Gingivitis

Gingivitis adalah salah satu gangguan gigi berupa pembengkakan atau radang pada gusi (gingiva)

Radang gusi adalah bentuk pertama penyakit pada selaput periodontal yang menjadi awal rusaknya jaringan pendukung gigi, antara lain gusi, selaput periodontal, dan tulang gigi. Penyakit ini disebabkan oleh timbunan plak berkepanjangan. Plak adalah material yang terdiri dari bakteri, lendir dan sisa makanan yang menempel pada gigi bagian luar.

Gigi terkena gingivitis

Plak yang mengeras dan masuk pada dasar gigi bisa menimbulkan iritasi dan pembengkakan gusi. Faktor risiko radang gusi antara lain adalah diabetes, kehamilan, kurangnya kebersihan gigi, dan gangguan kesehatan umum.

gingivitis
Untuk penjelasan lengkap, hubungi Dentia Dental Care Center
Artikel berikutnya : Apa Itu Implan Gigi?

18 thoughts on “Gingivitis

  1. bos tanya dong..istri sy tumbuh gigi geraham diusia 29thn n mohon penjelasan nya y n sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

    • Ket Jun,
      Gigi geraham bungsu yang tumbuh harus dilihat pertumbuhannya, bila tumbuhnya tidak benar dan bermasalah maka harus diangkat, konsultasi ke ahli bedah mulut.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM,FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  2. dok..
    saya icha 20 th..mw tanya..
    klo mkn yg manis n berasa..
    kok nyeri mnjalar sampai ke telinga saya..

    • dear Icha,
      Rasa nyeri yang timbul akibat makanan manis atau dingin, mungkin disebabkan oleh adanya caries/lubang gigi. Karena keterangan yang Icha berikan kurang detail, ada baiknya Icha segera memeriksakannya ke dokter gigi agar dapat segera mendapatkan perawatan agar tidak semakin parah.
      Untuk konsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team

  3. dok maw tanya, knp ya di langit2 mulut (palatum ya namax) itu ada sdkit bngkak, sudah 4 hr. Awalnya sy mengorek sisa makanan di celah gigi antara gigi dpan dan seri dg memakai lidi..sbg inform, gigi dpan sy tambalan,dan bru dgnti 1thn yg lalu krn brubah wrn(tdk da kbcran), dan celah antara gigi trsbut gusiny sperti menyusut ke dlam , jd suka ada mknan yg nyelip. Waktu hr pertma langit2 mulut itu skit kl dtekan smpai gigi dpan jg ikut sakit, lalu hr ke 3 uda g skit cm mash trasa menggnjal di lidah. Knp ya dok? Sy tkut kl tumor rongga mulut. Ato krn infeksi krn sy mengorek pakai lidi?

    Trims.

    • Moody,
      kemungkinan besar gusi Moody sedang mengalami pembengkakan akibat lidi tersebut.. Sebaiknya jika ada makanan terselip gunakanlah dental floss (benang gigi), jangan memakai tusuk gigi ataupun lidi karena dapat melukai gusi dan dapat juga membuat gusinya menjadi seperti menciut.agar Moody dapat menggunakan dental floss yang benar, Moody dapat bertanya kepada dokter gigi di klinik kami… Selain itu juga akan diperiksa mengenai adanya kemungkinan bentuk tambalannya kurang baik sehingga makanan mudah terselip di bagian tersebut….
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991, 5635992, 5632831, 51300818
      Terima kasih, drg. Ricke Santoso, Dentia Dental Dentist Team

  4. Dear dentists,

    Dok, saya 46 tahun sedang menjalani perawatan untuk crown. Dentist saya terkejut melihat kondisi gusi saya yang merah dan mudah berdarah tapi tidak ada karang gigi. Dia sarankan untuk berobat ke specialist penyakit mulut. Mohon petunjuk apakah ada specialist tersebut di klinik anda. Terima kasih.

    • Ratna
      Bisa saja datang ke klinik untuk pengobatan masalah gusi.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM,FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  5. Dear dokter,
    saya berusia 42 thn, mengapa gigi saya gampang sekali copot dok,
    sudah banyak yg copot, dan sekarang kondisi gigi saya sudah banyak yang goyang. kira kira apa penyebabnya gigi gampang goyang dan copot dan seharusnya bagaimana solusi nya. Terima kasih.

    • Richard, ada beberapa penyebab gigi bisa menjadi goyang, diantaranya adanya karang gigi yang menumpuk yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan penyangga gigi, penyakit sistemik seperti Diabetes mellitus, atau akibat kecelakaan/trauma.

      Untuk menangani gigi yang goyang, harus diperiksa terlebih dahulu, agar perawatannya tepat, dapat dengan pembersihan karang gigi (scaling), diperkuat dengan splinting, bila derajat kegoyangan nya masih ringan, dan bila goyangnya sudah parah, dengan terpaksa harus dicabut. Kunjungi dokter gigi anda agar anda segera mendapatkan penanganan yang tepat.

      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat….
      Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991, 5635992, 5632831.
      Terima kasih, drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team.

  6. Malam dok, Saya ingin melakukan implant satu gigi rahang atas saya. Cuman yang saya tanyakan apakah nanti warnanya bisa disamakan dengan warna gigi asli saya yang lain, mengingat gigi asli saya tidak terlalu putih. Dan juga nanti terlihat agak beda bila sedang senyum. Terima kasih

    • Ita,
      Untuk warna bisa dipilih yang paling sesuai dengan warna gigi asli.
      Untuk konsultasi silahkan hubungi klinik kami, 021-5635991-2, 021-5632831, 021- 51300818, Dentia Dental Care Center,
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  7. dok,
    bagaimana cara yg tepat utk menghilangkan gingivitis?
    drg saya hny melakukan pembersihan karang gigi

    • Dear Sannia Wina,
      Mayoritas gingivitis yang terjadi, diakibatkan oleh aktivitas menggosok gigi dan flossing yang tidak efektif, sehingga plak penyebab gingivitis dan karang gigi tetap menempel di sepanjang garis gusi.
      Adapun penyebab lain gingivitis yang patut diperhatikan,di antaranya: kehamilan,pubertas penggunaan pil KB, obat-obatan tertentu, defisiensi vit C..
      Untuk pengobatan gingivitis, tergantung dari penyebabnya,dapat dikonsultasikan dengan dokter gigi anda. Bila penyebabnya adalah kebersihan mulut yang kurang terjaga, dapat dilakukan pembersihan karang gigi,root planing ataupun kuretase.
      Tapi selain pengobatan,yang lebih penting adalah bagaimana cara mencegahnya, yaitu dengan menjaga kebersihan mulut secara menyeluruh, baik dengan menggosok gigi dan flossing secara benar dan rutin setiap hari nya. Penggunaan obat kumur pun juga dapat digunakan,di bawah pengawasan dokter gigi anda. Bagaimanapun, mencegah lebih baik daripada mengobati, Sannia
      Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat….
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992,5632831.
      Terima kasih, drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team.

  8. dok, 2 gigi seri atas saya dari mulai umur 15tahun sudah dicrown, dan sekarang saya berumur 27th, berarti sudah 12th.. 4th belakangan saya mulai tidak nyaman karna crownnya bergeser turun kebawah sedikit demi sedikit, dan kehitaman seperti membusuk pd gigi asli yg ditempelinnya.. Waktu itu 4th yg lalu saya konsul dgn drg. Di salah satu RS di jkt, drg tsb memeriksa dan mengatakan bahwa saya terkena gingivitis jg dikarenakan karang yg menumpuk bertahun2.. Saya pgn pasang implant gigi di 2 gigi seri atas dok, tp apa bisa bila saya msh dlm keadaan gingivitis? Tp sebenarnya yg gingivitis tsb bukan pd gusi yg trdapat crown.. Mhn pnjelasannya, dan kira2 brp saya mesti mengeluarkan biaya untuk implan 2 gigi seri atas saya ya..

    • Inda
      Kondisi gingivitis akibat karang gigi mudah untuk diobati, yaitu cukup dg membersihkan karang gigi tsb. Sedangkan mengganti gigi yg rusak dg implant tetap bisa dilakukan stl pembersihan karang gigi tsb. Untuk biaya 2 implant berkisar antara 40-50 jt.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

  9. dok, saya mau tanya apakah pembersihan karang gigi dapat dilakukan sekali datang ke klinik saja atau butuh perawatan dsb dlu?
    brp untuk biaya pembersihan karang gigi (seluruh gigi) dan tambal gigi dengan laser?
    terima kasih.

    • Dear Laurensia,
      Pembersihan karang gigi dapat langsung dilakukan dalam satu kali kunjungan, tidak perlu perawatan sebelumnya. Maaf kami tidak membicarakan biaya di media ini. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
      Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
      5635992, 5632831, 5130-0818.
      Terima kasih, drg. Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

Comments are closed.