Karang Gigi

Drg. Henny Susanty

Karang gigi merupakan kumpulan plak yang karanggigi11
termineralisasi yang sangat lengket di atas email gigi.
Lapisan ini terlihat keputihan dan seiring waktu
berubah kekuningan setelah berasimilasi dengan air liur.
Berdasarkan lokasinya, karang gigi ada di
supragingiva (permukaan gigi diatas gusi) dan
di subgingiva (permukaan gigi di bawah gusi).
Karang gigi terutama timbul pada daerah-daerah
gigi yang sulit dibersihkan.

Penyebab
Plak terbentuk akibat aktivitas bakteri yang mengubah sisa gula di atas permukaan emael gigi. Plak sangat sulit dibersihkan, namun jika dibiarkan menumpuk dapat memicu gangguan kesehatan oral yang lain, Akibatnya dapat menyebabkan berbagai penyakit gusi, seperti radang gusi (gingivitis) yang ditandai dengan gusi tampak kemerahan, agak membengkak, dan sering berdarah saat menggosok gigi.
Hal ini dapat berlanjut menjadi radang jaringan penyangga gigi lainnya (periodontitis) bila tidak segera dirawat. Bila sudah tahap ini dapat menimbulkan gigi goyang karena jaringan penyangga gigi sudah rusak.

Pembersihan Karang gigi

Seringkali kita tidak mengetahui bahwa telah terdapat plak pada gigi. Karang gigi berkembang dari plak gigi yang menempel pada tepi gusi. Bila ini terus dibiarkan akan menyebabkan peradangan gusi, dan pada akhirnya membuat aroma mulut tidak sedap. Pembersihan karang gigi memerlukan bantuan dokter atau perawat gigi.Jika dilakukan dengan cara yang baik dan benar, pembersihan karang tidak akan merusak gigi.Yang tidak jarang terjadi adalah gigi jadi ngilu karena bagian – bagian leher gigi yang tadinya tertutup karang jadi terbuka. Gusi juga mungkin sedikit berdarah karena tepi gusi yang tertutup karang memang lebih sensitif, tapi pendarahan akan berhenti setelah karang gigi dibersihkan.

Karang gigi tidak dapat hilang bila hanya dengan menggosok gigi atau berkumur dengan obat kumur.

karanggigi21

Pencegahan

1. Menjaga kebersihan oral dengan cara menyikat gigi dua kali  sehari, dapat mencegah pembentukan plak pada permukaan email  gigi.

2. Bersihkan sisa-sisa makanan dari sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi (dental floss) atau sikat interdental

3. Perbanyak minum air putih

4. Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung.

5. Melakukan pemeriksaan gigi secara berkala, 6 bulan sekali.

Untuk informasi dan perawatan gigi anda, hubungi Dentia Dental Care Center, klinik perawatan gigi keluarga anda.

Siap siap membantu anda untuk mendapatkan gigi yang sehat dan  membuat senyum anda semakin menawan

287 thoughts on “Karang Gigi

  1. Permisi dokter saya mau tanya, umur saya 20 tahun, di gigi depan bagian bawah banyak sekali karang gigi nya sudah menghitam ke sela gigi. Apabila saya melakukan pembersihan karang gigi ke dokter gigi, apakah itu akan hilang dok? Apakah nanti gigi nya goyang dok? Mohon jawabannya dok, terimakasih

    • Dear Novita,
      Kamu bisa melakukan pembersihan karang gigi. Karang gigi tersebut harus segera dibersihkan, karang gigi yang menumpuk dapat menyebabkan masalah gusi. Giginya tidak akan goyang selama tulang yang menyangga masih bagus.Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Anna Aurelia
      Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Panny,
      Hrs bersihkan karang gigi dulu sebelum pasang kawat gigi. Nanti selama perawatan dengan kawat juga harus rutin scaling untuk menjaga kebersihan giginya.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Anna Aurelia
      Dentia Dental Dentist Team

  2. Dok saya mau tanya 2 hari kemarin sy bersihin karang Gigi. Tp karang sy ud sampai gusi. Lalu setelah bersihin karang sy mkn sprti biasa minum yg manis2 juga. Dan hr INI gusi sy mengalami pendarahan dok
    APA Itu normal?
    Bagaimana Cara menanganinya? mksh dok

    • Dear Crissa Bella,
      Gusi yang meradang karena karang gigi membutuhkan waktu untuk sembuh. Selama masa penyembuhan tentu harus dijaga kebersihannya dengan menyikat gigi dan menggunakan dental floss, dapat dibantu dengan menggunakan pasta gigi khusus gusi. Bila radangnya parah bantu dengan obat kumur antiseptik tetapi digunakan hanya selama 1 mg saja, bila sudah tidak meradang penggunaan dihentikan.
      Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Anna Aurelia
      Dentia Dental Dentist Team

  3. Permisi Dok, mau tanya. Setelah saya membersihkan karang gigi, otomatis gigi saya ada yg terikut rontok bersamaan dengan karang giginya pada saat dibersihkan, apakah gigi saya yg rontok akan tumbuh kembali? Terima kasih.

    • Dear Muhammad Yagi,
      Gigi yang rontok tidak dapat tumbuh kembali. Apakah gigi tersebut memang sudah rusak? Biasanya gigi tidak akan rontok dengan pembersihan karang kecuali ada kondisi tertentu.Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Anna Aurelia
      Dentia Dental Dentist Team

  4. Dok, saya baru saja membersihkan karang gigi dibagian depan dan setelah dibersihkan, gusi saya jadi ada rongga dan seperti mengelupas, yang saya tanyakan apakah gusi dapat kembali menempel setelah pembersihan karang gigi (gigi juga terasa linu bila terkena air dingin)? Dari dokternya hanya memberikan pasta gigi kusus dan suruh memakai obat kumur seperti listerin. Trima kasih

    • Dear Wahyu,
      Bila dijaga kebersihannya, gusi lama2 akan membaik. Bila ngilu saat minum air dingin itu wajar karena gusi nya turun. Coba oleskan pasta gigi untuk gigi sensitive dan biarkan selama 30 menit-1 jam. Pemakaian obat kumur boleh tapi yang tidak mengandung alkohol dan hanya digunakan saat ada masalah, misalnya selama 7 hr saja. Bukan untuk pemakaian setiap hari.Untuk informasi di klinik kami tersedia obat kumur berbahan herbal yang aman dipakai setiap hari.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Anna Aurelia
      Dentia Dental Dentist Team

  5. Dok saya mau tanya…

    Sya k dokter gigi n tanya k dokter saya mau bersihkan karang gigi n pasang behel?? Tapi gigi goyang apa kah bisa pake behel dok

    Mohon infonya

    • Dear Sonny,
      bila ingin dipasang behel kondisi jaringan penyangga gigi harus bagus, karang gigi harus dibersihkan. Tetapi bila gigi anda dalam keadaan goyang tidak bisa dipasang dulu behel nya. Masalah gigi goyang ini harus diselesaikan terlebih dahulu.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Anna Aurelia,
      Dentia Dental Dentist Team

  6. Dok saya mau tanya??

    Saya habis lepasin karang gigi trus gusi saya agak ronggang dari gigi…

    Bagaimana caranya merapatkan gusi ke gigi?? Soalnya saya mau pasang behel dok!!! Obatnya apa ya dok,biar gusi saya cepat merapat ke gigi.

    Tolong di balas cepat.

    Makasih

    • Dear Sonny,
      Bila kondisinya tidak parah serta dijaga kebersihannya, gusi bisa sembuh lagi dengan sendirinya, tidak ada obat yang mempercepat.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Anna Aurelia
      Dentia Dental Dentist Team

  7. Dok saya habis lepas behel, stelah itu dibersihkan karang giginya. Tetapi gigi seri tengah yg bawah jadi berongga gitu di bagian yg dekat dg gusi. Apakah gigi saya ada yg rontok atau gusinya yg meregang?

    • Dear Riris,
      Ada beberapa kemungkinan yang terjadi,
      pertama pada waktu Riris memakai behel karena pembersihan yang kurang optimum biasanya dikarenakan kesulitan adanya bracket dari kawat gigi, gusi Riris jadi sedikit bengkak/membesar. Sehingga ketika behel Riris sudah dilepas dan sudah dibersihkan karang gigi, Riris merasa berongga. Kemungkinan kedua mungkin rongga tersebut selama ini tertutup oleh karang gigi sehingga Riris merasa ada yang rontok atau hilang. Kemungkinan terakhir kemungkinan gigi Riris berlubang. Untuk lebih pastinya sebaiknya Riris langsung periksakan saja agar tidak khawatir ya.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid
      Dentia Dental Dentist Team

  8. dok, mau tnya karang gigi saya yang gigi atas itu plaknya sdh menempel pada email gigi. apakah itu msh bisa di bersihkan apa ada solusi lain yah dok??

    • dear tha,
      karang gigi dan plak harus dibersihkan, bila tidak akan membuat gusi meradang dan bau mulut.
      Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat. Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Anna Aurelia
      Dentia Dental Dentist Team

  9. Dok saya baru saja membersihkan karang gigi, tetapi masih ada yg terlewat bagian yg seharusnya dibersihkan, padahal sebelumnya dokternya sudah meberikan saya cermin untuk melihat hasilnya dan memastikan kembali, tetapi saya kurang teliti dok jdnya masih ada karang gigi di bagian gigi geraham saya. Pertanyaannya, bolehkah saya membersihkan karang gigi kurang dr 6 bulan sekali? Terimakasih dok

    • Dear Vitia,
      Bila memang belum bersih anda dapat kembali ke dokter gigi untuk minta dilanjutkan pembersihannya. Boleh kok membersihkan karang kurang dari 6 bulan bila cepat sekali pembentukan karang nya.Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Anna Aurelia
      Dentia Dental Dentist Team

  10. Dok, kemarin saya scalling. Tapi di sela2 gigi, bekas karang giginya jadi ada rongga gitu. Nanti tumbuh lagi ga sih, dok? Atau rongga rongganya ilang?

    • Dear Fauziah,
      Tergantung keparahannya, apabila gusinya hanya sedikit turun, bila kamu menjaga kebersihan dengan menyikat gigi dan rutin mebersihkan karang gigi, lama kelamaan gusinya bisa tumbuh kembali.Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Anna Aurelia
      Dentia Dental Dentist Team

  11. Dok, saya mau tanya gigi geraham saya goyang karena radang gusi bagaimana penanganannya? Lalu beberapa waktu lalu saya melakukan scaling dan baru saya sadari ada gigi yg cuil bagian dekat gusi apa yg harus saya lakukan dok? Trimakasih

    • Dear Marwan,
      jika goyangnya murni berasal dari radang gusi, maka penanganannya adalah gusi nya disembuhkan dengan cara scaling. Bila perlu dilakukan pembersihan dengan lebih seksama dengan dikuret atau dengan operasi kecil. Jika sudah terlalu parah ada kemungkinan gigi tersebut tidak dapat dipertahankan lagi. Harus diperiksa dengan Roentgen dan dilihat apakah kerusakan tulangnya parah atau tidak.
      Bagian gigi yang cuil dapat dilakukan penambalan gigi.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Fasih,
      Menghilangkan plak dan karang gigi dengan scaler dan brush low speed.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Anna Aurelia
      Dentia Dental Dentist Team

  12. Gigi sy renggang n goyah krn karang gigi. Goyahnya lumayan jg. Bisa discalling atau hrs ditambal/bikin gigi palsu? Utk biaya brp dok. Lokasi dmn y

    • Dear Wina,
      Karang gigi yang menumpuk harus segera dibersihkan, bila tidak gigi bisa makin goyang. Untuk menstabilkan gigi yang goyang bisa dilakukan splinting.
      Untuk biaya akan kami kirim info via email.

      Lokasi kami
      Dentia Dental Care Center – Tanjung Duren
      http://dentiadental.com/home/dentia-dental-clinic-tanjung-duren-jakarta-barat/
      Alamat Klinik:
      Ruko Sentra Bisnis no.A7
      Tanjung Duren Raya
      Jakarta Barat, 11470

      Dentia Dental Care Center – Cabang Puri Indah
      http://dentiadental.com/home/dentia-dental-clinic-puri-indah-jakarta-barat/
      Alamat Klinik:
      Jl. Puri Kembang Timur Raya blok E1 no.48
      Puri Indah
      Jakarta Barat

      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Anna Aurelia
      Dentia Dental Dentist Team

  13. Dok. Gigi saya renggang dan gusi saya turun .apakah saya harus melakukan bedah gusi?? Biaya untuk bedah gusi berapa dok?

    • Hallo Siti Khofifah…

      Tergantung dari penyebab kenapa gigi nya bisa renggang dan gusinya turun,baru kita bisa tentukan butuh atau tidaknya tindakan bedah gusi seperti yang kamu sebut sebelumnya… bisa saja gigi renggang kamu hanya membutuhkan perawatan ortodonti mungkin,atau gusi nya turun hanya membutuhkan penambalan saja..

      Oleh karena itu silahkan kunjungi dokter gigi kamu agar dapat dilakukan pemeriksaan dan mendapatkan solusi terbaik.

      Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021 – 5635991 / 5635992 / 56327831 / 51300818

      Terima kasih, Drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team

  14. Dok mau tanya, orangtua saya habis dibersihkan karang giginya, tetapi setelah itu gusi selalu berdarah tidak ada hentinya smp saat ini (2hari setelah proses pembersihan karang). Apakah ini wajar dok?

    • Dear Wulandari
      Salah satu efek samping dari pembersihan karang gigi adalah gusi berdarah dan meradang, tergantung dari banyaknya karang gigi,kondisi gusi,ataupun ada atau tidaknya penyakit sistemik yang menyertai…Normalnya perdarahan itu akan berhenti kurang dari 1 jam setelah proses pembersihan karang gigi selesai. Sedangkan untuk peradangan gusi nya(gusi terlihat sedikit bengkak dan kemerahan) butuh waktu 1-2 hari. Bila setelah 2 hr masih mengalami perdarahan yang cukup mengganggu, sebaiknya kembali ke dokter gigi untuk dilihat penyebab nya,agar segera mendapatkan penanganan.. Semoga dapat membantu….
      Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021 – 5635991 / 5635992 / 56327831 / 51300818

      Terima kasih, Drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team

  15. dok,saya mau tanya gigi depan saya kan kotor,hitam,berlubang dan tumbuh tidak beraturan,kalo kedokter harus digimanain ya?
    dan ngga harus dibehel apakah bisa?

    • Dear Romi,
      Gigi depan yang kotor, hitam dan berlubang dapat diatasi dengan pembersihan karang gigi (kotor dan hitam), dan lubangnya dapat ditambal.
      Namun posisi gigi yang tumbuh tidak beraturan bisa diatasi tergantung tingkat keparahan malposisi gigi tersebut. Jika sangat berat/sangat berantakan hanya dapat diatasi dengan pemakaian pesawat
      orthodonti (behel). Semoga informasi ini cukup membantu ya, Romi.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda
      Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Dwi,
      Permukaan gigi setelah dibersihkan karang gigi memang biasanya terasa kasar/kesat. Hal ini karena gigi yang tertutup karang gigi biasanya terdapat lapisan plak diatasnya. Permukaan karang gigi tidaklah rata sehingga sangat mudah menimbun plak. Gigi yang terlapisi plak memang terasa halus/licin namun bukan berarti bersih. Jika Dwi ragu masi tersisa karang gigi atau tidak bisa dilihat disekitar leher gigi apakah ada warna hitam/coklat tua/putih yang bentuknya ireguler setelah sikat gigi atau silahkan cek ke dokter untuk memastikan karena memang sulit dilakukan sendiri. Semoga informasi ini cukup membantu Dwi ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda
      Dentia Dental Dentist Team

  16. Dokter mau nanya, saya kan baru bersihin karang gigi sebulan yang lalu, tapi gigi bawah depan saya masih ada yang goyang (cuman sedikit dan tidak terlalu terasa), kira2 itu kenapa ya dokter? Terima kasih sebelumnya

    • Dear Lafa,
      Kondisi karang gigi yang tebal dan tidak dibersihkan pada waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan penyangga gigi yaitu gusi dan tulang. Gigi tertanam pada tulang kemudian ditutupi dengan gusi. Jika karang gigi telah menginfeksi tulang tersebut akan menyebabkan penurunan tulang. Semakin turun tulang tersebut dapat menyebabkan gigi semakin goyang. Jika kegoyangan gigi parah maka akan dibutuhkan fiksasi yang disebut dengan splinting. Pada kasus Lafa kegoyangan gigi hanya sedikit sehingga hanya perlu diobservasi saja, jangan sering dimainkan dengan lidah atau digoyangkan dengan jari untuk sementara waktu agar tulangnya dapat melakukan proses penyembuhan.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda RH
      Dentia Dental Dentist Team

  17. saya adalah pengidap abses periodontal,dan baru mulai ditangani dibulan januari ini,langkah scaling dan root planing sudah dilakukan oleh dokter saya,tetapi untuk langkah ketiga yang saya ketahui adalah drainase belum dilakukan, posisi abses ada di gigi tengah depan bagian bawah (seri atau incisor atau gigi 41 katanya ),posisi gigi tengah sudah lepas akibat kalkulus,dan posisi gigi disebelahnya ( gigi 31 ) juga goyang karena kalkulus yang cukup tebal dan abses efek dar abses itu, dan hari ini adalah jadwal untuk pencabutan gigi 31 yang goyang, dan saya meminta untuk dipakaikan gigi dengan cekatan main lepas ( biar gk terlalu mengganggu penampilan karena ompong 2 gigi :D ).

    *yang mau saya tanyakan dari cerita saya diatas,apakah pemberian obat tidak prioritas untuk case ini?
    *untuk tahapan ke 3 yang belum dilakukan ( drainase), apakah tidak seharusnya dilakukan untuk mengeluarkan cairan (pus),apakah langkah yang dilakukan dokter saya sudah benar atau tidak ya dok>?
    *dan berapa lama biasa nya proses perawatan untuk case seperti saya ini?apkah gigi saya dapat bagus kembali atau ??

    terima kasih sebelumnya perhatiannya.
    mohon dijawab agar saya merasa puas dan tidak bertanya” atau penasaran lagi.

    TERIMA KASIH

    • Dayen,

      Kami jawab via email untuk jawaban yang detail.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid
      Dentia Dental Dentist Team

  18. Permisi, beberapa jam yang lalu saya habis bersihin karang gigi, kondisi karang giginya gak parah2 amet si syukurnya. Cuma pas setelah saya cek, kok kayak masih ada hitam2nya gitu ya di gigi? Kalo bersihin karang gigi tu emg gitu ato gimana sih dok? Jadi bener2 bersih hilang semua ato gimana ya? Terimakasih :)

    • Dear Ayu,
      Hitam spt apa ya yg tertinggal di gigi? Apakah karang gigi atau lubang? Terkadang stlh pembersihan karang gigi baru terlihat kondisi gigi asli, krn sblmnya tertutup karang. Disarankan untuk diperiksakan kembali ke dokternya utk pengecekkan lbh lanjut.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S. Pramudita SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

  19. Dokter…saya mau tanya, orang tua saya berusia 65 tahun. Apakah untuk usia tersebut masih diperbolehkan untuk membersihkan karang gigi? Apakah ada resiko nantinya, seperti gigi akan tanggal atau bagaimana?

    • Dear Melly,
      Pembersihan karang gigi dpt dilakukan pd siapapun tanpa batasan umur, selama kesehatan umum pasien dlm kondisi baik. Misalkan bila ada diabetes atau minum pengencer darah maka dpt diinfokan terlebih dahulu kpd dokter gigi yg merawat nanti.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S.Pramudita SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

  20. dok, karang gigi saya udah parah banget, dan itu udah sampai di gigi garaham saya. terus gigi geraham saya ada yang berlubang dan itu terasa ngilu kalo gigi saling bertubrukkan. itu kenapa ya dok? dan apa saya bisa bersihin karang gigi?

    • Hallo Lisa,
      Pembersihan karang gigi dan pemeriksaan gigi dan mulut berkala memang disarankan untuk dilakukan setiap 6 bulan sekali, agar kebersihan dan kesehatan gigi & jaringan pendukungnya tetap terjaga. Silahkan kunjungi klinik kami untuk informasi dan proses pembersihan karang gigi,Lisa.
      Gigi berlubang dan ngilu,tergantung dari kondisi nya,apakah cukup dengan penambalan gigi ataukah membutuhkan perawatan lainnya. Ada baiknya dokter gigi memeriksa kondisi giginya terlebih dahulu supaya kamu dapat memperoleh solusi yang tepat untuk kesehatan gigi serta senyum cemerlang kamu,Lisa..

      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Marsellina Soenarto
      Dentia Dental Dentist Team

  21. dok saya mau tanya, kemarin saya melakukan pencabutan gigi dan hari ini saya ingin melakukan pembersihan karang gigi. apa boleh dok?

    • Hallo Anisya,
      Boleh boleh saja. Asalkan kamu merasa nyaman,pembersihan karang gigi dapat dilakukan kapan saja setelah pencabutan gigi.

      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Marsellina S.
      Dentia Dental Dentist Team

  22. Dok,gigi depan saya ada yg goyang,dan itu sudah lumayan lama,sekarang ada karang gigi di gigi goyang itu,dan gusinya agak bengkak,kalau saya pergi ke dokter dn melakukan pmbersihan karang gigi,apa gigi itu akan tambah goyang atau tidak Dok..? Mohon penjelasannya.
    Terima kasih

    • Halo Eka,
      Bila gigi goyang yang kamu ceritakan itu dikelilingi olah karang gigi yang cukup tebal,kemungkinan setelah karang giginya dibersihkan,gigi tersebut akan makin goyang, karena tulang yang menyangga gigi tersebut biasanya sudah mengalami penurunan, dan gigi itu bisa bertahan di tempatnya karena ditopang oleh karang gigi, yang mana kondisi tersebut tidak sehat untuk jaringan penyangga gigi nya.. Biasanya dokter gigi yang memeriksa akan memberikan solusi untuk gigi goyang tersebut,apakah dikuretase, pemasangan splint atau apakah harus dicabut.

      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Marsellina S
      Dentia Dental Dentist Team

  23. Dok, sy mau tnya gigi depan bawah sy terdapat karang gigi, cukup tebal sepertinya,tiba tiba saja ada lapisan salah satu dr gigi dpn sy,copot bagian belakang. Sy liat bagian gusi bekas lapisan itu mera. Lapisa apakah itu dok, karang gigi atau laposan gigi sy? Trms

    • Dear Antie,
      Kemungkinan besar itu adalah karang gigi. Karang gigi memang menyebabkan gusi merah. oleh sebab itu harus segera dibersihkan di dokter gigi.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG,FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  24. Dok saya mau tanya. Gusi saya ada 1 gigi yang turun. Itu penyebab nya karena apa ya dok? Apa saya salah dalam menyikat gigi yang terlalu kuat? Gusinya bisa kembali tumbuh normal gk dok? Mohon penjelasannya ya dok?
    Terima kasih

    • Halo Siti Saodah,
      Penurunan gusi bisa disebabkan oleh kesalahan cara menggosok gigi, akumulasi karang gigi, kondisi gusi yang tidak sehat, serta bisa juga akibat perawatan gigi itu sendiri. Faktor usia dan kebersihan mulut juga berpengaruh. Penanganan oleh dokter gigi juga tergantung dari penyebab dan tingkat keparahannya. Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi agar mendapatkan solusi terbaik untuk masalah anda.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Marsellina S.
      Dentia Dental Dentist Team

  25. Dok mau nanya
    Bisa gak abis cabut gigi langsung bersihkan karang gigi dhri yg sama??
    Ada nggk alat yg utk ngerapikan gigi tanpa behel dok?
    Mkasih

    • Anjiarsih,

      Boleh boleh saja. Asalkan kamu merasa nyaman,pembersihan karang gigi dapat dilakukan kapan saja setelah pencabutan gigi.
      Untuk merapikan gigi diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat, bila masalah minor bisa dengan mempergunakan veneer.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  26. dok karang gigi saya sudah parah banget dan gigi saya menguning gitu. garagara saya sering sekali mengonsumsi obat obatan sewaktu kecil, sekarang gusi saya bengkak dok didekat gigi geraham saya. apakah masih bisa diobati dok?

    • Dhira,

      Segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan tindakan perawatan yang tepat. Tentunya masih bisa diobati dengan segera ke dokter gigi.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  27. Dok gigi saya berarang dan sudah parah krn tdk pernah d bersihkan. Dan agak goyang klo habis dibersihkan makin goyang kn solusinya harus splinting saya baca td. Splinting itu pergigi atau bagaimana yah

    • Dear Shanty,
      Splinting umumnya melibatkan bbrp gigi, tergantung keparahan kegoyangan giginya. Splinting tdk permanen, hanya sementara sambil meningkatkan kebersihan gigi sampai kegoyangan hilang.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini SP SpKG
      Dentia Dental Dentist Team

  28. Dok saya mau tanya, awalnya gigi depan bagian bawah saya gingivitis lalu dibersihkan karangnya. Seminggu kemudian gusinya turun dan ada satu gigi yang sedikit goyang. Apakah hal itu wajar? Terima kasih dok

    • Dear May,
      Karang gigi ada 2 jenis, yang terdapat diatas gusi (supragingiva) dan didalam gusi (subgingiva). Jika May memiliki banyak karang gigi yang subgingiva maka akan merusak tulang yang menyangga gigi tersebut dan menyebabkan kegoyangan. Biasanya kegoyangan sedikit kan pulih setelah proses penyembuhan dan pembentukan tulang yang baru. Namun kegoyangan besar (dapat digoyangkan secara vertikal dan/ horizontal) gigi May tersebut harus di splint. Splint adalah tindakan untuk menfiksasi gigi tersebut agar proses penyembuhan tulang dapat berjalan dengan baik. Semoga informasi ini membantu May ya.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid
      Dentia Dental Dentist Team

  29. Dok,saya mau tanya
    gigi saya bagian depan terdapat karang gigi sedikit dan sedikit menghitam di dekat gusi gigi
    pertanyaan saya apa bisa di tambal giginya sedangkan giginya sudah menghitam dke arah gusi
    trims

    • Dear Fina,
      Sebelum penambalan gigi sebaiknya dibersihkan karang gigi tersebut sehingga tidak ada lagi warna hitam dan hasil tambalan lebih maksimal.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  30. Dok, karang gigi saya udah tebal dan menutup giginya. Jika dibersihkan apakah gigi saya akan patah? Trimakasih

    • Jannah,

      Pembersihan karang gigi tidak menyebabkan gigi patah, bila sudah tebal segera kunjungi dokter gigi.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  31. Dok.., help me
    saya sudah 40 hari membersihkan karang gigi bawah bagian depan di puskemas sampai sekarang gusi dan gigi saya kok meradang ya dok.., tiap hari saya merasakan ngilunya juga dok.., gusi saya turun juga ,idealnya berapa lama gusinya bisa menutupi leher dan akar gigi lagi dok , terima kasih

    • Dear Zul D,
      Peradangan gusi terlihat bukan dari keluhan ngilu. Peradangan gusi akan memperlihatkan gusi bengkak, kemerahan, mudah berdarah, terdapat rasa sakit atau tidak nyaman.
      Rasa ngilu setelah pembersihan karang gigi dengan kondisi gigi yang normal biasanya hanya berlangsung 1-2 hari. Namun jika kondisi karang gigi yang parah sehingga menyebabkan kerusakan tulang penyangga dan penurunan gusi dapat menyebabkan rasa ngilu yang lebih lama. Hal tersebut disebabkan karang gigi sudah menyebabkan kerusakan jaringan dan penurunan gusi, rasa ngilu tidak dialami selama ini karena leher/akar gigi tertutupi oleh karang gigi. Sehingga ketika dibersihkan bagian tersebut terbuka dan menjadi sensitif.
      Sayangnya jika sudah terjadi penurunan gusi, gusi tidak dapat kembali naik dengan sendirinya, perlu dilakukan tindakan pengembalian posisi gusi tersebut. Karena itu sangat penting untuk melakukan pembersihan karang gigi 6 bulan sekali. Saran untuk keluhan ngilu Zul, Zul dapat menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif, dan/atau melakukan tindakan desensitisasi di dokter gigi untuk mengurangi keluhan ngilu Zul.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid D.H.
      Dentia Dental Dentist Team

  32. Dok. Sy mau tanya. Bulan februari sy mengalami gusi turun yg akibat karang gigi dan menyikat dengan sikat terlalu keras. Lalu sy ke dr utk pembersihan karang gigi. Namun sampai skrg. Gusi sy belum kembali normal. Ad rongga di celah gigi. Serin berdarah dn seperti ada cairan putih atau kuning. Apakah dgn meminum antibiotik dan obat kumur antiseptik bisa membuat gusi kembali normal .

    • Dear Tera,
      Pembersihan karang gigi bersifat pencegahan. Ia mencegah terjadinya penurunan gusi dan kerusakan tulang. Biasanya pada kasus ringan gusi turun posisi gusi bisa kembali, namun jika sudah sangat turun, celah antar gusi sudah terlihat, akar sudah terlihat jelas maka perlu tindakan untuk mengembalikan posisi gusi tersebut. Gusi yang sering berdarah dan mengeluarkan cairan putih/kuning merupakan tanda-tanda gusi mengalami infeksi, hal tersebut bisa membaik dengan antibiotik namun jika tidak ditemukan penyebab infeksinya maka dapat berulang. Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid D. H
      Dentia Dental Dentist Team

  33. dok saya abis bersihin karang gigi bawah. tapi saya ngerasa sblm bersihin karang, gigi saya emang udah goyang tapi dikiiiit, nah stelah itu saya bersiin karang masi goyang dikit juga sama. apa nanti gigi saya akan makin goyang? apakah nanti bakal copot ? solusi untuk gigi goyang nya apa dok? apakah gigi saya bisa kenceng lagi? saya jg mau dipasangkan kawat krn berantakan. trims dok..

    • Annisa Putri,
      Perlu dilakukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Gigi yang goyang tidak akan copot sendiri, sebaiknya dilakukan pemeriksaan langsung. Untuk gigi yang berantakan bisa dipergunakan kawat gigi.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

        • Dear Annisa Putri,
          Kegoyangan gigi setelah pembersihan karang gigi bisa terjadi jika karang gigi sudah cukup parah. Hal tersebut perlu diobservasi, jika kegoyangan tidak berkurang maka diperlukan splinting gigi yang goyang. Splinting gigi adalah tindakan menfiksasi gigi tersebut sehingga pembentukan tulang dapat terjadi dan kegoyangan dapat berkurang. Pada kasus seperti ini perlu dicek terlebih dahulu berapa banyak gigi yang goyang, tingkat keparahannya dan penyebab kegoyangan gigi sebelum perawatan orthodontik/ pemasangan kawat gigi.
          Semoga informasi ini membantu ya.
          Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

          Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

          Terima kasih,
          Drg. Astrid D. H
          Dentia Dental Dentist Team

  34. Dok saya mengalami karang gigi yg masuk ke gusi kata dokter gigi saya masih kuat dan tidak berlobang dibersihkan karang gigi cukup. Setelah dibersihkan gusi turun rasanya ngilu. Ini bisa sembuh atau apa ?

    • Dear Christine,
      Rasa ngilu setelah pembersihan karang gigi terlebih lagi jika karang gigi yang sudah terdapat di dalam gusi merupakan hal yang wajar. Biasanya gusi akan melakukan tahap penyembuhan dan perlekatan kembali ke gigi dan rasa ngilu berlangsung selama beberapa hari. Namun perlekatan tersebut bergantung pada tingkat keparahan penurunan gusi (resesi) jika sudah cukup parah maka tidak dapat mencapai posisi normal, perlu dibantu tindakan untuk mereposisi gusi tersebut. untuk rasa ngilu yang Christine alami bisa dibantu dengan penggunaan pasta gigi untuk gigi sensitif. Semoga informasi ini cukup membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  35. Dok saya mau tanya, kemarin saya habis pembersihan gigi di dokter gigi dan kata dokternya gigi saya bersih dan tidak ada karangnya. Tapi saya merasakan sakit pada saat proses pembersihannya dan ternyata setelah selesai pembersihan saya kumur dan berdarah, saya lihat di cermin disela gigi-gigi saya ada sisa darah. Lalu saya kumur lagi, setelah dirumah baru terasa kalau ternyata gigi depan atas rapat padahal tadinya ada sedikit rongga.. Dan gigi bawah depan saya seperti sedikit letter v jadi tajam kedalam padahal sebelumnya normal. Ubtuk mengembalikan gigi bawah saya gimana ya dok?

    • Dear Ayu,
      Proses pembersihan karang gigi memang membuat perlukaan pada gusi, selain untuk mengambil karang gigi yang tersembunyi di dalam gusi ia juga berfungsi menghasilkan perdarahan untuk proses penyembuhan dan perlekatan pada gigi. Perdarahan, rasa ngilu dan penurunan gusi yang sementara merupakan hal yang wajar dialami setelah pembersihan karang gigi dan berlangsung sekitar 1-2 hari. Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  36. Dok, saya berusia 20 th, gigi saya terdapat karang gigi yg membandel , lalu kemarin saya mengikuti cara teman saya,membersihkan dg baking soda dan garam . Tapi setelah saya coba, entah apakah karena menyikat terlalu keras atau memang tidak cocok. Gusi saya langsung turun . Pertanyaan nya apakah gusi saya bisa tumbuh kembali dok? Atau ada cara alami untuk menaikan gusi nya seperti semula?

    • Dear Fia,
      Karang gigi terjadi karena presipitasi dari air liur (saliva) dan dipengaruhi jumlah dan kekentalan saliva itu sendiri. Sebaiknya pembersihan karang gigi dilakukan oleh professional karena tidak memakai zat kimia. Penurunan gusi akan mengalami penyembuhan 7-21 hari, namun gusi hanya memiliki kemampuan penyembuhan pada tingkat tertentu. Sehingga belum tentu dapat kembali ke posisi semula, tergantung tingkat penurunannnya. Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  37. Dok. Saya baru saja melakukan scaling tapi kenapa dok gigi saya jadi goyang apa yg harus saya lakukan. Terimakasih

    • Dear Ilmi,
      mungkin Ilmi mengalami periodontitis akibat karang gigi yang sudah banyak. Periodontitis yang berat dapat menyebabkan gigi menjadi goyang. Tergantung kondisi, apakah gigi tersebut dapat disembuhkan atau tidak. Sebaiknya diperiksa lagi di dokter gigi untuk langsung dilihat keadaan goyangnya.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  38. Dok, saya rutin bersihkan karang gigi…namun setelah dibersihkan terus menerus gigi saya yg tadinya rapat jadi cukup merenggang bahkan jika habis dibersihkan terlihat jarak antar satu gigi dengan gigi lainnya… Apakah saya harus memakai behel untuk merapatkannya lagi? Apakah ada cara lain? Karena sepengalaman saya jika dibiarkan bagian renggangnya malah ada karang lagi.. Saya tipe yg memproduksi air liur yg banyak dan cendrung asam kata dokternya jadi karang nya selalu ada.

    • Dear Hasya,
      Pembersihan karang gigi/scaling tidak mempengaruhi susunan/posisi gigi. Kemungkinan gigi Hasya mengalami relaps. Relaps dapat dicegah dengan menggunakan retainer. Hasya dapat mencoba untuk menggunakkan retainer yang di berikan orthodontist seusai perawatan behel. Namun jika sudah cukup parah maka penggunaan retainer tidaklah cukup. Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Denada R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  39. dok saya mau tanya. bagaimana mengatasi kerak gigi yang sudah masuk ke gusi sampai gusinya bengkak dan bernanah..???? saya takut kedokter nanti disobek dari luar. terimakasih

    • Dear Pakpeng,
      Kerak Gigi atau biasa disebut dengan karang gigi harus dibersihkan secara rutin. jika sudah parah dan menyebabkan bengkak maka biasanya akan dibersihkan dulu sebisa mungkin, di beri obat minum kemudian dibersihkan karang gigi yang cukup dalam setelah bengkak reda. Biasanya jika bisa dilakukan drainase abses memang sangat disarankan karena memberikan kelegaan untuk pasien secara cepat dan penyembuhannya juga cepat, namun jika pasien menolak dapat diberi obat terlebih dulu untuk membantu meringankan bengkak.
      Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  40. Dok, gusi saya kan ada nanahnya gitu. Abses yah namanya. Dan saya mau kedokter gigi untuk keluarin nanahnya. Dan saya juga ingin membersihkan karang gigi. Apakah dalam waktu bersamaan itu tidak masalah dok?
    .

    • Dear Angel,
      Boleh saja dilakukan bersamaan. Semoga cepat sembuh ya.
      Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S. Pramudita SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

  41. dok saya ingin bertanya,
    rahang atas dan bawah saya terdapat karang gigi, saya ingin sekali membersihkan tapi takut dok. trs gigi saya menguning karena efek karang gigi tersebut, apakah ada solusi lain dok biar gigi saya tampak bersih setelah dilakukan scalling, biar giginya ga terlihat kuning lagi? makasihh dok

    • Hafizah,
      Tidak perlu takut untuk membersihkan karang gigi, kami memberikan service painless system. Untuk gigi yang kuning dapat dipergunakan whitening, diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat.
      Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  42. dok mau tnyak
    gigi sy ad karang gigix dok dan sering gampang bau mulut dok ,
    apkah bisa disembuhkn dok ? cz tidak nyaman dan tidak percya diri kalao bau mulut dok

    • Emy,
      Karang gigi harus dibersihkan, untuk bau mulut diperlukan pemeriksaan langsung bisa saja disebabkan adanya gigi yang bolong tapi tidak terasa. Segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat.
      Semoga informasi ini menjelaskan ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  43. Dok sya berumur 20 thn trus sya punya msaah pda gigi ada karang gigi dok sampek gusi bagian bwah hmpir hbis ikut2 dok apakah bsa di sembuhkan apkah gusi bisa tumbuh lg dok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>