Gigi Geraham Bungsu, Perlukah Dicabut?

Drg Djoko Micni,SpBM,FICOI

Gigi bungsu / wisdom teeth/ geraham ketiga/ impacted teeth sering tumbuh tidak sempurna sehingga perlu dicabut dengan operasi untuk mencegah komplikasi yang lebih parah. Beberapa kalangan enggan melakukan tindakan operasi mengingat kekhawatiran akan efek sampingnya.

Benarkah demikian?

Gigi geraham ketiga sering disebut juga gigi geraham bungsu erupsi atau tumbuh terakhir yaitu antara umur 17-21 tahun. Gigi ini sering menimbulkan masalah karena mulai erupsi di saat pertumbuhan rahang kita sudah berhenti sehingga tidak mendapat cukup ruangan untuk erupsi. Dengan demikian gigi ini tumbuh tidak sempurna dengan posisi yang tidak tepat atau impaksi.

gbr 1 ro-panoramic

Seorang ahli bernama Ricketts (1980) menyatakan bahwa evolusi manusia menyebabkan berkurangnya ukuran rahang yang berhubungan dengan kondisi dan kebiasaan diet/makanan. Jadi ukuran rahang manusia sekarang cenderung makin kecil sehingga kasus gigi geraham bungsu yang impaksi sekarang cenderung meningkat.

gbungsu2

gbr 2

Gigi geraham bungsu ini dapat saja tidak menimbulkan sakit saat atau sesudah erupsi sehingga kita sering tidak menyadari adanya gigi tersebut. Namun setelah timbul gejala-gejala seperti sakit kepala, telinga berdengung, sakit leher (gambar 2), rematik, kencing manis, gangguan jantung, gangguan pada kulit, badan cepat lelah atau gejala-gejala lain pada tubuh yang tidak bisa diobati maka gigi ini mulai dicurigai sebagai penyebab, sehingga penderita dirujuk ke dokter gigi. Tindakan ini memang tepat mengingat gigi bungsu bisa menimbulkan bermacam-macam masalah baik sistemik (seperti gejala-gejala tersebut di atas) maupun gejala lokal, seperti:

1. Pericoronitis.

Posisi gigi yang belum erupsi sempurna akan memudahkan makanan, debris dan bakteri terjebak di bawah gusi yang di bawahnya terdapat gigi bungsu sehingga menyebabkan infeksi pada gusi yang disebut pericoronitis. Jika tidak segera ditangani infeksi tersebut akan menyebar ke tenggorokan atau leher.

pericoronitis

*gbr 3 pericoronitis

abses subkutan

*gbr 4 abses subkutan

2. Crowding gigi / gigi berjejal.

Gigi impaksi dapat mendorong gigi-gigi lain di depannya sehingga bergerak dan berubah posisi.

gigi crowding

*gbr 5 gigi crowding

3. Gigi berlubang

Posisi gigi impaksi sulit dijangkau sehingga sulit dibersihkan dan menjadi berlubang.

gigi berlubang

(gambar 6).

4. Merusak gigi depannya.

Tidak hanya gigi impaksinya saja yang berlubang tetapi gigi di depannya juga berlubang karena sulit dibersihkan. (gambar 6)

*gbr 6 rontgen panoramic

5. Infeksi pada tulang sekitarnya.

6. Kista.

Para ahli menyatakan bahwa 50% kasus kista berhubungan dengan gigi geraham impaksi pada rahang bawah. Mahkota gigi impaksi tumbuh dalam suatu selaput (gambar 1). Jika selaput tersebut menetap dalam tulang rahang, dapat terisi oleh cairan yang akhirnya membentuk kista yang dapat merusak tulang, gigi dan saraf. (gambar 7a, 7b, 7c)

gbr 7a

gbr 7b

gbr 7c

* gbr 7a,7b,7c Kista

7. Tumor / Karsinoma.

gbr 8 tumor

*gbr 8 tumor

Mengingat komplikasi yang ditimbulkan oleh gigi geraham impaksi maka kita perlu mengetahui waktu terbaik gigi tersebut dicabut.

Kalsifikasi gigi geraham bungsu terjadi mulai umur 9 tahun dan mahkota gigi selesai terbentuk umur 12-15 tahun. Jadi gigi geraham bungsu sudah dapat dilihat melalui rontgen pada umur 12-15 tahun walaupun gigi tersebut belum tumbuh.(gambar 9)

gbr 9

*gbr 9 rontgen pasien

Dengan demikian pencabutan gigi geraham bungsu yang impaksi dapat dilakukan antara umur 12-18 tahun atau setelah gigi molar / geraham kedua tumbuh. Tentu saja persiapannya dilakukan rontgen foto sebelum dilakukan pencabutan. Pencabutan gigi geraham bungsu pada usia 12-18 tahun dikenal dengan pencabutan preventif dan ini sangat dianjurkan mengingat pada usia tersebut akar gigi masih pendek sehingga memudahkan operasi dan mempercepat waktu penyembuhan dan menghindari terkenanya saraf pada rahang (Gambar 10a dan 10b).

gbr 10a

gbr 10b

*gbr 10 a akar gigi, gbr 10b

Setelah operasi gigi geraham bungsu pasien akan mengalami pembengkakan 3-4 hari

yang merupakan reaksi normal dari tubuh untuk penyembuhan. Pasien tidak perlu khawatir Karena pembengkakan yang tidak disertai demam bukan merupakan gejala infeksi dan pembengkakan ini akan hilang tanpa meninggalkan bekas. Pasien yang menjalani operasi gigi geraham bungsu cukup mendapat antibiotika, analgetik / penahan sakit dan obat anti inflamasi / anti radang. Selama pembengkakan pasien dapat makan (lunak), aktivitas sehari-hari seperti sekolah atau bekerja. Tapi tidak diperkenankan untuk olah raga terlebih dahulu. Setelah satu minggu benang jahitan dapat dibuka dan obat sudah dapat dihentikan.

Dengan demikian pencabutan gigi geraham bungsu merupakan tindakan yang bijaksana sebab mencegah komplikasi yang lebih buruk dan kekhawatiran akan efek operasi tidak akan terjadi sebab dilakukan pada usia yang tepat.

Saran dari drg Djoko Micni, SpBM, FICOI dari Dentia Dental Care Center: Bagi remaja usia 12-18 tahun, lakukan regular check up ke dokter gigi dan lakukan rontgen foto panoramik untuk mengetahui ada tidaknya gigi geraham bungsu. Bagaimanapun, mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Preventive will save your time, save your money and avoiding many problems.

1,118 thoughts on “Gigi Geraham Bungsu, Perlukah Dicabut?

  1. selamat malam dokter,
    saya mau menanyakan,1 bulan yang lalu gigi geraham kanan bawah saya kadang nyeri, linu. makin hari intensitas nya makin sering, setelah ke dr gigi ternyata tumbuhnya miring jadi mendorong gigi di depannya katanya, sehingga menimbulkan sela dengan gigi di deannya, kalau bisa dicabut saja. krn saya takut operasi gigi, akirnya ditambal sementara sama dokter, stelah ditambal kok sakitnya bertambah ya dokter, setiap hari sakit gigi, apa yang harus dilakukan, adakah solusi lain selain operasi? jika memang harus dicabut apakah semua dokter ggi bisa melakukannya ? atau harus dokter bedah mulut? terima kasih

    • Ayun
      Bila masalah yg ditimbulkan berasal dari gigi miring maka terapi satu satunya adalah dg pencabutan. Bila dipaksakan dg cara penambalan maka bisa timbul nyeri yg lebih kuat dan bahkan bisa timbul pembengkakan . Krn itu sebaiknya tdk menunda pencabutan tsb. Bila dilakukan oleh spesialis bedah mulut , pencabutan akan aman dan nyaman .
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  2. aq pernah operasi cabut gigi bungsu. 4 gigi atas bawah. tp stlh oprsi ko sakit kpla q masih sering terasa…hidung trsumbat,pengelihatan yg brkurang dn sakit yg tramat sangat pada bagian atas sampai kebelakang kepala. juga sertai mual. harus bagaimana lg ya menghilangkn sakit kpla ini? sedang dr hasil ct scan saja tdk trlihat kelainan.

    • Ratna
      Bila pasca operasi ada gejala sakit kepala dan hidung tersumbat, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan sinus ke
      dokter THT untuk memastikan adalah kelainan pada sinus. Untuk mengurangi sakit kepala saat ini bisa menggunakan obat
      penghilang nyeri.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  3. dok, apakah ada hubungannya antara gigi geraham yang sedang tumbuh dengan radang tenggorokan, dan susah untuk membuka mulut lebar-lebar? terimakasih dok,

    • Sarah
      Bila terdapat pericoronitis atau peradangan disekitar gigi yg sedangkan tumbuh maka radang trnggorokan dan trismus (sulit membuka mulut lebar) berasal dari gigi tersebut.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  4. Dear Dokter Djoko,

    Apakah ada risikonya apabila operasi dilakukan pada usia lebih dari 18 tahun (usia saya skrg 22 tahun)? Apakah proses penyembuhannya akan memakan waktu yang lebih lama?
    Terima kasih atas jawabannya.

    • Tirza
      Usia tdk menjadi halangan operasi. Dan penyembuhan jug akan sama cepatnya. Yg mempengaruhi boleh tidaknya operasi adalah penyakit sistemik yg tdk terkontrol.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  5. Mau tanya dok,
    beberapa waktu lalu gigi geraham belakang kanan atas saya lumayan sakit, pas ke salah satu rs terdekat, oleh dokter disana disarankan untuk dicabut/bedah gigi yang katanya paling terakhir tumbuh itu, waktu itu masih bengkak jd hanya diberi antibiotik dulu.
    Setelah bengkak dan sakit turun, sy belum sempat melakukan pencabutan sesuai saran dokter tsb, hanya beberapa hari ini mulai sakit dan gusi atas saya bengkak disekitar gigi tsb dan gigi geraham di depannya.
    Trus yang paling aneh, ada seperti lubang berwarna putih di gusi bagian dalam yang dekat ke gigi tsbt dan tenggorokan….
    Kira2 apa itu ya dok ?
    Mhn infonya ya, trm ksh

    • GFYB,
      Bila sudah sakit berulang maka saran dokter segera dilaksanakan, sebab pembengkakan pada gusi bisa berkembang menjadi pembengkakan di pipi. Mengenai lubang putih kemungkinan adalah luka di gusi.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Didi,
      Gigi geraham bungsu memang tumbuh sekitar usia belasan tahun dan kebanyakan posisi tumbuhnya tidak baik sehingga menimbulkan keluhan. Jadi sebaiknya dilakukan pencabutan pada gigi geraham bungsu tersebut.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Ricke Santoso, SpKG, Dentia Dental Dentist Team

    • Novi,
      Gigi geraham bungsu yang tumbuh miring sebaiknya diangkat untuk menghindari terjadinya gangguan2.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  6. Dokter, saya selfi umur 27 thn.
    Gigi bungsu saya tumbuh miring dan mahkotanya baru muncul sebagian. akibat dari miringnya gigi itu gusi saya terdorong kesamping arah pipi dan bengkak. rasanya sakit sekali dok kalau lagi kambuh. gimana cara atasinnya ya dok?

    • Selfi,
      Gigi geraham bungsu yg tumbuh tidak benar dan sudah mengganggu harus diangkat.
      Kunjungi drg spesialis bedah mulut utk menangani hal ini.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  7. Dokter, 3 bulan lalu saya melakukan operasi gigi geraham bungsu kiri bawah.. posisi tegak tapi tidak sejajar dengan gigi yg lain (mengarah ke pipi).. bekas operasinya sampai sekarang blm tertutup dok.. ada lubang melengkung di gusi sebelah pipi.. di pipi sebelah gusi seperti ada daging yg nempel tapi tdk sakit.. apakah itu adalah gusi yg di belah wkt operasi dok? 1 lagi, tulang rahang kiri saya jd berubah dok.. jd asimetris.. tulang rahang kanan saya tetap lebar sedangkan yg kiri jd kecil.. pipi saya jd lebih besar kanan daripada kiri.. apa penyebabnya dokter?

    • Pingkan
      Bila sdh 3 bulan umumnya luka sudah menutup rapat, tetapi bisa saja terjadi penciutan gusi akibat hilangnya support tulang.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  8. Dokter, gigi bungsu saya hanya tumbuh yang kiri…
    Hal ini menyebabkan rahang sayang lebih besar sebelah kanan. Tapi kalau saya lihat, gigi geraham bungsu kanan saya sudah muncul sedikit. Saya sudah berumur 21 tahun, apa yang harus saya lakukan ya, dok?

    • Raka
      Gigi bungsu yg impaksi disarankan unt diangkat krn dapat menimbulkan pericoronitis , yg merupakan infeksi fokal.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  9. dokter, minggu depan saya rencanya mau oprasi gigi bungsu kiri bawah. kata dokternya nanti dibius lokal. apa saya harus puasa sebelum dilakukan opresi ya dok?

    • Selfie
      Untuk operasi dg bius lokal tidak perlu puasa.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  10. selamat sore dok,
    saat ini gusi sya bengkak krna gigi geraham sy tumbuh, hal ini sudh terjadi 3x nya. yg skrang rsanya sakit banget. susah makan, sakit telinga, demam, susah bicara, aplgi mlm hri menjelang tdur skitnnyaa pokoknya sakitnya ampun deh. Konsentrasi saya saat bekerja pun jdi gg karuan krn skit ini.
    pada h1 bengkak – h3 sy minum cataflam utk menghilangkan nyeri. berhasil sih tapi stiap 4jam sekali kambuh sakitnya. akhirny kmrin sy kedokter dan diberikan : nonflamin, intermoxil 500mg, dansera. tapi stelah minum obat dri dokter sakitnya tdk berkurang. dokter juga menyuruh sya kembali hri jumat utk operasi pemotongan gusi.
    – Apakah operasi tsb tdk ada efek samping ke syaraf dok? jika sedang hamil muda apakah tdk msalah?
    – Setelah dioperasi apakah sy bisa lsg beraktivitas dgn normal dok? krn pekerjaan saya sbgai CS yg tiap hrinya berinteraksi & berkomunikasi dengan bnyk orng.

    Sebenarnya saya paling takut yg namanya operasi aplgi dipotong gusi… T.T
    apa tdk ada solusi lain lgi dok?

    Trims,
    salam

    • Dewa Ayu
      Bila sedang sakit maka perlu diatasi dulu dg obat baru kemudian dilakukan pencabutan, bila hanya dilakukan pemotongan gusi suatu saat akan terjadi sakit kembali, karena itu lebih naik dicabut saja. Bila sedang hamil muda maka sebaiknya konsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu. Setelah operasi tetap bisa beraktivitas namun ada pembengkakan selama 2-3 hari .
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  11. selamat malam dok. saya remaja berusia 15 tahun
    saya baru kemarin gigi geraham bawah yang ke 2 dr belakang dicabut. apakah gigi geraham itu akan tumbuh lagi dok? gigi saya di cabut karena sudah bolong yang sangat parah. kata teman saya, dia waktu kecil sekitar umur 7 thn mungkin. dia dipaksa mencabut gigi geraham, tapi dapat tumbuh lagi. namun saya lihat di internet gigi geraham dicabut tidak akan tumbuh lgi, yang benar yg mana dok?
    lalu saya baca diartikel di internet2 gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga maksudnya apa ya?

    • Alice
      Gigi geraham yg dicabut adalah gigi tetap sehingga tidak mungkin tumbuh lagi. Dan gigi geraham bungsu sering disebutkan gigi geraham ketiga karena gigi geraham itu ada tiga di setiap sisi dan gigi bungsu ini gigi geraham yg terakhir tumbuh sehingga disebutkan yg ketiga.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  12. Dok, saya masih umur 15, tapi udah ada gigi bungsu yang tumbuh di kiri bawah ujung. Aku harus gimana?.. Terimakasih sebelumnya.

    • Febiola,
      Sebaiknya periksakan ke spesialis bedah mulut sehingga dapat diketahui apakah perlu diangkat atau tidak.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  13. Selamat siang dokter. Saya ada keluhan sakit pada gigi geraham kedua paling ujung sebelah kanan bawah. Geraham ini pernah ditambal. Saat ini pinggiran giginya ada yang patah dan ini yang membuat saya merasa sakit. Mohon petunjuknya dok, dengan kondisi gigi saya yang seperti itu sebaiknya dilakukan tindakan apa?
    Apakah dicabut saja? atau bisa dibungkus kembali?atau bagaimana ya dok?
    Gigi geraham yang di depan gigi geraham yang sakit ini juga sudah dicabut dok.

    • Elisa
      Bila gigi sakit maka perlu dilihat penyebabnya apakah karena peradangan di pulpa atau di periodontium. Bila di pulpa maka bisa diatasi dg perawatan saraf gigi, bila di periodontium perlu pemberian antibiotik dan perawatan perio. Bila sdh sembuh gigi dapat di beri mahkota supaya tdk pecah lagi.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  14. selamat siang dokter. saya umur 20 tahun ,belakangan ini gigi bungsu saya yang bagian bawah tumbuh . tapi beberapa hari ini gusi yang berada di belakang gigi bengkak dan sampai ke bagian sekitar gigi berasa sakit akibat bengkak .dan kadang gigi saya di dekat situ berasa ngilu sedikit sesekali .apakah itu berarti gigi bungsu saya tumbuh tidak normal dan harus di cabut ?atau apakah ini hanya bengkak normal di gusi selama pertumbuhan gigi bungsu.

    • Lala,
      gigi geraham bungsu seringkali tidak bisa tumbuh dg sempurna akibat letak dari gigi tsb yang tdk normal. oleh karena itu pembengkakan yang kamu alami sekarang perlu di beri antibiotik dan antiinflamasi dan kemudian segera dilakukan pencabutan pada gigi geraham bungsu tsb. Untuk memastikan letak gigi lakukan pemeriksaan foto rontgen.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  15. Assalamualaikum dok…
    Sy py teman usia 36th.. Geraham kanan atas ujung keropos trus dicabut sendiri.. Akibatnya muka bengkak badan panas susah ngomong trus di bw ke rs. Disana akhirnya gigi disamping yg dicabut di cabut juga 3 gigi. Sampai keluar rs tetap susah bicara… Kalau berdiri mau jatuh.. Kepala pusing. Kira2 apa penanganan selanjutnya dan dirujuk kemana.. Sakit dah 3bl. Udah hbs biaya tuk berobat ke rs. Mohon saran dan bantuanya dok…mks.

    • Harmen
      Kondisi seperti sekarang ini perlu pemeriksaan oleh dokter spesialis saraf atau neurologist unt membantu pemulihan sakit kepala dan pusingnya. Unt masalah gigi saya rasa sudah selesai dengan dicabutnya 3 gigi yg rusak. Ada baiknya dilakukan rontgen gigi2 lainnya untuk memastikan masih ada atau tidaknya gigi yg rusak.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  16. Dok saya habis cabut gigi geraham 1 usia saya 24th,skrg gigi bungsu saya tumbuh miring,apakah harus diangkkat tapi posisi geraham 1 saya kosong??

    • Catursulistyani,
      Perlu tidaknya dicabut tergantung dari posisi gigi tsb , apakah akan mengakibatkan efek samping yg tidak baik. Agar tepat perlu pemeriksaan rontgen .
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  17. Slmt siang Dokter..
    usia saya saat ini 27th,saya mengalami tumbuh gigi bungsu di bagian geraham bawah sebelah kanan,,awal’y saya merasa aneh seperti ada sesuatu atau sisa makanan yg tersangkut,tapi ternyata ada gigi baru yg tumbuh n sya tau itu gigi bungsu,wlw awal’y ga terasa apa2 tp lama2 n skrg sya baru ngerasain ada yg ga enak,timbul rasa sakit pernah brp kali saat shabis makan tiba2 nyeri nyut nyutan ga tahan,,tp ilang sendiri n itu ga lama,skrg gusi jd bengkak,sakit di bagian dagu bawah klo disentuh,makan jd ga enak seperti ada sariawan,tp itu karna gesekan dr gigi yg mau tumbuh,,,saya mau ke dokter gigi kira2 apa perlu dicabut yaa??saya takut klo nanti maslah pd saraf atau malah ada penyakit lain setelah dicabut..saya harus apa ya dokter?teman saya pernah bilang klo harus di rotgen dulu klo memang mau dicabut..Dokter alamat lengkap’y di mana ya..terima kasih

    • Cahya,
      Gigi geraham bungsu yg sdh menimbulkan masalah memang hrs diangkat.
      Tidak perlu khawatir, memang perlu di rontgen dulu, kunjungi spesialis Bedah Mulut.
      Alamat lengkap kami di:
      Dentia Tanjung Duren : Ruko Sentra Bisnis no.A7, Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat, 11470
      Dentia Puri Indah : Puri Indah E1-48, Jakarta Barat
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  18. pagi dok saya mau tanya gigi bungsu saya yg kiri kan udh jdi gigi utuh,,tpi kenph yah dok pipi kiri saya jdi bengkak terus? ?apah akibat dari gigi bungsu yg ga dicabut…malahan gigi depan nya jdi bolong nah yah sering sakit itu gigi yg depan nya yg jdi bolong,gigi bungsunya ga sakit..makasih dok

    • Mila
      Bengkak di pipi bisa saja karena peradangan dari gigi yg berlubang , tetapi tetap gigi geraham bungsu yg harus dicabut karena tidak ada fungsinya. Setelah geraham bungsu dicabut gigi yg berlubang dirawat dan ditambal kembali.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

      • ada hubungan nya ke mata ga dok ??soal nya mata yg kiri saya akhir” ini suka silau kalo terkena sinar matahari,,apah pengaruh dri gigi?

  19. Hallow dok.. Mau nanya minggu lalu saya habis operasi pengambilan gigi geraham yg tumbuh miring.. Kemaren sudah buka jaitan.. Tapi dok.. Kenapa ada lobang yg cukup dalam dekat pipi ya.. Apakah bisa menutup lobangnya? Atau perlu dijait kembali… Apa yg harus sy lakukan dok.. Thx before

    • Dyah
      Lubang bekas gigi yg dicabut akan menutup rapat setelah 1 bulan, jadi tdk perlu kuatir.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  20. SELAMAT SORE DOKTER
    SEBULAN YANG LALU SAYA CABUT GIGI BUNGSU TERNYATA GIGINYA KEROPOS JADI MASIH ADA GIGI YANG TERSISA SETELAH SATU MINGGU KEDEPAN TERNYATA TEMPAT GUSI BUNGSU YANG MASIH ADA SISA TERNYATA TUMBUH DAGING DAN KADANG KADANG KLUAR NANAH,HAL TERSEBUT SANGAT MENGGANGGU AKTIFITAS SAYA KARENA SAKITNYA LUAR BIASA SAKIT, TERUS SAYA HARUS GIMANA DOK?MOHON SARANNYA

    • Novita
      Bila keadaannya spt itu maka harus dilakukan operasi lagi untuk mengeluarkan sisa akar. Lakukan rontgen foto dan segera ke ahli bedah mulut untuk dilakukan operasi.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  21. apa ada hubungan nya dengan mata dok..soal nya mata kiri saya kadang klo terkena sinar matahari suka silau??kadang telinga juga berdengung? ?

    • Mila,
      Untuk gangguan mata silau sejauh ini tidak pernah dilaporkan, tetapi tidak ada salahnya untuk mencabut gigi yg bermasalah dan nanti dilihat apakah gangguan mata tetap ada atau hilang.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>