Jam Operasi

Cek disini untuk melihat jadwal buka klinik di Cabang Puri Indah & Tanjung Duren

Pasien Baru?

Hubungi kami di Nomor 081210235588

Dentia Dental Care Center

Dentia Dental
Aesthetic & Implant Center

Pages

Blog

Apakah gigi berlubang bisa sembuh sendiri tanpa ditambal?

 

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang terletak di dalam rongga mulut, yang berfungsi untuk mengunyah dan menghaluskan makanan yang masuk ke dalam mulut agar lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan dalam tubuh. Selain untuk fungsi mengunyah, gigi juga memiliki peran penting untuk menunjang penampilan seorang individu. Oleh karena itu, kebersihan dan kesehatan gigi sangat penting untuk dijaga.

 

Apa sih komponen yang menyusun gigi kita?

 

Pada dasarnya, gigi setiap orang terdiri dari 3 buah lapisan yang meliputi: email, dentin, dan pulpa. Email sebagai jaringan terkeras pada tubuh manusia, merupakan lapisan terluar dari mahkota gigi yang tersusun dari 95% zat anorganik hidroksi apatit (senyawa kalsium fosfat), 1% zat organik (protein dan lemak), serta 4% air. Meskipun strukturnya yang keras dan padat seperti keramik, email gigi rentan terhadap serangan asam, baik secara langsung dari konsumsi makanan dan minuman yang asam, maupun secara tidak langsung dari hasil metabolisme bakteri yang mengubah karbohidrat dan makanan mengandung gula yang kita makan dan menghasilkan asam. Asam tersebut tanpa disadari menyebabkan proses demineralisasi yang menyebabkan gigi kita berlubang

 

 

Proses timbulnya lubang pada gigi dapat dicegah dan dihentikan dengan melakukan upaya remineralisasi, yaitu proses pemulihan mineral kalsium pada gigi dengan cara menjaga pola makan tetap sehat dan seimbang, menjaga kebersihan mulut, dan menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi ber-fluoride sebanyak 2 kali sehari (sehabis makan dan sebelum tidur).

 

Lalu bagaimana jika pada gigi sudah ada lubang? Apakah bisa sembuh sendiri?

 

Seorang Profesor Biomaterials dari Universitas Oslo, Norwegia menyatakan bahwa sebuah organ tubuh manusia dapat menyembuhkan diri apabila pada organ tersebut terdiri dari sel, karena sel merupakan bagian yang akan memulai proses penyembuhan kembali. Oleh karena pada email gigi tidak terdapat sel, melainkan tersusun dari unsur-unsur anorganik; organik; dan air, maka gigi merupakan satu-satunya bagian tubuh yang tidak bisa memperbaiki dirinya sendiri jika mengalami kerusakan, berbeda halnya dengan organ-organ lainnya pada tubuh manusia.

 

 

Sehingga untuk mengatasi gigi yang berlubang dan mencegah proses perusakan yang lebih lanjut, maka satu-satunya cara adalah dengan melakukan penambalan gigi dengan menggunakan bahan tumpatan sewarna gigi. 

 

 

Jadi, jika gigimu mulai berlubang, jangan tunggu sampai sakit ya, segera kunjungi klinik kami di Dentia Dental Care Center untuk mendapatkan perawatan Dentia Restore untuk mengembalikan keadaan gigimu supaya bisa berfungsi dengan optimal. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi klinik kami 0812-1023-5588 (Call/WA).

 

Oleh: Drg. Gracia Anfelia

 

 

Sumber

Amin, A. Thalib, B. Hasyim, R. Utami, I. (2017). An analysis compound of dental enamel after bleaching using hydrogen peroxide 35# with energy dispersive X-ray spectroscopy EDS. World J Dent September-October, 8(5), 1-5.

Asmawati. (2018). Potensi cangkang udang (Litopenaeus vannamei) sebagai bahan remineralisasi gigi. Makassar Dent J, 7(1), 46-49.

Dentia Puri
 

 Jadwal Operasi

Klinik Tanjung Duren
Senin – Jumat                       10.00 – 19.00
Sabtu                                       10.00 – 16.00

Klinik Puri

Senin – Jumat                       14.00 – 19.00
Sabtu                                       09.00 – 13.00

Jadwal diperbaharui tanggal: 28 November 2020

 

Get in touch

Kontak Kami Sekarang