TEKNIK TERBARU ESTETIK GIGI DENGAN PRINSIP MINIMAL INVASIVE RESTORATION

Dentia dentist team

Minimal invasive restoration adalah tindakan restorasi gigi dengan pembuangan jaringan gigi yang tersisa seminimal mungkin untuk mendapatkan estetika yang maksimal .

Estetika di sini tidak hanya cantik, natural tetapi juga harus memperhatikan fungsi pengunyahan dan fonetik (fungsi bicara).
Restorasi yang tidak baik pada gigi depan atas akan mempengaruhi fungsi bicara sehingga pasien akan terdengar ‘cadel’ saat mengucapkan huruf-huruf tertentu.  Oklusi (gigitan gigi geligi) harus diperhatikan saat restorasi agar gigi geligi dapat digunakan untuk mengunyah secara sempurna.
Indikasi restorasi ini adalah untuk gigi yang fraktur (gigi patah) dan caries yang besar (gigi yang berlubang ), jika masih memungkinkan dapat dilakukan restorasi sehingga tidak perlu dibuatkan crown / jaket gigi.
Dengan kemajuan teknologi saat ini tersedia  bahan-bahan restorasi  dengan esteik dan kekuatan yang tinggi,  sangat menunjang tindakan minimal invasive restorasi.
Keuntungannya adalah pembuangan jaringan gigi yang minimal dan biaya tidak semahal pembuatan crown.

Before:

Pasien anak laki-laki 10 tahun mengalami patah gigi karena terbentur saat bermain

beforeyr23

After:

Minimal invasive restoration adalah pilihan perawatan yang tepat karena usia yang masih anak-anak dan sangat disayangkan jika kasus seperti ini dibuatkan crown yang banyak membuang jaringan gigi yang sehat.

afteryr21

Before:

Pemuda 23 tahun mengeluhkan tambalan yang besar dan berubah warna.

beforeyr11

After:

sesudah restorasi .

afteryr1

Untuk informasi dan perawatan gigi anda, hubungi Dentia Dental Care Center, klinik perawatan kosmetik gigi keluarga anda.




15 thoughts on “TEKNIK TERBARU ESTETIK GIGI DENGAN PRINSIP MINIMAL INVASIVE RESTORATION

  1. met siang dok,,,
    kemarin kan saya sudah roentgen gigi…dan trnyata gigi no. 2 dan 1 saya yg di depan atas keropos dan berlubang…

    lubang tidak sbesar itu sblm gigi sya dibor oleh doktr gigi tempat saya brobat.
    untuk saat ini saya memakai tambalan smentara,,,,yg sangat saya sayangkan tambalan tersbut brwrna putih dan tidak swarna dgn gigi asli saya…akibatnya saya jd sdikit malu untuk berbicara dg orang lain,,karena gigi sya yg berlainan wrna td, dan sangat kelihtan skali perbedaannya disaat sya berbicra…

    dan saya pun berkunjung ke praktek dokter gigi yg lain dan disana dokter tsb meminta saya untuk meroentgen gigi…saya pun mlakukan permntaannya,,,,keesokan harinya saya pun kembali lg,,,dan tanpa memeriksa terlebih dahulu… dokter tsb langsung menyarankan saya untuk melakukan pemasangan Crown….

    apakah gigi saya tidak dpt direstorasi seperti kasus gigi anak yg patah diatas dok??
    karena mengingat biaya Crown gigi yg mnurut saya sAngat mahal untuk saat ini, karena saya kesulitan masalah biaya pembuatan crown dok??
    mohon bantuannya dok….

    catatan :
    gigi saya bolong separuh gigi no 2 dan separuh no 1…sehingga kesannya bolongnya besar skali dok..

    trims

    • Angeline,
      Terkadang gigi terlihat berlubang kecil di luar, kenyataannya karies (kerusakan jaringan gigi) sdh membesar di dalam. Jadi tidak perlu khawatir lubang membesar karena dibor. Tujuan dibor adalah untuk membersihkan jaringan gigi yang rusak (karies) yang banyak mengandung kuman.
      Kasus gigi anak yang patah dapat dilakukan bonding atau tambal. Tetapi gigi berkaries besar blm tentu dapat dilakukan penambalan, tergantung sisa jaringan gigi yang sehat dan vital tidaknya gigi tersebut (perlu perawatan saraf atau tidak).
      Biaya perawatan tergantung rumitnya kasus, bahan yang dipakai dan lamanya tindakan.
      Kontrol rutin ke dokter gigi tiap 6 bulan sangat diperlukan untuk upaya pencegahan rusaknya gigi walaupun tidak ada keluhan. Bagaimanapun preventif itu lebih murah biayanya daripada mengobati.
      Semoga bermanfaat.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center.
      Terima kasih, Drg.Yeanne Rosseno, Cosmetic Dentist, Dentia Dental Dentist Team

  2. malam dok. kmarin saya kecelakaan dan gigi depan saya patah 3 buah yakni 2 buah patah setengah dan satu lebih dari setengah. gimana dok solusinya?

    • Choli,
      Gigi patah bisa dirawat dan ditambal kembali asalkan tdk ada kerusakan di akar gigi tsb. Bila tdk bisa diselamatkan maka gigi tsb dicabut dan diganti dg gigi palsu.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM,FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  3. Salam, saya punya masalah gigi pecah yang mirip dengan kasus yang pertama seperti gambar diatas.Usia saya sekarang 25 tahun, apakah masih bisa di lakukan seperti diatas?, juga mohon email ke email saya ya pricelistnya.

    Terima kasih.

    • Akhmad,
      Pada kasus seperti itu, harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu,Akhmad, seperti seberapa besar gigi yang patah,apakah sudah mengenai pulpa gigi atau belum,gigi tersebut masih vital atau tidak, baru kemudian dapat dibuatkan rencana perawatan untuk Akhmad,apakah gigi tersebut dapat langsung ditambal atau tidak.
      Maaf, kami tidak membahas biaya pada media ini,untuk informasi,konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991, 5635992, 5632831.
      Terima kasih, drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team.

    • dear Ita,
      gigi depan yang jarang dapat diperbaiki dengan penggunaan kawat gigi, veneer, crown atau tambalan, tergantung kondisi gigi Ita….Ada baiknya Ita berkonsultasi dan memeriksakan kondisi gigi Ita sehingga Ita bisa mendapatkan solusi dan penjelasan yang tepat.
      Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991, 5635992, 5632831.
      Terima kasih, drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team.

  4. Minimal invasive restoration kira” harganya berapa ya dok?.. seperti anak 10 thun tersebut…
    karna saya seperti itu..

    • Jely Eply,
      Maaf kami tidak membahas soal biaya di media ini.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Ricke Santoso, SpKG, Dentia Dental Dentist Team

  5. Dokter, dulu saya pernah psa Tetapi Karna mahal dan jauh saya berhenti Saat tahap pembuatan inlay. Sekarang gigi 36 saya fraktur mahkotanya dok. Kemarin tidak sengaja oleh saya tercabut lah material untuk penyubatan akar sepertinya itu guta perca. Dan semenjak itu gigi saya agak ngilu. Menurut dokter gigi saya harus di apakah dok ?

    • Dear Brigita,
      Meninjau dari penjelasan Brigita, gigi tersebut pecahnya sangat besar sampai terasa ngilu dan guta perca dapat tertarik keluar. Jika memang benar pecahnya besar sekali, ada kemungkinan gigi tersebut tidak dapat dipertahankan alias harus dicabut. Cobalah Brigita datang ke dokter gigi spesialis konservasi gigi (SpKG) untuk dilihat‎ kondisi giginya. Sebab jika frakturnya tidak terlalu besar, mungkin saja masih bisa dipertahankan dengan pembuatan mahkota crown.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat….
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Ricke Santoso, SpKG, Dentia Dental Dentist Team

  6. apa ada cabang di daerah solo, semarang, ngawi atau sragen ? kalau tidak, apa di rumahsakit atau tempat praktek dr,gigi selain ini ada yang sudah menerapkan cara ini? gigi depan saya patah sejak sd dan sekarang ditambal biasa warnanya kuning soalnya gigi mati, tapi akarnya masih kuat sayang kalau dicabut kata dokternya,terimakasih.

    • Dear Mufti,
      Untuk penambalan estetik gigi depan dapat dilakukan di klinik atau rumah sakit yang memiliki dokter gigi spesialis konservasi gigi (Sp.KG). Tentunya gigi yang sudah mati tersebut harus dilakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu..
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Ricke Santoso, SpKG, Dentia Dental Dentist Team

  7. Dok, saya dulu smp pernah jatuh dan mengakibatkan gigi depan saya cuil sedikit dan gigi taring sebelahnya goyang. 2hari yg lalu saya akan memasang behel, stlh dilihat hasil rontgen saya ternyata gigi dpn saya yg cuil itu fraktur dan gigi taring yg goyang itu sarafnya sdh mati. Dan tindakan apa yg harus saya lakukan ? Thx dok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>