Oral Presentation by Drg. Ricke Santoso

Oral presentation dalam acara :
10th Scientific Forum (FORIL X)

Balai Kartini Exhibition & Convention Center
6-8 Oktober 2011
Judul presentasi: Management of Fractured Instrument in Root Canal,

dibawakan oleh drg. Ricke Santoso

4 thoughts on “Oral Presentation by Drg. Ricke Santoso

• Aini,
      Pada gigi yang berlubang, terkadang muncul daging kecil berwarna merah dan mudah berdarah.. Benda tersebut adalah polip pulpa, yang dalam bahasa kedokteran disebut pulpitis hiperplastik kronis.
      Polip pulpa dapat timbul pada gigi mengalami bolong besar pada usia relatif muda dan mengalami iritasi tingkat rendah yang berlangsung lama. Iritasi dapat disebabkan karena pengunyahan dan infeksi bakterial.
      Pulpa polip tidak mempunyai gejala kecuali saat tertekan makanan saat mengunyah dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman.
      Untuk penanganan hal tersebut disarankan agar Aini datang ke dokter gigi sehingga Aini mendapat perawatan yg terbaik sehingga komplikasi dan kerusakan gigi lebih lanjut dapat dicegah..
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Ricke Santoso, Dentia Dental Dentist Team

• Dear Gunawan,
      Sebagai informasi, penyebab setiap penyakit berbeda-beda. Ada yang disebabkan oleh bakteri, virus, ataupun jamur. Penyakit batuk disebabkan oleh bakteri. Sedangkan influenza disebabkan oleh virus. Penyakit yang disebabkan virus dapat menular melalui udara. Misalnya, jika kita tinggal dengan orang yang sedang flu, kita bisa saja tertular flu walaupun tanpa bersentuhan. Sedangkan penyakit batuk yang disebabkan oleh bakteri, dapat menular melalui air liur dan dahak, baik kontak secara langsung maupun tidak langsung. Contoh penularan bakteri secara tidak langsung misalnya jika kita minum dari gelas yg sama dg org yg sedang batuk. Jadi penyakit batuk memang dapat menular melalui oral.
      Terima kasih, drg. Ricke Santoso, Dentia Dental Dentist Team