Smile …. or Not

Drg Dwi Suryanti Kurniawan

artdwi13artdwi2


Senyuman adalah komunikasi yang lebih universal dibandingkan dengan bahasa dari beraneka ragam negara.

Senyum merupakan jendela hati kita, karena suasana hati seseorang tercermin dari senyuman.

Menurut survei yang dilakukan oleh AACD (American Academy of Cosmetic Dentistry) yang menyimpulkan bahwa:
•    99,7% warga Amerika percaya bahwa senyum merupakan aset sosial yang penting.
•    96% orang dewasa percaya bahwa senyum yang menawan membuat seseorang lebih menarik terhadap lawan jenis.
•    74% orang dewasa percaya bahwa senyum yang kurang menawan dapat menghambat karier seseorang.
•    88% menyatakan bahwa mereka lebih mengingat seseorang dengan senyuman yang menawan.

Sama halnya juga dengan survei yang dilakukan di Australia yang menyimpulkan bahwa 9 dari 10 orang percaya bahwa senyum yang menawan merupakan aset yang penting, sekitar 90% baik pria dan wanita lebih mengingat seseorang dengan senyum yang sehat dan menawan. Survei tersebut juga menyimpulkan bahwa 8 dari 10 orang percaya bahwa senyum yang kurang menawan dapat mengurangi ketertarikan seseorang terhadap lawan jenis.
Pada survei yang dilakukan oleh London Guildhal University, sebanyak 11.000 orang mengungkapkan bahwa seorang yang menarik memperoleh 13% lebih banyak kesempatan dalam berkarier dibandingkan dengan orang yang kurang menarik.

Saat kita tersenyum, persepsi seseorang terhadap orang lain mulai terbentuk baik dari keramahan, kepribadian, status sosial, dan tingkat intelegensi seseorang. Namun apakah seseorang yang memiliki senyum yang kurang menawan adalah orang yang tidak ramah, mempunyai status sosial yang rendah, atau tingkat intelegensinya kurang? Pantaskah seseorang yang tidak mempunyai senyum yang menawan menjadi rendah diri dan kurang percaya diri dalam pergaulan dan karier?
Oleh karena itu, Cosmetics Dentistry hadir untuk mengatasi masalah tersebut. Ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi  terus berkembang sehingga berbagai teknik dan prosedur yang ada kini dapat mengatasi hampir semua masalah yang berkaitan dengan kecantikan dan kesehatan gigi

pict1dwiPicture 1a. Before                                               Picture 1b. After

pict2dwi2

Picture 2a. Before                                                         Picture 2b. After

Dari contoh kasus diatas jelas terlihat perbedaan yang mencolok pada gambar sebelum dan sesudah dilakukan perawatan gigi. Dengan susunan dan bentuk gigi yang telah diperbaiki, maka tidaklah mustahil untuk memiliki senyum yang menawan sehingga kesempatan dalam pergaulan sosial dan karier pun sepertinya bukan suatu momok yang harus dihindari.

TERSENYUM!… ATAU TIDAK, bukanlah suatu pilihan yang sulit untuk saat ini. Konsultasikanlah masalah kesehatan dan kecantikan gigi anda, kami akan berikan solusinya.

DRG. DWI SURYANTI KURNIAWAN | DENTIA DENTAL CARE CENTER

15 thoughts on “Smile …. or Not

  1. Dear Dokter Dwi…
    dalam memperoleh senyum terbaik saya harus lakukan perawatan pada gigi..saya usia 16thn,punya problem dok pada gigi depan saya setelah kecelakaan lalu dioperasi rahang atas 3 bulan lalu..tp sekarang lengkung sebelah kanan jd melesek ke dalam.saya berniat mengganti gigi yang hilang sebagian dgn gigi palsu tp gigi yang sisa posisinya tidak baik…mohon saran dok apa sebaiknya yg hrs sy lakukan untuk 2 gigi depan kanan yg posisinya tdk baik…Terima kasih…wassalam

    • dear Diana..
      Terimakasih sudah mengirim pertanyaan..
      Mengenai posisi yang melesek, bisa diakibatkan dari bergesernya gigi atau patahnya tulang rahang, atau bahkan gabungan keduanya. Perlu diketahui pasti keadaan penyebab meleseknya posisi gigi Anda. Posisi ini pada dasarnya masih bisa diperbaiki, bila sesaat setelah kecelakaan gigi Anda berubah posisi, maka drg akan mengembalikan posisi gigi Anda dan mempertahankan posisi yang sudah baik ini. Bila posisi melesek didapat dari patahnya tulang rahang, maka drg spesialis bedah mulut akan melakukan tindakan operasi untuk mengembalikan posisi tulang rahang tersebut ke posisi yang seharusnya. Namun dari pernyataan Anda, posisi melesek ini terjadi setelah Anda melakukan operasi tulang rahang 3 bulan lalu, keadaan ini sebaiknya Anda konsultasikan kembali pada dokter yang mengoperasi Anda.
      Tentang masalah gigi palsu, ada beberapa macam gigi palsu, ada yang lepasan, permanen, maupun dental implant. Bentuk, macam, posisi dalam mulut, ukuran, serta warna dari gigi palsu pun akan disesuaikan dengan keadaan Anda. Untuk mengetahui gigi palsu apa yang cocok untuk Anda, sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan dokter gigi Anda.
      Terima kasih, Dentia Dental Dentist Team

  2. Dear Dr. Dwi

    Saya ingin sekali memperoleh senyum menawan, apakah masih mungkin di usia 27 tahun saya baru memulai.
    Permasalahannya adalah ada gingsul di bagian atas kanan., hal tersebut juga menyebabkan gigi bertumpuk.
    Apakah itu membutuhkan operasi khusus?
    Terima Kasih.

    • Enno,
      Untuk mendapat senyum yang menawan tidak dibatasi umur, apalagi umur anda masih 27 tahun. Susunan gigi tentu saja dapat diperbaiki tetapi butuh tidaknya operasi harus dilihat apakah masalahnya hanya di gigi atau di tulang rahang anda. Semua itu membutuhkan pemeriksaan klinis dan rontgen foto untuk analisa kasusnya sehingga dapat ditentukan perawatan yang tepat.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center.
      Terima kasih, drg. Yeanne Rosseno, Cosmetic Dentist, Dentia Dental Dentist Team

  3. Dear dr.dwi,

    gusi bagian depan saya sangat turun,sehingga ketika tersenyum,terlihat kurang bagus,apakah dapat di treat dengan veneer?
    berapa kira2 biaya untuk melakukan veneer?

    termia kasih

    • Marisa,
      Gusi yang turun memang menyebabkan gangguan pada estetik krn gigi akan terlihat memanjang, untuk mengatasinya adalah dengan melakukan koreksi gusi/periodontal. Veneer digunakan bukan unt memperbaiki gusi yang turun tetapi digunakan untuk menyeragamkan panjang gigi sehingga gigi dengan gusi yang turun tidak terlihat lain sendiri . jadi semua gigi diturunkan gusinya dan kemudian ditutup dengan veneer. semoga jelas dan dapat dimengerti.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center.
      Terima kasih, Dentia Dental Dentist Team

  4. Dok, saya mau nanya nih. Kira-kira perawatan gigi apa yang harus saya jalani? Kasus gigi saya sedikit mirip dengan gambar ke-6 dari atas di testimonial Aesthetic Restoration. Hanya saja gigi depan saya agak miring ke dalam. Kira-kira bentuknya seperti buku yang terbuka. (hehehe). Kira2 bagaimana saran dokter? Apa harus di reshaping dan veneer? Atau harus menggunakan behel? Saya benar2 mengharapkan jawaban Dokter. Yah, biar bisa sekalian menyiapkan budget.

    • Maria,
      Jika susunan gigi yang tdk baik hanya 2-6 gigi depan dan menginginkan hasil yang sangat cepat sebaiknya dilakukan veneer atau crown. Tetapi jika hampir semua susunan gigi yang tidak baik maka sebaiknya dirawat dengan ortodonti / kawat gigi. Reshaping hanya untuk mengoreksi bentuk gigi yang kurang proporsional dan tidak dapat untuk memperbaiki susunan gigi.
      Untuk menentukan perawatan yang tepat, harus diperiksa secara menyeluruh dengan melihat wajah, susunan gigi geligi, fungsi pengunyahan, rontgen foto dan cetakan susunan gigi yang kamu inginkan.
      Semoga bermanfaat,Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center.
      Terima kasih, drg. Yeanne Rosseno, Cosmetic Dentist, Dentia Dental Dentist Team

  5. dok saya mau nanya apakah bisa diperbaiki dengan kawat gigi rahang miring ke kiri jadi keliahatan wajah saya tidak simetris…apakah bisa ya dok..
    tks jawabannya

    • dear Yanti,

      Penggunaan kawat gigi bukan hanya untuk mempercantik penampilan, tapi dapat juga menunjang kesehatan seseorang, tapi sebelumnya harus dilihat terlebih dahulu penyebab rahang yang asimetri itu karena apa, apakah karena gigi, skeletal, otot wajah atau kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat pula menyebabkan rahang menjadi asimetri.
      Kemudian, dari penyebab itu, barulah dapat direncanakan perawatan untuk Yanti, apakah hanya dengan penggunaan kawat gigi atau mungkin membutuhkan perawatan lainnya.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat….
      Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991, 5635992, 5632831.
      Terima kasih, drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team.

  6. Dok,istri saya kalau tersenyum rahangnya miring ke kiring dan mata sebelah kanan cipit,tolong jawabannya ya dok

  7. Dok,istri saya kalau dy tertawa rahang bawahnya miring ke kiri,dan mata sebelah kanan jadi cipit,tetapi kalau diam wajah kelihatan normal,tolong solusinya ya dok

    • Fadli,
      Kemungkinan ada masalah dengan susunan gigi geligi, sendi TMJ atau otot wajah pada istri anda… sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih detail untuk mengetahui penyebabnya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team

        • Fadli,
          Bapak dapat berkonsultasi ke dokter gigi specialis prostodonti atau bedah mulut yang berkompeten dalam perawatan sendi TMJ.
          Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.
          Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
          Terima kasih, Drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>