Waktu Pertumbuhan Gigi Geligi

drg. Henny Susanty

artnov11

Terbentuknya  benih gigi  pada janin seperti halnya organ tubuh lain telah dimulai sejak usia kandungan 4-5 bulan. Setelah bayi lahir, erupsi atau pertumbuhan gigi susu yang pertama terjadi pada usia 6-8 bulan. Gigi susu anak anda adalah penuntun jalan bagi gigi tetap yang kuat dan sehat.  Sangat penting untuk diketahui bahwa waktu pertumbuhan gigi susu tersebut dapat bervariasi dari tiap anak.

Gigi susu pertama yang tumbuh biasanya adalah dua gigi seri bawah, kemudian diikuti dengan keempat gigi seri atas. Sisa dari gigi susu akan tumbuh secara berurutan biasanya sepasang dari kedua belah sisi dari gigi seri lateral bawah, geraham susu pertama, gigi taring dan geraham susu kedua. Pertumbuhan gigi susu tersebut lengkap mencapai jumlah 20 gigi pada usia sekitar 2 ½  sampai 3 tahun. Gigi yang terakhir tumbuh adalah gigi geraham susu atas kedua.

artnov2

Apabila si anak sudah berusia lebih dari setahun tapi belum juga terjadi erupsi gigi, maka perlu diketahui penyebabnya bila belum sama sekali tumbuh giginya.
Beberapa tanda-tanda pada anak pada saat giginya tumbuh yang dapat terjadi, antara lain sebagai berikut:
•    Gatal pada gusi
•    Mengunyah atau menggigit benda keras
•    Rewel, gelisah, sulit tidur
•    Pipi bersemu merah
•    Gusi tampak kemerahan
•    Tidak nafsu makan
•    Demam ringan

Gigi Tetap
Sekitar umur 6 tahun, gigi geraham tetap pertama mulai tumbuh atau erupsi pada rahang atas dan bawah. Gigi tetap tersebut tidak menggantikan gigi susu manapun dan letaknya dibelakang gigi geraham susu kedua. Jadi sekitar umur 6 sampai 12 tahun anak-anak mempunyai gigi geligi campuran antara gigi susu dan gigi tetap. Setelah mencapai umur 12 tahun kebanyakan dari anak-anak telah mempunyai semua gigi tetapnya, kecuali untuk gigi geraham bungsu.

artnov3

Hal-hal penting yang perlu diketahui:

Kebiasaan merawat gigi dengan baik harus ditanamkan sedini mungkin. Dengan demikian gigi tetap sehat sekaligus meletakkan dasar yang baik untuk gigi permanen.
Gigi susu yang berlubang harus segera ditambal dan dipelihara sampai waktu yang tepat untuk tanggal.
Walaupun gigi susu hanya berada sementara di dalam mulut anak anda, tetapi sangat berguna untuk mengunyah, berlatih berbicara, dan untuk bersosialisasi dengan teman.
Gigi susu juga berperan untuk menjaga tempat supaya gigi tetap dapat tumbuh pada posisi yang tetap, dengan demikian penting untuk menjaga gigi geraham susu kedua sampai waktu yang tetap untuk tanggal atau copot. Untuk menjaga gigi geraham tetap pertama bergeser menempati ruang gigi geraham susu kedua yang nantinya akan menyebabkan salah satu penyebab gigi tetap menjadi berantakan.
Sangat penting untuk memperhatikan perawatan gigi anak anda. Sebaiknya anda memeriksakan gigi anak anda secara teratur untuk memastikan kesehatan dan kebenaran posisinya.

Untuk informasi dan perawatan gigi anda, hubungi Dentia Dental Care Center, klinik perawatan gigi anak dan keluarga anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>