Gigi Geraham Bungsu, Perlukah Dicabut?

Drg Djoko Micni,SpBM,FICOI

Gigi bungsu / wisdom teeth/ geraham ketiga/ impacted teeth sering tumbuh tidak sempurna sehingga perlu dicabut dengan operasi untuk mencegah komplikasi yang lebih parah. Beberapa kalangan enggan melakukan tindakan operasi mengingat kekhawatiran akan efek sampingnya.

Benarkah demikian?

Gigi geraham ketiga sering disebut juga gigi geraham bungsu erupsi atau tumbuh terakhir yaitu antara umur 17-21 tahun. Gigi ini sering menimbulkan masalah karena mulai erupsi di saat pertumbuhan rahang kita sudah berhenti sehingga tidak mendapat cukup ruangan untuk erupsi. Dengan demikian gigi ini tumbuh tidak sempurna dengan posisi yang tidak tepat atau impaksi.

gbr 1 ro-panoramic

Seorang ahli bernama Ricketts (1980) menyatakan bahwa evolusi manusia menyebabkan berkurangnya ukuran rahang yang berhubungan dengan kondisi dan kebiasaan diet/makanan. Jadi ukuran rahang manusia sekarang cenderung makin kecil sehingga kasus gigi geraham bungsu yang impaksi sekarang cenderung meningkat.

gbungsu2

gbr 2

Gigi geraham bungsu ini dapat saja tidak menimbulkan sakit saat atau sesudah erupsi sehingga kita sering tidak menyadari adanya gigi tersebut. Namun setelah timbul gejala-gejala seperti sakit kepala, telinga berdengung, sakit leher (gambar 2), rematik, kencing manis, gangguan jantung, gangguan pada kulit, badan cepat lelah atau gejala-gejala lain pada tubuh yang tidak bisa diobati maka gigi ini mulai dicurigai sebagai penyebab, sehingga penderita dirujuk ke dokter gigi. Tindakan ini memang tepat mengingat gigi bungsu bisa menimbulkan bermacam-macam masalah baik sistemik (seperti gejala-gejala tersebut di atas) maupun gejala lokal, seperti:

1. Pericoronitis.

Posisi gigi yang belum erupsi sempurna akan memudahkan makanan, debris dan bakteri terjebak di bawah gusi yang di bawahnya terdapat gigi bungsu sehingga menyebabkan infeksi pada gusi yang disebut pericoronitis. Jika tidak segera ditangani infeksi tersebut akan menyebar ke tenggorokan atau leher.

pericoronitis

*gbr 3 pericoronitis

abses subkutan

*gbr 4 abses subkutan

2. Crowding gigi / gigi berjejal.

Gigi impaksi dapat mendorong gigi-gigi lain di depannya sehingga bergerak dan berubah posisi.

gigi crowding

*gbr 5 gigi crowding

3. Gigi berlubang

Posisi gigi impaksi sulit dijangkau sehingga sulit dibersihkan dan menjadi berlubang.

gigi berlubang

(gambar 6).

4. Merusak gigi depannya.

Tidak hanya gigi impaksinya saja yang berlubang tetapi gigi di depannya juga berlubang karena sulit dibersihkan. (gambar 6)

*gbr 6 rontgen panoramic

5. Infeksi pada tulang sekitarnya.

6. Kista.

Para ahli menyatakan bahwa 50% kasus kista berhubungan dengan gigi geraham impaksi pada rahang bawah. Mahkota gigi impaksi tumbuh dalam suatu selaput (gambar 1). Jika selaput tersebut menetap dalam tulang rahang, dapat terisi oleh cairan yang akhirnya membentuk kista yang dapat merusak tulang, gigi dan saraf. (gambar 7a, 7b, 7c)

gbr 7a

gbr 7b

gbr 7c

* gbr 7a,7b,7c Kista

7. Tumor / Karsinoma.

gbr 8 tumor

*gbr 8 tumor

Mengingat komplikasi yang ditimbulkan oleh gigi geraham impaksi maka kita perlu mengetahui waktu terbaik gigi tersebut dicabut.

Kalsifikasi gigi geraham bungsu terjadi mulai umur 9 tahun dan mahkota gigi selesai terbentuk umur 12-15 tahun. Jadi gigi geraham bungsu sudah dapat dilihat melalui rontgen pada umur 12-15 tahun walaupun gigi tersebut belum tumbuh.(gambar 9)

gbr 9

*gbr 9 rontgen pasien

Dengan demikian pencabutan gigi geraham bungsu yang impaksi dapat dilakukan antara umur 12-18 tahun atau setelah gigi molar / geraham kedua tumbuh. Tentu saja persiapannya dilakukan rontgen foto sebelum dilakukan pencabutan. Pencabutan gigi geraham bungsu pada usia 12-18 tahun dikenal dengan pencabutan preventif dan ini sangat dianjurkan mengingat pada usia tersebut akar gigi masih pendek sehingga memudahkan operasi dan mempercepat waktu penyembuhan dan menghindari terkenanya saraf pada rahang (Gambar 10a dan 10b).

gbr 10a

gbr 10b

*gbr 10 a akar gigi, gbr 10b

Setelah operasi gigi geraham bungsu pasien akan mengalami pembengkakan 3-4 hari

yang merupakan reaksi normal dari tubuh untuk penyembuhan. Pasien tidak perlu khawatir Karena pembengkakan yang tidak disertai demam bukan merupakan gejala infeksi dan pembengkakan ini akan hilang tanpa meninggalkan bekas. Pasien yang menjalani operasi gigi geraham bungsu cukup mendapat antibiotika, analgetik / penahan sakit dan obat anti inflamasi / anti radang. Selama pembengkakan pasien dapat makan (lunak), aktivitas sehari-hari seperti sekolah atau bekerja. Tapi tidak diperkenankan untuk olah raga terlebih dahulu. Setelah satu minggu benang jahitan dapat dibuka dan obat sudah dapat dihentikan.

Dengan demikian pencabutan gigi geraham bungsu merupakan tindakan yang bijaksana sebab mencegah komplikasi yang lebih buruk dan kekhawatiran akan efek operasi tidak akan terjadi sebab dilakukan pada usia yang tepat.

Saran dari drg Djoko Micni, SpBM, FICOI dari Dentia Dental Care Center: Bagi remaja usia 12-18 tahun, lakukan regular check up ke dokter gigi dan lakukan rontgen foto panoramik untuk mengetahui ada tidaknya gigi geraham bungsu. Bagaimanapun, mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Preventive will save your time, save your money and avoiding many problems.

1,258 thoughts on “Gigi Geraham Bungsu, Perlukah Dicabut?

  1. Dok, saya masih berumur 16 tahun, sayamengalami nyeri dibagian gigi belakang dan rahang saya menjadi kaku sehingga sulit dan sakit untuk membukamulut lebar. Apa gigi graham saya mau tumbuh ya dok? Tp apa tidak terlalu cepat dengan umur saya yang masih 16 thn. Awalnya saya sering merasa ketika saya tertawa atau makan ada yg tertarik dirahang saya, bahkan sempat susah untuk menutup mulut walau hanya beberapa detik,lalu tadi pagi setelah makan saya merasa rahangsya berbunyi bergerak gitu dok, setelahnya saya merasa sakit dan susah membuka mulut sampai sekarang. Itu memang gejala gigi geraham yg akan tumbuh atau apa ya dok? Terimakasih ya dok

    • Hana Angelia,
      Gangguan sulit membuka mulut biasanya disebabkan oleh adanya gangguan di sendi rahang. Untuk terapi sementara bisa dg meminum obat penghilang nyeri dan anti inflamasi. Untuk selanjutnya segera mendatangi dokter gigi agar mendapat pemeriksaan dan terapi yg akurat.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM. FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  2. Selamat malam dok. Nama saya walia dinanti usia saya baru mau 20 th. saya ada masalah dngn gigi geraham belakang saya. gigi geraham saya sudah tumbuh 2 yg sempurna, 1 lg setengah dan 1 lagi baru mau tumbuh. nah. yang 1 baru mau tumbuh itu gigi geraham atas sbelah kanan. dya sakit sekali dok, sering kali dya kejepit sama dinding mulut palinh belakang dan sakitnya menular ke gigi geraham yg barubtumbuh setengah yg di bawahnya dan kelenjar getah bening di leher saya sakit. Jadi gimana solusinya dok? mohon pencerahannya. terimakasih.

    • Walia
      Bila pipi selalu tergigit maka sebaiknya gigi geraham belakang tsb dicabut krn luka yg terjadi akibat tergigit akan menjadi sariawan yg menahun dan bisa menjadi kanker mulut.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  3. dok saya berusia 22 tahun gigi graham belakang sebelah kiri saya berlubang dan saat saya ingin menambalnya kedokter diharuskan operasi karena posisi gigimya miring. apakah hanya dengan operasi untuk menyembuhkannya? apakah tidak bisa ditambal saja?
    terima kasih dok

    • Ninik,
      Bila gigi tsb posisinya miring maka lebih baik dicabut krn bila ditambal akan timbul infeksi.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  4. Asslamu’alaikum. Dol sy berumur 31 thn. Sy pux gigi graham bungsu yang belum tumhuh sempurna tapi sisi sebelahnya sudah karies gigi sehingga trtutupi gusi. Akar gigi graham saya salah satu sisinya bengkok. Sy ingin mencabut gigi saya dok tp sy takut sakit sekali.. bagaiman kira2 proses pemncabutan seperti gigi yang sy alami saat ini. Syukran

    • Khadijah,
      Untuk mencabut gigi tsb umumnya dg tindakan pembedahan yg dilakukan oleh dokter spesialis bedah mulut. Walaupun akarnya bengkok itu tdk masalah.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  5. Dok, saya berumur 19 thn. Saya setiap hari mengalami sakit kepala bagian kiri bawah (dekat tengkuk) dan sakitnya menyebar hingga rahang gigi bagian kiri atas dan terkadang telinga. Padahal, 2 buah gigi bungsu saya pada bagian bawah (kiri dan kanan) sudah dicabut 1 tahun yg lalu. Apakah mungkin penyebab migrain tersebut adalah tumbuhnya gigi bungsu bagian atas? Apakah pertumbuhan gigi bungsu bagian atas dan bawah bisa berbeda waktunya? Terima kasih.

    • Janice
      Penyebab migrain bisa saja dari gigi geraham bungsu atas, unt itu lakukan saja pemeriksaan x ray unt mengetahui ada tidaknya gigi tsb.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  6. malam dok..
    saya annisa 24th gigi geraham bungsu saya megalami impaksi dan disarankan untk operasi..yg ingin saya tanyakan..pasca operasi gigi bungsu tsb apakah obat2 yang harus dikonsumsi aman untuk ibu menyusui ?krn saat ini saya sedang menyusui bayi saya.terima kasih dok..

    • Annisa
      Untuk obat umumnya aman bagi ibu menyusui, bisa ditanyakan juga ke dokter anak .
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  7. Dok gigi atas sebelah kanan paling pojok belakang tidak sakit namum menusung ke bagian gusi pipi sehingga menimbulkan lubang pada gusi dekat pipi bahaya tidak dok..sakit nya samapi ke telinga kanan juga

    • Ani
      Bila trrjadi luka di mukosa pipi maka sebaiknya gigi tsb dicabut krn kalau didiamkan terus luka tsb bisa menjadi kanker mulut.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  8. Selamat siang Dokter .
    Saya wanita berumur 23 thn .
    Saya ingin menanya kan ttg permaslahan gigi bungsu .
    Sudah 2 minggu saya merasajan sakit kat a gusi saya bengkak yg disebbkan ada gigi yg mau tumbuh tapi tidak ada ruang .
    Jika sedng kambuh sy minum antibiitik atau obat penghilang rasa sakit. Hampir setiap hari krna sy takut untk ke dr gigi .dr sdh blg surh dioperasi . Tp apa ada cara lain selain operasi .apa sy biarkan gigi ini tumbuh tp gusi sy bengkak dan menutupi gigi . Jd sakit dibagian kanan bawah sampai ke leher dan kekepala jd seperti migran …
    Bs berikan solusi baiknya dokter . Terimakasih ..

    • Suwardesiah,
      Gigi geraham bungsu yang sudah menimbulkan masalah sebaiknya segera untuk diangkat, tidak perlu takut karena ada prosedurnya, silahkan kunjungi spesialis bedah mulut untuk pengangkatannya.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  9. Dok maap saya mau nanya saat ini gigi molar 3 kanan bawah saya sakit skali dan ternyta impaksi.. sedangkan saya sedang menstruasi.. bisakah d operasi dalam keadaan mens?

    • Trzna wijaya,
      Untuk operasi gigi yg dipersiapkan adalah kondisi tubuh seperti tekanan darah, dan suhu tubuh kemudian kondisi gigi tsb apakah ada peradangan akut atau tidak bila ada perlu pemberian antibiotik lebih dulu, jadi masalah menstruasi tidak utama.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  10. selamat malam dok,nama saya nurman dan usia saya 28 thn,kemarin tgl 5 januari 15 saya melakukan pencabutan gigi graham saya yg miring,tetapi sungguh sangat trauma mengingat gigi saya itu di hancurkan dan blm sampai tercabut smua tb2 dokter tersebut menghentikn operasi tsb dan segera menjahit gusi saya yg msh terdapat sisa gigi nya,dan doktet itu bilng untuk dtng kmbli minggu dpn untuk di buka jaitan,apa kah berbahaya dok jika msh ada gigi saya di dlm gusi yg sudah di jahit?terima kasih dok

    • Nurman
      Bila ada sisa gigi yg tertinggal sebaiknya diusahakan diambil semua, bila perlu dikonsulkan ke dokter gigi spesialis bedah mulut .
      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat…
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  11. Salam sejahtera doktor. Saya berusia 19 tahun, dari Malaysia. Saya baru mentedari yg gigi geraham bongsu saya mula tumbuh. Tapi, setakat ini belum mendatangkan apa2 masalah buat saya. Jadi, saya meminta pandangan doktor perlukah gigi geraham ini mendapat rawatan atau dibedah kerana bimbang akan mendatangkan masalah pada gigi lain kelak? Terima kasih doktor

    • Ladybirds,
      Masalah gigi bungsu perlu dicabut atau tidak tergantung dari beberapa hal , antara lain posisinya, lalu keluhan, dan dampak nya. Bila setelah diperiksa ternyata lebih bagus dicabut maka lakukan saja operasi tersebut.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat…
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  12. Dok di kenakan biaya berapa sih jika pencabutan gigi..dan bahaya atau tidak nanti nya..karna gigi geraham atas jika di cabut bukan kan akan mengenai saraf mata..telinga dll..bahaya tidak sih dok..mohon penjelasannya!!!!
    Saya takut dok kedokter gigi memang tidak ada obat tradisional pa dok yang bisa mengatasi nya selain pencabutan..dan bahaya atau tidak gigi geraham diatas belakang di cabut sedangkan gusi pipi bengkak dan berlubang akibat kegigit truz oleh gigi.terimakasih

    • Ani
      Bila takut ke dokter akan timbul masalah yg lebih besar jadi sebaiknya datang untuk konsultasi nanti akan dijelaskan terperinci termasuk biaya yg diperlukan.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat…
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  13. Saya mengalami gigi bungsu yang tumbuh pada bagian rahang atas , beberapa hari terasa sakit, apa bila ingin operasi , ada kah efek minus di mata? Atau efek lain nya Dengan umur saya 24 tahun sekarang ini,trimakasih

    • Rini,
      Gigi bungsu yang tumbuh tidak benar dan menimbulkan gangguan memang sebaiknya diangkat, tidak perlu takut, tidak ada efek ke mata karena operasi dilakukan sesuai prosedur, kunjungi spesialis bedah mulut.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat…
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg Djoko Micni, SpBM FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  14. Pagi dok.. Saya berumur 22 tahun, tapi gigi geraham bungsu saya belum ada tanda-tanda akan tumbuh. Apa itu normal? Atau perlu di rontgen?

    • Efa,
      Untuk lebih jelasnya sebaiknya dilakukan rontgen, konsultasikan dengan spesialis bedah mulut.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat…
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  15. Dok, usia saya 20 tahun. Gigi molar 3 bawah sebelah kanan dan kiri saya tumbuh. Yang sebelah kanan sudah tumbuh normal tapi ketika setengah gigi terlihat tidak ada perkembangan lebih lanjut. Ketika Saya menghubungi dokter disarankan operasi karna rahang saya kecil. Yang ingin saya tanyakan apakah nanti kondisi 3 gigi molar 3 lainnya juga harus dioperasi?
    Amankah dok jika dioperasi sekaligus?

    • Sellyika
      Pencabutan gigi bungsu bisa dilakukan aman dan untuk memastikan perlu dilakukan rontgen foto . Umumnya keempat gigi bungsu dicabut untuk tindakan preventif.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat…
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  16. dok, gigi geraham saya bagian kiri sudah lama sakit, saya kira itu sakit gusi karena pernah suatu hari gusi saya yang dekat gigi geraham kanan kiri bengkak dok lalu sekarang gigi geraham yang sebelah kiri mengeluarkan darah, apa perlu saya harus cabut dok. sebelumnya terimakasih dok.

    • Annisa,
      Gigi geraham bungsu yang sudah menimbulkan sebaiknya memang harus diangkat.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  17. Siang dok,, nama saya wati saya mau tanya dok
    Hari kamis gusi pojok kiri bawah saya bengkak, saya beli obat betadine kumur, saya pake obat itu, stelah 3 hari gusi saya udah mendingan dok gk sakit lg, tapi pas bangun tidur malah tulang rahang bawah, tulang pipi yg deket telinga sama leher sebelah kiri saya sakit, pas mau ngunyah makanan sangat sakit sekali linu rasa’y urat’y kaya ketarik gtu dok, pas saya liat ternyata ada gigi bungsu kiri atas saya sedang tumbuh, namun belum sempurna dan posisinya itu miring, solusinya gmn ya dok, terima kasih

    • Wati,
      Gigi bungsu yang tumbuh tidak benar dan menimbulkan gangguan memang sebaiknya diangkat, kunjungi spesialis bedah mulut.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Dentia Dental Dentist Team

  18. Dokk umur saya 20th gigi bungsu sebelah kanan bawah saya itu masih tertutupi gusi lagi stengah kira2 mau tumbuh normal atau tidak gigi saya itu.. Jika harus operasi apakah boleh karena saya sedang hamil 6bln..

    • Desii,
      Untuk mengetahui apakah bisa tumbuh atau tidak harus dg rontgen foto, dan untuk operasi saat hamil perlu konsultasi dg dokter kandungan.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  19. Dok, saya baru mencabut gigi geraham yg tumbuh di depan gigi bungsu miring. Apa gigi bungsu saya itu masih harus dicabut? Kalau misalnya tidak dicabut bagaimana?
    Terima kasih.

    • Lia,
      Bila gigi depannya sdh dicabut maka sebaiknya gigi bungsu ditarik ke depan dg perawatan kawat gigi.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  20. Dok umur saya sudah 21 tahun tapi gigi geraham bungsu saya masih sering nyeri,… Biasanya sekitar 1-2bulan sekali baru mulai kambuh nyerinya
    Nah kalo mau dicabut kan umurnya sudah lewat,dan dikhawatirkan terjadi komplikasi.
    Jadi bagaimana cara mengatasi nya ya dok.
    Terimakasih dok …

    • Aldi,
      gigi geraham bungsu yang sudah mengganggu memang harus diangkat, tidak akan terjadi komplikasi karena ada prosedur untuk pengangkatan, kunjungi spesialis bedah mulut.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Dentia Dental Dentist Team

  21. dok,gusi bawah sebelah kiri saya sakit,setelah saya lihat ternyata tumbuh gigi geraham bungsu tapi masih kecil sekali.kira2 gigi itu bisa tumbuh sempurna atau tidak dok??dan apakah selama gigi geraham tumbuh akan terasa sakit?terima kasih…

    • Ulfi,
      Untuk mengetahui apakah bisa tumbuh atau tdk perlu pemeriksaan rontgen foto, dan selama pertumbuhan gigi tdk selalu timbul sakit.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  22. Maaf dok saya mau tanya. Gigi bungsu saya tumbuh ϑȋ̝̊ geraham bawah, skitar 2 minggu yang lalu. 1 minggu pertama saya merasakan sakit yang luar biasa tapi gigi belum nampak. Hanya seperti sariawan yang berwarna putih. Pada minggu kedua gigi sudah mulai terlihat. Kemudian saya mencari review ϑȋ̝̊ internet tentang gigi bungsu. Dan ternyata gigi bungsu memang dianjurkan untuk dicabut. Tapi saat ini saya berada ϑȋ̝̊ perantauan. Saya ingin saat gigi saya dicabut orang tua saya yang merawat saya. Itu mungkin sekitar 6 bulan lagi. Dan kemungkinan saat itu gigi saya sudah mulai membesar. Pertanyaan saya apakah mungkin jika gigi bungsu saya dicabut 6 bulan lagi.?.? Dan apakah aman.?.? Lalu sekarang apa yang harus saya lakukan.?.? usia saya saat ini 18 tahun 2 bulan.

    • Warti
      Bila hrs menunda 6 bulan maka yg harus dijaga adalah kebersihan mulut , tetapi bila rasa sakit muncul lagi maka sebaiknya segera lakukan perawatan dan pencabutan.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  23. Selamat siang,
    Dok, saya mau tanya kalau dental sealant itu tahan berapa lama? Perawatan yg harus dilakukan setelah penggunaan sealant?
    Terima kasih.

    • Dear Yuki,
      Pit dan fissure sealant dapat bertahan sampai beberapa tahun dan tidak memerlukan perawatan apa-apa setelah itu. Dengan pemberian sealant dapat mencegah terjadinya lubang karena kuman yang terjebak di fissure gigi yang sulit dibersihkan. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

  24. Dok, saya baru berusia 17 thn. Sekitar 2 bulan yang lalu saya ke dokter gigi untuk bertanya mengapa saya susah membuka mulut seperti biasanya. Setelah dirujuk ke radiologi ternyata gigi geraham bungsu tumbuh, jumlahnya 4 dan miring. Kata dokter waktu itu diharuskan untuk operasi. Saya tidak siap karena mama saya sewaktu umur 35 tahun juga mengalami hal demikian tetapi hanya 2 gigi yang dioperasi. Saya melihat mama saya kesakitan dan pipinya membengkak setelah operasi. Bagaimana solusinya dok? Terima kasih sebelumnya:)

    • Ayudia
      Jangan takut unt menjalani operasi karena saat ini operasi bisa dilakukan dengan nyaman dan aman. Terlebih lagi kondisi yg terjadi sekarang kamu kesulitan untuk membuka mulut.
      Coba kunjungi spesialis bedah mulut nanti akan dijelaskan secara rinci.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  25. dok saya lia umur 21 tahun. mau konfirmasi untuk gigi bungsu saya mengalami lubang, berapa jangka waktu yang baik untuk melakukan operasi?

    terima kasih

    • Lia
      Bila sudah berlubang maka segera saja dilakukan operasi agar tidak timbul infeksi dari lubang gigi yg semakin lama semakin membesar.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  26. pagi dok…dok gigi graham kanan atas saya tumbuh miring dan sekarang terasa sakit dan ngilu dok gara2 sa’at makan beradu dengan graham bawah…apa solusi nya dok…?apabila harus di cabut pengaruh ke syaraf gk dok soal nya mata dan kuping saya juga ikut sakit…

    • Bambang,
      Gigi geraham bungsu yang sudah mengganggu memang harus diangkat, jangan khawatir karena ada prosedur pengangkatan, konsultasikan dengan spesialis bedah mulut untuk pengangkatan.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Dentia Dental Dentist Team

  27. Dok..umur saya udh 28th.tapi gigi bungsu saya br tumbuh kanan kiri atas bawah kayanya..krn pas saat tumbuh kanan sy migren kanan…bgtu jg sebaliknya ..apakah hrs cabut?empat2nya?makasih

    • Kurnia,
      Bila sudah menimbulkan gangguan mmg seharusnya diangkat, untuk lebih jelasnya perlu dilakukan rontgen dan pemeriksaan.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  28. dok,saya mau tanya ,gigi graham bungsu sebelah kiri saya terkadang suka bunyi krek krek trz ,klo mau makan apa berbahaya bila didiamkan ,saya punya 2 gigi graham yg tumbuh miring,baru satu yang di cabut sebelah kanan,yg kiri blom ,bahaya kah bila di biarkan

    • Tian,
      Bila sudah menimbulkan gangguan dan tumbuhnya miring memang seharusnya diangkat, kunjungi spesialis bedah mulut.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Dentia Dental Dentist Team

  29. Dok. umur sya 19th. gigi geraham bungsu sya yg bawah di kiri dan kanan tumbuh miring. Perlukah dicabut dok ??.sedangkan sya mau ikut tes angkatan polisi.

    • Hery
      Ya sebaiknya segera dicabut karena gigi tsb berpotensi menimbulkan gangguan di kemudian hari.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  30. Selamat pagi, dok:)
    Saya perempuan usia 18 tahun. Gigi geraham saya berlubang dan sudah keropos sangat mengganggu saya. Perlukah dicabut? Lalu apa ada efeknya untuk gigi geraham bungsu yang akan tumbuh nanti? Bagaimana solusinya, Dok?
    Terima kasih

    • Tesha
      Gigi geraham yg sdh rusak dan tdk mungkin dirawat lagi harus segera dicabut. Dan nanti gigi geraham bungsu yg belum tumbuh bisa digeser ke depan untuk menggantikan gigi yg dicabut. Untuk itu harus menggunakan kawat gigi.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  31. Siang dok…saya umur 26 thun. Udah 1 minggu ini gusi sya bengkak smpe ke tulang rahang nyeri Dan g isa mkan. Hasil Dr rontgen Gigi bungsu saya yg bawah Kiri Dan kanan tumbuh miring Dan tertutup gusi. Apakah harus dicabut bersamaan/ satu persatu dok? Sedangkan ini sya masih mnunggu dokter tidak brani bedah krena pembengkakannya blm berkurang. Hanya diberi anti biotik dan anti nyeri. Thanks dok….

    • Novi
      Pencabutan gigi bisa dilakukan satu persatu maupun sekaligus tergantung dari kondisinya, dan bila masih bengkak sebaiknya pengobatan antibiotik dilanjutkan dulu.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  32. Dok…saya sekarang mengalami gejala yg mirip sekali dengan gambar *4 abses subkutan
    ..dimana pipi sebelah kanan saya bengkak..dan nyeri dok
    Sebaiknya apa yg harus saya lakukan?
    Apa ada hubungannya dengan memakai kawat gigi dok?

    • Diky
      Abses subkutan yg disebabkan oleh gigi hrs ditangani dengan pemberian antibiotik dan kemudian pencabutan gigi tsb . Ini tdk ada hubungannya dg kawat gigi.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI Dentia Dental Dentist Team

  33. siang dok, saya cita umur 23 th, saya mengalami masalah dengan gigi graham atas kayanya baru tumbuh, cuma miring keatas dok jadi menempel ke dinding pipi, rasanya sakit sekali sampe membuka mulut pun susah lebar, takutnya kalo kelamaan dibiarkan takutnya dinding yg menempel ke gigi jadi luka, solusinya apakah kalo diangkat tidak akan berbahaya dok ? takutnya ke saraf gitu..? mohon solusinya dok, terima kasih.

    • Cita
      Pencabutan akan aman tidak ada efek ke saraf. Kunjungi spesialis bedah mulut.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI Dentia Dental Dentist Team

  34. Dok.saya mau tanya.
    Saya sudah rontgen,ternyata ada gigi bungsu di rahang atas kanan dan kiri dan tumbuh miring.. kata drg saya,bilang rahang saya ini kecil.tp gigi yg tumbuh ukuran besar.jadi kontur gigi ga rapi.dan alhasil,gigi bungsu muncul miring.tp masih belom kelihatan si,masi tertanem dalam gusi.
    Itu ada kemungkinan gak,kedua gigi bungsu tumbuh sempurna walau miring?memang sih menimbulkan rasa nyeri sampai kepala,telinga dan leher.
    saya berniat pake beghel dok,tp solusiny gmn kalau kondisi gigi spt itu?
    gigi bungsu harus dicabut terlebih dulu,baru beghel.atau beghel dulu baru nanti cabut gigi bungsu (setelah pemakain bghel selesai ataupun selama perawatan)??
    Dan saya mau konsulnya tu,lebih dulu ke drg sp ortho,atau drg sp bedah mulut ya dok?
    trimakasih.

    • Nur,
      Bila dari pemeriksaan gigi bungsu tsb miring maka sebaiknya gigi tsb dicabut terlebih dahulu , dan setelah itu baru lakukan perawatan kawat gigi. Dan pencabutan gigi bungsu itu akan menyembuhkan sakit kepala.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI Dentia Dental Dentist Team

  35. Hallo, dok..
    Sekarang sy berusia 15 tahun. Saat itu sy hendak memasang behel, namun drg tsb mngatakan bhwa gigi sy tidur. Awalnya sy bingung apa yg dikatakan oleh drg tsb. Stelah dianjurkan utk melakukan rontgen gigi dan kemudian menemui dr bedah mulut, sy lgsg melakukannya. Saat tiba di dr bedah mulut, ia mengatakan 2 gigi geraham kiri dan 2 gigi geraham kanan sy miring (bgn bawah). Ia jg mengatakan bahwa ini pertama kali ia menemui kasus spt ini. Biasanya gigi tidur adalah gigi geraham ktiga, sdgkn gigi geraham kedua sy sj sdh tidur, dan gigi geraham ketiga sy yg belum tumbuh miring. Dianjurkan utk segera melakukan operasi, dengan opname dan bius total. Apakah operasi tsb mmg harus dilakukan? Akankah berhasil? Tidakkah berdampak pada saraf lainnya? Mohon jawabannya, terima kasih.

    • Christin
      Kondisi yg terjadi seperti itu memang jarang tetapi dengan rencana pemakaian behel maka gigi yg miring harus dikeluarkan. Dengan pembiusan umum maka operasi tidak akan sakit sama sekali dan aman. Bila dilakukan oleh ahlinya maka efek samping ke saraf akan sangat kecil.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  36. saya laki2 umur 35 th
    setelah membaca penjelasan dan pertanyaan2 mereka diatas saya yakin kalau memang geraham bungsu yang membuat saya sering sakit seperti sakit gigi tapi sakitnya tu di rahang ujung geraham.oleh ketidak tahuan saya tentang gigi,mungkin geraham bungsu saya dah lama.pertanyaan saya apa masih bisa di angkat? dan kalau dioperasi itu biasanya dibedah dari luar pipi atau dari dalam gusi saja lewat mulut?
    terima kasih.saya bersyukur dan berterima kasih telah menemukan website anda

    • Ridho
      Gigi geraham bungsu memang sering menimbulkan gangguan sehingga umumnya gigi tsb dicabut. Dan untuk operasinya dilakukan melalui gusi, konsultasikan dengan spesialis bedah mulut.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  37. selamat malam ,dok,umur saya 14 tahun, saya mau tanya,gigi geraham di kiri,kanan sebalah bawah udah berlubang,saya sering menderita sakit gigi secara tiba2,akibat masuknya makanan ke gigi geraham yg berlubang,Pertanyaanya adalah ketika,di cabut apakah gigi geraham itu tumbuh/tidak

    • Edi
      Bila gigi geraham dewasa dicabut maka tidak akan tumbuh lagi, krn itu bila gigi tersebut masih bisa dirawat sebaiknya dilakukan perawatan dan ditambal.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  38. Selamat pagi dok, umur saya 23 tahun, gigi bongsu saya baru kelihatan sedikit, tapi menyebabkan sakit yang luar biasa dok, beberapa hari kemudian bias sembuh, lalu beberapa bulan kemudian kambuh lagi sakitnya dok. itu kira2 kenapa ya dok? apa karena gigi bongsu saya yang sedang masa “pertumbuhan” atau karena terjadi kelainan seperti diatas?. Terimakasih sebelumnya :-)

    • Andi,
      Gigi geraham bungsu yg sudah mengganggu sebaiknya diangkat, kunjungi spesialis bedah mulut.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  39. SeLamat sore dok, saya mau tanya. Gigi geraham saya berlubang, yg satu kanan sudah tinggal akarnya, yg satu kiri hanya berlubang saja. Bagaimana solusinya dok? Saya bnyk mendengar dari cerita orang katanya habis cabut gigi geraham ada yg koma bahkan sampai meninggal. Saya takut dok. Terima kasih

    • Ika
      Bila pencabutan dilakukan oleh dokter yang berkompeten dan melalui prosedur yg benar maka efek samping akan kecil sekali. Tidak akan menimbulkan koma atau kematian.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  40. Dok usia sy 21 thn ,, kalo gigi grahamnya sudah infeksi dan hrs dioperasi tapi tidk dioperasi,, kira-kira apa dampaknya bagi kesehatan . . .??

    • Lia
      Infeksi bisa meluas dan bahkan bisa menimbulkan penyumbatan saluran nafas.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  41. Malam, dok..
    Kira-kira apa yg menjadi pnyebab gigi tidur? Apakah karena rahang sy yg kecil? Setelah oprsi, apakah bisa makan dn bicara? Makasih dok

    • Christin
      Penyebab gigi miring belum diketahui dengan pasti, dan setelah operasi tetap bisa makan dan bicara.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  42. Malam dok, saya perempuan 19 tahun. Sudah satu tahun ini gigi geraham bungsu kanan bawah mengalami pertumbuhan, tapi selama setahun ini perkembangannya tidak signifikan, baru terlihat ujung gigi yg tajam dan sangat kecil. Sehingga belum bisa terlihat apakah miring atau tidak.
    Gangguan yg sering saya rasakan adalah bengkak pada gusi secara periodik dan tak jarang pecah mengeluarkan cairan, namun nanti akan hilang dengan sendirinya. Namun sudah 3 hari ini gusi tempat geraham bungsu tumbuh mengalami bengkak pada rongga mulut bagian dalam, bengkaknya disertai rasa nyeri pada rahang dan leher, susah membuka mulut dengan lebar dan sakit saat menelan.
    yg saya tanyakan dok,
    1. Berapa lama waktu normal untuk pertumbuhan gigi geraham bungsu saat mulai sakit pertama kali hingga muncul sempurna? Apakah memerlukan waktu hingga bertahun tahun?
    2. Apakah mungkin gigi bungsu tidak tumbuh pada sebagian orang atau tumbuh tidak empat empatnya pada seseorang?
    Terimakasih sebelumnya dok

    • Endah
      Untuk memastikan pertumbuhan gigi bungsu diperlukan rontgen foto, dan bila posisinya miring maka gigi ini tdk akan bisa tumbuh. Dengan demikian harus segera diangkat apalagi sudah menimbulkan pembengkakan.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Meggi,
      Biaya bervariasi dari kondisi gigi, harus dilakukan pemeriksaan langsung dan rontgen foto dan kami tidak membahas tentang biaya di media ini.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Dentia Dental Dentist Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>