SEANDAINYA GIGI DAPAT TUMBUH KEMBALI

by drg. Mery Cahyadi

images-4 Seringkali timbul pemikiran seandainya gigi yang telah dicabut atau tanggal dapat tumbuh kembali. Sayangnya sampai saat ini ilmu kedokteran gigi belum berhasil membuat penelitian agar gigi asli dapat tumbuh kembali, untuk ke depannya tidak ada yang tahu. Akan tetapi, masih ada solusi lain untuk menggantikan gigi yang telah dicabut sehingga seolah-olah ‘tumbuh’ kembali. Gigi yang hilang dapat digantikan oleh Dental Implant (implant gigi).

Apa yang dimaksud dengan dental implant?
images-8

 

 

 

 

Dental implant merupakan ‘akar gigi’ buatan yang berbentuk seperti sekrup ( screw ) ditanam di dalam tulang rahang untuk menjadi penyangga bagi gigi tiruan mahkota ( crown ) atau mahkota tiruan jembatan ( bridge) yang berdiri sendiri tanpa mengasah gigi-gigi asli disebelah gigi yang hilang tersebut.

Dental implant terbuat dari bahan titanium yang dapat diterima oleh jaringan tubuh sehingga menjadi satu kesatuan dengan tulang rahang kita ( osseointegration ).

Keuntungan dental implant dibanding gigi tiruan konvensional adalah :
– dental implant terasa seperti gigi asli.
– lebih bertahan untuk jangka panjang
– mempertahankan tulang rahang sehingga tidak ‘menciut’
– tidak perlu mengasah gigi-gigi sebelah.
– lebih nyaman
– dapat mengunyah lebih baik.

Apakah semua orang dapat dipasang dental implant?
Untuk pemasangan dental implant perlu dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh terlebih dahulu. Kondisi tubuh secara sistemik juga perlu diperiksa. Pasien dengan kelainan sistemik yang terkontrol berpengaruh terhadap keberhasilan dental implant. Untuk mengetahui apakah kondisi anda dapat dipasang dental implant lakukan konsultasi dengan dokter gigi. Keahlian dokter gigi merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan pemasangan dental implant.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>