PENTINGNYA PERAWATAN SALURAN AKAR

Drg. Dwi Suryanti Kurniawan

senyum

Berikut adalah pembicaraan antara pasien dengan dokter gigi di ruang periksa,

Pasien : “Selamat sore, Dok…. Ini, saya mau tambal, gigi saya, bisa gak, Dok?”

Dokter : “oh… bisa, mari saya lihat dulu ya giginya.”

Pasien : “Ok, dok.”

Lalu dokter ini memeriksa gigi pasiennya dan menanyakan beberapa pertanyaan pada pasien tersebut,

Dokter : “Sedang sakit tidak giginya sekarang?”

Pasien : “Gak, Dok, gak enak aja suka masuk makanan.”

Dokter : “Pernah sakit sebelumnya? Atau bengkak?”

Pasien : “O…pernah, Dok, tapi saya minumin obat penghilang rasa sakit, setelah minum obat itu, sakit dan bengkaknya hilang, Dok. Maklum kemarin-kemarin saya suka panas dalam kalau terlalu capai.”

Dokter : “Hmmm… karena lubangnya sudah terlalu dalam dan ada riwayat bengkak, sebaiknya gigi ini di rontgen dahulu untuk mengetahui lebih jelas penyakitnya, kalau lubangnya sudah mencapai saraf gigi, tidak bisa langsung ditambal, tetapi harus melalui proses perawatan saluran akar gigi.”

Pasien pun bingung apa maksud Dokter gigi ini dan menanyakan mengapa giginya perlu dilakukan perawatan tersebut

Seringkali kita mendengar teman, saudara, atau bahkan diri kita sendiri dianjurkan oleh Dokter gigi untuk merawat saluran akar gigi kita, padahal kita datang karena gigi kita lubang dan minta ditambal langsung oleh Dokter gigi. Lalu tindakan apakah sebenarnya perawatan saluran akar gigi itu? Perlukah perawatan saluran akar gigi walaupun gigi tidak sakit? Kapankah perlu dilakukan perawatan  saluran akar gigi? Pertanyaan-pertanyaan di atas barulah sebagian kecil dari berbagai pertanyaan pasien seputar tindakan perawatan saluran akar gigi.

Pada artikel ini, kami akan coba untuk menjelaskan APA, MENGAPA, dan BAGAIMANA  perawatan saluran akar gigi. (Root Canal Treatment)

modelgigi2

Gigi geligi manusia selain terdiri dari email, juga terdapat bagian-bagian lain, termasuk saraf gigi, yang akan kita bahas sekarang ini. Dengan adanya saraf gigi, gigi kita yang masih sehat akan bereaksi terhadap rangsang dari luar, seperti minum air dingin, makan terlalu panas, asam, atau manis, bahkan ketukan ringan pada gigi. Saraf gigi terletak di dalam saluran akar gigi kita.

Gigi yang sudah lubang mencapai saraf gigi biasanya terasa amat sakit, hal ini terjadi karena rangsang dari luar langsung mengekspos saraf gigi. Kuman-kuman yang masuk ke dalam lubang gigi pun menyebabkan peradangan dan infeksi pada ruang saraf dan mengiritasi saraf gigi yang berada di saluran akar gigi.

Racun-racun dari kuman yang masuk ke saraf gigi bisa menembus sampai ke jaringan tulang rahang dan menyebabkan infeksi  pada jaringan tulang. Infeksi  dalam jangka waktu yg panjang, dapat menyebabkan pembengkakan pada gusi atau bahkan sampai ke pipi disertai dengan rasa sakit yang hebat.

Diagnosa dapat lebih ditegakkan dengan adanya rontgen foto pada gigi yang diduga sarafnya terinfeksi kuman. Setelah diagnosa ditegakkan, maka perawatan saluran akar pun dilakukan.

Tujuan dari perawatan saluran gigi adalah untuk mengangkat seluruh jaringan saraf gigi  yang sudah busuk karena  terinfeksi  kuman, lalu menutup saluran akar yang sudah bersih dengan bahan khusus untuk menghindari terjadinya masalah di masa yang akan datang.

Proses perawatan saluran akar gigi ini terdiri dari 2 tahap umum, yaitu

1. Pembersihan saluran akar sampai tercipta saluran akar yang bebas kuman

2. Pengisian saluran akar dengan suatu bahan yang padat untuk menghindari masuknya kuman kembali.

Perawatan saraf ini membutuhkan ketekunan dan motivasi dari pasien, karena perawatan ini tidak selalu dapat dilakukan dalam satu kali kunjungan, ada kalanya, perawatan ini membutuhkan 2,3, atau bahkan 4 kali kunjungan tergantung tingkat keparahan infeksi.

Setelah perawatan saluran akar yang baik, fungsi dan bentuk gigi tersebut harus dikembalikan secara optimal, yaitu dengan pemasangan pasak diikuti dengan pemasangan selongsong (jacket crown), atau bisa juga dengan tambalan cor (uplay/onlay).

Melalui  penjelasan di atas, bila gigi Anda dianjurkan untuk dirawat saluran akarnya, jangan ragu untuk melakukannya, karena dengan melakukan perawatan saluran akar gigi, berarti Anda sudah mempertahankan keberadaan gigi Anda dan mengembalikan fungsional dan kecantikan gigi Anda

Untuk informasi dan perawatan gigi anda, hubungi Dentia Dental Care Center, klinik perawatan gigi keluarga anda.

729 thoughts on “PENTINGNYA PERAWATAN SALURAN AKAR

  1. Dok setelah perawatan syaraf gigi kok gigi sya goyang parah..apa yg harus sya lakukan dan mohon penjelasannya.terima kasih.

    • Dear Rahmat,
      Gigi yang goyang harus diperiksa apakah diaebabkan karena ada bagian gigi yang patah atau karena perawatannya belum sempurna sehingga menimbulkan bengkak dan goyang pada gigi tersebut. Jika disebabkan karena perawatan uang belum sempurna, maka harus disempurnakan dengan perawatan ulang oleh dokter gigi spesialis konservasi gigi. Jika karena ada gigi yang patah, maka patahannya hrs dicabut.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  2. Dok saya mau bertanya, gigi depan saya patah sedikit lalu di kikis dan diganti dgn gigi crown oleh ahli gigi, namun gigi saya sekarang sakit sekali apabila di sentuh saja sampai saya tidak bisa makan nasi,mohon penjelasan nya dok :)

    • Alin,

      Untuk gigi yang akan dibuat crown harus dilakukan perawatan saluran akar, untuk masalah Alin harus segera ditangani oleh dokter gigi, sebaiknya dengan ahli konservasi.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  3. Dokter.. Gigi geraham atas ada rasa nyilu tp setelah ke dokter dilakukan perawatan saraf dan tambal sementara. di suruh balik 1 mggu klo sdh tdk sakit d tambal permanen.. Ga taunya setelah tambal permanen gigi saya sakit skali sampai gusi bengkak lalu di rontgen.. Lalu tambalan permanen d bongkar krn katanya obat d kasih terlalu kedalaman.. disuruh minum clindamicyn 3*1 dan kalium diklofenak 2*1 sdh 4 hari tapi gusi tambah bengkak . cm gigi sdh kurang sakit.. Mohon penjelasannya dok.. Itu kenapa??.. Terimakasih

    • Dear Anton,
      Berarti lubangnya sudah dalam sampai kena ke saraf di dalam gigi. Untuk itu harus dilakukan perawatan saluran akat supaya tidak sakit lagi dan menghilangkan bengkaknya.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  4. Dok , klo perawatan saluran akar ga di tambal tetap gimana ? Aku udh 6x bolak balik tapi di tambal sementara terus , rongent gigi juga udh bagus ga ada kendala apa2 .. tapi dokternya tambal sementara terus , biaya juga kan ga murah .. apa saya ganti dokter aja ya dok ..

    • Dear nova,
      Umumnya perawatan saluran akar diakhiri dgn penambalan tetap. Berapa kali kunjungan dibutuhkan utk perawatan tergantung dr kesulitan yg ada pd saat prosedur.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S. Pramudita SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

  5. Dok saya kan melakukan perawatan gigi kemarin hari kamis, itu baru pertemuan pertama.. tapi ko saya merasakan sakit gigi yg sangat hebat ya dok? Itu wajar tidak?
    Sebelumnya memang dokter bilang agak linu sedikit wajar proses pematian saraf kata beliau. Tapi yg saya rasakan sakit hebat dok sampai ke telinga dan kepala saya.. obat yg beliau kasihpun tidak mempan meredakan sakitnya dok..

    • Dear Dyah Ayu,
      Jika sakitnya sampai tak tertahankan dan tidak mempan dengan obat pereda nyeri, sebaiknya kembali ke dokter gigi lagi untuk memeriksakan keadaan gigi tersebut.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  6. ass,
    dok saya punya masalah pada gigi dan gusi saya
    awalnya gigi rahang saya hanya sakit biasa tapi lama kelamaan gusinya ikut membengkak bahkan mengeluarkan nana dan juga membengkak dibagian leher rahang saya.
    apa yang harus saya lakukan ?
    terimakasih.

    • Dear Sony,
      Sebaiknya segera diperiksa di dokter gigi karena kemungkinan ada lubang yang besar sehingga menimbulkan infeksi. Atau dapat juga disebabkan oleh gigi geraham bungsu yang terpendam di dalam gusi sehingga lama kelamaan akan menimbulkan bengkak. Hal tersebut harus segera diatas agar tidak menimbulkan komplikasi lebih lanjut.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  7. Maaf dok saya mau bertanya, gigi depan saya telah di rawat salura akar, lalu ditambal , tak terasa sakit lagi, tapi apa benar jika sudah dilakukan PSA itu gigi saya sudah tak dapat nutrisi dari gusi ? Berarti bisa saja dong gigi saya patah ? Mohon penjelasannya, sy jadi takut akan jika suatu waktu tiba2 gigi depan saya itu patah .

    • Dear Guntur,
      Memang gigi yang telah dilakukan PSA merupakan gigi yang sudah mati dan lubangnya besar. Untuk memperkuat strukturnya agar tidak mudah patah, maka dapat dilakukan pembuatan crown pada gigi tersebut.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  8. dok gigi saya ada yang berwarna coklat , sebenarnya tidak sakit tapi tidak enak jika dilihat , jadi saya ke dokter gigi untuk ditambal . tapi kata dokter akar nya harus dibersihkan dulu karna kotor . akhirnya kemarin akar nya dibersihkan dan ditambal sementara , tetapi saat malam gigi saya sakit . dan terdapat seperti jerawat di gusi nya tetapi tidak sakit . apa karna infeksi nya sudah parah ya dok ? mohon penjelasan nya terima kasih

    • Dear Asahi,
      jerawat di gusi menandakan adanya infeksi. Gigi tersebut harus dilakukan pembersihan sampai jerawatnya hilang dan tidak terasa sakit lagi. Untuk sementara dapat minum obat pereda nyeri seperti panadol untuk mengurangi rasa sakitnya. Namun jika tidak mempan, sebaiknya kembali ke dokter gigi untuk menanyakan hal tersebut.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  9. Dok saya mau bertanya , saya sudah melakukan prawatan syaraf 4 kali sampe finish dan akhirnya gigi saya sudah bisa di tambal permanen . Tapi setelah di tambal permanen . Gigi saya malah sakit lagi . Kenpa ya dok

    • Dear Citra,
      dilihat dahulu dalam 3 hari setelah penambalan apakah berkurang atau tidak rasa sakitnya. Jika tidak berkurang dan malah bertambah sakit, maka disarankan memeriksakan giginya kembali ke dokter gigi. Ada kemungkinan memang giginya belum sembuh total.

      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  10. Dok, bbrp bulan kmrn saya menjadi pasien coass fkg ui untuk perawatan saluran akar. Namun ketika ditambal saluran akarnya dgn tambalan spt jarum berwana pink, salah satu tambalan ini kepanjangan kedalam dok ketika hasil rontgen keluar baru keliatan (btw saya ada 4 saluran akar). Nah akhirnya saya dialihkan ke drg yg sedang melakukan pendidikan spesialis di fkg ui juga. Saya baru kesana 3x pertemuan dan baru dibongkar tambalannya 1 saluran akar (karna drgnya sendiri gatau 1 atau 2 yg sudah diambil). Namun saya ga balik lg ke sana karena biaya (waktu itu mahasiswa coass yg nanganin saya janji mau tanggung jawab semua tp ternyata dia ga bisa tanggung:( dan kalo misalnya pun saya ngeluarin biaya mahal mending ke rs sekalian dibanding harus sm drg coass jg. Sementara skrg tambalan sementara saya sudah mulai menipis. Apakah ini harus ditindak lanjuti lg ya dok?

    • Dear Vani,
      memang sebaiknya dilanjuti saja perawatannya, karena jika tidak tuntas ada kemungkinan timbul sakit kembali.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

    • Sutar,

      Sebaiknya segera periksakan gigi anda ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  11. Dok, akhir tahun lalu sya melakukan perawatan akar gigi, seharusnya saya kembali dalam krun waktu 2 minggu, tapi sya bru kembali setelah 2 bulan dan seperti akar buatan (warna putih) masuk ke saluran dan tidak bisa diambil keluar. yg sya mau tanyakan efek dan dampak apa yg nantinya mempengaruhi ya dok? Karena benda trsebut tdak bisa diambil keluar.
    Terima kasih. .

    • Dear Anis,
      Sebaiknya memang perawatan akar diselesaikan agar tidak timbul sakit lagi. Cobalah periksa ke dokter gigi spesialis konservasi gigi yang lebih ahli dalam melakukan perawatan saluran akar, untuk mengetahui apakah benda putih itu dapat diangkat atau tidak.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  12. Dok, baru2 ini saya melakukan perawatan saluran akar, baru tahap pertama dan gigi saya diberi tambalan sementara kemudian saya disuruh dtg lagi mnggu depan, pada hari saya melakukn perawatan gigi saya tidak sakit namun hari berikutny gigi saya yg ada tambalan sementara ny terasa ngilu dan gigi sebelah ny jga ikutan ngilu, apakah itu wajar dok?

    • Dear Dewi,
      jika ngilunya hanya sedikit, kemungkinan disebebkan karena reaksi obat saja. Namun jika terasa sangat ngilu, sebainya diperiksa kembali dan juga gigi sebelahnya perlu diperiksa apkah ada lubang atau tidak.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  13. dok gigi depan saya dulu sempet rawat saluran akar 2x,trus ga di lanjutin. sekarang agak bengkak dan ngilu. kemarin saya lanjut rawat lagi kata dokter harus 4x lagi. apakah bisa reda bengkak ny dok? uda 1x rawat dan agak ngilu,apa ini efek rawat nya?

    • Dear Karin,
      perawatan tersebut bertujuan untuk menghilangkan bengkak dan mencegah bengkaknya kambuh lagi. Untuk itu sebaiknya Karin menjalani perawatannya sampai selesai dan bengkaknya reda. Rasa ngilu itu jika hanya sedikit mungkin hanya efek obat. Namun jika rasa ngilu atau sakitnya berlebihan sebaiknya kontrol kembali ke dokter gigi tersebut.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  14. Selamat sore dok , gigi saya pernah ditambal. Namun ternyata gigi tersebut pecah lagi sedikit. Pas ke dokter dicoba buka tambalan lama, bolong nya udah 1/4 bagian dr gigi. Namun saat di bersihkan tidak sakit, tetapi saya disruh perawatan saraf. Apakah perlu saya perawatan meskipun gigi saya tidak sakit dan tidak bengkak? Apakah efek jika saya tidak melakukannya dan langsung menambal? Terima kasih dok.

    • Alvin, sebelum dilakukan tindakan perawatan gigi diperlukan pemeriksaan terlebih dahulu baik itu secara pemeriksaan klinis maupun pemeriksaan secara radiologis ( rontgen gigi) jika diperlukan. Kemungkinan dokter yang merawat melihat dari pemeriksaan klinis dan rontgen gigi tersebut sudah berlubang sampai ke syaraf gigi sehingga diperlukan tindakan perawatan syaraf terlebih dahulu sebelum ditambal, bila hal ini tidak dilakukan maka infeksi pada gigi tersebut dapat meluas sehingga dapat menimbulkan bengkak dan masalah lain di kemudian hari. Gigi tersebut pada waktu dibersihkan mungkin saja tidak terasa sakit karena syaraf giginya sudah mati akibat infeksi.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Mery Cahyadi
      Dentia Dental Dentist Team

  15. 1 bulan yg lalu saya tambal ulang gigi depan, awalnya tidak ada masalah apapun. tp setelah 2minggu, gigi dpn mulai terasa ngilu walau hanya minum air dlm keadaan normal. beberapa hari yg lalu ngilu sempat hilang, namun sekarang gigi saya malah sakit pada pangkalnya bila tersentuh benda apapun termasuk bersentuhan dgn gigi bawahnya. bahkan jika menghirup udara dr mulut pun akan terasa sakit. ttp saya tidak merasakan sakit gigi yg terus menerus, sakit hanya jika disentuh saja. ada apa dgn gigi saya, dan apa yg harus saya lakukan? terima kasih

    • Putri,
      sebaiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk melihat kondisi gigi, dan jika diperlukan pemeriksaan dengan rontgen gigi untuk mengetahui kedalaman lubang gigi. Jika gigi terasa sakit kemungkinan sudah mengenai syaraf gigi maka diperlukan perawatan saluran akar terlebih dahulu sebelum ditambal.

      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Mery Cahyadi
      Dentia Dental Dentist Team

  16. mau tanya Dok. saya sdh prawatan saluran akar 2x. slth prawatan yg ke-2, baru sehari saya mrasakan tambalan sementara ada sdikit bagian yg terlepas..apakah perlu ke dokter lagi untuk ditambal ulang?
    atau menunggu jdwl prawatan slanjutnya (dijadwalkn 2minggu stlh prawatan ke-2)?
    trimaksih

    • Dear Fitria,
      Ada baiknya kamu kembali ke dokter gigi untuk di cek,apakah tambalan sementara yang terlepas hanya bagian atasnya saja ataukah hingga ke bagian yang sedang dirawat..Tindakan yang harus diambil pun tergantung dari sebanyak apa tambalan sementaranya terlepas.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Marsellina Soenarto
      Dentia Dental Dentist Team

  17. Bertanya Dok, gigi geraham saya bagian kiri atas mengalami gusi turun, sakitnya nyeri, kalo dipakai mengunyah sakit sekali, sdh diberi resep dari Drg, utk minum obat antibiotik Clindamycin HCL dan Penghilang Nyeri Diclofenac Sodium. Sdh minum 3 hari sesuai anjuran, tetap saja sakit nyeri nggak berubah. Bagaimana cara diatasinya Dok? Terima kasih.

    • Dear Heri,
      Sebaiknya diperiksa penyebab pastinya. Kemungkinan karena saraf gigi nya terganggu dan harus dilakukan perawatan saluran akar di dokter gigi untuk menghilangkan sakit nya.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  18. Apakah gigi seri mati bisa dilakukan perawatan saluran akar gigi?
    Klo gigi mati yg akarnya dicabut, apakah bisa dipakai behel?
    Atau lebih baik dicabut?

    • Dear eucha,
      Gigi yg sarafnya sudah mati namun sisa jaringan sehatnya msh banyak, dpt dipertahankan dgn perawatan saluran akar dan dpt dipasang behel (perawatan ortodontik) seperti biasa.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini SP SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

  19. Dok,2 hr lalu geraham atas saya patah 1/4bagian,sy ke drg dng harapan langsung ditambal krn gigi tsb sblmnya tdk pernah sakit.stlh diperiksa drg bilang saya perlu psa dan ditambal sementara.sehari stlh psa saya merasa sgt sakit dan gusi saya mengeluarkan cairan(mirip nanah),saya agak takut krn pd saat tanya apa yg akan saya rasakan stlh psa sang drg bilang gak apa2 jd gk ada obat apapun yg dikasih.saya mau tanya apa hal yg saya alami merupakan reaksi yg umum dr psa dan biasanya berapa hari?berbahaya kah jika kunjungan berikutnya lebih dr 1minggu sejak psa pertama dilakukan?mohon jawabannya,dok.tks

    • Melfine,

      Bila ada gangguan lebih baik segera kunjungi dokter gigi anda untuk mendapatkan tindakan yang tepat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  20. Dok, kta dokter saya kena infeksi saraf gigi. Lalu di tambal sementara Dan harus balik lg setelah jerawat di gusi nya hilang. Tpi sudah mau sebulan blm hilang2 dok, udh hilang trs ada lagi. Kata dokter nya memang agak lama. Apa emg seperti itu dok?

    • Dianty,
      untuk perawatan saluran akar gigi ( perawatan syaraf gigi) memang diperlukan beberapa kali kunjungan ke dokter gigi smpai infeksi tersebut sembuh dan keluhan hilang. Sebaiknya kembali ke dokter gigi untuk melanjutkan perawatan sampai tuntas.
      Demikian penjelasan kami.

      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Mery Cahyadi
      Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Esa,
      Kemungkinan besar harus dilakukan PSA untuk menghilangkan rasa ngilu tsb. Sebaiknya diperiksa dulu oleh dokter gigi untuk ditentukan perawatan yang tepat.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke S. SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  21. Dok saya mau tnya.. gigi graham saya sudah 1 tahun lalu di rawat saluran akar dan tambal permanen.. namun beberapa bulan sehabis di tambal giginya ada sedikit pecah tapi tidak menganggu.. tp stelah satu tahun di tambal gigi saya terkadang ada merasakan sedikit sakit tiba2.. jd apa ya dok sebabnya karna sudah di rawat saluran akar dan sudah berjalan setahun tp mendadak ngersain sakit tiba2.. trims

    • Dear Meri,
      Sakitnya ada 2 kemungkinan. Karena giginya pecah atau karena memang kambuh lagi . Jika karena lambuh lagi, mungkin harus dilakukan perawatan ulang oleh drg spesialis konservasi gigi.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso, SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  22. Selamat siang, Dok. Saya sedang melakukan perawatan saluran akar (baru satu kali pemeriksaan) karena tambalan gigi saya pecah dan kalau digunakan makan sakitnya sampai ke kepala. Yang ingin saya tanyakan, sebelumnya saya sudah pernah melakukan perawatan akar untuk gigi yang lain dengan dokter yang berbeda. Dan perawatan selalu ditutup dengan tambalan sementara. Nah, untuk yg kali ini dokternya tidak melakukan tambalan sementara, dok. Saya tanya apakah bisa dipakai makan, kata beliau bisa (padahal kalo disentuh dengan lidah saja rasanya ngilu). Saya kemudian dikasih antibiotik, pain killer, dan anti radang.

    Apakah memang ada prosedur perawatan saluran akar yg tidak ditutup dengan tambalan sementara? Apa itu tidak akan menyebabkan kuman masuk karena giginya terbuka?

    Terimakasih.

    • Dear Afril,
      Terkadang pada pertemuan pertama dan jika memang diperlukan, akan dibiarkan terbuka dulu untuk membuang gas yang terbentuk di dalam gigi akibat proses pembusukan. Setelah gasnya keluar biasanya sakitnya akan berkurang. Namun, memang gigi yang terbuka tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Pada pertemuan kedua sebaiknya dilakukan penambalan sementara.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso, SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  23. Hai Dokter,

    Gigi geraham saya pecah setengah dan berlubang. Kata drg, ditambal saja karena masih ada sedikit dentin (juga didukung hasil rontgen) . Belum seminggu saya mengunyah keras lalu timbul rasa sakit nyut2 dan berangsur hilang. Saat ini, paling saya fungsikan mengunyah yang lembut. Kondisi gigi ketika tidak digunakan saat ini terkadang tidak ada rasa, terkadang ada rasa “linu” sangat kecil dan tidak bikin stres.

    Dapatkah saya menunggu 6 bulan atau setahun agat dentin tertumpuk banyak dulu sehingga tidak ada rasa sakit ketika mengunyah keras? atau harus segera PSA? Bukankah harus sakit ketika gigi diketok, atau muncul pembengkakan akibat bakteri baru lanjut PSA? FYI, saya 3x sehari sikat gigi dengan pasta yang ada anti bakteri (apa ini yang bikin tidak ada pembengkakan, padahal sudah mesti PSA). Mohon jawabannya Dok :) Terima kasih sebelumnya.

    • Dear Fajar,
      Jika nantinya rasa ngilu nya sering sekali muncul dan mengganggu atau timbul rasa sakit pada gigi tersebut, sebaiknya dilakukan PSA. Namun jika tidak ada keluhan pada gigi tersebut, tidak perlu dilakukan PSA.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso, SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  24. Dok mau tanya, hampir 2 mnggu yg lalu sy pasang jacket crown d gigi seri atas sy, 2 hr pertama alhmdulillah ga bermsalah,. Msalahnya saya ada mkan cireng, yaa stelahh itu sy rasakan sakit yg luar biasa dok, bahkn tersentuh lidah sja sakit…
    Udah balik k drg saya lagi, kta drg nya gpp ga mslh dgn crownnya hnya mungkin msh trauma pas terbentur saat kcelakaan…d tmbahinn dosis antibiotikny dok sma ttp d ksih obat nyeri nadik, tetep aja mnurut sy ga mmpan… kira2 knpa yaa dok ??? Apkah ada obat yg sekiranya lebih paten untuk sy konsumsi megingatt sakit yg luar biasa td dok… ???? Mohon pencerahannya krna sy msh awam dgn mslah gigi dok…terima kasih

    • Dear Rini Irmah,
      apakah sebelum dipasang jacket crown, gigi tersebut dilakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu? jika belum, kemungkinan besar memang akan mengakibatkan sakit. Apalagi jika riwayat gigi tersebut adalah karena terbentur pada saat kecelakaan. Biasanya gigi yang terbentur, sarafnya dapat mati dan menyebabkan sakit. Kemudian perlu diperiksa apakah benturan tersebut mengakibatkan patah pada bagian akar gigi. Segeralah periksa ke dokter gigi spesialis Konservasi gigi untuk memeriksakan gigi tersebut dengan lebih seksama.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  25. Dok, saya sudah perawatan saluran akar, namun dari 4 saluran akar ada 1 yang terus berdarah meski sudah dibersihkan, ktnya kemungkinan karena di dokter sblmnya tindakan dilakukan di tempat yg tidak seharusnya, salah lokasi akar. Dokter yg skrg blg kondisi satu saluran akar tersebut tidak bisa diobati dan hrs langsung ditutup saja, smntara 3 saluran lainnya diberi obat. Apakah tidak ada cara untuk mengobati saluran akar yg berdarah tersebut? Terima kasih..

    • Dear Nia,
      Harus diperiksa dulu apakah benar darahnya berasal dari lokasi yang salah. Jika berasal dari lokasi yang salah, dapat ditutup dengan bahan khusus. Namun jika berasal dari saluran akar, maka sebaiknya diberi obat dulu sampai darahnya berhenti. Sebaiknya dilakukan roentgen gigi untuk memastikannya atau periksa ke dokter gigi spesialis konservasi gigi.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  26. Dok gigi graham bawah saya berlubang hampir sampai akar saya takut dicabut karna akan membuat posisi gigi di sampingnya berubah. Prosedur yang lebih baik untuk perawatan gigi saya seperti apa ya dok

    • Dear Rahma,
      sebaiknya diperiksa dahulu apakah gigi tersebut masih memungkinkan untuk dipertahankan atau sudah harus dicabut. Jika masih mungkin untuk dipertahankan, maka sebaiknya dilakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu,kemudian dibuatkan crown untuk mengembalikan ke bentuk semula. Apabila harus dicabut, maka setelah dicabut dapat dibuatkan gigi tiruan atau bridge atau implant gigi untuk mengisi ruangan yang kosong akibat pencabutan. Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  27. Dok, gigi geraham kanan saya kan berlubang. Pas saya ke dokter 1 minggu lalu, dokter melakukan tambal sementara. Lalu hari ini saya ke dokter lagi, tambal-an nya dibersihkan lalu dokter bilang ini udah sampe saraf, kalo mau di tambal permanen harus perawatan dulu. Lalu pas selesai diperiksa saya lihat gigi saya malah di tambal sementara lagi? Saya periksa sekitar jam 12. Barusan jam setengah 10 saya ngemil dan saya merasa ada sesuatu yg lepas. Pas saya lihat ternyata tambal-an nya lepas sedikit. Apakah itu berbahaya?

    • Dear Devina,
      perawatan saraf gigi memang biasanya tidak dapat selesai dalam 1x pertemuan. Jika belum selesai maka akan ditutup dengan tambalan sementara terlebih dahulu. Tambalan sementara jika lepasanya hanya sedikit tidak apa-apa. Namun jika lepas semua atau lepasnya sangat banyak, segera datang untuk minta ditambal lagi.

      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  28. Dok, gigi saya kan berlubang kecil tapi dalam dok sudah sampai saluran akar dan bengkak dok jadi saya kan ke dokter, di pertemuan pertama gigi daya dibersihkan dan diletakkan kapas yg sudah berisi obat trus ditempel srmentara kemudian dokter menyarankan saya dirawat giginya sama temannya, di pertemuan kedua dengan dokter yg berbeda (teman dokter yg 1) gigi saya dibongkar yg tempelan pertama nya trus dibersihkan dan diambil kapasnya kemudian di beri obat lagi tapi obatnya berbeda dengan obat yg pertama setelah diberi obat itu rasanya denyut dok trus ngilu jadi sama dokter nya diganti obatnya pakek obat yg pertama yg dikasi sama dokter yg pertama setelah dikasi obat ngilu nya hilang dok kemudian tiba tiba dtg lagi ngilu nya tapi kata dokternya gpp itu masih ada efek dari obat yg gk cocok tadi. Setelah itu dokter ngasi obat dan obat kumur. Pas saya pulang tiba tiba denyut lagi dok tapi hilang timbul hilang timbul apalagi kalau kenak angin dok rasanya denyut campur ngilu, kemudian setelah saya minum obat yg kedua kali dan pakek obat kumur sampe sekarang uda gk denyut lagi dok. Itu kenapa bisa seperti itu ya dok? Solusinya gimana?

    • Dear Yulia,
      Pada proses perawatan saluran akar memang terkadang terasa tidak nyaman. Bisa dikarenakan efek obat yang sedang bekerja di dalam gigi, atau karena memang belum sempurna perawatannya. Tapi pada saat penyelesaian perawatan biasanya sudah tidak terasa sakit lagi.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  29. dok minggu lalu saya pasang crown gigi, namun dari dokter gigi tidak menyuruh saya utuk rontgen dan perawatan saluran akar, sekarang gusi saya terlihat rada menghitam, jika saya konsul ke dokter lain apakah harus di bongkar crown saya? karena ketika saya konsul ke dokter lain saya disarankan untuk melakukan PSA, sedangkan kalau harus bongkar crown kok rada takut ya dok.

    • Dear Tias,
      Gusi yang menghitam harus diperiksa dulu apakah akibat warna logam dari crown saja, ataukah memang dari gigi dalamnya yang sudah mati. Jika diakibatkan karena warna logam, crownnya boleh diganti dengan yang tanpa logam. Jika karena gigi di dalamnya sudah mati, maka sebaiknya dilakukan perawatan saluran akar.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  30. gigi graham atas saya bolong dan sudah sampe akar kata dokternya, dokter nyaranin prwatan akar saraf, supaya sarafnya dimatiin lalu dicabut syarafnya baru ditambal permanen.

    pertanyaan saya, jika gigi yg dicabut sarafnya otomatis giginya bakal mati dan menghitam krn tidak dpt nutrisi, apakah tidak lebih baik dari awal gigi yg berlubang itu lngsng dicabut saja tanpa harus perawatan akar saraf? mohon tanggapannya dokter

    • Dear Josua,
      Sebenarnya memang ada 2 opsi. Opsi pertama adalah mempertahankan gigi tersebut agar tidak dicabut. Yaitu dengan melakukan perawatan saluran akar. Kemudian setelah selesai bisa ditambal permanen atau dibuatkan crown Supaya warnanya putih lagi.
      Opsi kedua adalah jika gigi tersebut tidak mau dipertahankan. Alias langsung dicabut dan kemudian dibuatkan gigi tiruan atau dipasang implant gigi.
      Jadi tergantung kondisi gigi apakah harus dicabut atau masih dapat dipertahankan. Namun keputusan tetap di tangan pasien. Karena ada beberapa pasien yang lebih ingin mempertahankan gigi karena merasa gigi asli lebih nyaman dibandingkan dengan gigi tiruan. Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  31. Saya mau tanya dok, kmrn itu saya dalam tahap mematikan saraf gigi. Tapi sampai skrg tuh dimulut saya terasa ada rasa obat rasa nya pahit, gak ilang2, mungkin dr obat yg digunakan untuk memtikan saraf ya dok? Bahaya ga sih dok klo tertelan?

    • Dear Arin,
      Jika ada rasa obat sebaiknya kembali ke dokter gigi lagi karena ada kemungkinan tambalannya bocor sehinhha harus diganti tambalannya.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  32. dok… gigi taring atas saya kan patah sedikit, lalu oleh dokter 1 x perawatan dan pertemuan kedua sya minta tambal pemanen. Tapi setelah di tambal, kenapa gigi disebelahnya menjadi nyilu apabila mengunyah dan bersentuhan dgn gigi bawah. lalu sekarang inipun giginya menjadi sensitif makanan manis dan agak nyeri…kenapa ya dok?

    • Dear Ida,
      Perlu diperiksa kembali apakah ada lubang di gigi sebelahnya. Gigi itupun harus diperiksa apakah kondisinya masih sehat atau saraf giginya sudah mulai sakit.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  33. Dok, apa efeknya jika tidak melakukan perawatan akar pada gigi yg bolongnya sdh ke syaraf dan langsung melakukan penambalan?

    • Dear Eka,
      Jika langsung melakukukan penambalan, tidak menutup kemungkinan suatu saat akan terjadi pembengkakan pada gusi di sekitar gigi tersebut.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  34. Dok, sy sudah PSA kedua, tapi kenapa malah lebih bengkak dr yg sebelumnya? Saat PSA pertama memang 3 hari sesudahnya terasa sakit, lalu sesudahnya msh bs sy tahan, tp ini sesudah PSA kedua kenapa lebih sakit lagi? Sedangkan jadwal PSA ketiga masih lama (libur lebaran). Apa sy hrus segera kembali ke drg atau tunggu 3 hr dlu seperti saat PSA pertama?
    Terima kasih

    • Christin,
      Bila giginya mengalami masalah menjadi lebih sakit, segera kunjungi dokter gigi, tidak perlu menunggu 3 hari lagi.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

    • Shali,
      Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Sebaiknya gigi dipertahankan bila masih dapat dilakukan perawatan.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  35. Dok rabu kemarin saya baru saja dr dokter gigi padahal gigi saya sudah ada benjolan berisi nanah disamping gigi berlubang, tapi saya disuruh datang tanggal 3 untuk perawatan selanjutnya & diberikan obat, saya takut terjadi apa apa dok.. apa itu tidak apa apa dok menunggu 2 minggu?

    • Dear Shali,
      Benjolan tersebut memang berisi nanah (abses) dan obat antibiotik akan membantu untuk mengurangi bengkak tersebut. Namun yang perlu diperhatikan bakteri atau kuman yang menyebabkan nanah tersebut masi ada pada saluran akar gigi tersebut. Gigi tersebut memerlukan perawatan saluran akar yaitu pembersihan kuman-kuman penyebab infeksi pada saluran akar dan pengisian saluran akar tersebut. Sehingga jika penyebabnya tidak diatasi maka seusai konsumsi antibiotik bengkak tersebut dapat muncul kembali. Pastikan segera melakukan perawatan saluran akar.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid R.H.
      Dentia Dental Dentist Team

  36. Selamat malam dok.
    Saya mau tanya, gigi geraham Kanan kiri saya bermasalah. Yg kanan dikarenakan gigi bungsu tumbuh secara tidur sehingga menabrak gigi depannya dan sekarang berlubang dan menimbulkan sakit yg luar biasa kata dokter itu dikarenakan sudah kena bagian saraf.
    Sdgkn gigi kiri saya berlubang besar sudah lama, dan sekarang terjadi infeksi bakteri didalam lubang tersebut seperti abses dan giginya sudah sedikit goyang.
    Yg ingin saya tanyakan, untuk gigi kiri mending di cabut atau dilakukan penambalan?
    Dan untuk gigi kanan saya yg sudah terkena saraf sebaiknya ditindak lanjuti seperti apa ya dok?
    Saya tidak bisa makan di sebelah kanan maupun kiri
    Terima kasih

    • Nuraeni,

      Segera kunjungi dokter gigi untuk perawatan gigi anda yang sudah bermasalah.
      Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat.
      Gigi geraham bungsu dengan posisi tidur sebaiknya dicabut, untuk gigi geraham bila memungkinkan lebih baik dilakukan perawatan saluran akar gigi daripada dicabut.

      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

      • Baik dok. Saya kebetulan sudah ke dokter gigi menurut beliau gigi bungsu yg tumbuh agak tidur tidak perlu dicabut karena masih bisa melakukan perawatan yg jadi masalah hanya gigi depan yg jdi berlubang akibat makanan sering terselip dan itu bisa dilakukan perawatan dimatikan sarafnya agak tidak terlalu sakit dan bisa dilakukan tambalan. Kl keputusan yg saya ambil tidak mencabut gigi bungsu saya tidak apa apa dok?

        • Nuraeni,

          Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat, sebaiknya dilakukan rontgen gigi sehingga lebih jelas.
          Demikian penjelasan kami, semoga membantu
          Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

          Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

          Terima kasih,
          Dentia Dental Dentist Team

  37. Pagi dok, kebetulan gigi depan saya dulu sakit banget dan terjadi pembengkaka didaerah bawah hidung sampe bibir bagian ataspun membesar. Kata dokternya kemungkinan ada gas yang terperangkap dan dibuat lubang kecil dan dikasih obat serta disuruh rotgen. Setelah dirotgen saya gak balik lagi kedokter yang pertama kali, namun ganti dokter soalnya biayanya mahal. Kata dokter kedua akar giginya baik2 saja. Ditambal lah gigi yang sempat dilubangi kecil tersebut. Setelah beberapa bulan ternyata bengkaknya timbul lagi diarea yang sama dibagian bawah hidung sampe bibir atas. Kalau ditekan sakit dibagian bengkaknya, giginya gak sakit. Kalau gak ditekan gak sakit. Tapi tetep gak enak aja karena bengkak keras gitu. Pernah kedokter umum disuntik da dikasih obat sehari langsung mengempes, tapi ini kambuh lagi. Itu kenapa ya dokter?

    • Dear Anah,
      sebaiknya dilakukan perawatan saluran akar pada gigi tersebut karena telah mengalami infeksi sehingga menyebabkan bengkak. Jika tidak dilakukan perawatan saluran akar maka akan kambuh kembali. Untuk perawatan saluran akar, disarankan berobat ke dokter gigi spesialis konservasi gigi (Sp,KG)
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  38. Dok kenapa gusi saya bengkak dan bernanah setelah melakukan perawatan saluran akar gigi ini sudah 2 hari bengkak dan ada nanah nya sya haru nunggu jadwal drg sya di sabtu besok.
    Apakah hal ini wajar dok, gigi dan gusi terasa sakit bgt obat yg saya minum mefinal dan itu lumayan bisa tertahan sakitnya..

    • Dear Luly,
      Ada kemungkinan masih terdapat infeksi pada gigi tersebut sehinggga timbul nanah. Atau bisa juga disebabkan karena giginya ada yang patah sehingga sakit dan bernanah. Sebaiknya segera ke dokter gigi untuk diperiksa.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  39. Slmat malam dok
    Hari kamis kmarin say pergi kedokter karna gigi sya bnar bnar sakit,lalu saya d periksa dan mmang sbnarnya sudah cukup lama gigi saya berlubang
    Setelah itu dilakukan perawatan gigi ,dan juga tambal sementara
    Namun gigi yg di tambal sakit bila di gunakan untuk makan ,dan tambalannya pun sudah hampir habis,dan baru kamis depan saya di suruh balik lagi untuk cek
    Trmkasih dok

    • Apa yg harus saya tanyakan nnti dok saat akan cek kamis depan,lalu apakah wajar bila dalam proses perawatan gigi yg sedang d tambal semntara terasa sakit bila di gunakan untuk makan ?

    • Erik,

      Sebaiknya segera kunjungi dokter gigi anda, tidak perlu menunggu sampai jadwal kunjungan berikut karena anda merasakan sakit.
      Diinformasikan saja ke dokter gigi anda, apa yang anda rasakan.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  40. Hallo dok saya mau tanya, waktu kecil gigi sy sempat terbentur keras hingga retak. Lalu dibawa ke dokter gigi dan hanya ditambal. Skrg 3 gigi saya warnanya agak gelap dan Kadang kalau badan sdg drop, 1 diantara 3 gigi tsb pasti ngilu dan sakit. Skrg juga di langit2 mulut ada benjolan kecil yg kadang kempes kadang sakit. Apabila sy tekan dgn lidah seperti ada air didlm dan sakit menjalar ke gigi yg bermasalah. Kira2 solusi utk gigi sy apa ya dok? Rawat akar di ke 3 gigi tsb atau hanya yg selalu sakit. Kemudian lebih baik di crown atau veneer ya dok? Trima Kasih banyak sebelumnya ya dok.

    • Dear Christu,
      Solusinya adalah dilakukan perawatan saluran akar pada ketiga gigi tersebut. Setelah itu dapat dibuatkan crown atau veneer tergantung mana yang lebih cocok dengan struktur gigi saat ini.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  41. Selamat siang dok. Tahun 2013 ada 2 gigi geraham (geraham bawah nomor 2 dr belakang dibagian kanan dan kiri) saya yg rawat saluran akar. Sudah dirawat keduanya hingga ditambal permanen dan sampai skrng gigi saya trsebut tidak sakit. Namun gigi trsebut tidak sisa utuh saat ditambal, karena saat rawat saluran akar gigi trsbut hampir sebagian patah. Jadi gigi aslinya itu hanya di pinggir gigi dan setengah bagian gigi saja. Bbrpa hari belakangan ada bagian gigi asli itu yg patah dok. Diliat dr giginya juga sprtinya gigi aslinya sudah rawan utk patah lagi sisanya. Apa yg harus saya lakuin ya dok? Btw, saya ga mau gigi geraham saya ini dicabut, krna mnurut saya gigi geraham sangat penting peranannya dalam mengunyah makanan. Mohon responnya dok.

    • Dear Veronica,
      jika kondisi giginya masih memungkinkan untuk dipertahankan, sebaiknya segera dipasang pasak dan dibuatkan crown pada gigi tersebut.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  42. dokter, gigi saya bolong dan telah dilakukan penambalan sementara. seminggu kemudian dokter bilang untuk melakukan kunjungan selanjutnya. namun karena beberapa hal, saya tidak bisa melakukan kunjungan tepat waktu. berapa lama tambalan sementara aman, dan dapat bertahan hingga bisa dilanjutkan tahap penambalan selanjutnya?

    • Dear Prim,
      tambalan sementara mungkin dapat bertahan sekitar 2 minggu atau lebih. Tergantung dari besar kecilnya tambalan. Lama kelamaan tambalan sementara dapat menipis atau bahkan dapat lepas. Oleh sebab itu, jika memungkinkan kembalilah ke dokter gigi pada jadwal yang ditentukan.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  43. Dok, gigi saya bolong dan harus perawatan saluran akar. Akhirnya saya dirujuk kerumah sakit. Ketika saya melakukan perawatan gigi dibiarkan terbuka dan katanya kalo makan disuruh nutup pake kapas, sampe pertemuan terakhir gigi saya ditambal tapi sementara dan dokternya malah bilang harusnya dicabut dan mau kembali kesini gapapa gausah jg gapapa. Akhirnya saya milih gk balik karna sibuk sekolah, tapi kenapa ya kok masih bengkak aja bahkan sampe sekarang. Saya bingung harus gimana, usia saya masih muda jadi eman kalo mau cabut gigi

    • Dear Aulya,
      Harus diperiksa dahulu apakah kondisi giginya memang sudah tidak daoat dipertahankan lagi dengan cara dilakukan perawatan saluran akar. Terkadang pada kondisi tertentu, gigi sudah tidak dapat diobati lagi sehingga tetap menimbulkan bengkak. Sebaiknya Aulya konsultasi dengan dokter gigi spesialis konservasi gigi. Apabila dokter tsb mengatakan gigi tsb tidak dapat diobati lagi, maka sebaiknya dicabut agar bengkaknya tidak bertambah parah. Setelah itu akan dibuatkan gigi tiruan atau gigi implant supaya tidak ompong.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  44. Dok, saya 4 hari lalu ke dokter gigi baru penambalan sementara. Dan seminggu kemudian jdwal utk perawatan saraf lagi. Tp hari ini tambalannya lepas dikit. Karena saya kelupaan td buat ngunyah. Tp ini tidak terasa sakit sama sekali. Apakah sya perlu kembali ke dokter gigi tersebut hari ini?

    • Dear Anis Anifah,
      Jika tambalannya lepas sedikit saja, tidak masalah jika tidak hari ini ke dokter gigi. Namun jika lepasnya banyak (lebih dari setengahnya) sebaiknya segera datang kembali.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>