TAMBALAN ESTETIK KOMPOSIT

drg. Henny Susanty.

Sekarang ini banyak jenis bahan tambalan yang terdapat di dunia kedokteran gigi.  Salah satunya adalah bahan tambalan komposit yang banyak menjadi pilihan pasien dengan alasan utama untuk penambalan gigi depan dimana tambalan yang dahulu banyak dipakai yaitu tambalan amalgam mempunyai warna yang tidak estetis.

composite-feb2

Sesuai dengan perkembangan teknologi, bahan tambalan komposit tidak hanya untuk tambalan gigi depan, tetapi juga digunakan untuk tambalan gigi belakang. Trend ini juga karena masyarakat yang mengkhawatirkan tentang bahaya kesehatan yang ditimbulkan oleh bahan tambal amalgam yang sekarang ini masih menjadi bahan perbincangan. Tentu saja keinginan pasien untuk mendapatkan tambalan sewarna dengan gigi juga membuat perkembangan tambalan komposit semakin maju.
Tambalan komposit adalah bahan tambalan yang berbahan dasar resin dan pengerasannya dibantu dengan alat sinar halogen atau LED (Light Emitting Diode). Pada klinik ini bahan tambalan komposit yang digunakan adalah Tetric Evo Ceram dan Tetric N Ceram keluaran Ivoclar Vivadent  dengan keunggulan dimana golongan bahan tambalan tersebut termasuk dalam kategori nano hibrid, berarti campuran partikel terkecilnya sudah mencapai ukuran nano.

Keunggulan dari bahan tambalan ini adalah estetiknya yang baik, radiopak yang berarti tambalan bila di rontgen akan terihat jelas apakah ada kebocoran atau untuk mengetahui keadaan tambalan dan tambalan ini tidak cepat aus bila dipakai kunyah. Tambalan ini setelah dipoles juga mempunyai permukaan yang halus untuk mencegah akumulasi plak.

composite2-feb

348 thoughts on “TAMBALAN ESTETIK KOMPOSIT

  1. Malam dok..saya sari.saya punya keluhan di gigi depan saya bolong /keropos_mau saya tmbal tpi bingung.soal ada yg bilang tambal gigi itu.bnyak ada yg leser.estetic/kecantikan.baik nya penangan yg tepat. Buat gigi ku tmbalyg mana ya doktrima kasih

    • Dear Sari,
      gigi tersebut dapat ditambal dengan bahan sewarna gigi ( penambalan dengan bahan komposit) sehingga kembali ke bentuk semula. Namun jika lubangnya besar sekali dapat dibuatkan mahkota selongsong / crown.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG,FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  2. Siang dok…
    Saya ada keluhan pada gigi depan saya renggang,,
    Adakah cara menambal tanpa harus pasang behel
    Trus kira2 di setiap dokter bisa menambal tudak.?
    Mohon solusinya dok
    Terimakasih

    • Dear Heny,
      Tergantung dari kondisi gigi masing-masing pasien, tetapi ada kemungkinan bisa langsung ditambal tanpa dipasang ortho. Setiap dokter gigi bisa menambal.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Anna Aurelia
      Dentia Dental Dentist Team

  3. Ini gigi saya lagi dtambal yg smentara katanya 2 jam stelah d tambal baru boleh makan… dan seminggu disuruh balik lagi.. kalo misalnya mau sikat gigi tambalannya copot ga dok?

    • Riska,

      Setelah 2 jam bisa disikat giginya.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  4. Pagi dokter,Sya mau tanya dok.
    Kurang lbih 5 bulan yg lalu sy tambal gigi bagian depan dok, tpi skarang gigi sy yg dtambal rasanya gilu & kayagny agak goyang sedikit sich dok.
    Itu langkah baiknya gimna ya dok ??

    • Dwi,

      Silahkan kunjungi dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan dan perawatan.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  5. Dok. Aq punya masalah gigi 1… dulu ny di tambal lepas terus semakin lama gigi di tambal bolak balik terus jadi semakin habis karna di bor terus,,, gmn yah dok solusi ny buat pertahanin gigi aq yg tinggal sedikit,,.. biar gk sampe di cabut… posisi gigi ny di depan gigi graham dok bawah

    • Dear Ani,
      Jika tambalannya sudah sangat besar, maka sebaiknya jangan menggigit sesuatu dengan gigi depan lagi. Atau jika memungkinkan, gigi tersebut dibuatkan crown supaya lebih kuat dan tidak mudah patah.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso, SpKG, FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

    • Nur,

      Sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter gigi sehingga permasalahan dapat segera diatasi.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

    • Nur,

      Untuk tambalan yang sudah lepas, saran kami segera kunjungi dokter gigi untuk ditangani permasalahannya.

      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  6. Siang dok…saya mau tanya seminggu lalu saya menambal gigi depan saya Karna bolong Dan keropos kata dokter saya hrus mlakukan tambaln smntra untuk mematikan syaraf gigi krn bolong nya gigi saya sudah smpai terkena syaraf ..stelah 5 hari gigi saya sakit bnget dok diatas bbir saya bengkak sakit nya tak tertahan kenapa ya dok ? Trims

    • Elin,

      Untuk permasalahan kamu sebaiknya segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan tindakan perawatan yang tepat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  7. Malam dok, mau tanya, beberapa bulan lalu gigi depan saya pecah, kemudian saya ke dokter untuk ditambal, setelah ditambal saya tidak terlalu mengamati warna gigi tambalan saya, baru akhir akhir ini saya merasa bahwa gigi tambalan saya terlihat berbeda warna (lebih gelap) dengan gigi saya yang lainnya, nah bisakah warnanya diseragamkan dengan gigi yang lain? Haruskah ditambal ulang? Terimakasih

    • Dear Warren,

      Pertama tama harus periksa terlebih dahulu penyebab mengapa warna gigi nya berubah..apakah karena warna tambalannya saja yang berubah ataukah giginya menjadi nonvital.. bila hanya warna tambalannya yg berubah, dapat dilakukan penambalan ulang, tapi bila giginya menjadi nonvital, harus dilakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu. Semoga dapat membantu…

      Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut,silahkan hubungi klinik kami Dentia Dental Care Center 021-5635991 / 5632831/5130-0818

      Terima kasih, Drg Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team

  8. Gini aku sdah jatuh trus gigi aku patah setelah beberapa hari aku kedokter spesialis untuk menyambungnya dengan gigi yg palsu , ternyata gigi aku patah sudah sampai ke saraf gigi,setelah di sambung aku nyaman.tapi aku mau bertanya dok setelah beberapa minggu aku terkadang merasa ngilu….sangat ngilu….aku takut,itu gimana ya dok,,,????????

    • Dear Putri,
      Sebaiknya Putri datang untuk pemeriksaan kembali. Jika rasa ngilu semakin meningkat dan semakin sering menandakan saraf gigi Putri mengalami iritasi, mungkin karena tipisnya sisa struktur gigi
      yang ada (terlalu dekat dengan syaraf). Bila itu benar, Putri akan memerlukan perawatan saluran akar yang berfungsi mematikan saraf gigi tersebut kemudia baru bisa dipasang Crown/ Jaket.
      Semoga informasi ini membantu Putri ya.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid
      Dentia Dental Dentist Team

  9. saya pernah mengalami kecelakaan, 1 gigi depan saya patah. lalu saya ke dokter gigi & dokter membuatkan gigi palsu dgn 1/3 gigi asli saya yg patah sbg sanggahan. awalnya sempat copot beberapa kali, lalu saya ke dokter lagi dan dokter memperbaiki gigi palsu saya dgn ditambahkan semacam logam.
    1. sejak awal pemasangan, warna gigi palsunya agak gelap. dan lama kelamaan mulai maju, sangat mengurangi percaya diri saya. bagaimana solusi nya dok?
    2. usia saya 17 tahun & sudah memakai gigi ini sekitar 3 tahun. apakah boleh di ganti dgn gigi palsu permanen?

    • Dear Bila,
      Jika merasa giginya menjadi gelap, maka gigi tersebut boleh diganti dengan yang baru. Jika ingin diganti dengan gigi palsu permanen juga diperbolehkan. Kami sedang promo untuk Dental Implant.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

    • Ibrahim,

      Silahkan segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan tindakan perawatan untuk gigi yang patah.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  10. Ass…dok, saya tahun 2006 gigi paling depan saya satunya patah setengah. kemudian ditambal oleh dokter gigi atau resin komposit sehingga gigi sy dibuat kembali mirip sepeti sblm patah. Setelah krg lbih 10 th. Skrg gigi saya sdh lebih gelap dari gigi aslinya dan terdapat plak pada daerah gigi tsb. Apakah saya bisa mengganti resin komposit gigi saya dengan yang baru lagi dok? Terima Kasih dok

    • Hallo Ridha,
      Bila gigi kamu mulai berubah warna, kemungkinan besar sudah mengalami kematian pulpa, mungkin akibat trauma yang dulunya kamu alami. Sebelum direstorasi, gigi tersebut harus dilakukan perawatan saraf terlebih dahulu baru kemudian dipasang pasak (bila diperlukan). Untuk hasil yang maksimal, gigi yang berubah warna itu dapat dibuatkan crown ataupun dilakukan intra coronal bleaching supaya dapat menyamarkan warna gigi yang sudah kehitaman tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan lakukan kunjungan ke dokter gigi untuk diperiksa lebih detail agar kamu mendapatkan solusi terbaik untuk permasalahan kamu. Untuk masalah plak, dapat dibantu dengan pembersihan plak dan karang gigi oleh dokter gigi, Ridha.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Marsellina S.
      Dentia Dental Dentist Team

  11. Dok gigi depan saya udah pakai porcelain dan kemarin saya kecelakaan gigi nya yang depan patah setengah, lalu apakah bisa ditambal atau harus bagaimana?

    • Halo Heri,

      Sebaiknya anda memeriksakan keadaan gigi anda yang patah pasca kecelakaan tersebut,supaya dapat diketahui apakah patahannya sudah mengenai daerah pulpa gigi atau belum,sehingga dokter gigi dapat membuatkan rencana perawatan untuk permasalahan anda.. apakah membutuhkan perawatan saraf, pemasangan pasak untuk memperkuat struktur gigi yang tersisa ataukah hanya mengganti crown nya saja..
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Marsellina S
      Dentia Dental Dentist Team

  12. ass dok.. sy mau bertanya.. 2 gigi saya yg depan kan sudah pernah ditambal resin komposit dg cara di lapis keseluruhan gigi.. nah setelah beberap tahun warnany kan tmbh kusam sy ingin memakai crown gigi agar lebih bagus dan tidak berubah warna, tp sebelumnya sy ingin mlkukan perawatan saluran akar krn sudah dalam lubangnya (salah satu gigi trsbt sdh pernah dirawat saluran akar dan sy ingin dirawat ulang) pertanyaannya bisakan gigi yg sudah dilapis resin tersebut dibongkar tambalannya menngigat dilapos ke seluruh permukaan.. oh ya satu lagi dok, kalo mosal sudah pake crown apakah bisa copot? mengingat itu kan seperti gigi palsu pasangan? trimakasih dok

    • Dear Olive,
      gigi yang sudah ditambal komposit masih dapat dilakukan perawatan saluran akar. Crown biasanya dilem permanen pada gigi sehingga tidak perlu dilepas pasang.Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  13. Halo dokter,salam kenal. Dok jadi gini saya ada bercak putih di dua gigi depan bagian bawah dan cukup besar,ada dokter yg menyarankan utk di veneer tapi harganya terlalu mahal. Apakah ada cara lain selain di veneer?

    • Dear Merika,
      Bercak putih pada gigi depan paling memuaskan diatasi dengan veneer memang, indirect maupun direct terutama jika bercak tersebut sangat besar. Namun asumsi besar setiap orang berbeda-beda, jika tidak terlalu besar dapat ditambal dengan bahan tambal yang estetik. Merika sebaiknya datang untuk berkonsultasi langsung agar bisa dilihat kondisinya dan memilih opsi mana yang lebih nyaman untuk Merika. Semoga informasi ini membantu ya.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  14. Dok saya mau tanya, baru dua hari ini saya tambal gigi depan dengan komposit. Saat dia mengering tambalannya mulai menciut tapi sekarang malah agak goyang tambalannya. Saya harus gimana ya dok?

    • Yuan,
      Sebaiknya dilakukan pemeriksaan kembali untuk melihat kondisi tambalan bila kurang baik maka sebaiknya dilakukan penambalan kembali.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Mery Cahyadi
      Dentia Dental Dentist Team

  15. Begini dok saya mw tanya… Skitar dua bln lebih yg lalu sya tambal gigi permanen.. Tapi dua hri trakhir in gigi saya skit lagi… Itu kenapa ya dok apakah tambalan giginya kurang bagus pdhal katanya bisa smpe brtahun2

    • Dear Deasi,
      Kemungkinan gigi tersebut lubangnya sudah besar sehingga dekat dengan saraf yang ada di tengah2 gigi, sehingga setelah ditambal tetap menimbulkan rasa sakit. Atau bisa juga tambalannya bocor sehingga terasa sakit. Sebaiknya kontrol ke dokter gigi untuk diperiksa.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  16. Dok.. saya baru saja melakukan penambalan pada gigi depan (gigi kelinci) saya. namun, tambalannya sedikit tidak sesuai dengan gigi aslinya. aapakah ini lama kelamaan akan berubah menjadi sesuai dengan gigi aslinya? karena rasanya sedikit risih dan mengganjal. saya juga jadi takut tambalannya lepas saat makan.

    • Dear Reza Nina,
      Tambalan bentuk gigi kelinci biasa memang dibuat lebih panjang lebih normal karena permintaan ingin terlihat seperti gigi kelinci. Kemungkinan untuk tambalan lepas rendah, namun yang perlu dikhawatirkan adalah gigi tersebut dan gigi lawannya menerima beban kunyah lebih besar dari gigi lain. Hal tersebut dapat merusak jaringan yang mendukung gigi seperti gusi dan tulang. Sebaiknya di kontrol untuk menghindari terjadinya kerusakan tersebut. Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid D. H
      Dentia Dental Dentist Team

    • Jovanca,
      Kami tidak membahas tentang biaya di media ini, perkiraan biaya kami kirimkan via email.
      Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  17. Dok, gigi depan (gigi kelinci) saya patah kemudian ditambal dengan resin komposit (yg pake sinar itu) tapi karna gigi saya itu tidak rata sehingga tambalannya pun juga tidak rata. Rencananya saya mau meratakan gigi saya dengan memasang behel dulu.. yg saya ingin tanyakan apakah gigi tambalan resin komposit saya bisa dilepas?

    • Dear Karina,
      Jika ingin pasang behel/ pesawat orthodontic dan tidak puas dengan tambalan/veneernya lebih baik tambalan tersebut dibongkar terlebih dahulu. Pembongkaran tambalan dapat dilakukan oleh dokter dengan menggunakan bur.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  18. Gini dok. Saya kurang PD dengang gigi depan saya yg renggang…. Menurut dokter cara yg paling aman untuk merapatkan nya yg sperti apa dok? Tampa harus memasang behel.

    • Nurul,
      Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Untuk masalah minor dapat menggunakan veneer, silahkan kunjungi klinik kami untuk dilakukan pemeriksaan langsung.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  19. dok gigi depan saya patah setengah .2 gigi dok. saya ingin bertanya. apa menambal dengan resin komposit bisa atau tidak yaa?

    • Dear Juliant,
      Resin komposit dpt memperbaiki gigi dgn kerusakkan luas namun dgn syarat tertentu. Diperiksakan terlebih dahulu ya.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S. Pramudita SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

  20. Dok, tambal gigi depan dengan veneer sm gak? Gigi depan sy mulai hitam, sy browsing2 kan ada istilahnya tambal, tp wkt sy ke dokter lgs di suruh veneer.

    • Dear Linda,
      Veneer merupakan pelapisan atau penambalan pada permukaan depan gigi. Biasanya digunakan untuk menutupi warna gigi yang gelap agar terlihat lebih cerah. Sedangkan penambalan adalah penutupan pada bagian gigi yang berlubang saja. Jadi tergantung mana yang lebih cocok untuk gigi Linda.
      Semoga informasi ini cukup menjelaskan ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  21. Dok sya punya 2 prtanyaan nih..mhon dijawab yah.. Terima kasih sebelumnya dok

    -Dok kalo tambalan gigi yg dipakein laser itu bisa gak digunakan untuk bikin gigi kelinci?

    -Ada gak solusi lain untuk membuat gigi kelinci selain memakai veneer dan crown?

    • Dear Tata,
      Tambalan laser merupakan salah satu alternatif untuk membuat gigi kelinci. Namun ada batasan tertentu seberapa panjang tambalannya agar tidak gampang copot. Dan hindari menggigit dengan gigi depan setelah ditambal.
      Semoga penjelasan ini membantu.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>