WHITENING DENGAN SINAR DAN POWER BLEACHING JADIKAN GIGI ANDA PUTIH

“Trend Terbaru Perawatan Kecantikan Tahun 2010”
Edisi 08 TH IV / 16-29 Desember 2009 halaman 16.

Gigi  yang putih menjadi daya tarik dan membuat pemiliknya percaya diri. Andapun tentu tak sungkan-sungkan  untuk tersenyum lebar jika memiliki gigi-gigi yang putih bersih dan rapi. Tapi berbagai faktor seperti merokok, minum obat-obatan antibiotik membuat warna pitih gigi menjadi kekuningan. Treatment dental whitening dengan sinar zoom advanced dan power bleaching bisa menjadi pilihan anda. Seperti apa?

Survey Emnid menunjukkan gigi yang cantik memberikan dampak yang paling besar pada penampilan seseorang, baru kemudian kecantikan kulit, tubuh yang indah dan rambut yang indah. Sayangnya berbagai faktor membuat gigi menjadi berwarna kekuningan.  Dijelaskan,  perubahan warna gigi disebabkan diskolorisasi karena proses penuaan yaitu semakin bertambahnya usia maka warna gigi berubah menjadi kuning.

Secara umum penyebab perubahan warna gigi ada dua yaitu diskolorisasi ekstrinsik dan diskolorisasi intrinsik.  Diskolorisasi ekstrinsik adalah perubahan yang terjadi pada permukaan luar gigi. Perubahan ini disebabkan minum minuman yang berkepanjangan seperti teh, kopi dan wine.

Sementara diskolorisasi intrinsic adalah perubahan warna yang mengenai bagian dalam struktur gigi selama masa pertumbuhan gigi. Umumnya perubahan warna terjadi di dalam dentin sehingga relative sulit dirawat secara eksternal.  Perubahannya terjadi karena noda-noda yang timbul akibat endogen,baik local maupun sistemik. Perubahan warna intrinsic sesudah gigi erupsi disebabkan perdarahan akibat trauma, kesalahan prosedur perawatan gigi, dekomposisi jaringan pulpa, pengaruh obat-obatan dan pasta pengisi saluran akar, serta pengaruh bahan-bahan restorasi.  Penggunaan obat kumur chlorhexidine secara berlebihan juga bias menyebabkan perubahan warna gigi.

Whitening dengan sinar Zoom Advanced.  Treatment whitening yang terbaru adalah whitening dengan sinar zoom advanced yang hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Cara kerjanya adalah oksidator dari obat akan melarutkan bahan-bahan organic yang tidak melekat erat pada gigi tanpa melarutkam matrix email sehingga gigi menjadi lebih putih. Kerja oksidator ini bisa membuat gigi lebih putih 8-12 grade. Lama penyinaran 3×15 menit, yang didahului dengan persiapan perlindungan jaringan lunak. Setelah penyinaran selesai, digunakan bahan yang mengandung sodium fluoride, potassium nitrat atau amorphous calcium phosphate. Cara ini dapat menghindari efek samping rasa sensitive yang bersifat sementara. Treatment ini tergolong aman, efektif dan efisien karena dapat menghasilkan perubahan warna yang fantastis.

Sebelum di-treatment gigi akan dilihat kondisinya, seperti ada tidaknya gigi berlubang atau karies, kondisi gusi ( seperti karang gigi) dan pemeriksaan menyeluruh dengan rontgen foto panoramik. Jika terdapat karies akan ditambal dan gigi yang berkarang akan dibersihkan terlebih dahulu.  Setelah itu dilakukan pemeriksaan warna grade gigi.  Whitening ini akan membuat gigi anda menjadi lebih cerah sehingga Anda terlihat lebih percaya diri dan lebih muda, ujar drg Yeanne.
Setelah treatment dan mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda tetap dianjurkan untuk melakukan maintenance setiap enam bulan sekali. Hasilnya bisa bertahan 2-5 tahun.

Power Bleaching. Menurut drg Robert H Dharma yang berpraktik di Jakarta Pusat, cara-cara memutihkan gigi yang cepat dan instan tidak dianjurkan kecuali untuk treatment power bleaching yang memang harus dilakukan oleh dokter.
Power bleaching merupakan teknik dental whitening menggunakan bahan pemutih gigi berkonsentrasi tinggi dan membutuhkan waktu 2-4 jam dalam proses pemutihannya. Meski teknik ini cepat, tetapi aman dan minim efek samping, kata drg Robert.
Meski terbilang aman, efek negative yang mungkin timbul adalah rasa sensitif, rasa ini akan hilang setelah treatment selesai.

Lapisan Email. Menurut drg Robert, setelah menjalani treatment bleaching memang ada sedikit perubahan tetapi secara mikroskopis tidak akan terlihat perubahan pada email. “Perubahannya hanya terjadi submicron, sehingga tindakn kosmetik ini aman dilakukan meski sudah dilakukan berpuluh-puluh tahun, kata drg Robert.
Ditambahkan , treatment whitening aman asalkan yang diwhitening adalah gigi dan gusi yang sehat.

Perawatan Whitening di Rumah. Whitening juga bisa dilakukan sendiri di rumah, tetapi sebelum melakukannya sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter gigi. Menurut drg Yeanne, untuk perawatan di rumah dilakukan setiap hari dan kontol kembali ke dokter gigi sekali seminggu selama perawatan. Sebaiknya whitening dilakukan pada malam hari sebelum tidur. Tray yang digunakan untuk di rumah adalah yang yang sudah dicetak sesuai dengan bentuk gigi kita.
Bahan untuk whitening di rumah biasanya  Carbamide Peroxide berkadar 6-10 persen saja, papar drg Yeanne.

tabloidinfokecntkn

58 thoughts on “WHITENING DENGAN SINAR DAN POWER BLEACHING JADIKAN GIGI ANDA PUTIH

    • Deddy,

      Kisaran harga whitening adalah 1,5 smp 5 jt tergantung kasus krn itu perlu dikonsultasikan dahulu ke dokter gigi.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center Terima kasih, drg. Yeanne R, Cosmetic dentist, Dentia Dental Dentist Team

        • Dear Riddik,

          Berapa lamanya tergantung masing-masing orang, bila kamu disiplin mengurangi konsumsi makanan dan minuman berwarna, maka putihnya akan lebih lama. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
          Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
          Terima kasih, Drg. Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

    • Melly,
      Memakai kawat gigi setelah whitening bisa saja dan tidak bermasalah. Tujuan whitening adl memperbaiki atau mencerahkan warna gigi. Gigi yang sudah diputihkan tertutup kawat gigi maka hasil whitening tidak terlihat. Biasanya setelah gigi rapi baru diwhitening. Ini hanya masalah efisiensi dan efektifitas saja.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center.
      Terima kasih, drg. Yeanne Rosseno, Cosmetic Dentist, Dentia Dental Dentist Team

  1. Dok, apabila salah satu gigi saya ada yang sudah mati (tidak ada lagi syarafnya), sy dengar whiteningnya dari dalam, apakah benar? karena sekarang ini warna gigi yang mati tersebut terlihat kuning apabila difoto.

    • Evelyn,
      Betul sekali, namanya intra coronal bleaching.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center.
      Terima kasih, drg. Yeanne Rosseno, Cosmetic Dentist, Dentia Dental Dentist Team

  2. Dok,saya berencana untuk whitening,yg ingin saya tanyakan adalah apakah boleh apabila ada satu gigi depan saya yg dipasang crown? Apa crown tersebut ikut berubah warna? Terima kasih dok

    • Komang,
      Untuk pasien yang menginginkan pemutihan gigi tapi di depan terdapat satu crown tetap dapat dilakukan prosedur pemutihan gigi. Tetapi yang menjadi kendala crown tidak akan berubah warna menjadi lbh putih, hanya gigi saja yg berubah warna lebih putih. Untuk keadaan seperti ini biasanya 2 minggu setelah whitening maka crown diganti dengan yang baru mengikuti warna gigi yang baru.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, Dentia dental care center.
      Terima kasih, Drg. Henny Susanty, Dentia Dental Dentist Team

  3. Dok, ade aq umr ny 16 tawn, gigi ny kuning krna wktu kecil jrng gosok gigi.. Ap msh bsa d putihkn dg proses whitening it ??

    • Dear Shafira,
      Gigi yang berwarna kuning banyak faktor penyebabnya, Bisa karena plak (apalagi ada riwayat dulunya jarang gosok gigi, apakah kebiasaan itu masih berlanjut hingga sekarang atau tidak, sedikit banyak juga berpengaruh), warna dasar giginya memang berwarna kuning atau karena faktor lainnya. Bila penyebabnya adalah plak, scalling (pembersihan karang gigi) itu mutlak dilakukan. Setelah itu bila masih ingin memiliki gigi yang lebih putih, dapat dilakukan whitening, tentunya setelah dilakukan pemeriksaan lebih detail.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Marsellina S, Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Agi,
      Jika kamu menginginkan gigi yang lebih putih dan lebih cerah, bleaching merupakan pilihan yang tepat, karena prinsip kerja bleaching ini adalah mencerahkan warna gigi, sehingga gigi kamu akan terlihat lebih putih dari sebelumnya, tapi tentu saja melalui prosedur pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter gigi kamu.
      Untuk konsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team

  4. Dok, saya mau tanya. Gigi saya ini warna abu khitam-hitaman, gigi tumbuh warna gigi saya seperti ini. Dulu pernah kita tanya ke dokter, katanya disebabkan oleh ibu saya waktu hamil mengkonsumsi obat Tetra Syclin. Saya sudah coba menggukan pemutih gigi yang dijual dpasaran, tapi hasilnya tidak ada (tidak ada perubahan) yang mau saya tanyakan kalo untuk kasus seperti saya ini kira-kira berapa uang yang perlu saya siapkan? Terima kasih

    • Dear Titha,
      Gigi yang berwarna abu kehitam-hitaman akibat penggunaan antibiotik jenis tetrasiklin selama masa kehamilan dan pertumbuhan memang kurang efektif dengan bleaching/whitening, tapi itu juga tergantung dari derajat keparahannya. Pada kasus diskolorisasi gigi akibat antibiotik yang parah,dapat diatasi dengan Veneer.
      Maaf, kami tidak membahas masalah biaya melalui media ini, untuk jelasnya, silahkan datang untuk konsultasi terlebih dahulu di klinik kami. Dentia Dental Care Center 021-5635991, 5635992, 5632831.
      Terima kasih, drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team

  5. dok umur saya 19 tahun tapi gigi saya ada yang berlubang di bagian depan tpi sudah di tambal klo di putihin bsa ngk dok, makasi

    • dear Safira,

      Proses dental whitening bersifat membuat warna gigi asli menjadi lebih putih dan lebih cerah dari sebelumnya. Tambalan, crown,veneer ataupun restorasi lainnya tidak akan ikut berubah warna bila dilakukan whitening. Tapi, Safira jangan kuatir, pada saat kontrol post whitening, tambalan yang berbeda warna itupun akan diganti dengan tambalan yang warnanya sesuai dengan kondisi gigi setelah di-whitening, sehingga perbedaan warna tambalan lama nya pun dapat teratasi. Memiliki warna gigi putih bersinar adalah sebuah nilai tambah bagi rasa percaya diri seseorang….

      Untuk informasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991, 5635992, 5632831.
      Terima kasih, drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team.

  6. dok, apa gigi yang sangat kuning masih bisa diputihkan dengan bleaching…kisaran harga nya berapa dan akan tahan berapa lama? terima kasih

    • dear Rico,

      Penyebab gigi kuning ada bermacam-macam, dapat diakibatkan makanan/minuman, rokok, usia, pengaruh obat-obatan seperti tetrasiklin, perawatan saluran akar, faktor genetik, dsb. Tingkat kekuningan gigi pun bervariasi dari orang ke orang. Dapat di-whitening atau tidaknya gigi Rico tergantung dari faktor penyebabnya..Struktur gigi dan tipe prosedur yang dipilih pun juga dapat mempengaruhi hasil akhirnya.

      Menjawab pertanyaan Rico tentang berapa lama efek whitening ini dapat bertahan, dental whitening bukanlah prosedur permanen, hasilnya dapat bertahan 1-2 tahun, atau bahkan lebih, tergantung dari kebiasaan dan maintenance tiap individu. Pada kebanyakan kasus, hasilnya sangat efektif dan hasilnya memuaskan.

      Maaf sebelumnya, kami tidak membahas biaya pada media ini,untuk informasi,konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991, 5635992, 5632831.
      Terima kasih, drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team.

  7. Dok, di semua gigi permanen saya ada bercak putih di sekitar outline gigi, saat tumbuh memang sudah seperti ini. Gigi saya ini kenapa ya dok? Apa bisa ditangani dengan proses belaching?

    • Dear Sari,
      Gigi permanen yang ada bercaknya sejak tumbuh kemungkinan mengalami mottled enamel, yaitu masuknya sejumlah Flour pada saat proses pembentukan sehingga terjadi perubahan pada struktur gigi yang akhirnya menyebabkan hipoplasia.
      Bleaching tidak dapat mengatasi warna bercak tersebut, ada kemungkinan gigi tersebut perlu dilakukan veneer apabila sangat mengganggu dalam hal estetik. Namun Sari sebaiknya datang terlebih dahulu ke drg untuk dipastikan kondisi gigi Sari terlebih dahulu.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Ricke Santoso, Dentia Dental Dentist Team

  8. dok gigi saya kondisinya sangat jelek, ada yg berlubang kuning dan berkarang, sampai saya malu mau ke dokter.
    kira-kira bisa diperbaiki g yaa?agar keliatan bersih

    • Dear Dyah,
      Tidak perlu malu dan takut ke dokter gigi ya, karena dokter gigi justru akan membantu menangani masalah gigi Dyah dan mengedukasi bagaimana cara merawat gigi dan kebersihan mulut yang baik dan benar. Gigi yang berlubang, kuning, dan berkarang pasti dapat diperbaiki sehingga kembali bersih,sehat dan estetiknya juga kembali seperti semula, sehingga nantinya Dyah pasti lebih percaya diri.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Ricke Santoso, Sp.KG, Dentia Dental Dentist Team

  9. Dok, salah satu gigi saya baru tumbuh sekitar saya umur 15 tahun, dan tumbuhhnya kuning tapi tidak rata seperti bercak. ini kenapa ya dok?

    • Hallo Nela…
      Sayang sekali Nela tidak memberikan informasi gigi mana yang tumbuh pada usia 15 tahun tersebut,apakah gigi depan atau belakang… Gigi yang tumbuh berwarna kuning, harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter gigi,apakah derajat kekuningan nya masih dalam batas normal atau tidak, serta bercak yang Nela ceritakan…Saran saya, kunjungi dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan secara lebih menyeluruh,sehingga dokter gigi dapat memberikan solusi yang tepat untuk kasus Nela….
      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat….
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992,5632831,53100818
      Terima kasih, drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team.

  10. Dok gigi sy yg depan sudah mati, tp sy mau lakukan bleaching, apa masih bs gigi yg mati itu di crown? Atau masih bs ditolong cara lainnya? Sy gak mau ompong, sebisa mungkin dicrown atau ditambal, sudah ke beberapa dokter tp hasilnya kurang memuaskan, boleh minta alamatnya?

    • Dear Tri,
      Gigi yang sudah mati bisa dipasang crown untuk memperbaiki warnanya yang berbeda dengan gigi sebelahnya. Tentunya setelah dilakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu dan tidak pernah ada keluhan sakit lagi. Alamat klinik kami ada di Puri Indah blok E1 nomor 48 dan Ruko Sentra Bisnis blok A-7, jalan tanjung duren raya. (Dentia Dental Care Center).
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Ricke Santoso, SpKG, Dentia Dental Dentist Team

  11. dok,dulu gigi saya gag kuning seperti ini ..
    saya juga gg tau faktor.a apa ?
    saya tidak merokok, gosok gigi juga teratur .
    tapi dulu saya sering minum teh , apa itu berpengaruh ?
    skrg saya merasa kurang PD , dan berniat untuk bleaching .
    bisa kirimin alamt clinic Dr.
    trimakasih .

    • Dear Renia,
      Warna gigi memang seiring pertambahan usia akan semakin menurun tingkat kecerahannya.. juga dapat disebabkan karena noda dari makanan/ minuman yang sering kita konsumsi dalam jangka waktu lama. ‎Hal ini dapat diatasi dengan melakukan bleaching. Klinik kami ada di Ruko Sentra Bisnis blok A7, Tanjung Duren Raya.. dan juga Puri Indah blok E1 nomor 48.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Ricke Santoso, SpKG, Dentia Dental Dentist Team

  12. Dok..saya cewe umur 21thn
    Gigi saya terlihat kuning gara2 proses tambalan yg sembarangan oleh ahli gigi dkt ruma saya sampai tambalan itu lepas digigi depan dok, jd semua gigi depan sya kuning dan terlihat sgt jelek akibat tambalan itu.. saya suda kedokter utk perbaikan gigi depan saya dan dokternya pun ngasi tamblan yg kuning sekali, bisa ga dok gigi tambalan itu diputihkan dgn bleaching? Ato ada saran lain dok?

    • Dear Nova,
      Bahan tambalan tidak bisa diputihkan dengan cara bleaching. Yang dapat diputihkan dengan cara bleaching adalah hanya gigi asli. Jadi solusinya adalah mengganti tambalan tersebut dengan warna yang lebih putih dan sesuai dengan warna gigi Nova.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Ricke Santoso, SpKG, Dentia Dental Dentist Team

  13. Dok..keadaan gigi sy sekarang pakai gigi palsu graham bawah kanan 2 kiri 1,gigi atas utuh tp kuning. bs dibleaching ga dok ? Kira2 perawatan apa yg cocok utk memutihkan dan bekas tambal an nya jg udah kelihatan. Dan brapa kira2 biaya nya. thanks..

    • Hallo Rien,
      Bila Rien ingin memperbaiki senyum dengan melakukan pemutihan gigi, tentu saja bisa… Untuk gigi palsu dan bahan tambalan yang nanti nya warna nya berbeda, dapat diganti 2 minggu setelah pemutihan gigi agar warnanya dapat disesuaikan dengan warna gigi setelah melakukan pemutihan gigi, sehingga hasil nya pun akan lebih maksimal.Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat..
      Maaf, kami tidak membahas biaya pada media ini, untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635992, 5632831
      Terima kasih, Drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Sonny
      Maaf,kami tidak membahas biaya melalui media ini,silahkan menghubungi klinik kami. Dentia Dental Care Center 021 – 5635991 / 5635992 / 56327831
      Terima kasih, Drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team

  14. Dok mau tanya, gigi saya yg berubah warna jadi hitam hanya satu di bagian gigi depan. Apakah hrs di bleaching atau ada cara lain agar kmbali seperti semula warnanya? Dan jika di bleaching bisakah hanya 1 gigi saja tidak semua gigi? Trmksh dok.

    • Dear Wenita,

      Gigi yang kehitaman dapt disebabkan oleh adanya caries ataupun gigi tersebut telah menjadi non vital. Untuk solusinya, tentu saja tergantung dari penyebabbya. Apakah membutuhkan penambalan, perawatan saluran akar ataupun perawatan lainnya.
      Bleaching 1 gigi ( intracoronal bleaching) dapat dilakukan pada 1 gigi bila gigi tersebut non vital dan telah dilakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu.
      Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021 – 5635991 / 5635992 / 56327831
      Terima kasih, Drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team

    • Dear Putri,
      Pemutihan gigi ada 2 cara. Ada pemutihan gigi yang dilakukan langsung di dokter gigi dalam waktu 1 jam. Ada juga yang dilakukan di rumah, namun mengikuti instruksi pemakaian obat pemutih gigi yang diberikan oleh dokter gigi.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso SpKG,FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  15. Dok, saya berusia 19 tahun, apakah boleh melakukan bleaching, dan apa ada efek sampingnya ?
    terimakasih

    • Dear Milla,
      Bleaching boleh dilakukan. Efek sampingnya gigi akan terasa agak ngilu, lebih sensitif biasanya hanya selama 1 hari setelah itu kembali normal. Untuk menjaga warnanya sebaiknya anda juga menghindari makanan dan minuman berwarna pekat seperti kopi, teh, rawon, soto, kunyit, dll.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Anna Aurelia
      Dentia Dental Dentist Team

  16. Selamat siang Dok,

    Sya ingin tanya,
    Sya ingin bleaching gigi, tp saya punya gigi berlubang tp tidak pernah sakit. Gigi berlubang ini karna dlu di sebabkan kemasukan tusuk sate hingga ke masuk kedalam saat sya sedang makan sate. Akhirnya menyebabkan lubang kecil yg lama lama gigi sya mengikis menjadi lubang yg cukup besar tp gigi sya tdk pernah sakit.
    Yg sya tanya, apakah nanti saat bleaching harus di tambal gigi ?
    Jika tdk di tambal boleh tidak?

    Terimakasih.

    • dear Sandra,
      sebaiknya saat di bleaching kondisi gigi tidak berlubang, terutama pada permukaan yang dioles obat bleaching. Jadi sebaiknya ditambal dahulu.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Anna Aurelia
      Dentia Dental Dentist Team

  17. Dok, ada 4 gigi di bagian depan atas gigi saya itu kuning dibagian bawahnya dan putih dibagian atasnya itu knp ya dok? Apa bisa dihilangkan dgn bleaching?

    • Dear Bunga,
      Biasanya warna yang dekat gusi memang sedikit lebih kuning. Namun bisa dicerahkan dengan cara bleaching apabila bagian tersebut merupakan warna gigi asli dan bukan warna tambalan.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Ricke Santoso, SpKG,FIPGU
      Dentia Dental Dentist Team

  18. Dok, gigi depan saya yg sebelah kanan atas seperti bercak dulu bewarna kuning, saya sikat saya coba hilangkan dengan benda tajam tidak hilang.. Lama kelamaan warna menjadi agak putih tetapi masi berbentuk bercak tersebut dan gigi lainnya menguning karna suka makan yg panas ke dingin (dan sebaliknya). Apa bisa di cerahkan?

    • Dear Sinta
      Bercak kuning pada gigi bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti stain akibat rokok atau minuman berwarna seperti teh, karang gigi, atau genetik yang merupakan warna turunan dari keluarga. Tingkat kuning pada gigi Sinta dan penyebabnya yang menentukan perawatan yang Sinta butuhkan. Tapi tenang saja, apapun penyebabnya, gigi Sinta bisa dicerahkan dengan tindakan yang tepat. Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat. Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid
      Dentia Dental Dentist Team

  19. Dok, gig depan atas saya dulu berwarna kuning seperti bercak saat usia 8 tahun, saya rajin membersihkan gigi, saya bersihkan menggunakan benda tajam tidak juga hilang, lama2 bercak itu berubah menjadi putih, tetapi diikuti perubahan warna agak kuning di gigi lainnya, apa bisa di cerahkan dok?

    • Dear Karin,
      Bercak kuning pada gigi bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti stain akibat rokok atau minuman berwarna seperti teh, karang gigi, atau genetik yang merupakan warna turunan dari keluarga. Tingkat kuning pada gigi Karin dan penyebabnya yang menentukan perawatan yang Karin butuhkan. Tapi tenang saja, apapun penyebabnya, gigi karin bisa dicerahkan dengan tindakan yang tepat.
      Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat. Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid
      Dentia Dental Dentist Team

  20. Misalkan kita sudah whaitening gigi, kita masih minum kopi atau teh. Bisakah cumah hanya gosok gigi untuk merawatnya dok?

    • Dear Diana,
      Untuk hasil yang lebih maksimal, hindari pewarna makanan/minuman selama dan setelah pemutihan gigi. Karena tubuli dentin gigi anda masih tetap terbuka selama beberapa hari setelah melakukan pemutihan gigi,hal ini bisa membuat gigi rentan terhadap noda.

      Penggunaan sikat gigi dan pasta gigi whitening dapat membantu mempertahankan keputihan gigi setelah pemutihan gigi.

      Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021 – 5635991 / 5635992 / 5632831/ 5130-0818
      Terima kasih, Drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team

  21. Dok gigi saya cenderung keabuan C3, sudah di bleaching 1-2 hari memang ada perubahan A2, tapi setelah itu warna gigi kembali keawal padahal saya udah menghindari makan dan minum yg berwarna,
    Perawatan bagaimana yang cocok biar gigi bisa lebih putih

    • Dear Ari,
      Ketahanan warna setelah di bleaching memang dipengaruhi banyak faktor, seperti makanan, minuman, bahkan dianjurkan menggunakan pasta gigi yang berwarna putih karena pada 1 minggu pertama setelah di bleaching gigi sangat rentan terhadap perubahan warna, kemudian bertahap sampai 1 bulan. setelah 1 bulan warna gigi tersebut akan lebih stabil..
      Peningkatan warna dan ketahanannya juga dipengaruhi kualitas dari obat bleachingnya tersebut dan teknik bleachingnya. Office bleaching yang menggunakan penyinaran biasanya memiliki hasil yang lebih baik dan stabil. Jika Ari ingin lebih tahan juga terdapat bahan pelapis atau coating setelah bleaching agar mempertahankan warna gigi lebih baik.
      Sayangnya untuk kondisi Ari saat ini sebaiknya menunda untuk pengulangan prosedur bleaching karena baru dilakukan beberapa hari yang lalu.
      Demikian penjelasan kami, semoga membantu
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid D.H.
      Dentia Dental Dentist Team

  22. Gigi saya sangat bermasalah, dari kecil gigi saya sudah berwarna kuning, dan setiap ada gigi yg copot terus tumbuh lagi gigi yang baru warna nya tetap saja kuning, dan gigi saya makin lama makin rusak, niat nya saya mau bleaching gigi saya tapi ada 3 gigi bagian depan yg mau saya laser, tapi mamah saya menyarankan untuk di bleaching dulu baru di laser biar warna gigi nya sama…
    Penyebab gigi saya berwarna kuning itu apa ya ?
    Kata mamah saya itu karna kebanyakan minum obat antibiotik, dan merk pasta gigi yg bagus itu apa ?
    Jadi sebaiknya di laser dulu atau di bleaching dulu ?

    • Dear Eka,
      Salah satu yang dapat menyebabkan gigi berwarna kuning/kecoklatan memang penggunaan antibiotik dalam jangka panjang pada saat pertumbuhan. Perlu dilihat terlebih dahulu tingkat keparahan warna yang terjadi pada gigi Eka apabila diperlukan bleaching terlebih dahulu. Semoga informasi ini membantu ya.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

      Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

      Terima kasih,
      Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
      Dentia Dental Dentist Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>