FRACTUR TONJOL GIGI

by drg. Anastasia Elsa P, SpKG

Apakah Anda mengalami sakit tajam saat mengunyah, sensitive terhadap perubahan suhu, terutama dingin,  sakit tersebut tidak berat ataupun spontan dan hanya terjadi bila ada stimulus?

Maka ada pertimbangan bahwa anda mengalami fracture tonjol gigi.

Umumnya, terdapat riwayat tumpatan yang dalam dan meluas di proksimal, juga dapat terjadi pada gigi dengan lubang meluas yang belum dirawat.

Bila terdapat tumpatan lama, maka dokter gigi seringkali harus membongkar tumpatan tersebut terlebih dahulu agar dapat mengobservasi jaringan dentin gigi. Garis fracture tersebut dapat langsung terlihat atau masih memerlukan pemeriksaan lebih lanjut menggunakan tes pewarnaan ataupun tes transiluminasi.

Mempertahankan tonjol gigi yang patah seringkali tidak memungkinkan. Maka tonjol tersebut perlu diambil untuk mengurangi rasa sakit dan gigi direstorasi agar tidak terasa ngilu.

Restorasi tersebut dapat berupa mahkota ¾ atau penuh dengan perluasan kearah akar ataupun ke batas fraktur. Perawatan saluran akar jarang dilakukan karena pada kasus ini biasanya pulpa tidak terekspos.

Keberhasilan perawatan dalam jangka panjang: baik, karena fraktur cenderung dangkal. Fraktur tonjol yang meluas kedalam, dibawah batas gusi memerlukan perawatan yang lebih kompleks.

Untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi kunjungi dokter gigi secara berkala minimal setiap 6 bulan sekali. Dentia Dental Care Centre, klinik perawatan gigi keluarga anda.

2 thoughts on “FRACTUR TONJOL GIGI

  1. Bgmana perawatan pada gigi yg tlh dirawat pulpek devital tapi tlh mengalami abses dan fraktur vertikal tpi tdk yerlihat di ronsen periapikal dan apa penyebaba nya.terima kshatas penjelasannya dok.

    • Dear Wira,
      penyebab fraktur pasca perawatan saluran akar adalah karena gigi tersebut tidak kuat menahan occlusal loading dan karena tidak diberikan cuspal coverage yang berupa onlay ataupun crown. Jika fraktur vertikal sudah mencapai bawah marginal gingiva (diasumsikan pada gigi ini mengalami fraktur mesio-distal karena tidak terlihat pada radiograf), diperburuk dengan timbulnya abses, prognosisnya buruk untuk dipertahankan, sehingga optionnya adalah dicabut.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg Ricke Santoso, SpKG, Dentia Dental Dentist Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>