Apakah restorasi terbaik pasca perawatan saluran akar?

drg. Anastasia Elsa Prahasti, SpKG

Restorasi yang diberikan pada gigi dengan kavitas/lubang, dapat berupa restorasi direk (seperti tumpatan komposit, tumpatan amalgam maupun tumpatan semen ionomer kaca) dan indirek (seperti onlei, inlei, mahkota selubung). Setelah perawatan saluran akar, apakah ada perbedaan pertimbangan dalam memilih teknik restorasi yang akan dikerjakan untuk mendapat hasil yang maksimal?

Setelah perawatan saluran akar, konsistensi air pada gigi berkurang sehingga gigi menjadi getas dan rapuh. Pada umumnya, gigi juga sudah kehilangan cukup banyak jaringan keras yang diakibatkan proses karies dan pembuatan arah masuk ke saluran akar.

Restorasi direk terkadang menjadi pilihan karena lebih ekonomis (lebih murah) dan lebih sedikit kunjungan ke dokter gigi. Tetapi bila diaplikasikan pada gigi pasca PSA dengan kavitas luas, maka restorasi ini tidak menjadi pilihan utama, karena tekanan kunyah pada gigi tersebut akan bersifat membelah gigi seperti baji.

Pada kasus seperti tersebut di atas, maka restorasi indirek menjadi pilihan utama. Restorasi indirek memungkinkan untuk mendapatkan kontur proksimal yang ideal (karena dikerjakan diluar mulut sehingga presisi dapat dicapai dengan lebih baik), dan untuk pencegahan fraktur pada gigi pasca PSA, maka pilihan lebih pada restorasi direk yang dapat memeluk lingkar gigi, seperti yang terjadi pada restorasi onlei dan mahkota selubung.

Pada banyak kasus, restorasi onlei merupakan restorasi ideal bagi gigi pasca PSA. Sementara mahkota selubung digunakan pada kasus-kasus tertentu dimana kehilangan jaringan keras gigi sangat meluas, sisa dimensi vertikal mahkota gigi hanya memungkinkan perlekatan pada sekeliling servikal gigi.

gbr-nov10

Pada restorasi onlei, tekanan kunyah akan disalurkan merata pada seluruh jaringan gigi, dan karena ia melingkari dan meliputi seluruh tonjol gigi maka tekanan kunyah akan menyatukan tonjol-tonjol gigi tersebut. Hal ini berkebalikan arah dengan restorasi indirek maupun restorasi inlei.


gbr diambil dari www.moredentistry.com

5 Comments

hani
March 16, 2012 10:50 pm

ibu
dokter tolong jelaskan apa c putri domor itu
?
apakah bahan untuk perawatan saluran akar
trims

yuni
December 11, 2014 1:28 am

slmt pagi, sy mau menanyakan mengenai keadaan gigi sy pasca kecelakaan, setelah melakukan perawatan saluran akar yg sudah berkali2 teryata gigi sy masih sakit trs kemungkinan karena benturan yg terlalu keras, tp dokter yg merawat sy sll menyarankan agar segera di tambal permanen setelah itu proses pemasangan crown, apakah sakit sy nanti tdk akan berkepanjangan setelah di masukin obat scr permanen, sy bingung soalnya dokter yg merawat sy tidak bisa di ajak komunikasi dg baik, trimakasih sblumya

admin
December 11, 2014 10:04 am

Dear Yuni,
Harus dipastikan dahulu bahwa gigi tidak goyang dan keadaan akar gigi serta tulang di sekitarnya tidak ada yang fraktur (retak) akibat benturan. Terkadang fraktur hanya bisa dideteksi dengan foto CT scan 3D. Jika memang sakitnya tidak berkurang setelah perawatan saluran akar, sebaiknya ditunda dahulu penambalan dan pembuatan crownnya dan dicari penyebabnya dahulu.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
Terima kasih, Drg. Ricke Santoso, SpKG, Dentia Dental Dentist Team

Wati
June 11, 2018 9:46 am

Mau nanya gigi yg sehat dialkuakan perawatan akar gigi untuk pemasanag crown gigi parmanen gunanya merubah posisi gigi depan menjadi mundur dokter yg mengerjakan perawatan saluran akar de sp.kinservatip dan yg mengerjakan restotasi pemasanagan crownnya dr sp prsoto apa sdh sesaui atau bgmn..yg harus mengerjain dr sp apa untuk estetika..

Dentia Dental
June 14, 2018 5:35 pm

Dear Wati,
Sudah benar perawatan saluran akar dilakukan oleh Sp.KG. Pemasangan crown pasca perawatan saluran akar dapat dikerjakan oleh Sp.KG atau Sp.Prosto.
Semoga informasi ini membantu ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Leave a Reply

July 2021
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031