Gigi Geraham Bungsu, Perlukah Dicabut?

Drg Djoko Micni,SpBM,FICOI

Gigi bungsu / wisdom teeth/ geraham ketiga/ impacted teeth sering tumbuh tidak sempurna sehingga perlu dicabut dengan operasi untuk mencegah komplikasi yang lebih parah. Beberapa kalangan enggan melakukan tindakan operasi mengingat kekhawatiran akan efek sampingnya.

Benarkah demikian?

Gigi geraham ketiga sering disebut juga gigi geraham bungsu erupsi atau tumbuh terakhir yaitu antara umur 17-21 tahun. Gigi ini sering menimbulkan masalah karena mulai erupsi di saat pertumbuhan rahang kita sudah berhenti sehingga tidak mendapat cukup ruangan untuk erupsi. Dengan demikian gigi ini tumbuh tidak sempurna dengan posisi yang tidak tepat atau impaksi.

gbr 1 ro-panoramic

Seorang ahli bernama Ricketts (1980) menyatakan bahwa evolusi manusia menyebabkan berkurangnya ukuran rahang yang berhubungan dengan kondisi dan kebiasaan diet/makanan. Jadi ukuran rahang manusia sekarang cenderung makin kecil sehingga kasus gigi geraham bungsu yang impaksi sekarang cenderung meningkat.

gbungsu2

gbr 2

Gigi geraham bungsu ini dapat saja tidak menimbulkan sakit saat atau sesudah erupsi sehingga kita sering tidak menyadari adanya gigi tersebut. Namun setelah timbul gejala-gejala seperti sakit kepala, telinga berdengung, sakit leher (gambar 2), rematik, kencing manis, gangguan jantung, gangguan pada kulit, badan cepat lelah atau gejala-gejala lain pada tubuh yang tidak bisa diobati maka gigi ini mulai dicurigai sebagai penyebab, sehingga penderita dirujuk ke dokter gigi. Tindakan ini memang tepat mengingat gigi bungsu bisa menimbulkan bermacam-macam masalah baik sistemik (seperti gejala-gejala tersebut di atas) maupun gejala lokal, seperti:

1. Pericoronitis.

Posisi gigi yang belum erupsi sempurna akan memudahkan makanan, debris dan bakteri terjebak di bawah gusi yang di bawahnya terdapat gigi bungsu sehingga menyebabkan infeksi pada gusi yang disebut pericoronitis. Jika tidak segera ditangani infeksi tersebut akan menyebar ke tenggorokan atau leher.

pericoronitis

*gbr 3 pericoronitis

abses subkutan

*gbr 4 abses subkutan

2. Crowding gigi / gigi berjejal.

Gigi impaksi dapat mendorong gigi-gigi lain di depannya sehingga bergerak dan berubah posisi.

gigi crowding

*gbr 5 gigi crowding

3. Gigi berlubang

Posisi gigi impaksi sulit dijangkau sehingga sulit dibersihkan dan menjadi berlubang.

gigi berlubang

(gambar 6).

4. Merusak gigi depannya.

Tidak hanya gigi impaksinya saja yang berlubang tetapi gigi di depannya juga berlubang karena sulit dibersihkan. (gambar 6)

*gbr 6 rontgen panoramic

5. Infeksi pada tulang sekitarnya.

6. Kista.

Para ahli menyatakan bahwa 50% kasus kista berhubungan dengan gigi geraham impaksi pada rahang bawah. Mahkota gigi impaksi tumbuh dalam suatu selaput (gambar 1). Jika selaput tersebut menetap dalam tulang rahang, dapat terisi oleh cairan yang akhirnya membentuk kista yang dapat merusak tulang, gigi dan saraf. (gambar 7a, 7b, 7c)

gbr 7a

gbr 7b

gbr 7c

* gbr 7a,7b,7c Kista

7. Tumor / Karsinoma.

gbr 8 tumor

*gbr 8 tumor

Mengingat komplikasi yang ditimbulkan oleh gigi geraham impaksi maka kita perlu mengetahui waktu terbaik gigi tersebut dicabut.

Kalsifikasi gigi geraham bungsu terjadi mulai umur 9 tahun dan mahkota gigi selesai terbentuk umur 12-15 tahun. Jadi gigi geraham bungsu sudah dapat dilihat melalui rontgen pada umur 12-15 tahun walaupun gigi tersebut belum tumbuh.(gambar 9)

gbr 9

*gbr 9 rontgen pasien

Dengan demikian pencabutan gigi geraham bungsu yang impaksi dapat dilakukan antara umur 12-18 tahun atau setelah gigi molar / geraham kedua tumbuh. Tentu saja persiapannya dilakukan rontgen foto sebelum dilakukan pencabutan. Pencabutan gigi geraham bungsu pada usia 12-18 tahun dikenal dengan pencabutan preventif dan ini sangat dianjurkan mengingat pada usia tersebut akar gigi masih pendek sehingga memudahkan operasi dan mempercepat waktu penyembuhan dan menghindari terkenanya saraf pada rahang (Gambar 10a dan 10b).

gbr 10a

gbr 10b

*gbr 10 a akar gigi, gbr 10b

Setelah operasi gigi geraham bungsu pasien akan mengalami pembengkakan 3-4 hari

yang merupakan reaksi normal dari tubuh untuk penyembuhan. Pasien tidak perlu khawatir Karena pembengkakan yang tidak disertai demam bukan merupakan gejala infeksi dan pembengkakan ini akan hilang tanpa meninggalkan bekas. Pasien yang menjalani operasi gigi geraham bungsu cukup mendapat antibiotika, analgetik / penahan sakit dan obat anti inflamasi / anti radang. Selama pembengkakan pasien dapat makan (lunak), aktivitas sehari-hari seperti sekolah atau bekerja. Tapi tidak diperkenankan untuk olah raga terlebih dahulu. Setelah satu minggu benang jahitan dapat dibuka dan obat sudah dapat dihentikan.

Dengan demikian pencabutan gigi geraham bungsu merupakan tindakan yang bijaksana sebab mencegah komplikasi yang lebih buruk dan kekhawatiran akan efek operasi tidak akan terjadi sebab dilakukan pada usia yang tepat.

Saran dari drg Djoko Micni, SpBM, FICOI dari Dentia Dental Care Center: Bagi remaja usia 12-18 tahun, lakukan regular check up ke dokter gigi dan lakukan rontgen foto panoramik untuk mengetahui ada tidaknya gigi geraham bungsu. Bagaimanapun, mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Preventive will save your time, save your money and avoiding many problems.

Artikel berikutnya : Gingivitis

1,295 thoughts on “Gigi Geraham Bungsu, Perlukah Dicabut?

  1. Sore dok. Saya arif 19tahun. Saya mengalami impact pada gigi graham bungsu yg tumbuh nya secara horizontal, namun dia masih belum keluar dok, masih terbungkus oleh gusi. Yg saya rasakan sekrang gigi nmor 6 sangat merasakan sakit, namun gigi 7 tidak apa-apa. Apakah tindakan yg seharusnya dok ? Apakah yg dicabut gigi bungsu (8) itu saja ? Atau gigi 8 dan 7 dicabut ? Mohon bantuannya dok, terimakasih.

  2. Sore dok. Saya arif 19tahun. Saya sudah melakukan ronsen dan mengalami impact pada gigi graham bungsu yg tumbuh nya secara horizontal, (kiri bawah) namun dia masih belum keluar dok, masih terbungkus oleh gusi. Yg saya rasakan sekrang gigi nmor 6 sangat merasakan sakit (mgkin karena ada lubang), namun gigi 7 tidak apa-apa. Apakah tindakan yg seharusnya dok ? Apakah yg dicabut gigi bungsu (8) itu saja ?Atau gigi 6 saja ? Atau gigi 8 dan 7 dicabut ? Mohon bantuannya dok, terimakasih.

    • Arif
      Bila ada gigi yg berlubang maka guigi tsb yg lebih dahulu di obati. Apakah nanti gigi itu ditambal kembali atau dicabut tergantung dari hasil pemeriksaan. Sedangkan untuk gigi impaksi sebaiknya di cabut oleh spesialis bedah mulut.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  3. Malam dok maaf ganggu, saya selvia 23 tahun..mau tanya dok kalau bedah gigi/pencabutan gigi bungsu apakah bs dilakukan dengan dokter bergelar Drg saja?…atau harus spbm..saya mengalami hal yg traumatik dengan oprasi yg saja jalani 3 hr lalu hanya dengan dokter Drg saja..beliau tidak menyuruh rontgen..ps saat operasi sakit luar biasa ditelinga sampai kepala..entah apa yg dilakukannya gigi saya tidak kecabut sempurna hanya beberapa kali giginya pecah sedikit sedikit….alhasil akar saya tidk diangkat karna saya menjerit kesakitan dan lukanya dibiarkan tanpa dijahit…apakah itu bs dibilang malpraktek dok… Hr ini sy sudah operasi pengambilan akarnya oleh dr ahli bedah yg memiliki gelar spmb..kalo sakit pasca operasi wajar kan ya dok ?..tinggal satu gigi graham kiri yg blm dicabut karna posisi miring tapi msh trauma dok..

    • Selvia
      Untuk operasi gigi sebaiknya dilakukan oleh seorang ahli bedah mulut, karena tidak semua posisi gigi miring itu sama ada yg mudah, tapi ada juga yg sulit. Agar tdk terjadi kegagalan maka sebaiknya langsung dg spesialisnya .
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  4. Pagi dok. Sy Novi umur 24thn, gigi bungsu nmer 3 kiri atas brlubang, wkt sy mkan tiba2 gigi brlubang sy da yg kropos akhirnya jd 2 dan brgoyang. Apa yg harus sy lakukan. Mhon pjelasannya, Trimz

    • Dear novi,
      Bila gigi bungsunya sudah pecah sebaiknya dicabut saja novi, karena sudah tidak bisa digunakan lagi.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

  5. Pagi dok, yg berlubang itu sudah diobati tapi tetap masih sakit. Lalu gigi yg impaksi itu kata dokter gigi saya bisa di operasi disana, apakah tidak apa apa dok ? Kalau memang harus dicabut oleh spesialis bedah mulut, yg dicabut itu gigi bungsu saja atau juga harus dicabut gigi di depan nya dok ? Kata dokter gigi saya harus dicabut 7 dan 8 dok. Mohon bantuannya dok, terimakasih

    • Arif
      Untuk memastikan gigi mana yg dicabut tentu perlu melakukan pemeriksaan dan rontgen foto, tanpa melihat langsung saya tdk bisa menentukan .
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  6. Dok mau tanya saya obi 24 thn..2 hari lalu saya operasi bedah gigi bungsu kanan paling belakang..lalu dijahit..karna saya menelan ludah terus jd jahitannya turun nyelip ke gigi..kalo nelen memang agak sakit karna terganjel dengan benang jahit yg nyelip di gigi paling ujung..apa itu tidak apa apa dok..baru bs diambil kan satu minggu ya dok..apa nanti tidak kesulitan y dok dokternya karna benangnya nyelip msk..apa yg harus saya lakukan dok?

    • Robi
      Benang yg terselip di gusi tidak akan terbenam didalam gusi ,sehingga tdk akan sulit saat nanti buka jahitan.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  7. Malam dok, saya Gerry umur 15 tahun. Tadi sore saya rongen gigi dan hasilnya gigi geraham ketiga saya tumbuh kesamping. Untuk saat ini memang belum ada rasa sakit. Kira-kira, kapan waktu yang tepat untuk melakukan operasi, mengingat padatnya waktu sekolah. Mungkin sekitar bulan Juni baru ada waktu luang. Kira-kira apakah pada bulan Juni itu masih baik untuk melakukan operasi?

    • Gerry
      Walaupun belum sakit tetap gigi tsb sebaiknya dioperasi dan bila baru bisa di bulan Juni tidak apa2 karena saat ini tidak ada keluhan.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  8. Asalamualaikum dok.saya berumur 21 th dok.gigi gerahang bawah kanan saya benkak..kata dokter gigi harus di cabut. Agar tidak terjadi yg tidak di inginkan…saya harus bgaimana dok.agar pencabutan gigi rahang terakhir. Berjaland dengan baik tanpa penyebab x lain.tlong solusinya dok.terimkasi

    • Mail Ismail,
      Operasi gigi akan aman bila dilakukan oleh ahlinya yaitu spesialis bedah mulut, dan sebelum operasi dilakukan pemeriksaan yg teliti antara lain dg rontgen foto. Dan juga perlu pemberian antibiotik sebelum pencabutan .
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  9. Sore dok , saya halima 20 tahun. Saya mengalami tumbuh graham bungsu yg sakit banget rasa nya dok karena pertumbuhan gigi nya tidak sempurna masih tertutupi dengan gusi. Apakah solusi satu satu nya harus di operasi gigi nya dok ? Mohon penjelasan nya. Terimakasih.

    • Halima
      Harus tidaknya pencabutan ditentukan oleh posisi gigi tsb dg melihat rontgen foto.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI Dentia Dental Dentist Team

  10. Selamat siang dok, sy kiki usia saya 19th gigi graham bungsu sy sdh tumbuh dok. Akan tetapi sensitifitasnya terasa sekali. Kadang rasa nyeri linu itu dtg tiba tiba dan hilang dgn sndrinya lalu terasa nyeri kmbali.. jika sy tempelkan lidah d gigi tsb dan memegang pipi mulai terasa lagi.. sarannya bagaimana dok?trims sy mengkonsumsi antibiotik dan asam mefenamat skg ini dok tp tdk mengaruh apapa sprtinya

    • Rizki
      Bila gigi tsb selalu mengganggu sebaiknya segera dicabut , dan ini bisa datang ke seorang spesialis bedah mulut.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI Dentia Dental Dentist Team

  11. assalamualaikum ,maaf mengganggu dok ,sudah 2 hari ini saya susah menelan makanan dan gigi serta leher saya sakit ,setelah saya lihat dengan cermin + senter ,ternyata gigi geraham kiri bawah saya muncul sebagian dan gusi yg mnutupi gigi geraham bungsu itu berwarna biru keunguan serta ada sariawan nya ,sehingga
    saya susah utk membuka mulut ,mnrut dokter apakah itu harus dioperasi atau bisa hanya dengan mnum obat saja ,makasih dok, mohon jawabannya

    • Shanti
      Untuk penyembuhan secara total diperlukan operasi pengangkatan gigi tsb, namun sebelum tindakan dilakukan kondisi radang hrs disembuhkan terlebih dahulu. Segera berobat ke spesialis bedah mulut.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI Dentia Dental Dentist Team

  12. Sore dok,
    Saya perempuan berusia 26 tahun dan gigi geraham kana saya goyang sudah beberapa hari ini. Hal ini juga disertai badan panas dan pipi agak bengkak di bagian kanan. Apakah ini merupakan salah satu gejala tumbuh gigi bungsu? Sewaktu kuliah juga pernah tumbuh gigi (tetangga gigi geraham) namun tidak tumbuh sempurna dan hitam. Terimakasih.

    • Neysa
      Gigi geraham yg goyang menunjukkan adanya peradangan, dan bila disertai demam dan pembengkakan maka infeksi yg terjadi cukup berat, karena itu segera berobat dg spesialis bedah mulut . Dan bila memang sumbernya adalah gigi bungsu maka gigi tsb harus segera dicabut.
      Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI Dentia Dental Dentist Team

Comments are closed.