Sudah Saatnyakah Mengganti Tambalan Lama Gigi Anda?

by drg. Trini Santi Pramudita

Seorang wanita berkonsultasi kepada dokter gigi, dan ia disarankan oleh dokter tersebut untuk mengganti tambalan giginya. Padahal wanita itu merasa bahwa giginya tidak sakit dan tambalannya masih baik. Wanita itu bertanya-tanya, mengapa ia perlu mengganti tambalan giginya?

Tambalan gigi memang tidak bertahan selamanya di dalam mulut. Perkiraan umur tambalan komposit (tambalan sewarna gigi) adalah lebih dari 10 tahun, seperti yang dikatakan Drake dkk. Namun, dalam buku “Change Your Smile” memberikan estimasi antara 5-8 tahun tergantung dengan jenis restorasi dan tingkat kooperatif pasien.

Jadi, bagaimana mengetahui sudah saatnya mengganti tambalan dengan yang baru? Banyak pasien menunggu sampai gigi sakit untuk mencari pengobatan. Sayangnya pada saat keadaan ini, akan diperlukan perawatan yang lebih kompleks seperti melibatkan perawatan saluran akar sebelum akhirnya gigi dapat direstorasi kembali.

Kerusakan pada tambalan dapat berupa celah yang sangat kecil. Pasien mungkin tidak mengetahui, terutama bila kerusakan itu belum menimbulkan keluhan rasa nyeri. Dengan adanya celah ini, partikel makanan dan bakteri penyebab pembusukan gigi dapat masuk dan terkumpul dibawah tambalan. Keadaan itu menimbulkan kerusakan atau karies gigi sekunder. Kerusakan yang tidak diketahui dan tidak ditangani bisa memicu infeksi pulpa gigi. Kondisi tersebut akhirnya menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Misalnya, kematian gigi dan timbulnya pembengkakan.

Untuk memperpanjang umur dari tambalan, juga tergantung dari pemeliharaan dirumah. Menyikat gigi dengan teratur akan mencegah penumpukkan sisa makanan dan plak yang menempel pada gigi dan merusak tambalan. Minum-minuman seperti kopi, teh, kola, juga dihindari karena dapat menodai daerah yang telah ditambal dengan komposit. Begitu pula dengan merokok, penggunaan tembakau juga harus dihindari karena selain dapat merubah warna gigi juga dapat mempengaruhi kesehatan rongga mulut. Perubahan warna pada resin komposit dapat terlihat pada gambar dibawah ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

Umur tambalan juga dipengaruhi oleh kebiasaan pasien mengunyah, menggigit, grinding gigi, penggunaan sikat gigi yang keras, pasta gigi yang abrasif. Selain itu, atas alasan estetik terkadang penggantian tambalan lama yang berwarna kehitaman dapat diganti dengan sewarna gigi, dengan indikasi terbatas.

 

 

 

 

 

 

 

Jangan ragu untuk temui dokter gigi anda dua kali setahun untuk pemeriksaan dan pembersihan. Dengan pemeriksaan yang seksama dan dibantu rontgen foto gigi, dokter gigi dapat memberi informasi apabila terdapat kerusakan pada tambalan gigi anda. Tak hanya mengembalikan fungsional gigi, namun anda juga dapat memiliki senyum yang menarik. Untuk informasi dan perawatan gigi anda, hubungi Dentia Dental Care Center, klinik perawatan gigi keluarga anda.

 

Ref:

  1. Dale, Barry G.,  Kenneth Ascheim. Esthetic Dentistry : a Clinical Approach to Techniques and Materials. 2nd ed. 2001. Mosby : New York.
  2. Goldstein, Ronald E. Esthetics in Dentistry. 2nd ed. 1998. BC Decker Inc: Canada
  3. http://dailyclinic.blogspot.com/2012/04

 

371 thoughts on “Sudah Saatnyakah Mengganti Tambalan Lama Gigi Anda?

    • Dear Mohammad,
      Perubahan warna dpt diperbaiki. Pilihan perawatannya disesuaikan dgn penyebab gigi tsb berubah warna. Untuk itu, perlu diperiksakan terlebih dahulu. Tim dokter gigi kami siap membantu.Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S.P. SpKG
      Dentia Dental Dentist Team

  1. Dok 1 tahun yang lalu gigi 26 saya pernah di tambal perawatan saluran akar lalu di tambal permanent. setelah itu beberapa bulan lalu saya merasakan sakit gigi pada gigi yang sudah di tambal dan saya periksa giginya ada yang retak di tambalannya berarti tumpatan rusak. lalu saya minum obat pereda nyeri setelah sembuh nyeri muncul lagi dan sembuh lagi setelah itu gusi mengalami pembengkakan. Apakah penyebabnya dari gigi yang sudah di tambal bisa rusak? Apakah tumpatan rusak harus segera di ganti? Dan apakah bengkak pada gusi di akibatkan dari gigi yang tumpatannya sudah rusak?

    • Dear Shelvia,
      Pembengkakan tersebut bisa karena 2 hal. Yang pertama, karena giginya mengalami retak atau patah. Yang kedua, adanya infeksi ulang pada gigi tersebut. Gigi yang sudah dilakukan perawatan saraf sebaiknya diberikan restorasi yang lebih kuat dibandingkan hanya sekedar ditambal biasa. Hal ini dimaksudkan untuk untuk mencegah patah atau retaknya gigi yang sudah rapuh setelah perawatan saluran akar.
      Tumpatan yang rusak sebaiknya segera diganti untuk menghindari kerusakan yang lebih meluas.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

    • Hallo dok… gigi yang hitam akibat keropos.. Tapi pernah ditambal apakah ada penanganananya agar kembali putih lagi. Maksud saya agar warnanya kembali sperti semula

      • Dear Vera,
        Pemeliharaan tambalan gigi dapat dilakukan dengan pembersihan seperti layaknya gigi biasa dengan sikat gigi dan flossing. Perlu diamati perubahan warna yang terjadi pada tambalan atau terdapat bayangan hitam di bawah tambalan. Namun jika tambalan tersebut sudah berubah warna maka hanya dapat dikembalikan warnanya dengan melakukan penambalan ulang.Semoga informasi ini membantu ya Vera.
        Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

        Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

        Terima kasih,
        Drg. Astrid Dinda Hutabarat
        Dentia Dental Dentist Team

  2. Dok mau tanya, baru sekitar 3 minggu yg lalu saya tambal gigi depan, memamg cuma sedikit. Tapi kok sampe skrng kl minum dingin itu ngilu ya. Trs tiba² dibelakang gigi yg ditambal jd terasa kasar². Itu kenapa ya dok?

    • Dear Vay,
      Terkadang setelah ditambal tjd hipersensitivitas, umumnya tdk berlangsung lama dan perlahan akan membaik. Kemudian rasa kasar2 bila mengganggu maka dpt dilakukan pemolesan kembali pd gigi yg ditambal. Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S. P. SpKG
      Dentia Dental Dentist Team

  3. Dok -/+ 10 thn lalu gigi saya ditambal, lalu skrg sudah ada lubang dan kemarin lepas bekas tambalannya. Apakah bisa ditambal lagi?

    • Wakhid,

      Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat supaya cepat ditangani, mungkin diperlukan perawatan saluran akar untuk lubang tersebut.

      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  4. Dok gigi saya yang depan 7 tahun lalu di tambal, lalu muncul kuning kuning di samping tambalan gigi. Apakah bekas tambalan bisa dihilangkan?

    • Samuel,

      Sebaiknya kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan penanganan perawatan yang tepat, kunjungi dokter gigi minimal 2 kali dalam setahun untuk pemeriksaan reguler. Tambalan yang sudah 7 tahun sebaiknya segera diperiksakan apakah penyebab timbulnya kuning2 tersebut.

      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  5. Dok, sekitar 3/4bln yg lalu gigi saya pernah dilakukan perawatan saluran akar dan sampe sekarang masih dalam proses perawatan. Namun beberapa minggu yg lalu hingga sekarang saya merasakan ngilu pada gigi yg masih dlm proses perawatan ini. Ngilu nya timbul ketika minum air dingin atau ketika berkumur. Apa penyebabnya dan sebaiknya apa yg harus dilakukan dok? Selain itu gigi saya ini mengalami perubahan warna karna pernah infeksi, dokter menyarankan untuk dilakukan pasak. Tapi apabila melakukan pasak, gigi ini bisa dipasangkan behel atau tidak dok? Terimakasih sebelumnya

    • Shellyn,

      Segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan penanganan perawatan yang tepat.
      Pasak berbeda dengan behel, pasak untuk tambalan sedangkan behel adalah kawat gigi yang berfungsi untuk merapikan gigi.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  6. ass dok 11 thn yg lalu gigi bagian belakang bawah saya ditambal tapi sekarang kalau pns dlam suka sakit solusi nya gimana ya dok? kalau di cabut bisa ga ya?

    • Dear Gina,
      Diperiksakan ya apakah tambalannya msh bagus atau tdp bocor yg spt menyebabkan gigi terasa sakit kembali.Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini SP SpKG
      Dentia Dental Dentist Team

  7. selamat malam dok .saya mau tanya masalah gigi saya ini sudah hampir 2 minggu gigi bekas ditambal saya kok sakit y padahal kemaren saya sudah kedokter gigi lagi buat tanya kedokternya kenapa dia bisa sakit kata dokternya biasa kalo habis tambal gigi kok sampai sekarang giginya suka sakit y dok padahal sebelum saya tambal walaupun bolong giginya alhamdllah gak pernah sakit tapi kok saya tambal mala sakit dok

    • Dear Fenti,
      Hipersensitivitas kerap tjd paska penambalan gigi, yg akan mereda seiring wkt. Kontrol evaluasi bs dilakukan dlm 3 bln. Bila rasa sakit semakin hebat, maka ada kemungkinan lubang sdh dalam hingga perlu dirawat syarafnya.Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S P. SpKG
      Dentia Dental Dentist Team

  8. Salam dok, sy mau tanya nih, 3 thn yg lalu gigi dpan ku habis ditambal dan tambalannya lumayan banyak krna gigi ku diperkecil,, trus skrg gigi yg habis di tambal itu mulai berubah warna dan jelas banget beda nya sama gigi yg di sampingnya,, kira2 gigi yg habis ku tambal itu bisa di veneer gak dok, dan kebetulan gigi ku yg bagian atas agak berantakan??
    Trima kasih,,

    • Cimma,

      Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Gigi yang tambalannya sudah lama dan berubah warna bisa di veneer atau di crown, silahkan kunjungi klinik kami untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat.

      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  9. Anak saya gusi ny bengkak 1 bulan kemudian setelah tambal gigi,dokter menyarankan agar tambalan ny di bongkar,tp anak saya mengalami trauma dok,sudah 3x dokter yg berbeda beda saya datangi,terakhir ke dokter gigi spesialis anak masih juga ketakutan,apa ad cara untuk menangani pasien yg ketakutan berlebihan seperti ini,karena saya khawatir dengan bengkak d gusi ny yg tak kunjung sembuh.terimakasih

    • Dear Novi,
      Persiapan saat dirumah sangatlah penting dalam mengkondisikan anak yang sudah mengalami trauma ke dokter gigi. Di rumah anak perlu disiapkan hal hal positif yang membuat relax saat ke dokter gigi, ( tidak di takut takuti) diajak berpikir kedokter gigi adalah tindakan yang menyenangkan. Pujian atas progress yang dilakukan anak setiap tahapan juga penting untuk meningkatkan kepercaya dirian anak tersebut. Jika traumanya berat sebaiknya datang pada kondisi yang terbaik, mood anak sedang baik, tidak dalam kondisi kesakitan dan mungkin pertemuan pertama hanya ngobrol atau bermain agar anak tersebut merasa nyaman dahulu pada lingkungan klinik. Pendekatan terhadap anak berbeda-beda sesuai dengan usianya. Tapi akan diusahakan selalu agar anak merasanya nyaman terlebih dahulu dan memiliki rasa percaya terhadap dokter giginya.

      Untuk kondisi gusi yang bengkak memang tidak bisa sembuh hanya dengan pemberian obat saja karena akan berulang. Sehingga tindakan untuk pembongkaran tambalan memang diperlukan. Semoga informasi ini membantu ya Novi. Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid D
      Dentia Dental Dentist Team

  10. dok saya habis tambal gigi karena berlubang didepan,setelah 1setengah bln gigi hasil tambalan saya terasa nyerii sakit ini sangat menyiksa,sakit pada tambalan gigi saya ini karena tambaln gigi kurang bagus atau retak?
    bagaimana jawaban dokter dan apa cara mengatasinya

    • Dear Jhia anty,
      Diperiksakan kembali ya apakah tambalan msh dlm keadaan yg baik atau lubang sdh dalam shg kuman sdh masuk dan merusak syaraf gigi.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S.Pramudita SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

  11. Dok, saya nambal gigi udah 2 bulan yg lalu. Trus sekarang gigi yg di tambal itu sakit banget sampe di kepala sakitnya. Udah mnum obat penghilang nyerih tapi masih sakit. Trus gigi yg di tambal ini kalo ngunyah mkanan sakit banget, dan kalo minum air atau sikat gigi ngilu juga. Gimana ya dok? Mkasih

    • Chrisa,

      Segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat, obat penghilang nyeri bukan solusi yang tepat, itu hanya solusi sementara.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  12. Dok saya mau tanya gigi geraham saya udah ditambal tetapi ada patahan di samping tambalan,apakah masih bisa dibersihkan dan ditambal lagi?apakah biayanya mahal?

    • Dear Rollandi,
      Tambalan dapat diperbaiki bila pecah shg kembali spt sediakala. Mengenai biaya tergantung dari besar kecilnya tambalan, diperlukan pemeriksaan langsung.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S. Pramudita SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

  13. Dok mau tanya knpa ya gigi aku berlubang tpi msh ad giginya mungkin sisa tpi dilubangnya itu mengalami bengkak aku udh 2 kepuskesmas katanya hrs segera dicabut tpi harus disuntik,puskesmas yg lain ktanya itu mau ad gigi yg tumbuh nanti sisanya akn keoas sendiri tpi sdh lma gak tumbuh² sebaiknya gimna dok???

    • Maulidaaryanti,

      Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat, bila masih dapat dilakukan perawatan saluran akar sebaiknya gigi tersebut tidak dicabut tapi dirawat, segera kunjungi dokter gigi.

      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  14. Dok mau tanya, saya tambal gigi bagian depan karena awalnya berlubang & warna hitam (sebenarnya tidak sakit). Stlh ditambal saya kurang suka hasilnya karena warna terlalu putih. Apakah bisa tambalan gigi permanen dibongkar? Kalo misal dibongkar, kan gigi saya dibor sedikit apakah menimbulkan ngilu stlh dibongkar?

    • Dear Ervina,
      Warna tambalan dpt diperbaiki dgn menambal baru, prosesnya sama dgn yg pertama.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S. Pramudita SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

    • Linda,
      Maksudnya mau mengganti tambalan gigi? Silahkan kunjungi klinik kami.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  15. Malam dok, bbrp tahun yg lalu gigi depan saya pernah di tambal bagian dalam jd lengket/menyatu antara dua gigi. Skrg saya ingin pasang behel karena gigi2 saya miring2 yg atas,apakah bisa rapi mengingat gigi saya ditambal lengket atau menyatu dok

    • Dear Sansan,
      jika tambalan tersebut menempel pada kedua gigi dan gigi tersebut ingin digerakkan pada arah yang berbeda maka tambalan tersebut akan menghalangi pergerakan.
      Dokter yang memasang behel/alat orthodonti diberikan informasi saja agar tambalannya diperbaiki. Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  16. Dok setahun lalu gigiku yg dpan aq tampal krn keclakann tp kok smpai skrg gigi yg ku tampal gusi atasx sakit ya trs kadang timbul bintulan kecil d gusi…bahaya gak it dok?

    • Fenny,
      Bila ada rasa sakit dan timbul bintulan kecil kemungkinan ada abses di gusi, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  17. Sekitar sebelas tahun yg lalu gigi saya di pasang crown, yang didalamnya berwarna hitam yang lapisan luar berwarna seperti gigi, tp smakin lama bagian luarnya menghitam, sementara crown gigi masih kuat dan tidak ada sakit. Apa bisa crown gigi saya itu diganti, agar saya lebih pede

    • Dhika,
      Crown yang sudah lama dan berubah warna memang harus diganti, silahkan kunjungi klinik kami.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  18. Dok saya mai txx.. tahun lalu ggigi saya ditambal..tapi sekarang warnax mulai kuning…mgkin karena kebiasaan saya memakan sirih pinang… apa ada cara bisa diputihkan lagii pakai bahan2 alami..atau gimana yah dok ?

    • Dear Marlin,
      Pemutihan gigi atau bleaching dpt dilakukan utk mencerahkan warna gigi kembali. Efek perubahannya cukup baik dan bertahannya cukup lama dgn maintenance yg baik.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini Pramudita SpKG
      Dentia Dental Dentist Team

  19. Siang Dok..
    Maaf mau tanya dok..
    Sekitar 7 bulan yang lalu saya menambal gigi graham bawah, trus kemarin ketika makan gigi tambalan yang dipinggir ada yang patah dan terasa ada lubang kecil, dan belum menimbulkan rasa nyeri..
    Yang mau ditanyakan, apakah gigi tambalan yang berlubang itu bisa langsung ditambal lagi..? Atau tambalan itu semuanya harus di bongkar dan di ganti tambalan yang baru..?
    Terima kasih Dok..

    • Dear Hadi,
      Tdp 2 cara utk memperbaiki gigi yg tambalannya pecah, yaitu dgn hanya memperbaiki bagian yg rusak atau membongkar semua dan ganti tambalan baru bila dinilai tambalan yg lama msh baik dan tdk ada kebocoran. Harus dilakukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S. Pramudita SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

  20. Dok.saya mau tanya 12thn yg lalu gigi sya dtambal permanen..awal nya baik2 saja tapi kenapa skrg terasa sakit dan kadang terasa gatal bila sehabis makan apa sebaik nya gigi tambalan ini dibongkar karna sdh terlalu lama atu bagaiman?trmakasih

    • Shinly,
      Tambalan yang sudah terlalu lama harus diperiksa ulang, diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat.
      Sebaiknya periksakan gigi secara regular, min 2 x dalam setahun.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

    • Boleh2 saja jika misalkan gigi ada tambalan kemudian dipasang kawat gigi. Tentu saja dengan catatan ketika nanti di akhir perawatan behel dilepas ada kemungkinan tambalan bisa rusak.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Steiven A. MKes
      Dentia Dental Dentist Team

  21. Dok saya mau tanya apakah sehabis tambal gigi kita bisa makan dan sikat gigi..apakah sikat giginya harus dengan perlakuan yang khusus kalo sudah ditambal..??masalahnya saya baru tambal gigi taring kiri kanan belum sebulan yg kanan lepas, saya kedokter lagi trus ganti tambalan…ini blum 2 bulan pasangannya yg kiri retak kyaknya nak lepas jg..soalnya makan dan sikat gigi suka ngilu..trus brapa kali sebuh gigi bisa ditambal atau kapan sebaiknya gigi dicabut aja dan pakai gigi palsu..

    • Dear Romasta,
      Menyikat gigi tidak membuat tambalan lepas, bgmnpun sikat dan teknik menyikat giginya. Kalau tambalan lepas terus menerus maka perlu dievaluasi lagi mungkin lbh tepat bila gigi dipasangkan crown/jaket gigi dan dilakukan pengecekan gigitan utk eliminasi faktor gigitan berat yg dpt menyebabkan lepasnya tambalan gigi.
      Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S. Pramudita SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

  22. Dok,gigi saya bulan lalu patah karna kcelakaan dan satu minggu kmudian saya ke dokter dan kata dokter nya mau dicabut apa dilakukan perawatan saraf.dan saya tanya baik nya dokter aja gimana..kata dokter nya terserah klo mau cpet ya dicabut dan karna saya gak tau dan panik juga akhir nya gigi saya dicabut. Dan setelah di cabut gigi saya sbelah nya dikecilin satu buat pnyangganya trus ada semacam besi buat pnyangga gigi yg ompong.yang saya mau tanya berbahaya kan besi semacam logam itu?

    • Dear Dewi Rostika,
      Semua alat dan bahan kedokteran gigi yg digunakan oleh dokter gigi yg berkompetensi tentunya telah melalui penelitian dan tes utk keamanannya dlm pemakaian di rongga mulut. Umumnya utk sebagian besar orang dpt diterima dgn baik, kecuali bila tdp alergi thd bahan2 tertentu. Bila tdp tanda2 gatal, merah atau bengkak maka konsultasikan pd dokter gigi kembali.
      Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S. Pramudita SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

  23. Dok, skitar th.2009 saya mngalami kerusakan gigi seri atas, shg gigi seri yg kiri hrs ditambal smpai separo gigi, dan yg kanan tdk smpai separo.
    Stelah ditambal, gigi saya tmpk lbh bagus dan rapi, tdk terlihat tmbalannya. Tp selang bbrp bulan garis batas gigi asli dan tambalan mulai terlihat dan skrg smkin jelas. Dan lg, bagian atas yg dekat dg gusi berwarna hitam. Apakah sbaiknya diganti tambalannya? Atau bgmna ya dok?

    • Dear Endang,
      Perlu dilihat terlebih dahulu garis batas yang terlihat hanya staining atau terdapat kebocoran pada tambalan. Jika hanya staining maka hanya memerlukan pemolesan, namun jika terdapat kebocoran pada tambalan maka tambalan lama perlu dibongkar dan ditambal ulang. Semoga informasi ini cukup menjelaskan ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  24. Dok,empat bulan lalu gigi depan saya patah dan harus di ganti dengan gigi palsu. Tapi sekarang gigi palsu itu berwarna hitam di bagian atasnya. Apa ada cara untuk kembali seperti awal?

    • Dear Puspa,
      Perlu diketahui gigi palsu tipe yang seperti apa untuk mengetahui perubahan warna terjadi pada gigi atau gigi palsunya.
      Sebaiknya Puspa segera periksakan agar dapat diketahui apakah warna dapat hitam tersebut dapat diperbaiki.
      Semoga informasi ini cukup menjelaskan ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  25. pagi Dok, 3 tahun yang lalu gigi seri atas saya berlubang kemudian ditambal, tapi beberapa bulan belakangan ini tambalannya lepas, apakah bisa ditambal kembali?.

    • Yuni,

      Untuk gigi yang berlubang harus segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
      Sebaiknya kunjungi dokter gigi secara regular, minimal 1 x dalam waktu 6 bulan.
      Semoga informasi ini cukup menjelaskan.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  26. Dok saya pernah tabal 2 gigi depan rentan 3 thn gigi yg ditambal sebelah kanan itu nyeri apa ada tambalan yg lubang atau gara2 minum panas terus minum dingin itu dok? Bagaimana cara mengatasi rasa nyerinya dok?

    • Acha,

      Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Untuk nyeri gigi dapat disebabkan karena tambalan yang berlubang dan mengenai syaraf gigi. Untuk mengatasinya harus dilakukan perawatan oleh dokter gigi. Untuk mengatasi nyeri sementara bisa dimakan obat penahan sakit, bila diperlukan, tapi hanya bersifat sementara dan tidak menyembuhkan.

      Semoga informasi ini menjelaskan ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  27. Dok saya mau tanya gigi depan saya bagian atas sudah lama tanggal .
    dan gigi kiri kanan nya sudah tambalan juga
    apa masih bisa dipasang gigi palsu permanen selain implant gigi..
    kalau masih bisa tipe gigi palsu yang tepat buat penangan masalah gigi saya tipe yang mana ya?

    • Oton,

      Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Untuk menentukan pemakaian gigi palsu yang tepat harus dilakukan pemeriksaan langsung, silahkan kunjungi klinik kami.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  28. Dok,, mau nanya gigi graham saya di tambal setelah perwatan akar tahun lalu trus skrg tmbalannya lepas . Apa yg harus saya lakukan dok?? Apa harus sya cabut ato tambalannya msih bisa di perbaiki?? Mohon jawabannya..

    • Ratih,
      Untuk gigi yang tambalannya lepas segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat, apakah masih bisa diperbaiki atau harus dicabut, harus dilakukan pemeriksaan langsung. Untuk gigi yang masih dapt diperbaiki akan dipertahankan, pencabutan gigi adalah alternatif terakhir.
      Semoga informasi ini membantu ya..
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  29. Dok sya mau tanya. gigi dpan sya kan satunyalubang dan stunya lgi udah ditambal skitar 6thn trus gusi nya bengkak dan diujung gigi tambalan sya kuning .Apakah sbaiknya sya ganti tambalan yg baru dan apa sebaiknya jg gigi lbang sya ditambali lgi ?mohon penjelasannya dok

    • Dear Synthia,
      Pada gigi tersebut harus dilakukan perawatan saluran akar dulu utk menyembuhkan bengkaknya. Setelah itu dapat diberi crown selongsong supaya warnanya sesuai dengan gigi sebelahnya yang masih sehat.
      Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  30. Dok… Gigi depan saya pernah ditambal 2tahun lalu dan tambalan itu lepas karena saya ngga sengaja menggigit makanan keras…
    Saya mau tambal ulang tapi saya trauma dengan bor giginya yng ngilu bukan main dok…
    Apa ada cara agar ngilunya tidak terasa dok??

    • Dear Herry,
      Agar tidak terasa ngilu saat dibor, dapat diberikan rasa baal dengan cara diberi anestesi pada gigi tersebut.
      Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  31. Dok.. seminggu yg lalu gigi depan saya di tambal dan hasil nya tidak rata, apakah bisa di lepas lagi tambalan nya dok saya ingin coba menambal di tempat lain?

    • Obie,
      Tambalan bisa diperbaiki, silahkan kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat.
      Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>