Filling, Scaling & Whitening

MEMPERCANTIK PENAMPILAN DENGAN PERAWATAN WHITENING

Perubahan warna yang terjadi pada gigi depan seringkali menimbulkan masalah estetika yang mempengaruhi penampilan, terutama bagi anda dengan profesi yang menuntut penampilan prima. Bagi wanita dengan warna gigi yang kurang cerah akan mempengaruhi senyumnya sehingga hanya dapat memakai warna lipstik atau make-up tertentu. Perawatan bleaching merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan warna gigi lebih cerah. Gigi yang putih bersih dapat membantu anda menjadi lebih berani serta meningkatkan percaya diri untuk tampil dan berkomunikasi.

Bleaching adalah cara efektif mengubah warna gigi tanpa perlu memotong gigi untuk pembuatan crown/veneer. Semua orang yang berumur 14 tahun ke atas boleh menerima perawatan ini, kecuali wanita hamil atau menyusui. Penelitian dan studi klinis membuktikan bahwa perawatan bleaching di bawah pengawasan dokter gigi terbukti aman.

Penyebab Perubahan Warna Gigi
Perubahan warna gigi (diskolorasi) disebabkan oleh beberapa faktor:

  1. Diskolorisasi ekstrinsik, terjadi pada permukaan luar gigi, biasanya disebabkan kebiasaan minum minuman berwarna yang berkepanjangan seperti teh dan kopi. Perawatan bleaching dapat menjadi perawatan yang efektif untuk kasus ini. Faktor kebiasaan pasien harus dikurangi agar warna gigi yang sudah di-bleaching dapat bertahan lebih lama. Perubahan warna gigi dapat juga disebabkan penggunaan obat kumur klorheksidin, tetapi mekanisme terjadinya sangat kompleks, bervariasi tergantung pada kepekaan setiap individu dan konsentrsi klorheksidin yang digunakan.
  2. Diskolorisasi intrinsik adalah perubahan warna yang mengenai bagian dalam struktur gigi selama masa pertumbuhan gigi, umumnya perubahan warna terjadi di dalam dentin sehingga relatif sulit dirawat secara eksternal. Perubahan warna gigi akibat faktor intrinsik merupakan noda-noda yang timbul akibat faktor endogen, yang didapat dari sumber lokal maupun sistemik. Faktor lokal penyebab perubahan warna intrinsik sesudah gigi erupsi dapat disebabkan karena perdarahan akibat trauma, kesalahan prosedur perawatan gigi, dekomposisi jaringan pulpa, pengaruh obat-obatan dan pasta pengisi saluran akar dan pengaruh bahan-bahan restorasi. Pembuatan crown/veneer (kasi link ke treatment crown /veneer) dapat menjadi perawatan yang tepat bagi gigi dengan diskolorasi intrinsic.
  3. Penyebab perubahan warna gigi yang lain adalah karena proses penuaan.

Metode Perawatan Bleaching
Klinik kami menyediayakan beberapa pilihan perawatan bleaching:

  1. Bleaching In Office, yaitu perawatan bleaching yang hanya dapat dilakukan di klinik dokter gigi. Dengan waktu singkat, sekitar 2 jam anda dapat melangkah keluar dari klinik kami dengan gigi putih cemerlang.
  2. Home Bleaching, yaitu pemutihan gigi yang dapat anda lakukan di rumah. Hasil perawatan dapat terlihat dalam waktu sekitar 2 minggu.

Prosedur Bleaching In Office dengan Penyinaran
Oksidator dalam obat bleaching dapat melarutkan bahan organik yang tidak melekat erat pada gigi tanpa melarutkan matriks email sehingga warna gigi menjadi lebih putih. Kerja oksidator diaktivasi dengan panas dari sinar.

  1. Menentukan warna gigi sebelum whitening
    bleaching1
  2. Isolasi Jaringan lunak mulut dengan liquid dam.*gbr2bleaching2
  3. Aplikasi Obat Whitening *gbr3Aplikasi Obat Whitening *gbr3bleaching3
  4. Penyinaran selama 15 menit tiap session *gbr4bleaching4
  5. Obat bleaching dibersihkan sebelum dilakukan aplikasi dan penyinaran session berikutnya. Aplikasi dan penyinaran biasanya dilakukan sebanyak 3 atau 4 sesion selama 15 menit tiap sesion *gbr5

bleaching5

6.Aplikasi fluor selama 5 menit setelah proses whitening selesai
bleaching6

7. Mencocokkan warna gigi setelah whitening *gbr7bleaching7

 

Untuk informasi lebih lengkap tentang Whitening, hubungi Registration Dentia Dental Care Center, cosmetic dental klinik jakarta.

Treatment/Service lainnya : Fluoridation & Preventive Dentistry