FLAPLESS IMPLANT PLACEMENT

Pemasangan Dental Implant Tanpa Pembedahan
Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI

Harus diakui bahwa setiap orang enggan ke dokter gigi karena mereka membayangkan prosedur atau tindakan di klinik gigi selalu ada pengeboran, penyuntikan, operasi/ bedah, pencabutan dan sebagainya. Karena itu saat dental implant diperkenalkan atau diusulkan meraka langsung menolak mengingat nanti ada prosedur pembedahan dan pengeboran. Mereka sangat yakin bahwa prosedur ini akan menyakitkan. Apakah memang benar demikian?

Dari pengalaman kami selama ini sebenarnya yang paling ditakutkan oleh mereka adalah prosedur operasi , karena mereka membayangkan bahwa operasi itu akan banyak mengeluarkan darah, begitu juga setelah mereka pulang ke rumah darah akan tetap keluar . Bagi sebagian orang bahkan tidak bisa sama sekali melihat darah, mereka akan pusing atau pingsan. Disamping itu kalau operasi pasti ada penjahitan, ini juga meraka takutkan karena nanti waktu buka jahitan akan sakit. Semua ketakutan ini walaupun cukup beralasan tapi sebenarnya tidak benar.

Prosedur operasi pemasangan dental implant bukan suatu tindakan operasi besar , sehingga tidak akan mengeluarkan banyak darah baik saat operasi maupun sesudahnya. Namun demikian saat ini telah ditemukan prosedur pemasangan implant yang sangat nyaman karena tidak melalui pembedahan (FLAPLESS IMPLANT PLACEMENT) , bagaimana prosedur ini?

Pertama-tama dokter akan menyiapkan alat yang kita sebut dengan surgi guide .
flapless-implant1

Alat ini dibuat untuk memandu operator/dokter gigi dalam pengeboran dengan tepat tanpa perlu melihat tulang rahang pasien. Artinya bila menggunakan cara lama, sebelum pengeboran gusi pasien harus dibuka supaya ketebalan tulang terlihat dan dokter dapat mengebor di tengah-tengah tulang dengan arah yang tepat sehingga tidak meleset. Dengan surgi guide maka hal ini tidak diperlukan lagi. Dokter gigi akan dengan yakin mengarahkan bur nya tanpa kuatir salah arah atau salah posisi. Setelah prosedur ini selesai maka implant dapat dipasang dan dilanjutkan dengan tahap-tahap berikutnya sampai selesai.

Untuk informasi dan perawatan gigi anda, hubungi Dentia Dental Care Center, klinik dental implant.

18 thoughts on “FLAPLESS IMPLANT PLACEMENT

  1. Apakah dental implant bisa di gunakan untuk menggantikan gigi yang telah lama copot,atau hanya untuk yang barusan copot?

  2. Bisa tahu biayanya berapa kah?? kebetulan saya tertarik untuk dental implant, namun saya blom menemukan klinik yang tepat, btw bisa informasikan berapakah biaya yang di keluarkan untuk biaya operasi dan pemasangan dental implantnya??
    terima kasih

    • Firman,
      Kami tidak membahas mengenai biaya di media ini, untuk lebih jelasnya
      silahkan hubungi klinik kami di 021-5635991, 021-5635992, 021-5632831
      Terima kasih, Drg.Djoko Micni, Sp.BM,FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  3. Hi..

    I am happy your own article was out there for reading. It’s very thought-provoking, informative, bold, original as well as creative.

    This particular data has given me a brand new perspective along this topic. Thank you..

    Nice blog tooo ;)

  4. Terima kasih dok atas infonya.
    Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan
    1. Berapa lama proses pemasangan implant? Mulai dari pengeboran hingga pemasangan mahkota.
    2. Berapakah biaya pemasangannya?

    Mohon jawaban dokter dikirimkan ke email saya.

    Terimakasih.

    • Sahabat,
      1. Setelah implant dipasang , umumnya menunggu 3 bln baru bisa dipasang mahkota, walaupun kdg2 bisa langsung pasang mahkota
      2. Harga akan diberitahu saat konsultasi.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM,FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  5. Dok..
    gigi saya berantakan
    terutama gigi bagian atas bentuknya ada yg kecil,dan besar( sehingga tidak beraturan )
    apakah masih bisa diperbaiki?
    berapakah biayanya..?

    • Dear Annisa,
      Gigi yang berantakan atau kurang rapi dapat diperbaiki dengan pemakaian kawat gigi, untuk masalah biaya,kami tidak membahasnya dalam media ini. Untuk konsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami 021-5635991-2, 021-5632831, Dentia Dental Care Center.
      Terima kasih, drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team.

  6. Gigi saya sdg menjalankan perawatan saraf gigi, dan senantiasa di tambal sementara karena belum selesai perawatannya . Tapi kenapa ya gigi yg sedang dirawat itu suka gatal ? Apakah itu memang hal biasa atau gimana ? Mohon penjelasan . Terima kasih.

    • Dear Atik,
      Kemungkinan rasa gatal bisa disebabkan karena adanya proses peradangan dan reaksi tubuh yang serupa dengan alergi terhadap benda asing, seperti bakteri atau obat yg diberikan di dalam gigi tersebut. Atau penyebab lainnya bisa karena gusi yang mengalami peradangan.
      Alangkah baiknya jika anda berkonsultasi mengenai hal tersebut dengan dokter gigi. Beritahukan kapan biasanya gigi tersebut mulai terasa gatal.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Ricke Santoso, Dentia Dental Dentist Team

  7. Gigi depan atas saya nomor 2 ke kanan sudah tanggal sejak tahun 2006. Saya ingin merapatkan gigi yang tersisa. Apakah bisa Dok?

    • Prasetio,
      Kalau dirapatkan berarti ada gigi belakang yg ditarik ke depan, ini bisa dilakukan tetapi butuh waktu lama, lebih cepat dg gigi palsu.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM,FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  8. Pagi dok,
    Saya seorang wanita umur 44 thn, saya berdomisili di medan,saya sdh kehilangan semua gigi saya 15 thn yg lalu, sebulan yg lalu saya melakukan implant gigi sebanyak 14 bh, 8 bh di rahang atas n 6 di rahang bawah, tp sampai hari ini rahang bagian bawah saya masih sakit n nyeri setiap hari, solusinya saya minum obat pereda sakit min 1-2 x sehari, berhubung sejak implant saya mendapat tugas keluar kota maka belum bisa konsultasi langsung dgn dokter yg merawat saya, hanya via telp, menurut dokter sebaiknya apa yg hrs saya lakukan, rasanya tersiksa sekali krn rasa sakit ini, kalau misalnya ada kesalahan prosedur pengerjaan implant, dan saya mau melepaskan nya, apakah itu memungkinkan? Terimakasih atas bantuannya.l

    • Emie,
      Bila implant ingin dilepas tentu bisa dilakukan , tapi sebaiknya kontrol dulu ke dokter yg memasang untuk dicari penyebab rasa sakit shg bisa mendapat solusinya.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  9. Sy mw tnya stlh mlakukan pemasangan implan prwtan ap sj yg msti kt lakukan? Lalu brthn brp lmkah implan trsbt?apkh akn awet seumur hdp?

  10. Oh ya dokter sy mw tanya jg, kalau untuk gigi seri atas 2 buah apkh bs dipasang dgn metode mini dental implan? Apa bedanya dgn yg konvensional? Mengenai biaya mahalan yg mn dokter?bth prusedur brp lm ya dokter soalnya sy dr luar kota thanks,

  11. Oh ya dokter sy mw tanya jg, kalau untuk gigi seri atas 2 buah apkh bs dipasang dgn metode mini dental implan? Apa bedanya dgn yg konvensional? Mengenai biaya mahalan yg mn dokter?bth prusedur brp lm ya dokter soalnya sy dr luar kota thanks, tlg kirim ke email sy ya dokter

    • Desi,
      Mini implant digunakan untuk kondisi dimana implant reguler tdk memungkinkan, posisi yg paling cocok adalah di depan bawah, bila mau dipasang di posisi lain tentu saja bisa asalkan memenuhi syarat yaitu oklusi dan artikulasinya tdk besar. Untuk pemasangan hanya perlu 2 kali kunjungan.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat….
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>