Kenapa Sih Gigi Saya Tidak Dapat Langsung Ditambal Permanen Dalam 1 Kali Kunjungan?

by drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU

Sering kali kita mengeluh: Kenapa sih harus bolak-balik ke dokter gigi? Kenapa sih harus ditambal sementara dulu? Ga bisa langsung ditambal permanen saja?

Nah… Biasanya yang memerlukan kunjungan berkali-kali adalah gigi yang lubangnya sudah dalam sekali. Gigi yang bolongnya sudah dalam dan mencapai rongga saraf (ruang pulpa), harus dilakukan perawatan saluran akar sebelum dapat ditambal permanen.

 

endodontik2

 

 

 

 

 

 

 

Tujuannya apa sih?
Jika lubang sudah mencapai rongga saraf (ruang pulpa), maka kuman dapat masuk ke ruang pulpa lalu menyebar sampai ke ujung akar melalui saluran akar yang ada di dalam gigi. Kemudian akan menyebabkan infeksi sampai ke jaringan di sekitar gigi tersebut. Jika hal tersebut terjadi, maka saluran akar gigi tersebut harus dibersihkan secara sempurna agar bersih dari kuman. Inilah yang dinamakan dengan perawatan saluran akar.

Tujuan dari perawatan saluran akar adalah untuk mengangkat seluruh jaringan saraf gigi  yang sudah busuk karena  terinfeksi  kuman, lalu menutup saluran akar yang sudah bersih dengan bahan khusus untuk menghindari terjadinya masalah di masa yang akan datang. Jika langsung ditambal permanen tanpa dibersihkan saluran akarnya terlebih dahulu, suatu saat akan menyebabkan sakit yang luar biasa atau bahkan sampai bengkak dan bernanah pada gusi yang berada di dekat gigi tersebut. Apabila dari awal datang ke dokter gigi dalam keadaan bengkak, maka sudah hampir dapat dipastikan tidak dapat langsung dilakukan penambalan permanen karena harus diobati dahulu sampai bengkaknya hilang.

Cara membersihkannya juga tidak mudah. Terkadang gigi juga memiliki anatomi saluran akar yang unik sehingga lebih sulit untuk dibersihkan sampai ke ujung akar. Pada gigi belakang, terdapat lebih dari 3 saluran akar sehingga untuk membersihkannya membutuhkan waktu lebih lama. Terkadang tidak dapat dibersihkan sempurna hanya dengan 1 kali kunjungan.

Setelah berhasil dibersihkan, ke dalam gigi tersebut diberi obat untuk meyakinkan bahwa gigi itu benar-benar steril dari kuman. Lalu diberi tambalan sementara terlebih dahulu selama kurang lebih 1 minggu. Setelah 1 minggu biasanya dijadwalkan kontrol kembali untuk dilanjutkan perawatannya. Apabila sudah steril dan gejala sakit pada gigi tersebut hilang, barulah dapat ditambal permanen.
Oleh karena itu, perawatan saluran akar ini membutuhkan ketekunan dan motivasi dari pasien. Ada kalanya membutuhkan 2,3, atau bahkan 4 kali kunjungan tergantung tingkat keparahan infeksi.
Jadi harap bersabar ya… Demi mendapatkan hasil perawatan yang lebih baik ☺ Terima kasih ☺

 

89 thoughts on “Kenapa Sih Gigi Saya Tidak Dapat Langsung Ditambal Permanen Dalam 1 Kali Kunjungan?

  1. Salam kenal dokter
    Saya ryka 29th, beberapa bulan lalu untuk pertama kalinya saya mengalami sakit gigi dan saat pergi ke dokter gigi, saya baru tahu kalau gigi geraham saya tidak ada yang tumbuh, baik bagian atas maupun bawah, namun menurut dokter, bahwa gigi saya bersih tidak ada yang berlubang dan hasil dari ro-panoramic diketahui bahwa posisi gigi saya tumbuh kesamping sehingga mengakibatkan posisi gigi yang lain menjadi tidak beraturan/berantakan, yang saya mau tanyakan apakah saya tetap harus mencabut gigi geraham saya atau tidak? Mohon infonya dan terima kasih.

    • Dear Ryka,
      Gigi geraham bungsu terkadang menimbulkan rasa sakit. Jika memang rasa sakitnya berasal dari gigi tsb, maka sebaiknya dicabut saja. Sebaiknya dilakukan foto roentgen panoramik untuk memastikan gigi lain tidak ada yang bolong. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG,FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  2. Gigi saya berlubang sudah sejak lama. Dan sekarang tinggal tunggak nya. Jika di cabut dan di ganti gigi palsu memakan waktu berapa lama dan biaya nya berapa?

    • Daer Sumardi,
      Gigi yang sudah rusak dan tinggal akarnya saja harus dicabut terlebih dahulu. Setelah bekas pencabutan sembuh (kurang lebih 2 minggu – 1 bulan) dapat dibuat gigi palsu. Gigi palsu ada beberapa jenis. Yang paling murah adalah gigi tiruan lepasan. Lalu ada gigi tiruan jembatan dan juga dental implant. Untuk biaya kami kirim info via email.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

        • Mulya,
          Informasi harga kami kirim via email.
          Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

          Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

          Terima kasih,
          Dentia Dental Dentist Team

  3. Gigi atas bawah saya tidak sempurna banyak yang dicabut sangat mengaggu kenyamanan dan penampilan saya bagaimana solusinya dok, apa bisa dipasang gigi implan dan berapa biayanya dok
    Terimakasih dok atas jawabannya Azlan di riau

    • Dear Azlan,
      Untuk saat ini gigi implan merupakan alternatif gigi pengganti yang paling baik. untuk harga saat ini kami sedang aada promo implant, kami sudah menjawab via email.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI
      Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Elieli,
      Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat, harga tergantung dari jenis perawatan.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  4. Halo dokter,

    sya ingin bertanya apakah dentiadental bisa merapikan bekas tambalan pada gigi yang sebelumnya pernah mengalami abses tapi sudah dibersihkan? kalo bisa kira2 biayanya berapa ya?
    dan untuk pembuatan gigi palsu satuan itu juga biayanya kira2 berapa ya?

    terima kasih

    • Dear Susi,
      Kami dapat menyelesaikan perawatan yang dahulu belum selesai. Apabila masih perlu dilakukan perawatan saluran akar ada paket, utk harga akan kami kirim via email.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  5. Dok mau nanya nih…

    Gigi geraham yang paling belakang tersisa setengah yg bagian dalam..

    Itu sebaiknya gimna ya dok?
    Ditambal pakai gigi permanen apa dicabut??
    Kalau dicabut brapa kira” harganyaa

    • Dear Diaz,
      Sebaiknya diperiksa dahulu kondisi gigi nya ke dokter gigi spesialis konservasi gigi (Sp.KG) untuk dilihat apakah masih dapat ditambal atau tidak. Jika sudah tidak dpat ditambal, maka sebaiknya dicabut dan diganti dengan gigi tiruan atau bridge atau implant. Harga akan kami info via email.

      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG,FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  6. Kata dokter saya d lakukan tambal gigi tidak permanen..setelah 5hri suruh balik lg.trus setelah 1jam bru boleh makan.karena dr pgi saya bln makan setelah 1jam lebih saya makan.
    Dan setelah selesai makan saya lihat udah g ad lg tambalan yg tdi sy k dokter,it bahaya g yh

    • Dear Nur,
      Jika tambalan lepas, maka sebaiknya kembali ke dokternya dan minta ditambal ulang. Terutama jika terasa ngilu sekali atau sakit sekali setelah tambalan tersebut lepas.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  7. Gigi sy tambalan amalgam nya bocor sampai pipi bengkak dan terasa nyut2an trs,,lalu sy periksa ke puskesmas ktanya hrs perawatan saluran akar,tp krn blm ada biaya jd sy mengikuti saran dokternya utk mumifikasi..
    Tp stlh sy baca2 klo mumifikasi itu sdh tdk digunakan lg ya?
    Bahaya tdk sih mumifikasi itu? Apakah klo sdh mumifikasi tdk bs dirawat lg dan hrs dicabut? Mohon bantuannya

    • Dear Dini,
      Mumifikasi ada kemungkinan sakit lagi di kemudian hari, walaupun tidak tau kapan akan terasa sakit lagi. Jika sakit lagi masih ada kemungkinan gigi tersebut dirawat. Tergantung dari tingkat keparahan kondisi gigi tersebut.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg Ricke Santoso, SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Dini,
      Mumifikasi ada kemungkinan sakit lagi di kemudian hari, walaupun tidak tau kapan akan terasa sakit lagi. Jika sakit lagi masih ada kemungkinan gigi tersebut dirawat. Tergantung dari tingkat keparahan kondisi gigi tersebut.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg Ricke Santoso, SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  8. Dok, umur saya 25thn
    Awalnya gigi saya berlubang gigi graham bawah, saya sudah pernah ditambal, perawatan, dsb sampai sembuh. Nah, pada saat ini tambalan terlepas slama kurang 1 bln saya biarkan sampai akhirnya gigi saya sakit kembali dan saya ke dokter gigi, pada saat saya ke dokter gigi, gigi saya langsung ditambal permanen dan sampai skrng gigi saya terasa linu dan sakit. Apa yang harus lakukan dok ? Saya sudah minum ovat penahan sakit tp tetap sakit. Trim

    • Sanny,

      Bila ada rasa sakit sebaiknya segera kembali ke dokter gigi sehingga mendapatkan perawatan yang tepat, karena obat penahan sakit tidak meredakan masalah.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  9. Dok, saya mau bertanya.. Sy mengalami gigi berlubang yang besar, terasa sakit sekali dan bengkak terutama jika disentuh ditengah2 lubang pada gigi. Apakah harus dicabut atau dg perawatan akar gigi. Apabila dicabut brp biayanya jk mengganti dg gigi palsu? Terima kasih

    • Dear Adi,
      harus diperiksa dulu apakah masih dapat diselamatkan atau tidak. Jika masih bisa diselamatkan, maka akan dilakukan perawatan saluran akar. Jika tidak dapat dipertahankan maka harus dicabut. Setelah dicabut akan diganti dengan gigi tiruan. Yang paling ekonomis adalah jenis gigi tiruan lepasan, informasi harga kami kirim via email. Ada juga jenis gigi tiruan bridge atau dental implant. Jenis gigi tiruan ini akan dilem paten sehingga tidak perlu dilepas lagi.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  10. Halo dok
    Mau tanya nih gigi saya berlubang dan pengen saya tambal, awalnya saya tambal sementara dikampung hbs itu kta dokter seminggu lgi ntar ditambal lgi
    Hbs kdokter gigi yg djakarta katanya yg maren saya nambal tuh cma perawatan matiin saraf doang
    Mana yg bner sih dok? Hbs itu ya sudah aku coba nambal sementara lagi djkta awalnya sih blg mqqu dpn balik dh bisa nambal, mqqu dpnnya saya dtg malah nambal sementara lagi, ktanya hrus sekali lagi, masalahnya dmn ya dok?

    Terima kasiiih

    • Dear Meiriana,
      Memang biasanya perawatan saraf gigi tidak dapat selesaj dalam 1 kali atau 2 kali kunjungan. Rata-rata bisa 3-4x tergantung dari kondisi gigi yang dirawat. Jadi diharapkan bersabar demi mendapatkan hasil perawatan yang lebih baik.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso, SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  11. Sore pak dokter.. saya mengalami tambalan yg lepas .. namun saya biarkan sampai 2bulan.. setelah itu gigi bolong saya terasa sakit karena tambalan lepas sehingga gusi saya timbul di sela sela gigi bolong saya… ketika itu saya dtng ke dokter gigi dan di berikan tambalan sementara lalu di beri keterangan selama seminggu kembali lg.. namun saya telat selama 2 minggu tdk datang.. apakah tambalan sementara ini akan bermasalah? Terima kasih

    • Dear Fajar,
      sebaiknya sesegera mungkin Fajar kontrol kembali karena tambalan sementara hanya dapat bertahan dalam waktu beberapa minggu. Tambalan sementara dapat mengalami pengkisan dan dapat copot jika terlalu lama. Juga dimaksudkan untuk menghindari rasa sakitnya timbul kembali. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  12. Dok saya pernah di tambal gigi depan 3 kali menggunakan laser yg prtama awet smpai 1 tahun yg ke 2 hanya 2 minggu dan yg ke 3 hanya 3 bulan bagaimana solusinya dok pdhl tambal laser bknnya sdh bagus ya ? apakah saya hrus d tambal menggunakan jaket crown ?

    • Dear Anita,
      Tergantung besarnya tambalan. Kalau memang sudah besar sekali memang ada indikasi untuk dibuatkan jacket crown. Namun sebelum dibuatkan jacket kemungkinan besar akan dilakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu. Namun jika tambalannya kecil, maka dapat ditambal ulang saja.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  13. Tambal gigi sementara itu apa? Apakah harus dilepas? Gigi sy tidak sakit cuma ingin ditambal. Kenapa tdk dtambal permanen? Saya bingung

    • Dear Izah,
      tambalan sementara adalah tambalan yang akan dibongkar kembali dan diganti dengan tambalan permanen. Tambalan sementara dipakai apabila gigi tersebut harus dilakukan parawatan dahulu sebelum ditambal permanen. Biasanya disebabkan karena lubangnya sudah terlalu besar, sehingga harus dilakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu sebelum ditambal permanen.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  14. Dok..gigi atas seri lateral saya bolong kecil di bagian atas (bukan di permukaan) apakah bisa di tambal? Penambalan yg paling bagus apa dok.trus biaya nya berapa? Thanks.

    • Dear Yusuf,
      kemungkinan masih bisa ditambal jika bolongnya kecil. Untuk gigi depan dapat menggunakan tambalan yang sewarna dengan gigi Yusuf yaitu dari bahan komposit. Biaya tidak kami bicarakan di media ini.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  15. Dok..gigi saya sudah ditmbl sementara..setelah 1 minggu saya harus kembali ke dokter gigi lg..tp saya blm bisa. itu berbahaya gak yaa kl gak dilepas

    • Dear Hani,
      sebaiknya kembali ke dokter gigi sesuai anjuran dokter gigi yang merawat karena tambalan sementara tidak sekuat tambalan permanen.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  16. Halo dok

    Gigi saya berlubang ckp dalam dan terasa sakit lalu sy ke dokter gigi kmudian gigi saya ditambal sementara dn disuruh balik ke dokter 1 minggu kmudian,tp krn sehari stelah itu justru semakin sakit.Saya kembali ke dokter kmudian tambalan saya dilepas n itu sakit bgt dilepas dan diganti dgn kapas.Dokter sy suruh balik 3 hari lagi. Tapi sepulang dari situ sakit nya masi belum ilang pdhl sy udh minum obat pereda nyeri dr dokter.Gmn itu dok ?

    • Warda,

      Sebaiknya anda segera kunjungi kembali dokter gigi anda, untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  17. Dok geraham saya ada lubang semili terasa ngilu klo mkn dan ngomong,,sya periksa kata dokterx disuruh olesin pepsodent sensitip aj ga perlu ditambal

    • Dear Sunarti,
      jika memang itu adalah lubang gigi dan lubangnya agak besar, maka dapat ditambal. Namun jika bukan lubang atau masih sangat kecil, dapat diberi bahan pengurang rasa sensitif pada gigi.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  18. Permisi dok,
    Gigi geraham bawah saya berlubang. Dulu sakit banget. Udh sempet perawatan akar tinggal sekali lg ke puskesmas untuk tambal gigi permanen. Tp pada saat itu saya mudik dok. Jd ga ke puskesmas. Dan saya tdk melanjutkan control gigi saya. Tp meskipun tdk dilanjutkan, saya tdk merasakan sakit gigi. Tetapi saya ingin melanjutkan lg. Apakah saya harus melakukan perawatan lg dok? Lalu saya ingin sekalian scaling bisa dilakukan sekaligus tdk dok? Trimakasih dok.

    • Ayu,

      Perawatan gigi yang belum selesai harus diselesaikan, segera kunjungi dokter gigi. Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat, untuk scaling bisa dilakukan bersamaan dengan perawatan gigi.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  19. Selamat siang dok,
    Saya mau tanya.
    Saya sudah 2x kunjungan ke dokter gigi, kunjungan pertama pembersihan sekaligus diberikan obat di gigi yg berlubang itu. Kunjungan ke 2, tepatnya senin kemarin lepas obat yg di tanam kemarin sekaligus mematikan syaraf & tambalan sementara.
    Saya disuruh kembali lagi minggu depan untuk tambal permanen menggunakan baut.
    Apakah tidak apa2 dok? Saya takut jika penambalan pakai baut akan ada efek linu & sakit saat penambalan maupun sesudahnya.
    Trima kasih

    • Dear farly,
      Tdk apa2 krn kalau sdh dimatikan syaraf giginya maka tdk akan terasa sakit lg. Bila msh ragu maka coba ditanyakan kpd dokternya mengenai prosedurnya, utk mdpt penjelasan lengkap ya.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S. Pramudita SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

  20. Dok, saya kebetulan pernah di tambal permanen dan 3bln kemudian sakit lagi.

    Lalu saya coba ganti dokter, nah sama dia dimatiin lg syarafnya sekarang saya sudah 6 kali kontrol dan dokternya selalu bilang bahwa masih kotor dalamnya.
    Itu kenapa ya penyebabnya dok bisa masih kotor terus? Katanya kapasnya masih ada darahnya dan sy lihat juga betul coklat, padahal selama 6x kontrol tidak pernah sakit.
    Saya tidak mengerti medis, tapi kalau secara logika tiap kali dia buka tambalan sementara saya dia bersihkan lagi dan itu kalau dia bersihkan suka kasar hingga berdarah. Apa mungkin kapas itu kotor karena bekas darah yg sebelumnya ?

    Terimakasih dokter

    • Dear Monika,
      Jika memang tidak dapat sembuh, sebaiknya Monika mencoba ke dokter gigi spesialis Konservasi gigi (Sp.KG) yang lebih ahli dalam melakukan perawatan saraf gigi. Mungkin kasusnya memang agak sulit sehingga harus ditangani oleh Sp.KG.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  21. Hai dok,
    Mau tanya, saya habis menambal gigi.. tapi ini masih tambalan sementara.
    Pertanyaan saya apa boleh saya gosok gigi dibaagian yang ditambal, atau bagian yang ditambal ditinggal dulu?

    • Indha,
      Tambalan sementara bisa disikat seperti biasa.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  22. Halo dok.
    Saya mau tanya, gigi geraham bungsu saya berlubang sudah dalam dikarenakan gagal tumbuh dan saya sudah konsultasi ke dokter gigi. Disarankan untuk dicabut lalu saya bertanya apa kah tidak bisa ditambal permanen saja, lalu sama dokter tersebut ditambal sementara dulu dan 1 minggu kemudian disuruh datang kembali. Saya tambal sementara hari sabtu kemarin tanggal 22 tapi dari hari rabu sore kemarin sampai saat ini gigi saya terasa sakit sekali. Apakah itu berbahaya dok? Apakah harus dicabut ya dok? Soalnya saya ada phobia dengan jarum dok.

    Terima kasih dok

    • Thomas,
      Bila ada masalah segera kunjungi dokter gigi, tidak perlu menunggu sampai jadwal kontrol. Kalau memang harus dicabut sebaiknya dilakukan saran dokter tersebut. Untuk pencabutan gigi geraham bungsu sebaiknya dilakukan oleh Spesialis Bedah Mulut. Klinik kami dengan painless system.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  23. dok, kalau gigi berlubang disela sela gigi depan itu bisa ditambal gak? atau harus dicabut dan ganti gigi palsu?
    karna yg berlubang itu dibagian samping (celah antara gigi depan).
    dan untuk biayanya kira kira berapa yah?
    thanks.

    • Hadi,
      Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Bila masih bisa dilakukan penambalan akan ditambal, sebisa mungkin gigi akan dipertahankan.
      Untuk biaya tergantung dari kondisi gigi.
      Silahkan kunjungi klinik kami untuk mendapatkan pemeriksaan langsung dan penanganan perawatan yang tepat.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  24. Assalamualaikum
    Dok mau tanya,gigi saya kan berlubang,nah pas saya cek ks puskesmas katanya gigi saya lubanya udah lumayan dalam,tapi masih bisa di tambal,terus gigi saya yg berlubang itu di kasih apalah gitu kayak semen,katanya sih buat matiin gigi nya terus di suruh dateng 3 hari kemudian,tapi kok si tambalan atau apalah itu gk kuat ya,saya tempelin lidah saya aja udah rontok walaupun dikit,itu gk apa apa kan dok?

    • Dear Kemal,
      jika rontoknya sedikit tidak apa-apa asalkan jangan ditelan. Jika rontoknya banyak atau lepas semua, sebaiknya segera kembali ke dokter gigi untuk ditambal ulang. Usahakan jangan sampai menelan obat yang di dalam gigi tersebut.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  25. Dok saya punya masalah gigi ya berlubang dan terasa sakit sekali seperti infeksi pada gigi dan membengkak tp bengkakya tidak mau hilang jg,,walau sudah sembuh rasa sakit ya
    Saya pernah mencabut gigi karna patah dan saya pasang gigi palsu tp setelah dua tahun lepas lg gigi palsu ya dok saya ingin pasang gigi palsu dan ingin mengobati bengkak yg ad pd wajah saya kira kira berapa biyayaya terimakasih

    • Dear Nur Aini,
      Bengkak pertanda ada gigi yang infeksi. Sebaiknya gigi tersebut diobati dahulu atau dicabut di dokter gigi. Setelah bengkak hilang barulah dibuat gigi palsu. Biayanya tergantung jumlah gigi dan bahannya. Perkiraan biaya kami kirimkan infonya via email.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  26. Dok, minggu lalu saya scaling gigi di puskesmas, dan yang dibersihkan cuma gigi bagian bawah dok, padahal sebenarnya karang gigi saya yang bagian atas sudah banyak. Yang dibersihin gigi bawahnya pun saya rasa masih kurang bersih masih ada banyak plaknya, mungkin dokter yang bersihin saya kemarin itu sedang sibuk.
    Nah yang ingin saya tanyakan apakah saya bisa scaling lagi untuk minggu depan atau bulan depan dok?
    scaling gigi dalam satu bulan sekali itu bai tidak dok?

    • Dear Rinala,
      Sebaiknya pembersihan karang gigi dilakukan hingga tuntas (tidak harus dalam satu pertemuan) karena pembersihan karang gigi yang tidak tuntas justru menghasilkan permukaan kasar sehingga plak semakin mudah menempel dan bertahan.. Setelah tuntas, scaling dapat diulang dalam 6 bulan. (Bisa lebih cepat tergantung kecepatan pembentukan karang gigi yang di pengaruhi oleh jumlah dan kekentalan air liur/saliva). Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Denada R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  27. Dok gigi depan saya awalnya patah lalu makin keropos dan tinggal akarnya saja jadi minggu kemarin saya cabut sisa akarnya dan berniat memakai gigi palsu. Apa perlu dok melakukan perawatan saluran akar sebelum memakai gigi palsu?

    • Dear Yani,
      Setelah pencabutan Yani hanya perlu menunggu penyembuhan dari bekas pencabutan sebelum pembuatan gigi palsu. Proses penyembuhan dan pembentukan tulang rata-rata memerlukan waktu 1 bulan. Jika gigi tersebut gigi depan, maka dapat dibuatkan gigi palsu sementara agar tidak ompong yang kemudian diganti/direline dengan yang permanent. Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Denada R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  28. Dok 1 gigi geraham saya rusak parah dan hampir habis…
    Apa bisa di tambal atau di ganti gigi palsu ??
    Dan kisaran biayanya berapa ya dok . Saya belum pernah ke dokter/ahli gigi…
    Terimakasih…

    • Dear Bayu,
      Kerusakkan parah bila msh dpt dipertahankan maka dpt di crown. Tp bila sdh terlalu sedikit sisa jaringan sehatnya, maka lbh baik dicabut dan digantikan gigi palsu. Utk biaya tdk dibicarakan dlm forum ini. Info lbh lanjut dpt menghubungi klinik kami.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S. Pramudita SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

  29. Permisi dok, sy habis tambal gigi graham dok dgn dokter yg berbeda. Di dokter a gigi graham kanan bawah sy di bersihkan dahulu dok sampai hitam2 ny hilang semua baru dilakukan penambalan. Nah untuk gigi graham kiri bawah sy di dokter b tapi kok di bersihkannya tidak sampai hilang ya hitam2 ny dan lalu ditambal. Apakah tidak apa2 ya dok kalo di bersihkannya tidak sampai hilang hitam2 nya dan langsung ditambal?

    • Lisa,
      Dokter gigi akan melakukan proses pengerjaan yang terbaik sesuai dengan diagnosa perawatannya. Sebaiknya ditanyakan langsung dengan dokter gigi yang merawat.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  30. Dok gigi ke enam saya kiri kanan keduanya berlubang, minggu depan di tambal, kira kira sakit ga, masalahnya kepikiran terus

    • Dear Artha,
      Tidak perlu khawatir. Gigi yang berlubang sebaiknya sesegera mungkin ditambal. Jangan sampai lubangnya terlanjur dalam, karena jika dalam mungkin saja terkena pulpa (saraf gigi) sehinggga harus dilakukan perawatan saluran akar dahulu.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  31. Dok saya mau nanyak gigi saya kan di tambal sementara, hbis di tambal saya langsung makan lalu tambalan sementaranya itu kayak rontok gitu. Itu knla ya dok? Apa saya jangan makan dulu?

    • Dear Juli,
      Tambalan sementara memang sebaiknya jangan difungsikan dahulu selama 1 jam. Karena sebelum 1 jam tambalan tersebut masih lunak dan gampang copot. Jika copotnya banyak, sebaiknya kembali ke dokter gigi untuk minta ditambahkan tambalan sementara nya.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Kahfi,
      Sebaiknya diselesaikan sampai tambalan tetap dulu agar tidak mempengaruhi nilai test masuk. Atau setidaknya sampai giginya tidak infeksi dan tidak sakit lagi.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  32. Dok,gigi graham saya yg paling belakang bolong kecil sekali,kiraakira itu harus diapain yaa dok?kalau diobatin sendiri dengan menggunakan pouride bisa dok?atau harus di bor untuk tau didalam bolongnya besar atau kecil?

    • Grace,

      Gigi yang sudah berlubang memerlukan perawatan dari dokter gigi. Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat, apakah harus dilakukan perawatan saluran akar atau dapat langsung ditambal.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  33. Dok kalau gigi depan yang bolongnya, bisa ditambal permanen juga kan ya? dan untuk biaya biasanya brp ya dok? Terima kasih :)

    • Dear Indayu,
      gigi depan jika bolongnya kecil dapat ditambal langsung permanen. Namun jika bolongnya besar, kemungkinan harus dilakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu. Biayanya tergantung besar kecilnya tambalan.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  34. Slmt malam. Mau tnya dokter. Gigi sy berlubang sdh dilakukan penambalan dengan kapas dan sprti semen gtu 7 hr kemudian suruh balik lg untik di tambal lagim Sy ingin bertanya apakah tambalan tersebut boleh di lepas sendiri apa memang di biarkan saja sampai 1 minggu kedepan?? Terima kasih

    • Rahma,
      Gigi tersebut dibiarkan saja dan kembali ke dokter sesuai jadwal.
      Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  35. Dok mau tanya ,saya kan baru semalam tampal gigi , trus didalam gigi saya itu dikasih kapas kecil, nah ketika saya pulang kerumah gigi yang saya tampal itu sakit (ngilu) trus terasa ada yang mengganjal di gigi itu , apakah boleh saya lepas tampalan itu karna bagi saya terasa menggangu.??

    • Dear Nanda,
      Kapas kecil yang diberikan pada gigi yang sedang perawatan biasanya diberikan obat yang sesuai dengan kondisi gigi tersebut. Jika keluhan tidak tertahankan sebaiknya kembali ke dokter gigi agar dilakukan tindakan yang sesuai. Semoga informasi ini cukup menjelaskan ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  36. Dok, satu minggu yang lalu saya kan ke dokter gigi dg keluhan gigi berlubang. Lalu diberi tambalan sementara dan diminta ke sana lagi stelah 7 hari paling lambat 10hari.
    Namun ketika sya ke sana ternyata dokternya sdang keluar kota dan blm tahu kapan pulang karena ada famili yang sakit. Apa kah bermasalah jika saya menunggu penambalannya dengan dokter tsb? Terkait dengan tambalan sementara yang saya sdah di pasang di gigi saya.
    Atau perlu ganti dokter lain?

    • Dear Prema,
      Jika tidak ada keluhan atau tambalan sementara yang lepas Prema dapat menunggu dokter Prema. Namun jika terdapat keluhan/ tambalan sementara sudah bocor/ lepas sebaiknya Prema segera kembali ke dokter gigi. Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  37. Dok ..saya mau tanya sekitar 3 bulanan yang lalu saya kan pergi ke dokter gigi karna gigi saya berlubang dan minta di tambal…tapi kata dokter nya lubang nya terlalu dalam dan harus di tambal sementara dulu….seminggu kemudian saya di suruh ke dokter gigi rencana nya mau langsung di tambal permanen….nah sebelum melakukan tambal permanen dokternya tanya apa saya masih merasakan ngilu…saya menjawab iya saat minum air putih rasa nya masih ngilu trus sama dokter nya harus di tambal laser dulu kata nya….kata dokter nya jarak 3 bulan saya harus ke dokter lagi untuk tambal permanen….pertanyaan saya dok jika saya tidak ke dokter lagi dan membiar begini saja tanpa melakukan tambal permanen apakah akan berakibat fatal dok…?tolong saran nya y dok…terimakasih…

    • Dear Anggita,
      Kemungkinan tambalannya cukup kuat. Untuk memastikannya perlu ditanyakan ulang ke dokter gigi apakah tambalan tersebut masih perlu diganti atau tidak. Jika memang masih semi permanen lebih baik diganti dengan tambalan permanen yang lebih kuat. Anggita boleh datang ke dokter gigi lain untuk meminta second opinion agar lebih yakin.
      Semoga informasi ini menjelaskan ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  38. Selamat siang dok .
    Saya mau nanya , kemaren saya abis tambal gigi sementara di puskesmas . Apakah bisa minggu depan saya langsung bisa tambal gigi permanen ?
    Dan satu lagi dok apakah berbeda tambalan gigi permanen di dokter dan dipuskesmas ? Terimakasih dok ..

    • Dear Nur Hasanah,
      apakah bisa ditambal permanen atau tidak tergantung dari kondisi lubang giginya. Jika lubangnya dalam sampai kena ke saraf gigi maka harus dilakukan perawatan terlebih dahulu berkali-kali. Jika lubangnya tidak terlalu dalam maka dapat ditambal langung. Tambalan permanen di dokter gigi dan puskesmas pada umumnya sama jenis bahannya.
      Semoga informasi ini menjelaskan ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  39. Dok, saya mo tny. Gigi saya bagian blakang brlubang. Sudah ditambal sementara tuk mematikan syarafnya, pd thn lalu diklinik. Tp saya ga lanjut priksa lg krn saya pikir tdk sakit. Nah br bulan kmrn gigi saya mulai sdikit nyeri. Jadi saya dtng ke puskesmas. Wkt itu tambalan saya dibongkar dan dibersihkan. Lalu ditambal lg, ktnya tuk mematikan syarafnya. Stlah itu saya disuruh dtng lg minggu dpn. Tp, saya dtngnya 3 minggu kedepannya. Dokternya blng km dtng klamaan. Gigi saya di ketuk pelan tuk pastikan sakit atau tdknya. Saya blng hny sdikit cenut aja. Jd dibongkar lg sm dktrnya. Dan gigi saya ditambel lg. Ktnya 4 hr dtng lg. Setelah ditambal saya merasakan giginya sprti sdikit ngilu klo diketup dng gigi atas. dan brasa kyk ada yg ganjal digiginya. Yg mo saya tnykan, apakah rasa yg sprti itu dikatakan syarafnya blm mati atau gmn ya? Krn saya suka bingung jwb ke dktrnya klo ditnya sakit atau ga nya. Slnya cm dikit cenutnya.
    krn setelah saya baca” artikel di google. Klo ditambal permanen itu hrs bnr” tdk merasa sakit lg. Supaya kedepannya ga beresiko parah. Slnya saya agak ngeri sl sakit gigi. Jd gmn ya dok ?

    • Dear Sherly,
      Perawatan saluran akar/syaraf gigi memang memerlukan komitmen karena masa kerja obat yang diberikan di dalam gigi hanya 5-7 hari tergantung pada obat apa yang diberikan.
      Perawatan syaraf bisa dilakukan dengan cara mumifikasi yang hanya dibersihkan sampai kamar pulpa atau seluruhnya yang kemudian diisi dengan bahan pengisi.
      Rasa sakit yang dirasakan bisa dari saraf gigi yang tersisa atau jaringan sekitar akar yang terkena infeksi masih dalam proses penyembuhan (belum sembuh sempurna). Jika rasa tidak nyaman/ngilu/ sakit ketika mengigit masih dirasakan setelah 1 minggu, atau intensitas nyeri meningkat sebaiknya Sherly melakukan perawatan ulang. Namun jika rasanyahanya sperti ada yang mengganjal di gigi
      kemungkinan tambalan Sherly ketinggian sehingga mengganjal, sherly perlu kembali untuk disesuaikan kembali tambalan tersebut. Semoga informasi ini membantu Sherly ya.

      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

      • Dok, saya dah dtng lg ke puskesmas. Tp dktr yg menangani beda. Tambalan gigi saya dibongkar lg. Tp kok saya rasa tmbah besar lubangnya? Apa krn dampak dr bongkaran tambalan itu ya? Jd gigi saya trkikis lg dng alatnya? Saya tny kpn akan ditambal permanennya. Kt dokternya saya hrs dtng lg minggu dpn. Sbnrnya tuk tambal permanen itu di tentukan dari yg saya rasa atau dr dktrnya ya? Slnya dktrnya khan cm tny msh sakit atau ngga. klo misalnya dah ga sakit apa akan ditambal prmanen? Saya disaranin tmn tuk cabut aja. Krn dia jg prnh bgt dan dicabut. Jd biar ga sakit lg. Tp saya takut gigi saya berantakan. Krn saya prnh pakai behel.
        Kira” klo dicabut akan berantakan ga ya dok?
        Yg brlubang itu gigi bawah paling belakang.

        • Dear Sherly,
          Pengisian dan penambalan akan dilakukan jika tanda-tanda infeksi sudah tidak ada. Tanda-tanda infeksi tersebut seperti gusi bengkak, kemerahan dan rasa sakit. Tanda” infeksi juga dapat dilihat melalui foto rontgent. Dokternya akan mengevaluasi kondisi gigi tersebut dan jika sudah baik baru bisa dilakukan pengisian dan penambalan. Sebaiknya dicabut atau dipertahankan tentu saja sebisa mungkin sebaiknya dipertahankan. Namun Sherly sebaiknya bertanya apakah kondisinya baik untuk dipertahankan atau kerusakan sudah cukup besar sehingga keberhasilan perawatannya tidak terlalu baik. Sebaiknya Sherly berkomunikasi dengan baik dengan dokter yang menangani agar mendapatkan informasi yang lengkap. Hanya dokter yang menangani yang bisa jelas menilai kondisi, resiko dan keberlangsungan gigi Sherly. Semoga informasi ini cukup jelas ya.

          Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

          Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

          Terima kasih,
          Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
          Dentia Dental Dentist Team

  40. Dok. Gigi depan saya brlubang kayaknya sudah parah. Sempat tahun lalu saya tambal sementara di ahli gigi, karna rumahnya dekat dg rumah saya. Kira2 biaya pembersihan dan pemasangan gigi perbijinya berapa ?

    • Lumati,

      Sebaiknya segera periksakan gigi anda ke dokter gigi untuk segera mendapatkan perawatan yang tepat. Kami tidak membahas biaya di media ini, untuk biaya tambalan tergantung dari besar kecilnya lubang dan kondisi gigi.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

Leave a Reply to ryka Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>