Pentingnya Merawat Gigi Susu Sejak Dini

by Drg. Marsellina S.

BHG7JM    Gigi susu biasanya akan mulai tumbuh saat anak berusia 5-8 bulan, meskipun dapat bervariasi dari anak ke anak. Sangatlah penting merawat gigi susu sejak dini karena gigi susu berperan penting dalam tumbuh kembang rahang, otot-otot wajah, pengunyahan dan pertumbuhan gigi tetap nantinya.

Berikut ini beberapa tips kesehatan gigi anak:

Segera setelah gigi susu pertama muncul, mulailah merawat gigi anak anda. Pada awalnya, cukup dengan menggunakan kain kassa yang dililitkan pada jari anda.
Kebiasaan baik ini dapat membuat anak anda terbiasa untuk membersihkan giginya sejak usia dini.

photo 3      Pada usia sekitar 1 tahun, anda dapat mulai menggosok gigi anak anda dengan bulu sikat yang lembut dan kepala sikat yang kecil. Awasi dan bimbing anak anda untuk menggosok giginya hingga 3-4 tahun atau sampai anak mampu menggosok giginya sendiri dengan baik.

Sebaiknya pasta gigi baru digunakan saat anak anda berusia 2 tahun atau sudah bisa meludah.

Gantilah sikat gigi anak anda setiap 3 bulan sekali dan bilas sikatnya dengan baik dan keringkan di udara setelah selesai pemakaian.

 

Pilihlah pasta gigi khusus anak-anak dengan kandungan fluoride yang rendah dan hanya secukupnya saja, kira-kira sebesar biji jagung. Penggunaan yang berlebihan (overdosis fluoride) pada saat pembentukan gigi dapat menyebabkan fluorosis, gigi anak berwarna coklat dengan bintik putih permanen

photo 2      Batasi asupan gula yang dikonsumsi anak anda. Biasakan minum atau kumur air putih setelah minum atau makan makanan manis.

Jangan memberikan susu dari botol yang dibawa hingga tertidur. Sebaiknya selesaikan minum susu kemudian gosoklah gigi anak anda sebelum tidur.

Mulailah biasakan anak anda minum susu dari gelas sejak umur 1 tahun

Jadwalkan konsultasi dan pemeriksaan rutin gigi anak anda ke dokter gigi. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan…

Silahkan hubungi Klinik kami, Dentia Dental Care Centre untuk registrasi….

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>