Mengenal Nyeri Gigi dan Penanganannya

Meski kecil, sakit gigi menimbulkan nyeri yang luar biasa. Mengapa bisa begitu? Mengapa pula bisa menyebabkan kematian?

Nyeri gigi, biasanya muncul karena adanya rangsangan langsung pada gigi. Rangsangan itu bisa berupa minuman/makanan panas, dingin atau saat mengunyah. Nah, rangsangan-rangsangan seperti itu, menyebabkan peradangan pada pulpa (pusat syaraf gigi) yang terdapat pada setiap gigi.

Pulpa itu sendiri merupakan ujung dari serabut syaraf gigi yang sangat sensitif, sehingga bila ada rangsangan akan menimbulkan rasa nyeri yang berdenyut-denyut dan dapat terus berlangsung meski rangsangan berhenti.

Namun, peradangan pada pulpa bisa juga disebabkan oleh beberapa hal lain, seperti gigi berlubang, trauma, infeksi atau pasca pencabutan gigi. Sedang penyebab lainnya, adalah penyakit sinusitis, nyeri telinga, trauma pada sendi rahang dan penyakit jantung.

Nyeri Kunyah

Nyeri karena tekanan yang berlebihan, disalurkan melalui akar ke jaringan penyangga gigi. Gigi yang mempunyai permukaan kunyah yang lebih tinggi umumnya dimiliki oleh gigi yang baru ditambal. Gigi menjadi miring atau terlalu panjang. Pada kasus-kasus seperti ini, bila gusi di daerah puncak akar gigi diraba dengan ujung jari akan terasa sedikit nyeri dan bengkak.

Penanganan

Hindari mengunyah dengan menggunakan gigi tersebut. Dokter akan menyesuaikan permukaan gigi yang terlalu tingggi sehingga menjadi normal. Infeksi akar gigi memerlukan perawatan saluran akar, agar gigi bisa diselamatkan atau dicabut bila tidak bisa dipertahankan lagi.

Gigi yang terlalu sensitif

Dentin (kerangka gigi) sangat sensitif dalam keadaan terbuka, sehingga sangat mudah terangsang oleh dingin, rasa manis dan asam dari sisa makanan yang menempel, serta tekanan sewaktu mengunyah atau saat sikat gigi. Nyeri yang timbul merupakan reaksi yang sementara dari pulpa dan dentin yang terbuka. Sensitivitas ini berlangsung beberapa saat dan hilang bila rangsangan dihentikan.

Kerusakan gigi karena erosi enamel, bisa disebabkan karena zat asam yang dihasilkan oleh bakteri pada sisa makanan atau terlalu keras menyikat gigi. Selain itu, kebiasaan makan makanan yang kecutdapat melarutkan lapisan enamel sehingga dentin terbuka.

Penanganan

Sikatlah gigi dengan pasta gigi yang mengandung flouride. Periksakan ke dokter agar dilakukan penambalan pada dentin yang terbuka atau memoleskan flouride atau pelindung dentin, bila hanya sedikit dentin yang terbuka. Untuk pencegahan, hindarilah rangsangan panas, dingin dan makanan manis atau kecut.

Pertumbuhan geraham akhir

Tumbuhnya geraham akhir, yang biasanya terjadi di usia 20-an, bisa pula menimbulkan nyeri, yang kadang disertai pembengkakan. Biasanya lebih sering terjadi pada gigi bawah daripada gigi atas.

Nyeri dan bengkak disebabkan oleh infeksi di bawah gusi yang menutupi gigi yang sedang tumbuh. Sering sangat sakit jika digunakan mengunyah, karena gigi yang letaknya berlawanan justru menggigit gusi tersebut.

Kadang gigi geraham akhir tersebut posisinya miring, terbenam dan mendorong atau tertahan oleh gigi di sebelahnya. Ini disebabkan karena sempitnya ruang pada tulang rahang mulut. Daerah tersebut memang merupakan bagian yang sulit untuk dibersihkan, sehingga gusi mudah terkena infeksi dan gigi rusak.

Penanganan

Kumurlah dengan menggunakan air hangat yang diberi garam, untuk membersihkan daerah yang sulit tersebut. Untuk mengurangi rasa nyeri, minumlah obat pereda nyeri.

Sementara waktu, jangan digunakan untuk mengunyah. Periksakan ke dokter gigi, untuk mengeluarkan nanah atau kotoran, sehingga membuka daerah tersebut agar mudah dibersihkan.

Selain anti nyeri, dokter juga memberikan antibiotik bila ada infeksi. Bila infeksi telah mereda, gigi geraham yang terbenam atau impacted dapat dicabut agar tidak terjadi infeksi lagi.

Periksakan ke dokter gigi

Seringkali jika sakit gigi biasanya orang hanya memberikan obat anti nyeri tanpa diperiksakan lebih lanjut ke dokter gigi. Sebaiknya ubahlah kebiasaan lama tersebut. Sebab, nyeri memang hilang namun akan mudah kumat lagi.

Pengobatan dengan anti nyeri diberikan hanya untuk mengatasi nyeri sementara. Sedangkan penyebab nyerinya sendiri perlu diperiksakan ke dokter gigi. Pemeriksaan oleh dokter untuk mengatasi penyebabnya.

Jika berlubang akan ditambal atau dicabut jika gigi sudah tidak bisa dipertahankan lagi atau perlu tindakan lainnya untuk mengatasi nyeri. Gigi yang dibiarkan berlubang akan menjadi sarang kuman dan akan semakin memperparah pengrusakan gigi. Oleh sebab itu jangan tunda lagi, segera periksakan ke dokter gigi.

Jangan anggap remeh sakit gigi

Dari satu gigi yang terinfeksi, bisa menimbulkan penyakit lain yang tak terduga. Bahkan ada yang meninggal gara-gara sakit gigi. Kok bisa? Berikut beberapa penyakit yang dapat berasal dari gigi.

- Rheumatic heart disease (demam rematik)

Penyakit ini disebabkan karena adanya kuman streptococcus yang menyerang organ jantung. Kuman ini awalnya berasal dari infeksi gigi. Penderita kelainan katup jantung biasanya mempunyai riwayat terserang penyakit ini saat mudanya.

- Sinusitis

Selain ke jantung, kuman-kuman yang berasal dari gigi juga dapat menjalar ke daerah sinus tengkorak. Bila sampai ke sana, sinus akan meradang dan menjadi sinusitis.

- Radang selaput otak (meningitis)

Penyakit ini sering menyebabkan kematian. Lagi, gara-gara kuman dari gigi yang menyebar ke otak sehingga selaput otak meradang dan timbul panas yang disertai kejang.

- Alergi

Gigi yang berlubang (caries) menjadi sarang bermacam-macam sisa makanan dan kuman. Seringkali penyakit-penyakit alergi seperti gatal-gatal atau diare berawal dari lubang gigi yang mengandung sllergen (bahan penyebab alergi)

Gigi Sehat

Perawatan gigi yang teratur dapat mencegah nyeri dan permasalahan gigi lainnya.

Berikut tips agar gigi sehat :

– Makanan yang sehat. Bakteri akan tumbuh subur dengan adanya sisa gula dan tepung di gigi. Hindari makanan kecil yang manis dan lengket. Bahan-bahan ini dapat merusak enamel gigi. Jangan sampai ada sisa makanan di sela-sela gigi.

– Akhiri makan dengan buah sebagai pencuci mulut dan berkumurlah untuk membersihkan sisa makanan.

_ Sikat gigi sehabis makan atau paling tidak sehari 2 kali. Bersihkan sela-sela antar gigi sekali sehari dengan dental floss. Periksa gigi secara teratur minimal 2 kali dalam setahun.

– Cegah timbulnya gigi berlubang dengan pasta gigi berflouride.

– Hindari merokok. Merokok menyebabkan suasana mulut menjadi asam yang mempermudah pengrusakan gigi.

Sumber : Majalah Kesehatan….

107 thoughts on “Mengenal Nyeri Gigi dan Penanganannya

  1. Td sy hbs dari dokter gigi di rmh sakit husada, dalam keadaan gigi sakit apa boleh di bersihkan karang giginya, dan td sy sdh di ksh obat, tp smpe skrg gigi sy msh nyut”an obat dari dokter yg utk penahan nyerinya di ksh 1 hari 1 kali, apa sy boleh mnm obat pereda nyeri lainnya seperti cataflam? Trimaksh

    • Dear Even,
      Boleh dibersihkan karang gigi. Cataflam boleh diminum diselingi obat penahan nyeri yang telah diberikan. Jika tidak reda juga nyerinya, sebaiknya datang kembali untuk diperiksa kembali.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG,FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  2. Selamat malam,saya maw tanya,salah satu gigi saya pangkal bagian bawahnya berlubang,dan karang lagi sakit,yg saya ingin tahu,sehabis saya minum obat pereda sakit kok malah gigi depan bagian bawahnya nyeri ya?? Mohon bantuannya.

    • Dear Riny,
      Gigi yang sakit harus cepat ditangani di dokter gigi. Tidak bisa hanya dengan minum obat saja. Kemungkinan gigi depannya juga ada bolong atau bisa saja merupakan penjalaran rasa sakit dari gigi yang berlubang. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG,FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  3. Permisi saya mau tanya selah gigi belakang saya sering sakit ketika makan makanan yg mengandung daging, saya sering membersihkannya dengen benang biasa, apa itu boleh? Dah ketika sudah dibersihkan dan sudah sikat gigi kadang rasa sakitnya masih terasa sampai agak lama rasa sakit itu hilang, kirakira itu kenapa ya?? Karena saya sudah beberapa kali ke dokter gigu dan kebanyakan bilang gigi saya masih bagus.

    • Dear Adly,
      Sebaiknya membersihkan dengan benang gigi karena. Kemungkinan sakitnya karena makanan yang masuk ke sela-sela gigi dan akhirnya menekan gusi. Alangkah baiknya jika dilakukan foto roentgen pada gigi tersebut untuk memeriksa ada atau tidak bolong yang terletak di sela-sela gigi yang terkadang tidak terlihat dengan cara pemeriksaan biasa.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat. Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  4. Salam,
    Sudah hampir seminggu saya sabar mnikmati sakitnya sakit gigi karena takut ke dokter gigi,gk tahan juga dengar cerita seram saya kedokter gigi dua hari kemarin ,alhasil bbbrp gigi harus dicabut ,dua ditambal dan duanya harus difoto dulu ,justru gigi yg sakit itu gigi yg mesti di foto dulu ,kalau saya minta dicabut saja ,tp dokternya sayang kalau mesti dicabut sedang bisa di pertahankan ,haruskah difoto ?bgm maksud dari foto gigi itu ,apa berprngaruh ?sedang sakitnya tdk kunjung berhenti ssya hilangin sakitnya dgn minum obat saja tp tetap akan sakit ,bukan saya tdk percaya dgn dok gigi saya tp dengar saran saran dari ahli yg lain juga gk mngapa kn dok ,mohon tanggapannya

    • Dear Uchy,
      maksud dari foto Roentgen gigi adalah untuk melihat sedalam apa lubang pada gigi tersebut. Dan apabila harus dilakukan perawatan saluran akar, maka dapat diketahui panjang akar gigi tersebut dilihat dari fofo Roentgen tersebut. Sebaiknya segera datang kembali ke dokter gigi setelah ada hasil fotonya, untuk kemudian diobati dan diberi tambalan sementara untuk mengurangi sakitnya. Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso, SpKG,FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  5. Maaf sya mau tnya Dok,akhir2 ini 2 gigi seri sya ada yg sering sakit,rasanya nyut2an,apalagi kalo untuk menggigit makanan apapun. Kalo terkena rangsangan rasanya seolah gigi goyang padahal waktu diraba tidak goyang,sya cek juga tidak ada lubang. Kira2 knp ya Dok,apa krn indikasi penyakit tertentu? Lalu bagaimana sebaiknya Dok?
    Terima kasih Dok

    • Anggraeni,
      Untuk gigi yang sudah menimbulkan rasa sakit sebaiknya segera kunjungi dokter gigi, untuk dilakukan perawatan.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  6. Dok mau tanya.. Gigi saya sering sakit, hilang timbul gitu. Saya bawa ke dokter gigi, katanya tidak ada masalah hanya gigi sensitif. Saya disarankan memakai pasta gigi sensitive, tapi sampai sekarang sering kumat sakit giginya. Saya kumur pakai air dingin untuk meredakannya.. Gigi saya kenapa ya dok?

    • Dear Chatarinda
      Untuk menentukan masalah gigi diperlukan pemeriksaan dan informasi yang lengkap. Sakit seperti apa, ngilu atau berdenyut, kapan rasa sakit timbul, durasi, penyebab rasa sakit dan seterusnya diperlukan untuk membantu menentukan masalah gigi Chatarinda, serta permeriksaan secara langsung, bahkan terkadang diperlukan pemeriksaan penunjang seperti foto radiograf. Namun jika Chatarinda memakai air dingin untuk meredakan rasa sakitnya menandakan masalah gigi Chatarinda bukan gigi sensitif. Gigi yang sensitif akan merasakan sakit/ngilu pada saat terkena dingin. Sebaiknya Chatarinda segera periksakan agar segera mendapat solusinya.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid
      Dentia Dental Dentist Team

  7. Saya mau tanya dok, gigi graham saya yang bagian atas kanan rasanya sangat sakit jika digunakan untuk mengunyah, *kebetulan sudah berlubang. bahkan untuk mengunyah nasi. Rasanya sangat sakit seperti kesetrum. Namun kalau tidak digunakan untuk mengunyah samasekali tidak sakit. Begitu pula gigi yang kiri. Saya sudah ke dokter gigi, kata beliau kemungkinan harus di cabut. Saya baru berumur 20 tahun dan ad 3 gigi yang demikian. Saya mencoba untuk menambal nya namun setelah ditambal tetap sakit saat digunakan mengunyah. Menurut dokter gigi saya kenapa ya dan ap ad penanganan lain selain harus dicabut?
    Terima kasih.

    • Dear Asysyaffa,
      kemungkinan besar gigi tersebut harus dilakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu. Setelah dilakukan perawatan saluran akar, maka sakitnya akan hilang. Barulah setelah itu dapat ditambal permanen. Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  8. Dok saya mau tanya, gigi saya sakit kayaknya berlubang tapi gk terlalu besar lubangnya. trus saya periksakan niatnya mau dicabut tapi kata dokter gigi saya dalam keadaan sehat dan gk bisa dicabut. katanya bagian gigi saya hanya terbuka dan itu yang menyebabkan sakit. trus gigi saya ditambal dan dikasih obat pereda nyeri sama antibiotik.. tapi setelah 1 minggu gigi saya mulai nyut nyutan lagi. saya lihat di cermin tambalannya masih ada di gigi saya. gimana ya dok,? bisa tidak gigi saya itu dicabut saja,?
    Terima kasih.

    • Dear Miska,
      sebaiknya diperiksa kembali dengan cara dilakukan Roentgen pada gigi tersebut. Dicari penyebabnya apakah dari lubang itu atau dari tempat lain. Ada kemungkinan walaupun kecil namun lubangnya sudah dalam sampai ke rongga saraf gigi. Jika benar penyebabnya adalah dari lubang tersebut, maka harus dilakukan perawatan saluran akar pada gigi tersebut. Setelah selesai perawatannya maka dapat ditambal permanen. Sebisa mungkin gigi tetap dipertahankan daripada dicabut. Sebab jika sudah dicabut harus diganti dengan gigi palsu.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat. Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  9. Saya mau tanya dokter, gigi geraham saya ada yang berlubang kecil, lalu ketika saya bawa di puskesmas, lubang pada gigi diperlebar, namun setelah itu dokter puskesmas tersebut menyatakan bahwa gigi saya tidak dapat ditambal atau dicabut, melainkan harus melakukan perawatan saluran akar, nah saat ini saya hanya diberi obat saja, namun yg saya alami dirumah seringkali ketika berbaring tidur gigi terasa amat nyeri berdenyut-denyut, namun ketika saya bangun dan duduk nyeri tersebut langsung berangsur hilang, ketika saya berbaring tidur lagi maka sakit lagi, apakah itu berbahaya dokter? Karena saya masih belum sempat untuk melakukan perawatan saluran akar, mohon penjelasannya dokter. Terimakasih

    • Dear Listia,
      gigi tersebut sudah berlubang besar sampai ke rongga saraf gigi sehingga menyebabkan sakit. Jalan satu-satunya adalah dilakukan perawatan saluran akar untuk menghilangkan sakitnya.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat. Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  10. dok, gigi saya berlubang dan kalau tersentuh lidah sedikit saya rasanya sakit sekali dan saya takut ke dokter gigi apakah boleh sebelum di bor dilakuka penyuntikan dulu supaya saya tidak merasakan sakit saat di bor? mohon penjelasannya. terimakasih

    • Dear Noni,
      Noni boleh meminta dokter gigi yang merawat untuk menyuntik dulu supaya tidak merasakan sakit. Dengan catatan, jika ada penyakit sistemik seperti darah tinggi ataupun alergi, beritahukan sejelas-jelasnya kepada dokter tersebut.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG,FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  11. Dok,bln agustus lalu sy melakukan perawatan pada gigi graham bawah kiri saya yg mmg sdh bolong sampai ke saluran akar.diputuskan dicabut namun sblumnya dilakukan perawatan akar dsbnya.namun ketika harinya akan dicabut,sy di diagnosa hamil sehingga pencabutan pun ditunda.alhasil oleh doktr gigi ybs,gigi sy hanya ditembel biasa.lama kelamaan tembelan itu hilang krn sering sy gunakan mengunyah.malam ini sy br saja dr doktr krn mengeluh gigi sy tsb bengkak dan skt.oleh dokter,gigi sy dilakukan irigasi.entah spt apa itu namun pada saat tindakan sy merasakan ada benda tajam menusuk di gusi sy slma bbrp detik.sptnya doktr tsb tdk sengaja mengarahkan alatnya ke gusi sy,namun sktnya luar biasa tdk terbendung.kemudian gigi sy diberikan antibiotik utk smntr krn mmg tdk byk tindakan yg bs dilakukan dlm keadaan hamil.stlh tindakan selesai,rasa nyerinya semakin terasa.sy di ijinkan mengkonsumsi paracetamol.stlh itu nyeri pun hilang, tp tidak lama kemudian nyerinya muncul lagi sampai sekarang,dok.apa yg hrs sy lakukan dok?apakah ini berbahaya bagi sy sndr dan janin sy?mohon pencerahannya.

    • Dear Intan,
      Irigasi yang dilakukan dokter adalah membersihkan bagian dalam gigi dengan cairan irigasi, bisa juga irigasi gusi agar bakteri yang ada di jaringan periodontal juga berkurang. Bila giginya bengkak lagi, sebaiknya dilakukan perawatan saluran akar lagi agar sementara ada jalan keluar untuk infeksi di ujung akar dan juga mengurangi jumlah bakteri di dalam gigi. Bila kehamilan anda telah memasuki trimester ke2 lebih aman untuk melakukan perawatan gigi. Namun tindakan xray tetap tidak disarankan. Antibiotik dan paracetamol boleh diminum tetapi jangan sampai terlalu banyak, bila hanya terpaksa saja. Untuk antibiotik sebaiknya diteruskan sampai dosis yg diberikan dokter habis, tetapi paracetamol hanya bila sakit sekali. Menjaga kesehatan gigi dan gusi sangat penting selama kehamilan. Untuk sekarang yang bisa dilakukan adalah perawatan saluran akar dan penambalan sementara supaya gigi tersebut tidak terinfeksi lagi.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Anna Aurelia
      Dentia Dental Dentist Team

    • Anakiel,

      Untuk gigi yang bermasalah perlu dilakukan perawatan, diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat.
      Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  12. dok, saya mau bertanya.
    gigi graham saya sensitif, jika ditekan terasa sakit apalagi pas makan susah banget karena sakitnya.
    bagaimana cara mengatasinya dok?
    terima kasih

    • Caca Pawan,

      Gigi yang bermasalah harus segera ditangani dokter, silahkan kunjungi dokter gigi anda.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Rahayu,
      Harus diperiksa lebih teliti penyebab sakitnya apakah sudah ditangani dengan baik atau tidak. Mungkin Rahayu bisa berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis konservasi gigi untuk diperiksa lebih mendetail.Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso, SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  13. Dok mw tanya, gigi geraham bawah kiri saya berlubang..
    Nah karna sakit yg teramat sangat saya mw cabut, tapi setelah bawa ke dokter berkali kali sudah disuntik bius masih sakit.. Jadi giginy gak jadi di cabut..
    Dan sekarang ini munkin dibawah gigi gusiny bengkak, karena gigi saya gak bisa dipake mengunyah. Gigi saya yg berlubang terasa terangkat dan sakit banget.. solusiny gimna ya dok..

    • Dear Rynda,
      Untuk menyembuhkan peradangannya anda harus minum obat dulu, setelah tidak sakit lagi baru dilakukan tindakan pencabutan. Biasanya dokter akan meresepkan antibiotik dan penghilang rasa sakit. Sebaiknya Rynda ke dokter gigi ya untuk konsultasi dan minta resep serta menentukan tindakan selanjutnya
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Anna Aurelia
      Dentia Dental Dentist Team

  14. Salam dok , ni gigi saya berlubang dong , tapi giginya terasa biasa saja sperti gigi normal bila saat tidak makan , tetapi saat makan , apabila masuk aja 1 buah nasi kedalam lubang gigi tersebut akan terasa sangat sakit dok , dan itu udah saya rasakan selama seminggu terakhir
    Terus apabila saya ingin menambalnya itu apakah bisa dok ? Sementara dibagian dalamnya jika tersentuh sangat sakit , dan jika ingin menambal pun perlu di bersihkan sementara jika tersentuh sedikit saja didalamnya sangat sakit
    Itu gimana ya dok ?
    Terimakasih

    • Dear Irvan,
      gigi tersebut harus dilakukan perawatan saluran akar karena lubangnya sudah sampai ke saraf gigi. Nanti akan diberi obat kebal (anestesi) supaya tidak terasa sakit saat dilakukan perawatan. Setelah perawatan selesai maka akan dilakukan penambalan permanen.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  15. Salam dok,
    Dok, anak saya yg umurnya 4 th snin kmren sakit gigi bagian bawah karena giginya berlubang, kemudian menyebabkan pipinya jd bengkak. Udah dbawa kdokter gigi alhamdulillah skrang dah gak skit lg tetapi pipinya msh bengkak dok. Jd gmna caranya ngilangin bengkak pipinya dok?
    Mksh sblumnya dok.

    • Dear Tuti,
      Untuk menghilangkan bengkaknya harus dilakukan perawatan pada gigi tersebut dibantu dengan minum antibiotik sesuai anjuran dokter gigi yang merawat.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  16. malam dok.

    saya mau tanya seputar konservasi gigi.
    hari ini saya habis perawatan syaraf akar gigi dan sudah melakukan pembersihan dan membuat tambalan sementara.

    tapi kenapa ya tiba2 jadi sangat sakit saat malam hari gini?
    dan apakah ini normal atau saya harus bagaimna dok?

    tolong responnya ya dok.
    makasih

    • Dear Tiara,
      Memang terkadang timbul rasa tidak nyaman maksimal 3 hari. Hal ini diakibatkan karena di dalam gigi sedang diberi obat dan obatnya sedang bereaksi. Apabila terasa sakit sekali, dapat dibantu dengan minum obat anti sakit. Namun jika makin terasa sakit di hari berikutnya, sebaiknya segera kembali untuk diperiksa lagi sebelum waktu uang yang dijadwalkan.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  17. Gigi Graham sebelah kanan saya terasa sangat sakit,sakitnya disertai dengan rasa gatal.Nyeri dan gatal.saat saya cek dengan menggunakan lampu senter terlihat 2 bulatan pada gigi berwarna putih, jika disentuh terasa empuk dan nyeri.bulatan putih itu apa ya dok,apa itu awal dari gigi berlubang? Saya belum pernah periksa ke dokter gigi ini sakit gigi pertama saya mohon penjelasannya

    • Dear Frances,
      Bulatan berwarna putih terdapat pada gigi atau gusi? Jika terdapat pada gusi kemungkinan besar merupakan bisul (abses) karena infeksi gigi tersebut. Untuk mendiagnosis penyakit gigi diperlukan
      informasi dan pemeriksaan yang lengkap. Frances sebaiknya datang untuk pemeriksaan terutama jika sudah ada keluhan sakit seperti ini. Semoga informasi ini dapat membantu Frances.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda
      Dentia Dental Dentist Team

  18. Dok, mau tanya.. Knp ya gigi seri saya yg atas depan itu sakitt banget, jdi gabisa dibuat makan, dan ngilu banget, seperti gigi mau putus pdhl tdk putus :( udh lbh dari 4 hari.. Kenapa ya dok?? Dan cara mengobati nya bagaimana?? Terimaksih :)

    • Dear Audrey,
      Sangat sulit untuk mendiagnosis kondisi gigi Audrey dengan informasi yang terbatas.
      Rasa sakit seperti apa, berapa lama bila timbul, menetap atau langsung hilang, yang mencetuskan rasa sakit pada gigi apa dan informasinya lainnya dibutuhkan untuk mendiagnosis gigi Audrey. Sebaiknya Audrey segera datang untuk melakukan pemeriksaan ya. Semoga informasi ini membantu Audrey.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda
      Dentia Dental Dentist Team

  19. Dok saya mau bertanya , gigi saya kan berlubang saya bawa ke puskesmas katanya infeksi gigi lalu di beri obt peredah nyeri saja , tapi saya tlah meminum itu redah tapi setelah itu sakit lagi …. Dan gigi yang sakit terkena gigi lain dan lidah itu rasanya sakit sekali …… Gimana ya dok supaya sakitnya itu sembuh ????

    • Dear Febri,
      Gigi tersebut harus dilakukan perawatan akar. Apabila di puskesmas tidak menyediakan pelayanan perawatan saluran akar, mintalah rujukan dari puskesmas ke rumah sakit yang dapat melakukan perawatan saluran akar.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG,FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Febri,
      Gigi tersebut harus dilakukan perawatan akar. Apabila di puskesmas tidak menyediakan pelayanan perawatan saluran akar, mintalah rujukan dari puskesmas ke rumah sakit yang dapat melakukan perawatan saluran akar.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG,FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Febri,
      Gigi tersebut harus dilakukan perawatan akar. Apabila di puskesmas tidak menyediakan pelayanan perawatan saluran akar, mintalah rujukan dari puskesmas ke rumah sakit yang dapat melakukan perawatan saluran akar.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG,FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  20. Slmat pagi dok,
    gigi belakang saya berlubang dan sangat sakit , di dalam gigi berlubang terdapat lubang yg kecil dang jika tersentuh lidah dgn kuat maka itu membuat gigi lubang sya berdarah

    • Meggie,

      Untuk kondisi gigi seperti ini sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
      Untuk sementara waktu bisa konsumsi obat pereda sakit.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

        • Meggie,

          Kami tidak memiliki cabang di luar jakarta.
          Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

          Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

          Terima kasih,
          Dentia Dental Dentist Team

  21. dok.. dr dlu gigi saya nyeri.. lalu saya pake pasta gigi expert.. tp bberapa hari ini gigi saya nyeri sampe ga bs tdr pdahl sya rutin pake pasta gigi expert. ini kenapa ya dok? apa uda semakin parah?

    • Dear Cika,
      mungkin ada lubang besar di gigi Cika. Sebaiknya diperiksa ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  22. Dok. Ini kenapa ya gigi saya sangat sakit jika tersentuh gigi lainya dan lidah bahkan untuk disikat gigi pun itu malah sangatt sakit. Itu kenapa ya dok ?

    • Dear fingky,
      Segera periksakan ya kemungkinan sdh tdp lubang, crack, atau kerusakkan pd syaraf gigi.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S. Pramudita SpKG
      Dentia Dental Dentist Team

  23. dok gigi depan saya kan rusak jadi saya ke dokter saya kira cuman ditambal. tpi kata dokternya lwbih baik di leser . tpi saya punya temn yg giginya jga di leser tpi wrna nya juga beda dengn gigi nya jadi saya harus gmna dok

    • Dear Mifta,
      Bahan tambalan yang menggunakan sinar, hasilnya biasanya lebih baik dan estetik dibanding dengan bahan tambalan lain. Mintalah tambalan yang warnanya sesuai dengan warna gigi asli Mifta agar hasilnya estetis.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  24. Dokter… Gigi depan saya sblah kiri sudah pernah rawat saraf… Dan udah di tambal separoh krna lubangny besar. Skitar 6 bulan lalu gigi depan kanan saya yg jg udah ditambal.. Saya tambal ulang krna udah pecah2…skrang gigi tmbalan kanan tersebut sakit bagian gusinya dan bengkak pada langit2 mulut. Saya sudah minum obat predam nyeri… Ttap jg sakit…
    Jdi saya hrs minta rujukannya ke bagian gigi atau mulut , dok?? Atau ada solusi lain…

    • Dear Santi,
      Diperiksakan ke dokter gigi spesialis konservasi gigi (SpKG) ya. Semoga dpt segera teratasi.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S.Pramudita SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

  25. Permis, saya mau tanya.
    sudah lama saya sariawan belum sembuh sembuh sekalinya sembuh muncul sariawan baru dan sejak kemarin saya ngerasain gigi bawah saya rasanya nyeri ada yang ngeganjel itu apa ya? saya minta solusi biar gigi bawah saya ga sakit lagi.

    • Yulinar,

      Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Bila sudah ada keluhan harus segera mengunjungi dokter gigi.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  26. Hai dok. Udh seminggu ini gigi saya sakit. Entah gigi entah gusinya. Pokonya bagian kiri semua sakit nyeri. Baru td saya ke dokter gigi. Dan dilihat tdk ada masalah pada gigi saya. Malahhan saya ditanya apakah saya pakai skin care. Saya jwab ya dok.dan dokter bilang klo gigi sya sakit krn efek krim yg saya pke. Katanya krimnya ada bahan bahayanya yg bs bkin sakit ke gigi. Itu apa ya dok, apakah benar? Saya pdhl pke skin care ternama. Saya malah tkut krn di ksh nasehat dokter jgn meneruskan pake krim krn bakal merugikan. Mohon pencerahannya dok. Mksh

    • Chyntia,

      Sebaiknya anda konsultasikan masalah ini ke dokter kulit sehingga mendapatkan pemeriksaan yang tepat.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  27. Permisi dokter…saya mw tanya dokter…
    Keluhan saya : gigi geraham sebelah kanan saya berlubang dok… Jdi skrg nyeri banget gigi saya dok… Nyerinya sampai ke tulang pipi dan ke bawah rahang dok…
    Saya sudah ke dokter gigi, dan dokter gigi telah berikan obat pereda nyeri…
    Mohon penjelasannya dokter… Terimakasih

    • Dear Popy.
      Tampaknya lubang gigi sdh mencapai syaraf ya shg pd saat sakit terkadang dpt menjalar hingga daerah sekitar. Solusinya bisa dengan perawatan saluran akar atau pencabutan, tergantung sisa jaringan sehat yg msh tdp pd gigi.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini SP SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

  28. Selamat pagi dok…
    Gigi geraham bawah kanan 7 saya lubang dan sudah di tambal permanen, setelah 3 hari setelah di tambal permanen gigi saya terasa sangat sakit nyut2an. Setelah itu saya kontrol dan dilakukan foto, dan katanya gigi saya tdk apa2 cmn krn gigi 4 saya sudah di cabut dan tdk di beri gigi palsu akhirnya giginya menggeser dan selah2 giginya membesar sehingga jika ada sisa makanan yang menyangkut akan sakit. Hari ke 4 gigi saya masih juga sakit padahal setelah mkn saya sudah sikat gigi dan bersihkan dengan benang gigi. mka sya putuskan untuk konsultasi dengan drg lain dan setelah di periksa dan di foto lg oleh drg tersebut katanya masih ada lubang yg belum tertutup sehingga harus di bongkar tambalannya dan nanti di tambal lg, karna lobang tersebut jika tdk ditutup maka gas dalam gigi tdk akan kluar dan akan menekan saraf gigi. Tp setelah di bongkar dan di tambal lg giginya sekarang masih terasa sakit…jd apa yg harus saya lakukan ya dok soalnya sakitnya sangat menyiksa.

    • Dear Arief,
      Kemungkinan lubangnya sudah mencapai syaraf ya. Maka ditambal saja tdk cukup melainkan hrs perawatan saluran akar. Sebaiknya dilakukan perawatan saluran akar oleh spesialis Konservasi.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini SP SpKG
      Dentia Dental Dentist Team

  29. Selamat sore dok, saya mau minta sarannya. Sudah 3 hari ini saya merasakan sakit berdenyut di bagian graham atas yang dulunya pernah di tambal. Kemarin saya sudah konsultasi ke dokter gigi dan katanya saya harus datang ke spesialis konservasi gigi. Namun karna jadwalnya padat saya harus menunggu hingga minggu depan. Apa gigi saya tidak akan kenapa2? Karna sakitnya terus menerus meski sudah di beri antibiotik dan pereda nyeri. Terimakasih.

    • Dear Vera,
      Bila sdh semakin sakit dan mengganggu maka utk emergencynya boleh dgn dokter gigi umum dulu, stlh itu nanti perawatan syarafnya dilanjutkan oleh spesialis konservasi gigi.
      Di klinik kami juga ada spesialis Konservasi (SpKG).
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini SP SpKG
      Dentia Dental Dentist Team

  30. Dok mau nanya, saya ngerasa ga nyaman sama gigi bawah saya yg disamping graham. padahal udah di tambal permanen tp ngerasa berdenyut tp kambuh”an sakitnya. itu kenapanya?

    • Dear Yaya,
      Terkadang rasa tdk nyaman dpt timbul tdk hanya dr gigi yg rusak tp mgkin jg dr gusi yg radang. Makanan yg suka menyelip di sela2 gigi, terutama bila tambalan gigi kurang baik konturnya, dpt menyebabkan timbulnya rasa tsb. Diperiksakan kembali tambalan giginya ya.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S.Pramudita SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

  31. Ass..pagi dok mau tanya nihh gigi bwh sy lg sakit..giginy berlubang..tp dia sakitny bukan nyut nyutan..melainkan jika tersentuh gigi atas sakit bnget .jugha klo di pegang pke jari trsa sakit..shingga untuk mngunyah tidak bisa..itu knpa yah?dan apa solusinya??trima kasih

    • Tijah,

      Segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat, karena gigi yang sakit harus segera ditangani.

      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  32. Dok saya mau tanya
    Gigi geraham kiri bawah saya dulu berlubang besar , sekarang ditambal. Tapi beberapa hari saya merasakan gigi saya cenat cenut , memang tambalan saya sedikit berlubang tapi tidak ada sisa makanan. Terus saya menggoyang gigi itu dengan tangan , saya mendorong dan menekan gigi itu supaya gigi itu goyang dan mudah dicabut. Tapi saya malah merasakan sakit luar biasa , saat disentuh lidah terasa sakit , ketika dibiarkan tidak terlalu sakit tapi masih cenat cenut . Bagaimana dok solusinya ?

    • Ghulam,

      Segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat, agar masalah gigi anda segera teratasi.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  33. selamat siang saya mau nanyak ini dok, awal mulanya gigi saya yg nomor 2 dari belakang itu berlubang memang masih kadang sakit tapi kok tiba2 sakitnya pindah ke gigi yg atas tp gak berlubang sakitnya itu sampe kenak kepala bagian belakang. kalau boleh saran lebih baik di cabut apa gmna?

    • Oken,
      Gigi yang berlubang perlu segera ditangani dokter gigi untuk perawatan, diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Apabila masih bisa dilakukan perawatan maka keberadaan gigi akan dipertahankan, tidak dicabut.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  34. Selamat malam dok, saya mau tanya gigi saya berlubang dan jika saya makan minum dan melakukan aktifitas dgn gigi saya tsb tidak terasa sakit tapi jika saya hanya berdiam saja giginya langsung terasa sakit perlahan lahan.. Saya sdh mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti mefinal dan bactesyn dan paracetamol tetap saja tidak menghilangkan sakit tersebut.. Ini knp ya dok? Makasih..

    • Indra,
      Untuk gigi yang sudah berlubang harus segera ditangani dokter untuk dilakukan perawatan, obat penahan sakit hanya bersifat sementara. Segera kunjungi dokter gigi.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  35. dok mau tanya nih…
    kan ibu saya sakit gigi..trus di bawa ke spesialis gigi setelah di priksa trnyata ibu saya kena di syarafnya.. trus bagaimana cara selanjutnya.. karna saya ke doker syaraf cuma di kasih obat menghilang rasa nyeri yg sifatnya harus trus menerus minum obatnya..sedangkan sampai sekarang tak kunjung sembuh dok..

    • Dear Muhammad Ikbal,
      Jika gigi mengalami kerusakan dan sudah mengenai syaraf, maka gigi tersebut perlu dilakukan perawatan saluran syaraf. Perawatan saluran akar tersebut biasa dilakukan oleh spesialis konservasi gigi.Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid D. H
      Dentia Dental Dentist Team

  36. Selamat malam dok saya mau tanya, saya kan punya penyakit kejang dan tadi kambuh kejang saya, lalu gigi saya rapet kenceng bgt seperti org gigit gt (semoga dokter mengerti).. sekarang jd sakit bgt gigi graham saya untuk buka mulut dan mengunyah, itu knp ya dok? Apakah bisa disembuhkan dok? Terima kasih atas waktu dan jawabannya dok. .

    • Dear Ninez,
      Perlu dilakukan pemeriksaan lengkap untuk mengetahui penyebab rasa sakit yang dirasakan Ninez. Biasanya pasien dengan penyakit kejang/epilepsi disarankan menggunakkan Stik es krim pada saat serangan, hal tersebut digunakkan untuk menghindari tergigitnya lidah dan mengurangi beban kunyah. Saat terjadinya serangan, kontraksi otot lebih besar dari normal sehingga beban gigitan berlipat ganda dapat menyebabkan trauma pada gigi Ninez. Trauma akan sembuh perlahan sendirinya, usahakan makan makanan yang tidak terlalu karas (seperti kacang) sampai keluhan berkurang. Jika sangat mengganggu Inez perlu melakukan pemeriksaan ke dokter gigi segera karena kemungkinan terjadi kerusakan pada jaringan penyangga gigi Inez. Semoga informasi ini membantu Ninez.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  37. dok, akhir akhir ini saya sakit pilek, pusing, batuk
    nah setelah saya cari di google itu ciri ciri penyakit sinusitis,
    trus juga sakit dibagian dalam/akar gigi geraham atas saya saat lari, geleng kepala
    apakah penyakit itu hanya sakit gigi biasa atau berhubungan dengan sakit sinusitis?
    trims

    • Dear Ahmad,
      kemungkinan gigi geraham tersebut ada lubang beasr dan menyebabkan infeksi yang menyebar ke daerah sinus. Coba periksakan ke dokter gigi untuk menyembuhkan gigi tersebut, biasanya jika memang disebabkan karena infeksi pada gigi geraham atas, maka sinusitisnya akan perlahan sembuh.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  38. Dok, 2 gigi geraham atas kiri saya sudah ditambal permanen bbrapa bulan lalu. Tapi dri stelah ditambal sampe skrang kenapa gigi ini masih suka sakit meski gak separah dulu. Bhkan stu dri gigi ini masih sering berdenyut kayak kedutan tapi tidak sakit. Dokter hanya kasih obat.
    Dokter menyarankan hny makan makanan yg lunak di rahang kiri saya. Saya benar2 mrasa tidak nyaman. Sat saya minta cabut gigi, dokter tidak memperbolehkan krna gigi masih bisa diperthankan. Jdi selama ini klo sakit nya saya gak bs tahan saya hny minum obat. Oh ya.. Kdua gigi ini sudah ditambal smntara bolak balik sampe akhirnya ditambal permanen.
    Jdi kenapa ya dok gigi2 ini masih sring brdenyut dan sakit ?

    • Dear Asti,
      Maaf informasi yg anda berikan msh kurang apakah gigi tsb hanya ditambal saja apakah sdh dirawat syaraf?
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini Pramudita SpKG
      Dentia Dental Dentist Team

  39. Dok saya mau tanya, kenapa ya dok gigi bagian kanan saya tidak bisa mengunyah dengan maksimal Karena kunyahannya tidak begitu halus, sedangkan gigi bagian kiri saya bisa mengunyah dengan maksimal sehingga saya terbiasa dari kecil sampai usia sekarang 22thn saat makan selalu menggunakan gigi bagian kiri kalau dengan gigi bagian kanan jd canggung dok, karna gigi bagian kiri saya atas bawahnya lebih rapat dibandingkan gigi bagian kanan.
    Terima kasih dok

    • Dear Febrini,
      Mengunyah satu sisi tidak lah baik karena memberi beban terhadap sendi rahang (Temporo Mandibular Joint/TMJ) lebih besar pada satu sisi. Dan kondisi ketidak seimbangan tersebut dapat menjadi semakin parah karena perkembangan lebih banyak terjadi pada daerah yang aktif berfungsi. Sebaiknya diusahakan menggunakan kedua sisi secara seimbang dalam pengunyahan. Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mengetahui oklusi dan fungsional dari sistem pengunyahan Febrini. Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  40. Dok, gigi geraham bawah kanan saya patah saat mengunyah makanan, tapi masih ada sisa gigi kecil, bbrp bln kemudian sisa gigi patah itu longgar dan terasa sakit. Jadi sy beranikan diri utk mencabutnya sendiri. Skrg sy mengunyah hanya memakai gigi geraham kiri bwh, tp akhir2 ini gusi geraham bwh kanan (yg sdh tdk ada giginya) terasa sakit. Dan klau di lihat didlm gusi sprti ada tumbuh benda kecil…? Bagaimana penanganannya Dok, udh gak ada gigi tp koq msh sakit? tks

    • Dani,
      Pencabutan gigi tidak dapat dilakukan sendiri, harus ditangani oleh dokter gigi, segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  41. Selamat malam dok, saya sedang sakit gigi, gigi seri lateral saya goyang dan itu berdampak ke gigi kiri kanan jg ikut sedikit goyang dan saya merasakan sakit setengah bagian dari gigi yang sakit tersebut,apakah gigi yang goyang itu harua di cabut? Atau ada tindakan lain? Karena saya tidak ingin gigi depan tersebut di cabut apalagi harus memakai gigi palsu.
    Gigi saya yang sakit tersebut ada tambalan karena gigi tersebut sempat hitam di dalamnya apakah itu yabg membuat gigi saya sakit? Saya sudah mencoba minum obat parasetamol, ponstan dan kumur2 air garam tidak membuahkan hasil sama sekali malahan yang tadinya hanya sakit 1 gigi jadi berdampak sakit ke gigi yanv lainnya. Mohon pencerahannya dok obat apa yang efektif untuk sakit gigi yang saya alami. Terima kasih.

    • Dear Rina,
      Gigi goyang bisa disebabkan oleh banyak hal seperti penyakit gusi, trauma dan gigi yang sudah berlubang besar sehingga menyebabkan kerusakan tulang pada bagian akar. Perawatan dari
      gigi goyang tersebut disesuaikan dengan tingkat keparahan dan penyebab kegoyangannya. Jika ada bayangan hitam pada gigi yang sudah perna ditambah bisa disebabkan karena kebocoran tambalan yang mengasilkan infeksi dibawah tambalan, hal tersebut perlu dibersihkan tidak dapat dihilangkan dengan obat analgesik/ antinyeri saja. obat antinyeri hanya menghilangkan atau meringankan keluhan sementara, jika penyebab nyeri tidak diatasi maka masalah Rina tidak tuntas. Sebaiknya Rina segera datang untuk melakukan pemeriksaan. Semoga informasi ini membantu ya Rina.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  42. Dok gigi graham bawah kiri dulu pernah ditambal, lalu stlh 1th tambal gigi saya terasa sakit sampai ke rahang dan kepala, 3hari lalu saya prg ke dokter gigi. Dokter tsb membuka tambal gigi saya sblmnnya lalu gigi saya yg brlubang itu dibersihkan dan diberikan cairan setelah itu gigi saya ditambal sementara, tp setelah tambal sementara itu gigi saya masih terrasa sangat sakit seperti sebelumnya. Sedangkan dokter tidak memberikan obat apapun. Lalu apa yg harus saya lakukan dok. Krn sakit ini menganggu aktifitas saya

    • Dear Miya,
      Kemungkinan syaraf giginya sdh mengalami kerusakkan jd perlu dirawat syaraf dahulu sblm ditambal kembali.
      Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S. Pramudita SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

  43. Permisi dok, saya mengalami trauma gigi karena kecelakaan. Namun baru setelah beberapa bulan, nyeri nyut”an terasa lagi, gigi kalo ditekan sedikit serasa goyang. Posisi gigi yg trauma masih tetap. Penyebab dan penanganannya gimana dok? Terima kasih

    • Dear Pratama,
      Gigi yg pernah trauma perlu diobservasi jangka panjang krn kdg kerusakkan baru terlihat stlh bbrp lama. Penanganannya tergantung kerusakkan yg kini tjd. Diperiksakan lagi ya ke dokter gigi.
      Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S. Pramudita SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Rizqi,
      Sebaiknya Rizqi periksakan karena kemungkinan ada gigi yang berlubang. Semoga informasi ini membantu ya..
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  44. Selamat malalam
    Dok saya mau bertanya 2 hari belakangan ini gigi geraham bawah kiri saya terasa sangat nyeri tp bisa hilang nyerinya dan kembali lagi. Setelah saya lihat ternyata gigi geraham saya (2 dari yang terakhir) tumbuh miring (tdk sesuai jalur). Saya sudah mencoba berkumur dan sikat gigi menggunakan pasta gigi yg sensitif namun rasa nyeri tetap ada. Apakah gigi miring saya itu berpengaruh terhadap nyeri yg saya rasakan dok? Terimakasih

    • Dear Nanda,
      Gigi bungsu yang miring dapat mempengaruhi rasa sakit dari rasa sakit ringan dan samar, hingga pusing sampai ke daerah kening. Dalam kasus tertentu gigi bungsu yang miring dapat
      menyebabkan bengkak dan keterbatasan membuka mulut. Sebaiknya Nanda segera periksakan ke dokter gigi ya. Semoga informasi ini membantu ya..
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  45. Assalamuaikum dok.
    dok aku mau tanya nih, gigi geraham sebelah kanan aku berlubang, sempat ke dokter dan sudah di tambal, sudah beberapa bulan ini sekarang aku ngerasain gigi yg sudah ditambal itu terasa sakit sampai terasa ke kepala, dan saat ini terasa sakitnya saat saya menekan gigi saya dgn gigi atas saya jika tidak ditekan dia tidak ada rasa apa-apa?
    kira-kira kenapa ya dok? apakah itu karena panas dalam atau bagaimana? Terimakasih :)

    • Bia Ofestine,

      Bila ada masalah dengan gigi segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Gigi yang sudah ditambal belum tentu tidak bermasalah, diperlukan pemeriksaan rutin secara regular minimal 6 bulan sekali.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  46. Dok, gigi geraham kanan bawah saya berlubang, sakitnya juga tidak begitu sakit padahal sudah lebar dan ada yg patah, kemarin saya periksakan ke dokter,oleh dokternya hanya dikorek sisa2 makanannya tanpa di bor dan langsung d tambal sementara, setelah ditambal sementara gigi saya tidak sakit sama sekali.
    Pertanyaan saya, penambalan yang tidak menggunakan teknik bor apakah aman?
    Terimakasih sebelumnya dok

    • Putri,
      Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat, dokter gigi yang menangani Putri yang paling mengerti kondisi gigi Putri.
      Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>