapatkan perawatan lanjutan berkenaan dengan gangguan yang dialami. Sariawan dapat terjadi setelah operasi, penyebabnya bisa karena trauma mekanis, tapi jangan kuatir, sariawan tersebut dapat sembuh dengan sendirinya. Bila rasa perih akibat sariawan itu mengganggu sekali, dapat minum obat nonflamin dan kumur-kumur dengan minocep.

      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat….

      Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991, 5635992, 5632831.
      Terima kasih, drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team.

  23. hai dok.sya punya gigi geraham bungsu bawah yaitu kiri & kanan uda b’lubang..sya mau tanya dok apa bisa langsung cabut 2 gigi itu atau secara bertahap?? makasi dok

    • Agoest,
      Mencabut 2 gigi sekaligus juga bisa, tdk apa2.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat….
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  24. Dear dokter
    Saya punya gigi lubang di sebelah kanan ketiga dri belakang (tidak tau nama giginya). Waktu perawatan penambalan, katanya sudah tdk bisa lagi ditambal. Harus dicabut karna sudah parah. Sekarang giginya sakit terus menerus tiap hari dok.
    Sudah seminggu, dan saya coba pake cengkih dimasukan ke lubangnya. Tpi bbrp saat kemudian, saya merasakan keram dibagian dagu dan bibir sebelah kanan.
    Dan skrg sdh 2 hari dagu saya mati rasa dok. Itu penyebabnya apa ya? Dan apa saya harus mencabut giginya?
    Soalnya katanya klo msh sakit blm blh dicabut. Sdangkan ini sakitnya msh blm sembuh.
    Makasih dok

    • Velove
      Rasa baal di bibir disebabkan oleh inflamasi pada jaringan disekitar saraf,oleh krn itu segera berobat ke spesialis bedah mulut untuk mendapatkan penanganan segera. Tentunya sebelum dicabut perlu minum antibiotik terlebih dahulu.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat….
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  25. dear dok,
    saya pria 23th, ada 2 hal yang ingin saya tanyakan:

    1. gigi bungsu sebelah kiri sudah tumbuh namun sebagian masih ada yang tertutup gusi, sehingga susah dibersihkan.. 1 mggu yang lalu sakit dok hingga pipi bengkak, namun sekarang sudah terasa normal..
    apakah sibungsu harus segera di angkat?
    ataukah mungkin gusi yang menutup akan hilang sendiri?

    2. dari hasil panoramic gigi graham kanan bawah miring ke arah depan, apakah harus segera di angkat juga? selama ini tidak ada masalah yang terjadi..

    regard,
    prima

    • Dear Prima,
      Gigi geraham bungsu yang tumbuhnya tidak normal sebaiknya diangkat, terlebih bila sudah mengganggu. Semakin cepat emakin baik, karena belum timbul efek samping atau komplikasi.
      Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991, 5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  26. Dear Dok,

    Saya memiliki masalah pada geraham bungsu bagian kanan dan ada rongga sehingga muncul nanah, sedangkan geraham didepannya juga tinggal setengah karena bolong dan tidak ditambal.
    1. Apakah gigi geraham bungsu saya harus dicabut?
    2. Apakah geraham didepan geraham bungsu juga harus di cabut? apa tidak bisa ditambal saja?

    Mohon penjelasannya ya Dok

    Regards,
    Richa Wilyusdinik

    • Richa
      Bila timbul nanah akibat gigi impaksi dan berlubang maka sebaiknya segera dicabut , sebab bila ditunda tunda akan menjadi lebih parah sehingga suatu saat terjadi penyebaran infeksi.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  27. Dok saya tgl 15 januari kmarin saya operasi gigi bungsu. 2 hari kemudian (tdi sore) saya demam, tetapi bekas operasi tidak sakit dan darah sudah berhenti, kenapa ya dok? Kalau bsok pagi demam sudah berhenti apa tidak apa-apa?

    • Ola
      Demam pasca operasi bisa disebabkan oleh adanya bakteriemia, sehingga perlu observasi apakah kondisi ini terus berlanjut atau tidak. Bila besok hari demam hilang maka tdk perlu kuatir. Perbanyak istirahat dan jaga kebersihan mulut.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  28. Hallo dok, gigi bungsu kiri atas saya terpendam seluruhnya (tidak keluar) tapi dokter bedah mulut tidak berani mengoperasinya krn lokasi yang terlalu tinggi dan dalam, katanya terlalu sulit dan kalaupun bisa dioperasi harus dengan bius total, itupun beresiko tinggi. Memang dari hasil rontgen terlihat bentuk mahkota gigi saya justru menghadap ke depan wajah (tidak horizontal maupun vertikal) dengan lokasi persis dibawah sinus/tulang pipi, beliau malah menyarankan agar dibiarkan saja selama tidak ada keluhan.
    Bagaimana menurut dokter? apakah memang tidak apa2 bila gigi tsb dibiarkan saja? apakah nantinya tidak bermasalah? apa benar bila lokasi impaksi gigi terlalu sulit (resiko lebih besar dibanding jika tidak diambil) maka operasi tidak dianjurkan?

    Mohon penjelasannya ya dok, terima kasih.

    • Lily,
      Posisi gigi memang menjadi pertimbangan sebelum tindakan operasi dilakukan, pada kasus dimana letak gigi ekstrim, maka umumnya gigi tsb didiamkan. Masalah dikemudian hari tidak ada yg bisa memastikan.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  29. Dok, sudah hampir 1 tahun gigi geraham bungsu saya yang letaknya di kanan bawah berlubang, awalnya lubangnya kecil kemudian terlalu sering saya tambal sehingga lubangnya semakin dalam dan sampai menyentuh syaraf dan rasanya sakit sekali sampai tidak bisa tidur, sehingga dianjurkan untuk mematikan syarafnya, dan akhirnya sudah di lakukan pematian syaraf sampai 2 kali. tapi setelah 1 minggu tiba-tiba sakitnya luar biasa, dan saya merasakan kebas/ mati rasa pada separuh bibir dan dagu saya (yg bagian kanan) dan gigi depan kanan saya berasa seperti ngilu sakit gigi padahal gigi saya sehat semua dan tidak berlubang dan juga rasa nyeri di daerah telinga, mata dan sakit kepala di sebelah kanan. Dokternya bilang kalau syaraf dan gigi saya yang berlubang sudah mati tapi tidak boleh dicabut giginya. saya hanya di beri obat antibiotik, peredah nyeri dan vitamin saja yang dosisnya lumayan besar tapi berpengaruh hanya beberapa hari saja selanjutnya saya masih merasakan sakit meskipun sudah minum obat-obat tersebut. sampai saat ini gigi geraham bungsu saya belum di cabut dan rasa kebas/mati rasa dan ngilu pada bibir, dagu dan gigi saya masih saya rasakan saat ini. Yang saya tanyakan bisakah rasa kebas, ngilu, nyeri pada bibir, dagu gigi depan, telinga, mata dan kepala sebelah kanan ini bisa hilang atau bakal permanen. Untuk gigi geraham yang berlubang mengapa tidak boleh dicabut padahal gigi dan syarafnya sudah dimatikan? mohon penjelasannya Dok. terima kasih.

    • Vina
      Bila gigi pasca perawatan tetap sakit maka alternatifnya adalah perawatan ulang atau dicabut. Untuk gigi geraham bungsu sebaiknya memang dicabut. Sejauh ini tdk ada halangan untuk mencabut gigi.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  30. dok,1tahun lalu gigi kedua dari belakang sebelah kiri saya sakit.. tp begitu sakitnya hilang saya langsung ke drg utk minta d cabut saja. tapi waktu dicabut gigi, gigi sya msh sdikit sakit dok..dan stelah 1bulan cabut gigi.. penghilatan saya kadang2 berkunang sprti ad yg menghalangi .kepala mjd skt skali dan skitnya bnr luar biasa. stelah kunang2nya hilang,skt d kpala lgsg terasa.apakah itu trmasuk cedera saraf dok? bgaimana cara menyembuhkannya? mh0n d jelaskan secara detail dok.. trimakasih

    • Fhei
      Sejauh ini tidak ada hubungan antara cabut gigi dg mata berkunang dan sakit kepala, dan bila ini terjadi maka perlu berkonsultasi dengan seorang dokter (bisa dengan internist atau neurolog).
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  31. Dok, saya jumat lalu operasi minor pengangkatan geraham bungsu. Pasca operasi saya terasa perih di sudut mulut sebelah kanan,waktu operasi saya memang merasa alat operasi agak sakit kena bibir sebelah itu,tapi saya hiraukan krn saya kira tidak akan sampai lecet. Sekarang bibir saya sulit untuk dibuka agak lebar karena sakit. Bagaimana penanganannya ya dok? Saya jadi sulit makan, dan bingung nanti bagaimana ambil jahitan.
    Selain itu saya merasa ada benang jahit yang lepas. Benang itu sering bergesekan dengan pangkal lidah, sehingga sekarang sakit kalau menelan. Solusinya apa ya dok?
    Saya juga masih ada 2 geraham bungsu yang impaksi, atau masih takut untuk operasi lagi. Tks dok.

    • Mustia
      Luka di sudut bibir bisa terjadi krn gesekan alat saat operasi, luka ini akan sembuh . Kalau perlu bisa dioleskan salep pelembab, dan untuk benang pasti nanti bisa dibuka. Untuk dua gigi yg blm dicabut tetap bisa dilakukan setelah luka yg sekarang sembuh .
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  32. salam dok
    mau tanya apakah bisa gigi impaksi dioperasi tanpa di bius umum?soalnya saya mengalami gigi impaksi geraham bawah yg sebelah kanan tumbuhnya lurus tetapi terhalang tulanMohog rahang sedangkan yg sebelah kiri miring tidak muncul keluar gusi dan menabrak gigi sampingya dan posisinya dalam mengenai syaraf menurut dokter.Mohon masukannya karena saya ada pengalaman tidak mengenakkan akibat efek bius umum saat dulu pernah operasi tapi bukan operasi gigi yaitu badan rasanya lemas seperti mau pingsan.Terima kasih dok

    • Eko
      Operasi gigi bungsu tidak hrs dg bius umum kecuali dirasa perlu misalnya letak gigi yg dalam shg memerlukan waktu yg lebih lama . Disamping itu bila ada permintaan pasien yg takut bila operasi dg bius lokal. Penilaian dokter dari tiap kasus memang berbeda beda.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  33. Salam dok, mau tanya..
    saya tanggal 9 maret 2014 operasi gigi geraham bungsu sebelah kiri bawah,, awalnya gigi berlubang dan sudah di tambal tapi lepas lagi. Setelah datang kedokter lagi saran dokter supaya dicabut.tp kata dokter karena kasusnya posisi sulit maka saran dokter supaya dioperasi ,singkat cerita selesailah tugas mengangkt gigi dan saya diberi obat,kaflam 25 mg dentasid 500mg clindamisin 300mg,tiga hari obat habis,tapi rasa pegel dan seperti sariawan,kemudian saya kontrol dikasih obat sama kaya kemarin,cuma ditambah obat kumur forinfec ,samaaloclair plus gel,tapi kok belum kunjung sembuh lho dok saya buat makan sakit buat buka mulut juga sakit,gimana dok saya sebaiknya,apa obat harus dihabiskan semua,apa ada obat lain yg manjur,mksh dok,mhn saran.

    • Siti
      Bila ada sakit dan gangguan buka mulut pasca operasi gigi , maka ada kemungkinan perlu untuk mengganti antibiotiknya. Untuk itu perlu konsultasi kembali dg dokter.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  34. Dok , mau nanya 1minggu yang lalu saya melakukan operasi gigi bungsu. 2 hari yang lalu jaitannya sudah diangkat. dan sekarang gusi saya bolong dan pada saat makan makanan masuk kedalamnya. sehingga saya harus kumur2 berkali2 dan kadang ada makanan yang susah keluar. pertanyaan saya.. apa gusi saya bisa kembali seperti semula? apa tidak apa2 makanan masuk ke lubang gusi? kondisi saya saat ini tidak nyeri ,hanya merasa tidak nyaman karena seiap makan makanan masuk ke lubang gusi.Terimakasih sebelumya

    • Lala
      Gusi akan merapat total setelah sekitar satu bulan pasca operasi, dan sekarang bila ada makanan yg terjebak didalam lubang gusi maka dapat dibersihkan dg irigasi menggunakan spuit /syringe suntikan .
      Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991, 5635992, 5632831.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team.

  35. Malam dokter, mau tanya..saya baru operasi gigi bungsu kiri bawah , jumat malam 25 April 2014. Sampai hari ini, 27 April 2014 (minggu malam), dagu dan bibir kiri saya masih berasa seperti kesemutan. Apakah wajar, dok? Mohon informasi. Terima kasih

    • Ummi
      Gejala kesemutan pasca operasi gigi bungsu, bisa disebabkan oleh udem atau peradangan pada daerah sekitar operasi
      yg menekan saraf didekatnya. Sebaiknya kontrol kembali ke dokter untuk mendapatkan obat pereda peradangan.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  36. Dok, saya mau tanya.. saya melakukan operasi gigi bungsu tgl 2 Juni tetapi rasa senut pada gusi masih terasa sampai hari ke-4. saya sudah melakukan aktivitas seperti biasa (tidak berbaring saja di tempat tidur). Apkah ini mempengaruhi ? Dan pada saat sujud dalam shalat terasa sekali senut2 nya. sedangkan saya dikasih obat antibiotik & penahan rasa sakit untuk diminum 2x sehari, jadi setiap siang hari terasa sekali senut2 nya..

    dan kalau dilihat gusi yg setelah dioperasi terlihat putih2 disekitar bagiannya, apakah ini infeksi ?

    Bagaimana cara mengatasinya?

    Terima kasih atas Jawabannya

    • Nike,
      Dalam 4 hari inflamasi pasca operasi masih ada shg wajar kalau masih terasa sakit, karena itu boleh saja obat analgetik diminum 3 kali sehari . Dan ada baiknya kontrol ke dokter krrn ada kemungkinan sisa2 makanan tersangkut didalam luka, shg perlu dibersihkan. Selain itu antibiotik perlu dievaluasi apakah sdh adekwat atau belum.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  37. Dok, tgl 19 Agustus kmarin saya operasi geraham bungsu kanan bawah. Saya dibius lokal, namun anehnya sampai hari ini yg brarti 3 hari, lidah kanan saya msh baal. Saya sgt khawatir dok, karena setahu saya efek anastesi itu lbh krg 3 jam. Fyi dok, sebelas thn lalu geraham bungsu kanan bawah saya sdh diangkat n saya tdk mengalami apa yg saya alami saat ini. Mnrt pendapat dokter apa yg saya alami ini n bagaimana cara menanggulanginya. Terima kasih jawabannya dok.

    • Yoan,
      Kondisi baal pasca operasi bisa saja terjadi, dan penyebabnya sampai saat ini dianggap sebagai efek samping dari trauma operasi. Bila ukuran trauma kecil maka rasa baal ini lambat laun akan hilang dan sembuh total. Sebaliknya bila traumanya besar maka rasa baal bisa permanen. Untuk membantu pemulihan bisa dg memakai obat neurobion dan meticobalt, dan unt dosis nya sebaiknya berkonsultasi ke dokter.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  38. dok..saat ini saya sedang mengalami trismus yg cukup serius. saya tidak bisa membuka mulut saya, padahal saya mau melakukan pengangkatan gigi bungsu saya dok..apalagi saya mengalami trsimus udh sebulan lebih, saya tidak tahu ttg trismus makanya saya kedokter gigi saja udh 4 x tapi belum ada perubahan, saya khawatir dok gusi dan mulut saya kenapa2…apa yg mesti saya lakukan dok. utk saat ini saya sedang mengkonsumsi obat dari dokter terakhir..tp blm ada perkembangan untuk bisa buka mulut, mohon saranya dok saya harus bagaimana, terimkasih. karsin febrianto, mampang

    • Karsin,
      Kondisi trismus merupakan komplikasi dari infeksi gigi, oleh karena itu untuk penyembuhannya gigi penyebab harus segera diangkat. Bila dengan obat2an tidak bisa, maka gigi bungsu diangkat dengan pembiusan total supaya mulut bisa terbuka.
      Kunjungi drg spesialis bedah mulut utk menangani hal ini.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  39. Saya ingin konsultasi sudah hampir 1 minggu ini gusi paling belakang sebelah kiri saya mengalami pembengkakan. Hingga menutupi gigi baru yg dekat dgn gigi geraham belakng. Terkadang suka nyeri dan terkadang sedikit mengeluarkan darah disekitar gusi yg bengkak. Rasa nyeri nya pun baru terasa setiap bangun tidur saja.Dan waktu saya periksa ke dokter umum dibilang radang gusi. Dan saya diksh obat pereda nyeri serta obat kumur.
    Apakan radang gusi itu perlu di bedah ya dok ? Karna saya takut sekali kalau harus dibedah.
    Apakah ada alternatif lain seperti mengkonsumsi obat apa agar bengkak nya bisa berkurang.

    • Susi
      Bila sudah sering sakit dan bengkak sebaiknya segera untuk dicabut, karena kondisi ini bisa menjadi lebih parah. Operasi yg dilakukan oleh ahlinya tidak akan sakit dan pasti aman , tidak perlu kuatir .
      Obat hanya bersifat sementara.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  40. Dok saya ingin bertanya. Bila jaitan lepas setelah 3 hari odon, apa yg harus saya lakukan? Karna sisa makanan masuk ke dalam lubang setelah pencabutan menyebabkan nyeri yg sangat hebat hingga ke kepala. Apakah sisa makanan yg menempel tersebut penybabnya? Dan bagaimana solusi untuk menghilangkan rasa sakit dok?
    Terima kasih

    • Annga
      Bila jahitan lepas sebelum waktunya , sebaiknya segera kembali ke drg untuk dijahit kembali sekaligus dibersihkan lukanya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>