Dental Implant

Dental Implant
Dental implant adalah gigi palsu (dari bahan sintetik) yang dipasang ke dalam mulut pasien melalui tindakan pembedahan kecil, sehingga gigi palsu ini tertanam ke dalam tulang rahang. Dengan demikian gigi palsu ini dapat berdiri sendiri tanpa mengganggu ataupun bertumpu pada gigi-gigi lain yang masih sehat. Dental implant adalah gigi tiruan yang paling mirip dengan gigi asli. Bahan yang dipakai terbuat dari titanium yang bersifat ’bio-innert’ dengan jaringan tubuh (tulang).
implant1

implant

 

implant2a

Bagaimana implant ini berfungsi?
Setelah terpasang (tertanam) dan menyatu di dalam tulang rahang, implant disambung dengan mahkota gigi buatan. Dengan demikian gigi palsu ini tidak perlu dilepas atau dibuka untuk dibersihkan seperti gigi palsu konvensional. Biaya pemasangan implant memang lebih mahal dibanding gigi palsu biasa tapi implant memiliki kelebihan karena sangat mirip dengan gigi asli.

Apa saja kelebihan implant dibandingkan dengan gigi tiruan lain?

• Implant merupakan gigi tiruan yang paling menyerupai gigi asli. Juga kuat, stabil, dan berfungsi seperti gigi asli
• Implan merupakan solusi jangka panjang. Implan dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan gigi tiruan jenis lain yang maksimal bertahan 10 tahun. 
• Tidak perlu khawatir implan terasa tidak nyaman atau terasa longgar saat mengunyah makanan, berbicara ataupun tertawa
• Implan mempertahankan bentuk wajah dan senyum anda. Tanpa gigi, wajah akan terlihat lebih tua dan terkesan sedih. 
• Menjaga bentuk dan kesehatan tulang.
• Berbicara lebih mudah dibandingkan dengan memakai gigi tiruan lepasan.
• Gigi implant tidak akan berlubang.

front teeth implant-2

implant-1-2

Siapakah yang dapat dipasang dental implant?

Bila seseorang ingin dipasang dental implant maka pertama-tama ia harus mengunjungi dokter gigi untuk dievaluasi. Umumnya kondisi pasien harus sehat, tulang rahangnya cukup tebal dan kebersihan mulutnya baik. Keberhasilan dental implant akan menurun bila pasien mempunyai kebiasaan bruxism, menderita penyakit kronis seperti diabetes tak terkontrol atau pada pasien yang perokok atau peminum.

Bagaimana prosedur pemasangan implant?
Implant umumnya dipasang ke pasien dengan menggunakan anestesi lokal tanpa melupakan prinsip-prinsip sterilisasi dan setelah itu pasien mendapat medikasi yang optimal.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan?

Setelah terpasang, implant memerlukan waktu untuk proses osseointegrasi (menyatu dengan tulang), yang memakan waktu antara 2-9 bulan. Ini tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain: daya penyembuhan pasien, kualitas tulang, dan penggunaan graft.

Bagaimana tingkat kesuksesan implant ini?
Saat ini tingkat kesuksesan rata-rata mencapai 95% bila implant dipasang di rahang bawah dan 85% bila dipasang di rahang atas.

implant3a

Bagaimana merawat implant yang sudah terpasang?
Faktor utama agar implant tetap berfungsi baik kebersihan mulut merupakan syarat utama. Pembersihan implant seperti membersihkan gigi yaitu dengan floss dan sikat sekurang-kurangnya 2 kali sehari. Petunjuk spesifik akan diberikan oleh dokter yang bersangkutan.

Berapa harga untuk sebuah implant?

Karena pemasangan implant melalui suatu proses yang memerlukan alat atau instrumen khusus dan juga implant sendiri terbuat dari bahan yang diproses dengan tahap-tahap yang rumit maka biaya yang dikenakan ke pasien akan lebih mahal dibanding dengan gigi palsu lainnya. Untuk lebih terperinci maka dokter akan memberi penjelasan lebih lanjut.

Untuk pemasangan Dental Implant pada klinik kami dilakukan oleh dokter yang sangat berpengalaman dalam bidang Dental Implant ini, yaitu drg Djoko Micni, SpBM, FICOI. Beliau sering memberikan seminar2 mengenai Dental Implant ini untuk kalangan profesi dokter gigi.

Untuk informasi lengkap tentang Dental Implant hubungi Registration, Dentia Dental Care Center, dental implant center,  klinik perawatan gigi yang melayani dental implant di jakarta, Indonesia

Treatment/service lainnya Dentures