Tanam Gigi di Gusi

Cuplikan wawancara majalah Tempo dgn drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI

Telah ada gigi palsu serasa asli dengan cara implan. Teknologi terbaru ”penanaman”-nya memungkinkan pemasangan lebih cepat, yaitu hanya beberapa hari.

Nicky Hogan pernah punya rutinitas yang merepotkan. Setiap malam menjelang tidur, pria 41 tahun ini harus mencopot dan membersihkan gigi palsunya. ”Kadang sehabis makan untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal,” kata karyawan sebuah perusahaan sekuritas di Jakarta ini Rabu pekan lalu.

Itu cerita dua tahun lalu, ketika dia masih menggunakan gigi palsu lepasan, pengganti tiga biji gigi gerahamnya, yang dikaitkan di gusi. Kini kerepotan itu tak ada lagi. Nicky hanya perlu menggosok gigi dan menggunakan obat kumur sekurang-kurangnya dua kali sehari. Padahal Nicky masih bergigi palsu. Tapi gigi palsunya bukan sembarangan. Ketiga gigi gerahamnya terpasang dengan teknik implan alias tanam. ”Sama sekali tidak ada masalah, seperti gigi asli saja,” katanya.

Dental implant atau gigi implan adalah teknik ”menanam” gigi pada tulang rahang. Hebatnya, gigi ini dapat berdiri sendiri tanpa mengganggu gigi lain. ”Paling mirip dengan gigi asli, paling andal saat ini,” kata Djoko Micni, dokter gigi spesialis bedah mulut dan implan, pendiri Dentia Dental Care Center, Jakarta.

Gigi implan ditanam di rahang atas atau bawah. Ketika teknik implan ini mulai masuk Indonesia pada 2000, waktu yang dibutuhkan dari pemasangan implan gigi hingga berfungsi penuh adalah 3-4 bulan, karena menunggu akar gigi menyatu dengan tulang sebelum mahkota gigi dipasang.

Dengan teknologi yang sekarang—yang dinikmati Nicky—akar gigi dan penampang untuk mahkota gigi dapat dipasang langsung, sehingga waktu yang dibutuhkan relatif singkat, yakni 1-4 hari (lihat infografis ”Cara Menanam Gigi”). ”Tapi ada syarat-syaratnya,” kata dokter gigi ahli bedah mulut Peter Agus, yang merupakan konsultan spesialis bedah mulut dan maksilofasial Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga, Surabaya. Kepadatan (densitas) tulang harus keras, dan pada gigi yang digantikan tidak terdapat kelainan akar gigi seperti abses, granuloma (tumor jaringan ukuran kecil), dan kista.

Gigi implan dapat digunakan untuk menggantikan gigi yang hilang, misalnya akibat tanggal, atau berlubang yang sudah tanpa akar. Gigi implan ini tidak perlu dilepas seperti gigi palsu lepasan ataupun gigi tiruan cekat (crown and bridge porselen) karena memiliki akar yang ditanam dalam tulang.

Posisi gigi implan pada gusi ini pun lebih stabil. ”Dapat dipakai hingga akhir hidup,” kata Peter Agus. Jangka waktu pemakaian gigi implan bisa mencapai 20 tahun.

Sejauh ini, tingkat keberhasilan pemasangan gigi implan cukup tinggi. Menurut Djoko Micni, keberhasilannya mencapai 95 persen bila implan dipasang di rahang bawah dan 85 persen di rahang atas—karena tingkat kesulitannya lebih besar. Menurut Peter Agus, rata-rata keberhasilannya 80 persen. ”Kegagalan terjadi karena kurangnya kompetensi dokter, bisa juga karena pasien tidak mengikuti anjuran dokter,” ujarnya.

Ada prasyarat kesehatan bagi pasien implan gigi, yaitu tulang rahang cukup tebal dan kebersihan mulut baik. Tingkat keberhasilan pemasangan gigi implan menurun bila pasien menderita diabetes melitus atau osteoporosis, kesehatan gigi dan mulut jelek, gigi banyak yang terkikis (atrisi), mengerat waktu tidur (brukisme), perokok dan peminum, serta dalam keadaan hamil. Dan teknik ini baru bisa diterapkan bagi orang berusia di atas 17 tahun, karena di usia itu pertumbuhan tulang rahang sudah berhenti. ”Bila tulang masih tumbuh, implan bisa tenggelam oleh tulang,” kata Djoko Micni.

Keberhasilan pemasangan implan gigi juga ditentukan sang dokter. Dokternya tidak boleh sembarangan, harus berkualifikasi sebagai dokter spesialis bedah mulut, dokter spesialis gusi (prostho), dan dokter gigi yang masuk FISID (Fellowship Indonesian Society of Implant Dentistry). ”Saat ini ada sekitar 50 dokter di Indonesia yang memenuhi syarat ini,” kata Peter Agus.

Proses pemasangan gigi implan butuh biaya mahal, yaitu Rp 10-15 juta per satu gigi. Nicky berseloroh, ”Hanya seribu per gigi, kok.” Maksud dari ”seribu” adalah US$ 1.000. Biaya ini jauh lebih mahal dibanding gigi palsu biasa komplet, yang berkisar Rp 2 juta per gigi.

Meski demikian, permintaan pemasangan gigi implan cukup tinggi, terutama di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Malang, juga di Bali. Di Surabaya, misalnya, dalam satu minggu Peter Agus menerima rata-rata dua-empat orang yang berkonsultasi tentang pemasangan. ”Dalam satu bulan minimal dua pasien kami pasangi gigi implan,” katanya. Secara umum implan gigi itu untuk menggantikan gigi geraham belakang pada pasien yang rata-rata berusia 40 tahun ke atas.

Gigi ompong memang sebaiknya diganti, kecuali orang yang bersangkutan sudah terlalu tua. ”Karena ada fungsi yang hilang,” kata Djoko Micni. Setidaknya fungsi kunyah dan estetika ikut tanggal. Ada juga dampak sampingan dari kehilangan gigi, yakni mengganggu proses buka-tutup mulut yang mempengaruhi artikulasi. Gangguan itu bisa menjalar ke sendi rahang, yang juga bisa mengakibatkan nyeri, sakit kepala, bahkan yang paling ekstrem adalah sendi terkunci hingga mulut tak bisa dibuka.

Kebutuhan penggantian gigi itulah yang mendorong perkembangan teknologi dari gigi palsu biasa sampai gigi implan. Perkembangan gigi implan sendiri sudah berakar lama, yakni sejak Dr Branemark menggunakan bahan pelat titanium untuk memperbaiki kerusakan tulang dengan menambah tandur alih tulang (bone graft) di laboratorium Universitas Kota Lund, Swedia, pada 1952. Percobaan itu membuktikan kerusakan tulang dapat pulih tanpa ada penolakan terhadap bahan titanium, sehingga tulang yang sehat dengan titanium implan menyatu.

Pertama kali gigi implan diaplikasikan pada penderita yang tidak bergigi sama sekali pada 1965. ”Penelitian penggunaan selama lima tahun, 90 persen sukses,” ujar Peter Agus. Gigi implan berkembang pesat sejak 1993. Saat ini lebih dari 100 industri gigi implan bertebaran di Amerika Serikat, seperti Nobel Biocare, Straumann, 3i, Zimmer, BioHorizons, AstraTech, Ankylos, Implant Direct, Lifecore, dan Biolock.

Gigi implan sudah masuk Indonesia pada 2000, tapi baru marak belakangan setelah informasi melalui Internet meluas. ”Dulu informasi implan terbatas di kalangan dokter,” kata Djoko Micni. Dalam waktu dua tahun ini, orang makin berminat karena waktu tanamnya juga cepat.

Harun Mahbub

Cara Menanam Gigi

Gigi implan ditanam pada rahang bawah atau rahang atas.

1. Dilakukan dengan pembedahan minor dan bius lokal sekitar setengah jam. Gusi dibuka, dibuat lubang di bagian tulang dengan ukuran 3-4 milimeter.
2. Pengganti akar gigi yang ditanam, disebut body implant, berbentuk silinder dari bahan titanium dengan diameter 1,8-4,3 milimeter dan panjang 10-18 milimeter. Ditanam dengan kedalaman yang bergantung pada kemampuan gusi menahan beban dan ketebalan tulang.
* Bahan titanium dipilih karena bersifat bio inner, yakni tidak dianggap benda asing oleh tubuh, tahan korosi, dan dapat membentuk lapisan titanium oksida yang tidak larut dalam cairan tubuh. Itu mencegah lepasnya ion logam yang dapat bereaksi dengan jaringan tubuh.
* Bahan titanium ini juga digunakan untuk abutment, yakni bagian lain dari gigi implan, yang dipasang pada body implant sebelum mahkota gigi.
3. Abutment dipasang pada body implant. Prosesnya cepat, sekitar 10 menit.
4. Setelah body implant tertanam, selanjutnya menunggu body implant menyatu dengan tulang (osseointegration). Tunggu 1-4 hari untuk pemasangan mahkota gigi. Paling lama butuh dua menit untuk satu gigi.

sumber dari www.majalah.tempointeraktif.com

343 thoughts on “Tanam Gigi di Gusi

  1. Dokter ,
    gigi taring saya cop0t 1 sejak umur 11 tahun,
    sehingga salah 1 gigi taring disisi kananya semakin menyusut kearah yg copot tadi,,
    yang mau saya tanyakan ,mash bisakah d0k pasang inplan, dngan umur saya sekarang sudah branjak 22 tahun,?
    Dan seandainya mau inplan,apakah gigi taring yg dikanannya harus dic0p0t jga.?

    Thanks d0k

    • Surya,
      Bila ruangan yg ada sekarang cukup maka bisa dipasang implant, tetapi tentu perlu dilihat apakah akan simetris atau tdk. Spy akurat tentu perlu pemeriksaan terlebih dahulu.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat….
      Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991, 5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  2. dear dokt,

    kalau yang hilang banyak gigi,untuk meminimalkan biaya, bisa ga mengkombinasi implant dengan bridge..

    terimakasih

    • Miko,
      Bila kehilangan banyak gigi maka implant yg dipasang tidak perlu semuanya tetapi bisa selang seling dan nanti digandeng .
      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat….
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Efendy,
      Kami tidak membuka cabang di surabaya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Dentia Dental Dentist Team

    • Ayu,
      Tidak masalah pasca kista tetap bisa diimplant.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat….
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  3. Dokter, sy ingin mnnyakan.

    Gigi dpan sy sktr 6 tahun yang lalu ditambal. Nmun tahun kmrn skit dn smpai ad bengkak di gusi bagian dlam dan luar. Lalu krn tdk tahan skitnya sy berobat k dokter gigi yang berbeda krn sy tdk sdng berda di kota yg sm. Dan akrnya ditambal ulang dgn perwtan terlbh dhlu. Nmun stlahnya kdng skli dua kali skit lagi di bagian tersebut, mskpn sy hmpr tak pernah mnggunakannya untk mngunyah. Dan bbrpa hr ini skit lagi.

    Apakah gigi tersbt yg kata dr. terakr yg melkukan perwtn dn pnmblan ulang sudh “mati” msh ad kmngkinan dipertahnkan dgn upya perwtn atau penmbalan ulang?? Atau mmng hrs dicbut dn digntikan dgn gigi palsu/ implan? Tdk adakah kmngknan msh bs dslamtkan mskpun tlah pernah dirwt dn giginya telah mati??

    Mhn infonya dokter, terima ksh sblmnya..

    • Dear Puput,
      Ada kemungkinan gigi Puput belu sempurna perawatannya sehingga menimbulkan sakit kembali. Saran saya Puput mencoba datang menemui dokter gigi Spesialis Konservasi Gigi yang lebih mendalami bidang perawatan saluran akar. Kemungkinan gigi Puput dapat diselamatkan dengan melakukan perawatan ulang. Perlu pemeriksaan rontgen foto untuk melihat kondisi akar gigi.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat….
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Ricke Santoso, SpKG, Dentia Dental Dentist Team

    • Januddin,
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Dentia Dental Dentist Team

  4. dok
    dahulu saya pernah kecelakaan jatuh dari motor,kemudian gigi depan saya ini goyang karena benturan dan struktur tulang gigi saya berubah menjadi cekung kedalam. kemudian saya rontgen gigi bagian depan saya, ternyata gigi saya tsb mengalami patah dibagian tulangnya.sampai sekarang gigi tsb saya biarkan saja tetapi lama kelamaan mati(menjadi hitam).apakan boleh melakukan dental implants??
    struktur gigi saya bsa di blg udah berantakan.thanks dok

    • Ridho,
      Gigi yg terkena benturan bisa menjadi gigi mati dan warnanya akan berubah. Bila gigi tsb tdk bisa dirawat maka akan dicabut, setelah itu bisa dipasang implant gigi. Dengan catatan bahwa struktur tulangnya baik tidak ada penyakitnya.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat….
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  5. Dok, gigi saya maju ke depan alias sedikit tonggos. Kalau pasang kawat saya males krn lama dan tidak nyaman. Apakah bole jika 4 gigi atas itu di cabut dan diganti implant saja untuk quick fix? Umur saya 30.

    • Ria,
      Pemasangan implant langsung setelah pencabutan gigi bisa dilakukan , untuk itu sebaiknya dilakukan pemeriksaan lengkap sebelum tindakan dilakukan.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI Dentia Dental Dentist Team

  6. dok gigi depan rahang atas saya dulu patah dok, jdi di sarung giginya sama ahli gigi biasa dok,skrg saya merasa tidak nyaman dgn gigi saya ini dok, dan bau mulut krg enak,warna dari gigi sarung itu pun berbeda dgn gigi lain dok
    pertanyaan saya, apakah saya harus melakukan implant gigi?
    apakah bisa dok karna saya sdh menyarung gigi saya in isdh 5thn dok?
    apa yang saya lakukan sebelum implan?
    bagaimana prosedurnya ?
    saya membutuhkan jawabannya dok.,terimakasih.

    • Rizki
      Gigi yg disarung kemudian bau , kemungkinan besar mengalami pembusukan atau gangren, oleh karena itu perlu segera ke dokter gigi lagi untuk melepas sarung yg lama dan melakukan perawatan pada giginya, bila sdh tdk bisa dirawat maka gigi tsb dicabut dan baru diganti dg implant.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  7. Dokter saya mau tanya nih dok gigi atas saya bagian depan sudah patah yg sebelah kirilebih dulu patah tp karena saya bekerja jdi saya meminta kepda dokter untuk di tambal gigi saya,kemudia untuk gigi satunya lagi karena lebih rusak dan warnanya sudah hitam jdi saya memutuskan untuk mencabut gigi tersebut,alhasil saya kehilangan gigi depan saya dan menjadi ompong.saya tidak mau pakai gigi palsu yg lepasan sedangkan di kota saya tepatnya di gorontalo belum ada dokter yg ahli dia bagian implant akhirnya saya di sarankan oleh drg agar memakai kawat gigi,karena kata dokter gigi saya akan merapat tp saya kurang pede karena saya masih terlihat ompong dan jangka waktu perapatan gigi juga sangat lama,apakah saya bisa memakai gigi palsu tanpa mengeluarkan kawat gigi saya? Dan setelah rapi gigi saya saya akan implant gigi apakah bisa demikian dokter…saya mohon solusinya…

    • Decko
      Terapi untuk gigi hilang adalah gigi palsu, terutama bila posisi gigi yg hilang adalah gigi depan. Bila dilakukan perawatan kawat gigi untuk merapatkan ruangan kosong, maka terjadi asimetris dari susunan gigi, oleh karena itu sebaiknya tetap memakai gigi palsu.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  8. dokter saya mau izin bertanya saya ingin mengimplant gigi atas saya,, tetapi gigi atas saya sudah saya rotgen ada gigi dalam gusi diatas gigi yang ompong,, apa itu harus dicabut apa dtarik kebwah dok?? sedangkan saya sedang dalam perwatan kawat gigi untuk memberi rongga pada gigi yg dalam gusi itu.. sebaiknya saya harus gimana dok?? sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    • Wulan,
      Gigi tsb bila letaknya tdk melintang maka bisa ditarik keluar, supaya lebih pasti perlu dilakukan ct scan.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  9. dok, kalau implan pasti gigi yg dipakai kualitasnya sangat bagus kan??
    jadi nggak bisa berubah warna
    Saya sudah berulang kali ganti gigi, warnanya selalu berubah.. jadi bikin nggak pede kalau tertawa..

    • Koko
      Untuk implant pasti dipakai yg bagus , spy tahan lama dan estetiknya baik.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  10. dokter saya mau izin bertanya saya ingin mengimplant gigi atas saya,, tetapi gigi atas saya sudah di cabut 4 Batang , dan di ganti kan dengan gigi palsu,, secara berderatan?yang saya ingin tanyakan apakah dengan jumlah Gigi yg sudah 4 batang di cabut (berderetan) tersebut masih bisa dilakukan Implant gigi? sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    • Jaya
      Setiap gigi yg hilang bisa diganti dg implant, termasuk pada kondisi yg kamu alami.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

    • Ahmad said,
      Kami tidak membahas tentang biaya di media ini.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Dentia Dental Dentist Team

    • Arjun,
      Kami tidak membuka cabang di Bekasi.
      Alamat kami : Dentia Tanjung Duren, Ruko Sentra Bisnis A-7, Tanjung Duren dan
      Dentia Puri : jl. Puri Kembang Timur Raya blok E1 no. 48
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Dentia Dental Dentist Team

  11. Selamat sore dok, saya Putri. Saya mau konsultasi masalah gusi saya nih.
    dok, saya mau nanya. saya kan pake behel sudah hampir 2 thn. tp kurang dari 1 thn belakangan ini tumbuh benjolan kecil di gusi bawah saya sebelah kiri. awalnya benjolan ini agak besar, tp sebulan belakangan ini sudah agak mengecil, dan benjolan nya itu seperti mengelupas dari gusi saya, tp masih sedikit menempel gitu. itu kenapa ya dok? apa efek behel atau gimana? apa itu berbahaya dok? Apa benjolan itu akan hilang sendiri? Saya takut benjolan itu bertambah parah nantinya:(.
    Mohon penjelasannya ya dok. Terimakasih.

    • Dear Putri,
      benjolan tersebut sebaiknya diperiksakan ke dokter gigi. Dari deskripsi yang diberikan oleh Putri, kemungkinan benjolan tersebut adalah epulis atau giant cell granuloma dan penanganannya dilakukan dengan pengangkatan benjolan tersebut. Epulis tidak berbahaya namun dapat semakin membesar. Penyebabnya dapat berbagai macam, biasanya karena adanya iritasi kronis atau sebagai respon dari suatu cedera.Atau dapat juga karena pengaruh hormon. Penyebabnya harus dihilangkan. Misalnya jika karena tergesek behel maka behel diusahakan tidak terus- menerus mengiritasi.Untuk pengangkatan benjolan tersebut dapat dilakukan oleh dokter gigi Spesialis Bedah Mulut (SpBM).
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Ricke Santoso, SpKG, Dentia Dental Dentist Team

  12. Dok… saya dulu kelas dua smp kecelakaan.. dan 3gigi depan saya di implan.. saya masih kurang pd dok karena gigi depan atas saya bentuk rahangnya agak menonjol.. apa saya masih bisa pake behel.. umur saya 22thn dok.

    • Chentha
      Tiga gigi yg telah diperbaiki saya rasa bukan implant gigi, karena saat kejadian usia kamu masih remaja, oleh karena itu sebaiknya dilakukan rontgen foto sehingga diketahui pasti kondisinya. Mengenai perawatan kawat gigi tentu bisa dilakukan sejauh bukan implant gigi.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Hasanah,

      Pasta gigi yang mengandung fluoride memang dapat menutup lubang-lubang mikro (tidak terlihat dengan mata manusia) yang terjadi pada email gigi. Bila gigi sudah terlihat berlubang maka pasta gigi apapun sudah tidak efektif lagi dalam memperbaikinya. Solusinya adalah dengan melakukan penambalan gigi. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

  13. Sore dok…
    Dok gigi depan saya maju 1… Bisa g ya gigi yg maju di cabut dan diganti implant dengan posisi sejajar dg gigi sebelahnya.. Krn jika pke kwt gigi lama. penderita itp (trombosit rendah) tp skrang trombosit sya normal skarang dlm penyembuhan bsa melakukan implant?
    Bisa kah semua dokter sp bm bisa melakukan implant? Atau hrs ada gelar FICOI seperti yg dimiliki drg. Djoko micni spbm FICOI. Maaf jika saya salah menyebut gelar dokter. Terima kasih banyak dokter….

    • Fani
      untuk gigi implant bisa dipasang di setiap regio, namun perlu pemeriksaan lengkap spy berhasil baik. Untuk SpBM tentu ada yg bisa dan ada juga yg tdk melakukan.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

    • Menaarafah,
      Bila sdh lama tdk dipakai maka gigi palsu itu tdk akan bisa dipakai lagi krn ada perubahan pada susunan gigi .
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  14. Dok, gigi bawah saya sebelah kanan sudah dicabut 2 gigi. Sebelah kiri juga sudah di cabut 2 gigi. Apakah bisa di implan dua2nya, sblh kanan dan kiri. Apakah nanti setelah pakai gigi implan. Gigi implannya bisa buat mengunyah makanan.Terimakasih.

    • Lardie,
      Dengan menggunakan implan akan sangat memudahkan untuk mengunyah karena implant adalah alternatif pemakaian gigi palsu yang sangat mirip dengan gigi asli.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  15. dok saya deskha 20 thn,
    saya mau tanya gigi saya bagian belakang berlubang,,tidak memungkinkan untuk di tambal…harus di ganti ..kira-kira cara untuk dapat hasil yang baik bagaimana kalau di ganti??,soalnya saya mau daftar tni wanita, saya takut tidak lulus seleksi..
    mohon saran dan bantuannya .
    terima kasih.

    • Deska
      Bila sdh dicabut bisa diganti dg gigi implant, sehingga tdk akan terlihat palsu.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  16. Dok, saya ingin bertanya. gigi geraham depan atas saya telah tanggal, tapi masih menyisakan sedikit sisa pada geraham. Saya mohon solusi agar gigi yang tanggal itu dapat digantikan. Apakah memungkinkan jika implan gigi dilakukan dalam kurun waktu kurang dari satu minggu karena minggu depan harus mengikuti medical check up di salah satu instansi. Mohon bantuan informasinya dok. Terima kasih.

    • Naomi
      Implan tdk dpt selesai dlm wkt 1 mg, utk solusi dlm wkt 1 mg dipakai gigi palsu lepasan, sebaiknya segera diperiksakan shg dpt dilakukan perawatan yg diperlukan mengingat wkt yg terbts.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>