PERMEN YANG BAIK UNTUK GIGI…ADA ATAU TIDAK??

drg. Ricke Santoso

ADA… Xylitol jawabannya. Dahulu kita menganggap bahwa permen sangat tidak baik bagi gigi, namun sekarang tersedia permen yang baik untuk kesehatan gigi, yaitu permen yang mengandung xylitol.

Bagaimana awal mula terjadinya lubang pada gigi?

Kerusakan gigi sebagian besar diakibatkan oleh dua faktor yaitu makanan (terutama gula) dan bakteri. Kerusakan gigi dimulai dengan adanya plak yang menempel pada permukaan gigi. Plak terdiri dari bakteri, sisa makanan yang membusuk, gula, protein, dan air liur. Bakteri mengubah karbohidrat (gula) menjadi asam yang dapat merusak gigi. Asam pada plak menyerang lapisan gigi bagian luar sehingga terbentuk lubang kecil pada email. Pada tahap awal, lubang ini tidak terlihat. Apabila terus dibiarkan, lubang akan terus berkembang.

Apa itu xylitol?

Semula, xylitol hanya digunakan sebagai pemanis alternatif untuk penderita diabetes. Kini, pemanis itu juga banyak digunakan untuk menjaga kesehatan gigi. Xylitol merupakan sejenis pemanis alami yang terdapat dalam serat beberapa jenis buah dan sayuran seperti plum, raspberi, stroberi, kembang kol, dan bayam. Saat ini dijual permen karet yang mengandung xylitol.

Apa saja manfaat dari xylitol??

Penggunaan xylitol akan memicu produksi air liur yang mengandung banyak mineral penting bagi email gigi dan dapat memperbaiki lapisan gigi bagian luar. Sebuah riset di Amerika menyatakan bahwa xylitol mampu menekan jumlah bakteri penyebab kerusakan gigi, menghambat pertumbuhan plak, menekan keasaman plak dan mempercepat proses pembentukan kembali mineral gigi. Sifatnya yang sulit difermentasi menyebabkan xylitol menjadi substrat yang tidak baik bagi pertumbuhan bakteri. Mekanisme inilah yang sebenarnya menjadi alasan mengapa xylitol dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang merugikan. Demikian dijelaskan dalam sebuah majalah Dimensions of Dental Hygiene edisi Maret 2006. Xylitol juga mempunyai rasa yang cukup enak, menghasilkan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan sukrosa atau gula pasir (1gr xylitol=2,4 kal). Sedangkan 1 gram sukrosa menghasilkan 4 kalori.

Oleh karena itu, jangan takut untuk mengkonsumsi permen yang mengandung xylitol karena banyak manfaatnya untuk kesehatan gigi. Ada baiknya mulai sekarang kebiasaan buruk mengemil, kita ganti dengan mengunyah permen karet yang mengandung xylitol. Selamat mencoba.  Untuk menjaga kesehatan perawatan mulut dan gigi tetap lakukan pemeriksaan secara berkala ke dokter gigi anda, minimal 6 bulan sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>