"Tips mudah menjaga tambalan gigi tetap awet" (Cavity Filling Aftercare)

by drg. Trini Santi Pramudita, SpKG

1

Anda baru saja menambal gigi dengan resin komposit?

Dapat dikatakan anda telah membuat keputusan yang tepat untuk meningkatan kesehatan rongga mulut anda. Keunggulan resin komposit adalah estetik, kekuatan yang baik dan pembuangan jaringan gigi yang minimal. Namun tahukah anda bagaimana menjaga supaya tambalan ini tetap awet? Karena sebagian besar bergantung dari pemeliharaan anda dirumah. Berikut beberapa hal yang dapat dijadikan pedoman untuk anda:

 

  •      Setelah penambalan, kapankah boleh dipakai makan?

     Tambalan resin komposit akan segera mengeras setelah penyinaran pada proses menambal. Maka, sepulang dari dokter gigi anda tidak perlu ragu menggunakannya langsung untuk mengunyah.

 

  •    Penggunaan anestesi lokal

 

Bila pada saat penambalan disertai anestesi lokal/bius, umumnya rasa baal tersebut masih menetap dalam beberapa jam. Lebih baik untuk makan setelah rasa baal hilang untuk menghindari tergigitnya lidah atau pipi secara tidak sengaja.

 

  •   Gigitan terasa “mengganjal/tinggi”?

 

Bila tambalan terasa mengganjal atau tinggi dibanding gigi lainnya, maka mungkin anda merasa tidak nyaman dan sensitif saat mengunyah. Tidak perlu khawatir, periksakan kembali ke dokter gigi anda apakah  perlu dilakukan pengasahan untuk penyesuaian gigitan / occlusal adjustment.

 

  •  Adanya peningkatan sensitivitas

2

Sensitif terhadap tekanan, udara, atau minum dingin setelah ditambal adalah  hal yang umum terjadi dan normal.

Bila memang hanya ini penyebabnya, maka dalam beberapa hari sensitivitas akan semakin berkurang dan terus membaik.

 

3

 

Namun bila rasa ini tidak membaik setelah dua minggu atau semakin tajam, maka sebaiknya diperiksakan kembali. Pada lubang yang dalam dan dekat dengan saraf gigi, maka bakteri bisa saja sudah masuk terlalu dalam dan merusak saraf gigi. Dalam keadaan ini, maka gigi memerlukan perawatan saluran akar.

 

  • Pemeliharaan sehari-hari yang baik

Tidak perlu takut merusak tambalan akibat menyikat gigi. Justru menyikat gigi dengan teratur akan mencegah penumpukkan sisa makanan dan plak yang menempel pada gigi yang merusak tambalan.

6

Begitupula dengan pasta gigi. Peran pasta gigi selain untuk membantu menghilangkan plak dan sisa-sisa makanan pada saat penyikatan gigi tersebut, kandungan fluoride di dalamnya akan membunuh kuman penyebab gigi berlubang dan membantu proses perbaikan mineral gigi. Untuk gigi berjejal maupun sela-sela gigi yang sulit dibersihkan, gunakan dental floss atau obat kumur.

  •    Sadari apakah anda memiliki bad habit?

Umur tambalan juga dipengaruhi oleh kebiasaan pasien mengunyah, menggigit, atau grinding gigi pada saat tidur. Keadaan ini dapat menyebabkan tambalan lebih cepat pecah dan aus. Pada kondisi ini, konsultasikan dengan dokter gigi anda mengenai penggunaan night guard.  Hindari juga makanan yang terlalu keras seperti kacang, atau menggigit apel dengan gigi depan yang memiliki tambalan besar.

4

Minum-minuman seperti : teh, kopi, soda, sebaiknya dihindari, karena dapat menodai daerah yang telah ditambal dengan komposit.

Begitu pula dengan merokok, karena penggunaan tembakau dapat merubah warna gigi.

 

161 thoughts on “"Tips mudah menjaga tambalan gigi tetap awet" (Cavity Filling Aftercare)

  1. Dok .saya eka.
    Td malam say periksa k dr cz gigi berlubang. Dr bilang harus dibersihkan dan di tambal sementara. D dlm tambalan ada obatnya. Jd sikat gigi pelan2 saja dan kembali 2 minggu lagi ya. Keesokan harinya tambalan td mlm lepas. Pas saya sikat gigi. Padahal sikat giginya pelan2 kok. Jadi giginya bolong. Jd apa yg hrs sy lakukan. Apa langsung kembali ke dr untuk minta di tambl lagi atau biarkan bolong sampai menunggu konsul selanjutnya. Mohon bantuan infonya ya dok. Trima kasih

    • Eka,

      Sebaiknya segera kunjungi dokter gigi anda.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  2. Gigi saya melakukan perawan pada gigi berlubang saya.. saya ikuti perwatannya, saya melalukan perawatan hingga 4 kali kunjungan ke dokter gigi.. pada kunjungan ke 4 gigi saya sudah ditambal permanen.. saya belum sempat menanyakan gigi tambalan saya itu boleh untuk mengunyah makanan yang bisa dibilang keras itu boleh dilakukan atau tidak? yg saya tahu saat terhir perawatan gigi saya boleh untuk mengunyah setelah 1×24 jam, itu saja yg saya tahu.. mohon penjelasannya

    • Dear Jiffi,
      Setelah ditambal permanen boleh makan juga menyikat gigi seperti biasa ya.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini SP SpKG
      Dentia Dental Dentist Team

  3. Dok gigi depan saya yang habis di tambal kok rasanya sedikit ngilu dan nggak nyaman ya,apa itu efek karna baru di tambal atau bagaimana?

    • Wurut,

      Bisa saja itu merupakan efek dari penambalan, dirasakan saja apakah berkurang sakitnya atau tidak, bila tidak berkurang segera kunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  4. Dok. Tambal gigi paling mahal brpa ya?? Yang bagus ?? Apakah 60 rbu udah termasuk bagus bahannya buat 2 gigi

    • Dear Min yuki,
      Maaf sekali kami tdk membahas biaya di media ini. Umumnya disesuaikan dgn besar dan luasnya kerusakkan gigi yg hrs diperbaiki.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S.Pramudita SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Indah,
      Diperiksakan kembali ya kemungkinan lubang giginya sudah dalam shg kuman sdh masuk ke syaraf gigi.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S. Pramudita SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

  5. dok,
    sy sdh 2 kali tambal gigi diarea yg sama,masalahnya blm ada satu thn sdh kembali sakit itu gigi.pdhal jg sdh berhati hati dlm pilih makan dan selalu jg kebersihan gigi.
    sy tambal gigi didokter yg berbeda. apa memang umur tambal gigi gak ada lbh dr st thn ya dok?

    • Dear Ita,
      Ketahanan tambalan gigi dipengaruhi banyak hal, seperti lokasi tambalan, tingkat kebersihan, jumlah dan kualitas air liur, tekanan kunyah dan sebagainya.
      Kemungkinan besar tambalan Ita terletak pada lokasi yang mudah mengalami kebocoran atau penumpukan sisa makanan dan plak. Lebih pastinya diperlukan pemeriksaan lengkap
      secara langsung untuk mengetahui penyebab kebocoran tambalan Ita. Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid D. H
      Dentia Dental Dentist Team

  6. dok 3 hari yg lalu gigi saya ditambal,selama 3 hari ini saya tidak merasakan sakkt,hanya ngilu2 sebentar…cuman sampai sekarang saya masih belum pakai mengunyah gigi tambalannya dok,dikarenakan saya trauma dengan sakit spontannya dok,tapi ini gigi tambalan saya kenapa terasa gatal ya dok…sekian dan terima kasih dok

    • Dear Eka,
      Gigi yang berlubang besar untuk menyembuhkan rasa nyerinya harus ditambal di dokter gigi. Obat penghilang rasa nyeri hanya dapat menghilangkan rasa sakit sementara dan dapat timbul lagi jika giginya tidak ditambal. Jika lubangnya dalam sekali, maka harus dilakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu.
      Bila saat diperiksa terasa sakit, Eka sebaiknya minta untuk diberi rasa kebal sehingga pada saat perawatan tidak terasa sakit.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  7. Dok saya sekitar 2 bulan atau 3 bulan yg lalu gigi depan saya di tambal permanen dikit sih kaya lubang semut .. tapi lama kelaman warna tambalannya jadi kuning gituu jadi beda warna sama gigi asli.. padahal saya sikat gigi 2kali sehari .. kira kira gimana yaa biar tambalan ga jadi kuning? Terimakasihh

    • Dear Adisa,
      Tambalan gigi umumnya sulit untuk berubah warna apalagi dalam kurun waktu hanya beberapa bulan. Biasanya berubahan berwarna terjadi di sekitar tambalan atau di bawah tambalan (membayang) yang merupakan tanda-tanda kebocoran (sekunder karies). Jika hal tersebut yang terjadi perlu ditambal ulang agar lubang tidak bertambah besar dan warna lebih sesuai.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid R.H.
      Dentia Dental Dentist Team

  8. Maaf saya mau bertanya saya sudah tambal gigi sebelumnya dan sekarang mau melakukan penambalan lagi atau mengganti tambalan yg lama dengan yg baru apakah bisa langsung di lakukan penambalan atau melakukan perawatan beberapa kali dulu agar bisa di ganti tambalannya terimakasih

    • Eva,
      Untuk mengganti tambalan diperlukan pemeriksaan langsung sehingga mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Perawatan beberapa kali sebelum penambalan langsung tergantung dari kondisi gigi.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  9. Dok, saya mau nanya sekitar 2 hari yang lalu saya habis tambal gigi depan saya lubangnya agak sedikit besar dan juga ada beberapa gigi di sampingnya saya ikut tambal karna sudah agak sedikit rusak juga, 3 hari setelah makan apakah boleh minum minuman yang berwarna sperti teh dll, dan kadang saya juga masih ragu buat di pake makan, jadi menyulitkan saya untuk makan dan membagi kinerja gigi saya, saya memakai tambal komposit dok, mohon solusinya dok. Terimakasih

    • Madil,

      Tambalan gigi setelah 3 hari bisa dipakai makan dan minum sebagaimana mestinya.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  10. kmrin sy tambal gigi depan dok. tpi plg dri tambal gigi 2 jam kmudian sy mkan mie instan. sy tkut trjdi apa2 dgan gigi sy. apakah tdk ap2 dok? dan jga sikat gigi hrus pelan2 atau sperti biasa?

    • Isda,

      Bila sudah lebih dari 2 jam tidak apa2 dilakukan sikat gigi seperti biasa.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

    • Faiz,
      Sikat gigi cukup dengan pasta gigi, saat ini banyak pasta gigi dengan pilihan yang baik.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  11. Saya mau nnya gigi saya berlubang ada 3 dan knp setiap kambuh gigi saya sakit nyeri dan langsung bengksk kadang ada nanahnya dibagian smping geraham

    • Citra,
      Untuk gigi yang berlubang apalagi sudah bermasalah harus segera ditangani dokter gigi, segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan tindakan perawatan. Gigi yang sudah bermasalah seperti itu karena sudah ada infeksi, segera kunjungi dokter gigi ya supaya sakitnya tidak berlanjut.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  12. Saya mau nnya gigi saya berlubang ada 3 dan knp setiap kambuh gigi saya sakit nyeri dan langsung bengkak kadang ada nanahnya dibagian smping geraham

  13. Saya jga nnya lagi kenapa saat gigi berlubang sya kmbuh ada aj efeknya enth demam bagian mata bengkak itu kenapa ya?

  14. Dok,,,
    Sebelum gigi saya ditambal gigi saya dibersihkan yang hitam² pake alat kayak bor….dan rasanya sakit sekali…..dan masih ada 1 gigi lagi yang belum ditambal apakah ada bius supaya nggak sakit dok….?

    • Dear Nico,
      Jika saat pembersihan lubang terasa sangat ngilu, maka gigi tersebut dapat dibius secara lokal anestesi, sehingga proses pengerjaan menjadi lebih nyaman. Motto klinik kami Painless system, Nico bisa berkunjung ke klinik kami.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  15. dok.. sy mau tanya, sy kan barusan nambal gigi baru sekitar 3 minggu.. kira2 untuk merawat gigi tambalannya agar tidak cepat menguning gimana ya? soalnya sy liat2 warna nya kok udah beda ya, terimakasih

    • Dear Gupita,
      Perawatan untuk menjaga warna tambalan gigi serupa dengan perawatan untuk menjaga warna gigi yaitu dengan menyikat gigi dengan cara yang benar, berkumur setelah makan/minum makanan yang berawarna serta menghindari merokok. Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Denada R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  16. dok saya beberapa minggu yang lalu ada tambal gigi depan /gigi susu 1 di karrnakan ad hitam2nya .. awalnyaemang tidak betah tapi mulai terbiasa . tapi hari ini kita makan mangga langsung dri bijinya , dan timbul rasa ngilu yg sakit itu karena apa yah ?

    • Gabriela.

      Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat, rasa sakit itu bisa disebabkan karena penambalan masih tambalan sementara belum tambalan tetap.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  17. dok mau tanya, kemarin saya tambal gigi trus saya mau langsung kawat gigi, kira kira harus nunggu berapa hari ya dok buat bisa di kawat gigi?

    • Dea,
      Jikalau tambalan nya berupa tambalan tetap. Maka bisa kapan saja untuk pemasangan kawat giginya.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Steiven A. MKes
      Dentia Dental Dentist Team

  18. Dok, kemarin saya tambal gigi depan komposit. Setelah pulang dari dokter saya makan dan minum es jeruk. Sampai dirumah gigi saya ngilu sampai sekarang. Apakah gara gara minum es sehingga gigi saya ngilu ?

    • Dear Elisa,
      Sensitivitas paska penambalan gigi kerap terjadi dan kadang observasi jangka panjang diperlukan. Bila stlh 2 minggu tdk membaik maka sebaiknya diperiksakan kembali.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini Pramudita SpKG
      Dentia Dental Dentist Team

  19. Dok,kalau misal tambalan sudah 8 bulan terus ada yg gompal/pecah sedikit.apakah bisa ditambal yg pecahnya atau harus dibongkar ditambal baru?

    • Dear Alvin,
      Tdp 2 cara utk memperbaiki gigi yg tambalannya pecah, yaitu dgn hanya memperbaiki bagian yg rusak atau membongkar semua dan ganti tambalan baru bila dinilai tambalan yg lama msh baik dan tdk ada kebocoran. Harus dilakukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Trini S. Pramudita SpKG.
      Dentia Dental Dentist Team

  20. dok, gigi tambalan saya sudah lumayan lama sekitar 1th 6bulan. Warna nya sudah agak kuning, cara memutihkan gigi tambalan dengan alami dan aman gimana apa ya? apakah memutihkan gigi tambalan dengan lemon tidak apa2 ?

    • Dear Caca,
      Perawatan untuk menjaga warna tambalan dapat diupayakan dengan pembersihan yang optimal terutama setelah makan dan minuman yang berwarna. Sayangnya jika sudah berubah warna sulit untuk mengembalikan warna tambalan tersebut. Penggunaan strawberry biasa digunakkan untuk meningkatkan kecerahan warna gigi, namun bukan untuk tambalan. Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Hanifah
      Perawatan untuk gigi berlubang memerlukan perawatan syaraf atau dapat langsung di tambal ditentukan pada perluasan dan kedalaman lubang. Jika lubang gigi sudah sangat dalam dan mengenai syaraf gigi maka diperlukan perawatan saluran akar sebelum gigi tersebut direstorasi. Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  21. Dok,tadi siang saya habis tambal gigi depan di puskesmas,sampai sekarang rasanya masih mengganjal tadi bilang ke dokter yg nambal tapi dokter bilang tidak apa2 apa memang seperti itu dok dan sampai berapa lama rasa mengganjal itu akan hilang? Trimakasih dok,mohon jawaban dokter

    • Dear Yuni,
      perasaan mengganjal memang kadang terjadi setelah penambalan, Namun tidak boleh terasa terus menerus dan tidak boleh ganjal terlalu banyak sampai menyebabkan rasa tidak nyaman. Jika selama minggu ini masih terasa mengganjal sebaiknya diperiksa kembali ke dokter gigi tersebut.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  22. Gigi depan saya patah separo karna kecelakaan..
    Sudah sekitar 1 thn.
    Dan rencana’nya saya berminat untuk sambung gigi…
    Pantangan apah ajah kah setelah sambung gigi depan.? Terimakasih..
    Mohon di jwb dok

    • Dear Amel,
      Perawatan gigi patah dapat menggunakan crown, tambalan biasa atau pin dan crown tergantung seberapa banyak gigi yang tersisa. Jika menggunakan pin dan crown/ crown tidak ada pantangan yang perlu dikhawatirkan hanya perlu menjaga kebersihan saja. Namun jika patah gigi tersebut besar dan di tambal dengan tambalan biasa maka terdapat resiko tambalan itu patah terutama gigi depan yang digunakan untuk memotong makanan. Sehingga perlu hati-hati jika mengunyah makanan yang keras pada sisi depan sebaiknya dipotong terlebih dahulu. Semoga informasi ini membantu ya Amel.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  23. Assalamualaikum dok..saya mau nanya dok 3 hari yg lalu saya melaku kan penambalan gigi belakang.bagian bawah..setelah itu jika saya isap atau kena air ludah ngilu sampai telinga mau pecah.kayak masuk gtu kedalam.serasa ada lubang kecil atau pinggiran nya retak..tpi saya periksa ke dokter kata nya gk ada yg bocor atau retak..padahal saya sendiri yg ngerasain.bahwa ada bocor bagian dinding gigi yg d tambal…apa yg harus saya laku kan dok..terimakasih

    • Dear Romi,
      Segera periksakan kondisi tersebut terlebih lagi jika keluhan tidak berkurang/ semakin parah. Kemungkinan terdapat kebocoran pada tambalan tersebut atau lubang cukup dalam sehingga mengiritasi saraf gigi. Semoga informasi ini cukup menjelaskan ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  24. Dok mau nanya, saya termasuk sering tambal gigi, dan seringnya itu pas baru ditambal warnanya sama, tp lama kelamaan jadi beda warnanya, tambalannya keliatan lebih putih, sehingga tambalannya terlihat jelas. pertanyaannya apa tambalannya yg berubah dlm waktu sekian lama ato gigi saya yg berubah warna?

    • Dear Nisa,
      Gigi secara normal akan berubah menjadi lebih kuning/gelap namun proses ini perlahan dan dalam jangka waktu yang lama. Perubahan warna gigi tersebut dapat terjadi semakin cepat ketika
      konsumsi makanan yang berwarna atau yang mudah menyebabkan staining seperti merokok, minum kopi dan teh terutama yang menyebabkan staining pada gigi. Semoga informasi ini menjelaskan ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

  25. Dok 1,5thn lalu gigi dpn saya dicrown. Tiba2 skrg crown giginya lepas saat sikat gigi. Apa kita harus kedokter gigi lagi utk memperkuat kmbli crown giginya dok. Trims

    • Titin,
      Untuk memperbaiki crown yang lepas Titin harus mengunjungi dokter gigi, untuk dilakukan pemeriksaan dan pemasangan kembali.
      Semoga informasi ini menjelaskan ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Dentia Dental Dentist Team

  26. Dok, aku mau bertanya sya habis tmbal prmanen gigi dpn sya tpi rsanya kok sprti rapuh sprti klo mau jatuh it tmbalan x,apakah kalo diunakan mengunyah tmbaln x akan jatuh,

    • Dear Ilyas,
      jika memang terasa goyang dan seperti mau jatuh, sebaiknya diperiksa kembali ke dokter gigi apakah tambalannya ada yang pecah atau tidak.Dan Sebisa mungkin hindari mengigit dengan gigi depan apabila gigi depan sudah ad tambalan besar.
      Semoga informasi ini cukup menjelaskan ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>