PERAWATAN YANG DIPERLUKAN SETELAH BLEACHING

drg. Anastasia Elsa Prahasti, SpKG

Di zaman yang semakin maju dan pengetahuan masyarakat semakin luas cakupannya, kebutuhan akan kedokteran gigi estetik pun semakin meningkat.. Salah satu permasalahan estetik gigi adalah pewarnaan (diskolorasi) pada gigi geligi. Untuk itu, perawatan bleaching menjadi hal yang cukup diminati oleh masyarakat.

Selain efek estetik dari proses bleaching yaitu menghasilkan tampilan gigi yang lebih putih, bleaching juga memiliki efek menurunkan kandungan kalsium, fosfat dan fluoride dari email gigi. Kehilangan kekerasan mikro ini diawali dengan demineralisasi, dimana terjadi protonasi fosfat dalam email dan atau dentin. Hal ini mengakibatkan gigi kehilangan ikatan kalsiumnya.

Untuk pencegahan hal ini, maka ada baiknya bila melakukan aplikasi fluoride setelah perawatan bleaching. Produk yang mengandung fluoride telah banyak diteliti dan memiliki efek positif berhubungan dengan pencegahan karies dan penghambatan erosi gigi. Fluoride membuat reaksi berkebalikan dari demineralisasi. Fluoride mampu mengkatalisis remineralisasi menggunakan kalsium dari saliva sehingga menggantikan substansi yang hilang saat demineralisasi.

Lebih jauh lagi, lesi yang sudah terlihat sebagai “white spot” dan menyebar ke dentin dapat di-rematerialisasi dan diperbaiki dengan fluoride.

2 thoughts on “PERAWATAN YANG DIPERLUKAN SETELAH BLEACHING

  1. Dok, apakah setelah melakukan perawatan saluran akar dan pemasangan crown. Si glutaperca sama crownnya itu bertahan permanen?

    • Dear Lia,
      gutaperca dan crown dapat bertahan permanen selama memang tidak ada kebocoran dan tidak menimbulkan rasa sakit. Namun perlu dilakukan pemeriksaan rutin berkala untuk memastikan bahwa kondisinya masih bagus.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,

      Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>