GIGI SAYA BOLONG… MENGAPA SAKIT SEKALI ?? BAGAIMANA CARA PENANGANANNYA ??

drg. Ricke Santoso

Gigi terdiri dari 3 lapisan yaitu bagian terluar email, bagian tengah adalah dentin, dan bagian paling dalam adalah pulpa yang berisi saraf dan pembuluh darah.

Ketika gigi mulai bolong / mengalami karies, kedalamannya dapat semakin bertambah apabila tidak segera dilakukan penambalan. Gigi akan terasa ngilu saat minum dingin jika kedalaman karies sudah mencapai lapisan dentin. Namun jika kedalaman karies terus bertambah dan semakin mendekati ke rongga pulpa, maka timbul rasa sakit yang hebat karena telah merangsang saraf dan ruang pulpa mulai terinfeksi bakteri. Sakitnya berupa sakit spontan dan berdenyut walaupun tanpa adanya rangsangan berupa makanan dan minuman. Jika keadaan seperti ini didiamkan tanpa perawatan, lama kelamaan dapat mengakibatkan bengkak dan timbul nanah pada gusi. Segeralah datang ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat sehingga infeksi segera tertanggulangi dan tidak menyebar.

Penanganan yang dokter gigi berikan adalah pertama-tama untuk menghilangkan rasa sakitnya terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan perawatan saraf gigi (root canal therapy). Perawatan saraf gigi adalah suatu usaha menyelamatkan gigi terhadap tindakan pencabutan. Perawatan ini biasanya dilakukan dalam beberapa kali kunjungan tergantung dari keadaan gigi. Dalam perawatan ini, ruang pulpa dibersihkan dari bakteri sumber infeksi. Setelah ruang pulpa steril, dilakukan penututupan akar sehingga bakteri tidak dapat masuk kembali. Kemudian perawatan dapat dilanjutkan ke tahap akhir yaitu mengembalikan bentuk gigi seperti semula. Hal ini dapat dilakukan dengan pemasangan mahkota selongsong (jacket crown) ataupun onlay. Pembuatan mahkota selongsong / onlay dimaksudkan untuk menghindari pecahnya gigi karena sisa struktur gigi yang sehat sudah tinggal sedikit akibat bolong yang besar dan dalam.

Oleh sebab itu janganlah takut untuk menjalani perawatan saraf gigi karena perawatan ini justru bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit yang anda alami dan membersihkan gigi dari segala sumber infeksi sehingga gigi tersebut dapat dipertahankan lebih lama dan terhindar dari pencabutan.

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anda, lakukan pemeriksaan secara berkala (general check up) ke dokter gigi anda, minimal 6 bulan sekali.

286 Comments

farokhah
February 22, 2015 1:57 pm

dok hri sabtu kemarin saya habis cabut gigi geraham bawah kiri yg plg depan. Nah sekarang gusi bekas cabutan itu putih dg bintik2 hitam dan putih2nya itu kalo dilihat dari gusi dekat dg bibir itu nyampe bawah dok, nggak hanya permukaan atasnya saja. Yang saya tanyakan itu apa ya dok? Nanahkah atau sisa makanan? Saya harus bagaimana dok?

admin
February 24, 2015 2:33 am

Farokhah
Kemungkinan warna putih itu adalah gusi yang pucat akibat obat suntik. Disarankan unt berkumur dg air gatam hangat dan bila sempat kembali kontrol ke dokter.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI Dentia Dental Dentist Team

resti
April 16, 2015 10:22 pm

Dok kalau lubang pada bagian gigi depan masih kecil itu bisa dikembalikan seperti semula atau tidak? Bagaimana caranya? Terimakasih.

admin
April 17, 2015 2:30 pm

Dear Resti,
Lubang gigi depan tersebut dapat dikembalikan seperti semula dengan cara ditambal dengan bahan sewarna gigi yaitu komposit.
Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
Terima kasih, Drg. Ricke Santoso, SpKG, Dentia Dental Dentist Team

taufik
August 6, 2016 4:31 pm

Dok kan lubang gigi depan di tambal dengan cara komposit,kira2 warnanya akan memudar dan cepet rontok atau tidak ya.
Terimakasih

admin
August 12, 2016 7:00 am

Dear Taufik
Tambalan Komposit merupakan tambalan yang baik secara warna maupun kekuatannya. Rusak atau patah ataupun rontoknya tambalan bisa terjadi tergantung besarnya tambalan, sisa gigi yang memegang tambalan, kebiasaan buruk pada saat mengunyah seperti mengunyah satu sisi, sering menggigit benda keras (pulpen dan sebagainya) dan lain lain. Jika tambalannya kecil, kemungkinan besar akan bertahan lama karena semakin banyak jaringan gigi yang sehat dan kuat bisa memegang tambalan tersebut.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat. Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Astrid
Dentia Dental Dentist Team

admin
August 12, 2016 9:06 am

Dear Taufik,
apabila penambalannya dilakukan dengan baik, maka warna komposit tidak cepat berubah dan tidak lepas dalam beberapa tahun. Terlebih jika tambalannya tidak terlalu besar. Namun jika tambalannnya berubah warna atau ada yang lepas, dianjurkan untuk memeriksakannya ke dokter gigi kembali. Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

subandi
July 9, 2015 2:27 am

gigi lubang saya kalau ditutup sementara, gak sampai 24 jam, muncul sakit yg luar biasa, terjadi sampai 2 x , akhirnya sementara ditutup dg kapas,
Apa penyebabnya dok, dan penanganan dan mohon saran penanganan berikutnya
terimakasih

admin
July 11, 2015 2:08 pm

Dear Subandi,
Bila setelah ditutup sementara gigi tersebut terasa sangat sakit, berarti ada infeksi di dalamnya. Infeksi tersebut menghasilkan gas sehingga ketika ditutup gigi teraaa sakit karena gas tersebut tidak bisa keluar. Untuk sementara bisa ditutup kapas, tetapi sebaiknya segera datang ke dokter gigi untuk meneruskan perawatan saluran akar untuk menghilangkan infeksi nya. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
Terima kasih, Drg. Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

ratna dwika
July 16, 2015 5:14 pm

dok mau tanya gigi geraham kanan bawah saya dulunya berlubang kecil. sekarang gigi saya patah setengah karena saya menggigit daging dan ga sengaja kena tulangnya.
sekarang sakit sekali sewaktu mengunyah makanan jadi saya menggunakan geraham kiri untuk mengunyah.
tapi dok lama kelamaan geraham kiri kan sering saya pakai. nah itu ada bagian gigi yg berlubang juga dan menyebabkan sakit.
masalah lainnya adalah gigi saya suka nggaris2 kaya terkikis gitu dok. ada juga gigi depan saya yg hampir patah menjadi 2 bagian. dan sudah saya lapisin. tetapi masih saja goyang giginya.
solusi apa ya dok untuk menperbaiki gigi saya?
terimakasih dok….

admin
July 23, 2015 6:51 am

Dear Ratna Dwika,
Keadaan gigi Ratna yang sudah patah dan sakit harus segera diperiksa ke dokter gigi agar dapat ditentukan masih bisa ditambal atau tidak. Untuk garis-garis seperti terkikis juga diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter gigi. Lebih baik lagi jika ditunjang dengan foto Roetgen panoramic untuk mengetahui seluruh keadaan gigi Ratna. Jika sakitnya tidak tertahankan, Ratna dapat minum obat anti sakit dahulu lalu segera periksa ke dokter gigi.Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
Terima kasih, Drg. Ricke Santoso, SpKG, Dentia Dental Dentist Team

Firdaus
August 1, 2015 10:25 am

dok, gigi saya terasa sakit (ngilu dan berdenyut-denyut) setelah saya kebanyakan makan biskuit hari raya lalu. sampai sekarang gigi saya masih sakit. kalau dilihat dari kaca, terlihat ada warna hitamnya. kata ayah saya, gigi saya berlubang. lalu bagaimana caranya agar gigi saya itu tidak jadi lebih parah lagi?dan apa solusi nya agar rasa sakit nya hilang? tolong dibalas dengan cepat ya, dok. trima kasih banyak 😀

admin
August 5, 2015 5:06 am

Dear Firdaus,
Gigi Firdaus berlubang besar sampai ke pulpa gigi. Sebaiknya Firdaus minum obat anti sakit lalu segera ke dokter gigi. Jika ada carilah dokter gigi spesialis konservasi gigi (SpKG) yang ahli dalam merawat saraf gigi.Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
Terima kasih, drg Ricke Santoso SpKG, Dentia Dental Dentist Team

Firdaus
October 11, 2015 10:00 pm

dok, apakah sakit gigi ini bisa membuat gigi yang lain ikut sakit? terkadang kalau saya minum air putih terasa ngilu, dan makan makanan yang strukturnya lembut saja sakit. apakah gigi ini perlu ditambal atau dicabut? terima kasih, dok

admin
October 13, 2015 9:55 am

Dear Firdaus,
Jika gigi sedang sakit kadang sakitnya bisa terasa menjalar sampai ke gigi lain. Atau terkadang memang ada lebih dari 1 gigi yang sedang berlubang. Harus diperiksa dulu oleh dokter gigi, apakah harus dicabut atau masih dapat dipertahankan dengan cara perawatan saluran akar.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,
Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
drg. Ricke Santoso, SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Yuddha
September 26, 2015 1:44 pm

3 tahun yg lalu gigi geraham bawah saya lepas.Lepasnya itu tdk saya sadari,setelah itu saya kira tdk akan apa2.Nahh,saat saya makan yg keras2 seperti daging,lubang bekas gigi geraham yg lepas itu mulai terasa sakit seperti sakit gigi yg berlubang.Saya sdh konsultasi ke dokter gigi,katanya saraf giginya masih ada.Apakah saraf ini harus segera dicabut?Mohon penjelasannya dokter.Trims

admin
October 5, 2015 10:10 am

Dear Yudha,
Ada kemungkinan akar gigi tersebut masih ada di dalam gusi dan mulai menimbulkan keluhan sakit jika terkena tekanan kunyah dan mulai ada infeksi. Jika yang tersisa hanyalah tinggal akar gigi saja, sebaiknya dicabut sampai tuntas. Namun apabila masih ada mahkota gigi sebanyak lebih dari 50% maka ada alternatif lain yaitu dengan perawatan saluran akar setelah itu dibuatkan mahkota selongsong / crown.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

DIKA
October 1, 2015 6:11 am

dok, mau nanya,, gigi saya kan yg geraham bawah berlubang, rasanya itu sakit dan berdenyut seusai makan dan saat minum dingin, jadi kemarin saya sudah rontgen panoramic tapi kata dokter giginya gx bisa di tambal, apa itu benar ya? kalau bisa saya inginnya perawatan akar apakah masih bisa dilakukan?

admin
October 5, 2015 10:13 am

Dear Dika,
Perawatan saluran akar dapat dilakukan jika kondisi gigi masih dapat ditambal atau dibuatkan restorasi akhir berupa crown. Misalnya lubang giginya tidak sampai ke akar gigi dan di bawah level tulang rahang, atau jika yang tersisa hanyalah akar giginya saja sedangkan mahkota giginya sudah habis sama sekali. Untuk lebih yakin Dika dapat datang ke dokter gigi spesialis konservasi gigi (Sp.KG) yang lebih ahli di bidang perawatan saluran akar.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso, SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

rangga
December 25, 2015 12:21 pm

Dok, mau nanya
Saya ada lubang besar di gigi geraham kiri bawah, sempat dibawa ke dokter dan disuruh di ronsen giginya, tapi karna tidak ada rasa sakit akhirnya saya ga lanjut ke dokter, sampai sekarang rasa sakit ga ada tapi ga bisa dipake ngunyah apakah tidak apa apa kalau dibiarkan begini?
Terimakasih dok

admin
December 26, 2015 4:52 pm

Dear Rangga,
Gigi Rangga walaupun tidak sakit harus dilakukan perawatan saluran akar untuk menghilangkan rasa sakit saat menggigit dan mencegah bolongnya bertambah besar.Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso, SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

joko waluyo
January 21, 2016 3:03 am

Dok saya mau tanya kemari gigi saya bolong bagian belakang atas.nah saya sudah kedokter trus dibersihin sama dibor.hbis itu dikasih semacam butiran putih dilubangy.habis itu kok malah sakit banget kenapa ya..

admin
January 22, 2016 4:55 am

Dear Joko Waluyo,
Mungkin gigi tersebut bolongnya sudah dalam sampai kena saraf di dalam gigi. Oleh sebab itu, gigi Joko waluyo harus dilakukan perawatan saluran akar agar sakitnya hilang.
Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

reynharth
February 7, 2016 11:41 am

Dok gigi saya lobang besar saya minum obat. Cataflam kata ibu saya klu gigi nya sudah tidak sakit segera cabut saya tidak, mau saya bilang ibu tapi ini kan gigi, nya harus goyang gigi saya. Kan belum goyang kata ibu ku itu kan gigi bayi jadi tidak apa apa kta ibuku gigi kamu udh kena daging apakah harus bagaimna???

reynharth
February 7, 2016 1:50 pm

Tolong secepatnya dan dibalas

admin
February 9, 2016 8:41 am

Dear Reynhart,
Sesudah di atas 14 thn biasanya gigi susu sudah berganti menjadi gigi permanen semuanya. Jika gigi permanen Reynhart lubang besar dan sakit, segeralah periksa ke dokter gigi untuk mengetahui apakah lebih baik dicabut atau masih dapat ditambal. Jika memang harus dicabut maka Reynhart harus mengganti gig tersebut dengan gigi tiruan.Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

heni yuniarti
March 12, 2016 10:10 am

selamat sore dok, gigi graham atas bagian kiri saya salah satunya bolong. pernah sakit, bengkak bahkan terkena nasi aja luar biasa sakitnya. satu tahun lalu saya memutuskan utk datang ke puskesmas, awalnya si dokter memeriksa, kemudian tanpa permisi langsung mengorek bagian dalam gigi saya hingga saya kaget karena sakit sampai saya hampir loncay bahkan ujung alat yg seperti garpun itu hampir mengenai bibir saya. si dokter dan perawatnya ikut kaget. disitu saya marah, karena saya sudah menceritakan kondisi gigi saya yg terkena nasi aja sakit.
dari situ saya yg sudah trauma makin trauma, sampai saya akhirnya tidak mau ditangani lagi. akhirnya si dokter memutuskan menambal sementara gigi saya seusai membersihkannya lebih dulu. dengan catatan saya harus kembali tiga hari lagi.
tapi saya tidak kembali kesana dok. ya walau semua rasa sakit itu hilang karena tambalan sementara. tiga bulan kemudian tambalan sementara itu copot, dan sakit sakit mulai terasa lagi. pegal pada leher dan sakit kepala. saya memutuskan ke dokter spesialis, awalnya dikasih obat utk menghilangkan rasa sakit dan disuruh kembali beberapa hari kemudian. tapi lagi lagi saya tidak kembali.
dok apa bisa kita minta gusi kita itu dibius agar saat proses perawatan akar ataupun penambalan itu tidak sakit??
apa dokter itu bisa melihat mana pasien yg trauma, takut atapun tidak sehingga bisa memberikan pelayanan yg optimal? sejujurnya saya trauma dok… tapi saya ingin sembuh.. ingin gigi saya bisa ditambal..
mohon penjelasannya dok…
terima kasih.

admin
March 17, 2016 10:25 am

Dear Heny,
Pada saat melakukan perawatan akar tentu saja boleh dibius supaya tidak terasa sakit. Heny bileh meminta kepada drg yang merawat untuk membius gigi tersebut. Saran saya Heny datang ke drg spesialis konservasi gigi (Sp.KG) yang lebih ahli dalam melakukan perawatan akar, supaya perawatan yang didapat juga lebih optimal.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG,FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

nia
May 15, 2016 8:41 pm

dok saya nia. .saya mau tanya dulu waktu sekolah saya jatoh gigi depan saya patah teru beberapa tahun kemudian retak terus di tamban sama tukang gigi tapi sekarang gigi palsu itu sering copot dan gigi saya sering sakit di gusi juga sering keluar nanah. gimana cara mengatasi nya

admin
May 19, 2016 7:17 am

Dear Nia,
Sebaiknya Nia segera pergi ke dokter gigi. Gigi yang patah itu kemungkinan besar sudah terinfeksi sampai ke saraf maka itu sering keluar nanah dan sakit di gusi. Bila masih ada sisa gigi yang cukup, gigi tersebut bisa dirawat saluran akar kemudian dibuatkan crown dengan pasak.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Amelia
May 20, 2016 11:31 pm

Dok saya mau tya,gigi graham kiri sya bolong sudah lama kdg2 terasa sakit jika ad mknan yg trtinggal ddlamy tpi itu hanya sesekali dan biasay sya minum obat sakit gigi sperti yg di anjurkan,dan saat ini sya sdang hamil muda sakit dgigi sya mulai kmbuh lgi dan sakit luar biasa,sudah seminggu lebih sya sulit untuk mkan krna skit gigi in dan sulit mngknsumsi obat krna kndisi sya yg sdang hamil… Mohon saran dan bantuany dok ap yg harus sya lakukan,krna serba salah…Trima kasih

admin
May 23, 2016 3:28 am

Dear Amelia,
Gigi yang berlubang harus dibersihkan segera. Bila perlu dilalukan perawatan saluran akar segera supaya tidak sakit lagi. Karena kondisi sedang hamil muda, pengambilan foto ronsen gigi tidak dianjurkan, jadi dokter gigi akan melakukan perawatan emergency untuk menghilangkan rasa sakitnya. Penggunaan obat juga diusahakan seminimal mungkin dan digunakan obat yang aman untuk ibu hamil. Sebaiknya anda segera ke dokter gigi untuk menangani masalah tersebut. Bila dibiarkan takutnya semakin sakit.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Dayat
July 9, 2016 12:04 am

Dok gigi geraham kiri bawah saya bolong agak besar dan geraham kanan atas juga bolong, jadinya susah jika ngunyah makanan dan sekarang seperti muncul daging kenyal gitu .
gmn solusinya dok ?

admin
July 9, 2016 4:36 am

Dayat,
Segera kunjungi dokter gigi karena gigi yang bolong harus segera dirawat supaya tidak semakin besar dan bermasalah.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

caman setiakawan
July 15, 2016 4:45 pm

selamat malam dok..
mau konsultasi nih dok,,gigi graham atas saya rontok sedikit demi sedikit,tapi saya abaikan..nah sekarang gigi itu sudah habis,dan menyisakan lobang pada gusi saya (ompong).setelah itu saya sering merasakn sakit jika sudah makan atau minum…tolong jelaskan akibat dan solusinya dok…terima kasih.

admin
July 20, 2016 12:52 pm

Dear Caman,
rasa sakit tersebut terjadi karena sisa gigi yang masih ada di dalam gusi menimbulkan infeksi. Solusinya adalah dilakukan pencebutan sisa akar gigi tersebut lalu dibuatkan gigi tiruan untuk mengatasi ompongnya.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Rikucchi
September 2, 2016 2:40 am

Permisi, saya ingin bertanya… salah satu gigi saya pernah bolong (tapi tidak sakit) dan itu sudah di filling tetapi setelah di filling gigi saya malah menjadi sakit. Apakah itu masih ada bekas karies didalamnya? Apakah infeksi atau apa?

admin
September 7, 2016 8:47 am

Dear Rikuchi,
Kemungkinan bolongya sudah dalam dan hampir kena saraf di dalam gigi, sehingga membuat gigi menjadi sakit setelah ditambal. Jika sakitnya terus menerus, harus dilakukan perawatan saluran untuk menghilangkan rasa sakitnya.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

risa
October 7, 2016 10:27 am

dok q mau tanya .. gigi q yg bawah kanan graham berlubag sakit sekali.. waktu saya bawah ke dokter uda ditembel sementara .. trs harus kembali kontrol tpi q takut ke dokter akhirnya q biarin karna q rasa da sembuh setelah uda 2 bulan sakitnya kembali lagi tiba2 sakit tiba2 hilang apa yg q harus lakukan ya dok makasih

admin
October 12, 2016 10:01 am

Dear Risa,
gigi tersebut harus dirawat sampai tuntas agar tidak kambuh lagi. Lebih baik dituntaskan segera agar tidak bertambah parah. Jika perlu carilah dokter gigi spesialis konservasi gigi (Sp.KG) yang lebih ahli dalam melakukan perawatan saraf gigi.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG,FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

nisa
November 6, 2016 6:01 am

siang dok, apakah semua tipe gigi berlubang harus PSA? atau hanya kondisi2 tertentu? mohon jawabannya ya dok, soalnya saya takut bgt kalau harus PSA.

admin
November 10, 2016 7:06 am

Dear Nisa,
Gigi berlubang yang memerlukan PSA adalah gigi yang lubangnya sangat dalam dan yang pernah terasa sakit sekali. Jika lubangnya kecil, biasanya dapat ditambal langsung tanpa PSA.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKF, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

mugnie
November 14, 2016 4:15 pm

Malam dok mau nanya sedikit,gigi geraham atas samping yg bungsu klo dicabut apa kah langsung kena syaraf mata??
Tolong bantuan nya masalah cabut geraham atas.
Makasih dok.

admin
November 19, 2016 1:39 pm

Dear Mugnie,
Pencabutan gigi atas tidak akan kena saraf mata karena saraf mata dengan gigi berbeda. Namun tetap harus dilakukan dengan prosedur yang benar.Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg.Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Mitha
January 22, 2017 7:22 am

Dok,aku mau tny udh setahunan gigi geraham aku dicabut krna bolong tapi haya separuh aja yang lepas,sisa masih banyak krna wktu mau dicAbut aku kesakitan luar biasa pdhal udah dibius tp masih terasa sakit sekali.akhirnya aku trauma dan skrng gusinya sudah bernanah dan sakit.solusinya gmn ya dok mohon info nya dok

admin
January 25, 2017 11:52 am

Dear Mitha,
Sebaiknya dituntaskan pencabutannya.. Namun sebelum pencabutan harus dioeriksa terlebih dahulu dan minum antibiotik sesuai dengan anjuran dokter gigi yang memeriksa. Setelah nanahnya mengempes, baru dapat dilakukan pencabutan.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santos SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

monica
January 26, 2017 8:22 am

Dokter, saya mau nanya. Gigi geraham saya kan bolong, pas saya ke dokter gigi beliau masih menutup gigi saya dengan kapas belum ditambal. Nah kapas nya tidak saya ganti-ganti. Sekarang kapas nya sudah keras. Yang mau saya tanyakan, apakah bisa dicabut kapas nya ketika saya ke dokter gigi? dan apakah sakit?

admin
January 31, 2017 5:24 am

Dear Monica,
Nanti di dokter gigi bisa diganti kapasnya dan tidak sakit. Sebaiknya segera kembali ke dokter gigi untuk dilakukan treatment lanjutan.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso, SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Kvn
March 14, 2017 5:13 am

Dok kira kira sekitar 6 bulan lalu gigi saya sakit karena bolong, lalu saya ke dokter gigi dan disana gigi saya yang bolong dikasih kapas. Nah sampai sekarang gigi saya yang bolong masih ada kapasnya sampai sudah mengeras. Gimana caranya agar kapas itu keluar? Terus apa efeknya?

admin
March 20, 2017 7:33 am

Kvn,
diperlukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk melihat kondisi gigi sehingga dapat ditentukan diagnosa dan perawatan yang tepat. Sebaiknya diperiksa oleh dokter gigi sehingga mendapatkan perawatan yang tepat.
Demikian penjelasan kami.

Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Mery Cahyadi
Dentia Dental Dentist Team

BimaSE
March 16, 2017 12:58 am

Dok, ini gigi depan bawah saya bolong kecil. Apa harus ditambal? Tp saya takut jika nanti di bor bolongnya tambah besar

admin
March 17, 2017 3:50 am

BimaSE,

Gigi yang bolong harus ditambal untuk mencegah bertambah besar lobang dan infeksi. Tidak perlu takut, karena perawatan gigi dilakukan oleh dokter gigi. Segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan penanganan perawatan yang tepat.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Angel & thesweetlove
March 27, 2017 3:39 pm

Dok sya mau tnya , gigi geraham yang sebelah kanan atas dan bawah sering nyut-nyutan kayak berlobang sakitnya tapi gk berlubang, trus antara tengkorak belakang dan tulang leher sya kompres dengan es batu, lalu nyeri itu hilang, tapi setelah beberapa hari atau bukan nyeri itu akan timbul lagi di bagian yang sama, dulu sempat punya gigi berlubang di graham sebelah kiri karena patah saat makan, awalnya gk ngaruh dengan sya, namun 1 tahun setelahnya gigi saya mulai sangat sakit awal saya biarkan lalu jadi makin sakit sampai saat saya tidak bisa tidur dan nangis2, ayah sya membeli obat antinyeri, antibiotik, dan obat gigi yg mengandung asam, sekarang sudah gk sakit lagi dn tdk sya tambal apa yg harus saya lakukan pada gigi saya baik Geraham kanan maupun kiri

admin
March 31, 2017 4:30 am

Dear Angel,
Gigi yang menyebabkan sakit tersebut harus segera diperiksa ke dokter gigi. Kemungkinan besar harus dilakukan perawatan saluran akar supaya sakitnya tidak kambuh lagi.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso, SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Aisya
April 11, 2017 11:26 am

Halo dokter, saya masih berumur 17th,dulu saya pergi mencabut gigi dan telah selesai mengalami ronsen. Sewaktu di bius dan hendak di cabut gigi saya masih merasakan sakit ketika mau di cabut, apakah biusnya tidak bekerja dok? Dan setelah 2 tahun saya biarkan gigi saya yang terbelah seperti itu, terasa sakit dikala waktu yang tak menentu, sekarang saya lagi mengumpulkan keberanian untuk mencabutnya kembali, apakah bisa gigi akhir pengganti graham ini di dekatkan satu sama lain dengan behel? Dan apa mencabutnya secara paksa tidak ada pengaruh dok? Sekian terima kasih 🙂

admin
April 12, 2017 10:49 am

Aisya
Pencabutan yg dulu gagal jangan dijadikan penghalang, krn dg teknik yg benar semua gigi bisa dicabut tanpa sakit. Saya anjurkan untuk ke dokter spesialis bedah mulut untuk pencabutan gigi tsb. Gigi yg sdh pecah tdk bisa disambung lagi.
Dentia Dental Care Centre adalah klinik gigi dengan painless system.
Demikian penjelasan kami, semoga membantu.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI
Dentia Dental Dentist Team

eka maddahlena
June 8, 2017 5:55 pm

Hallo dok…saya mau tanya,gigi graham kiri sebelah atas saya berlubang dok,dan menurut suami saya lubangnya sdh cukup besar,awalnya terasa ngilu yg masih bisa saya tahankan setiap rasa ngilu itu muncul saya hanya meminum obat rasa nyeri dari apotek saja,dan saya jg mengganti pasta gigi saya dgn pasta gigi yg sensitive,tetapi rasa sakit seperti kesetrum yg membuat saya terkejut tiba2 saja saya alami ketika memakan ikan yg durinya menyangkut ke gigi tersebut dok….
lalu pertanyaan saya,apakah setelah meminum obat rasa nyeri gigi saya masih sakit dan sdh bisa mengunyah lagi dok
dan apabila saya ke dokter gigi apa nanti saat diperiksa saya akan merasan sakit dok…sebelumnya terima kasih dok

aurel
July 4, 2017 7:43 am

Gigi saya berlubang Lima, dua diantara ya itu graham udh sampe pulpa Dan rasanya sakit bgt bahkan Tanpa disentuh udh sakit. Kalau harus dicabut, apa rasanya sakit ya? Kalau disentuh aja udh sakit

admin
July 6, 2017 1:24 pm

Dear Aurel,
ada 2 pilihan untuk gigi yang berlubang besar. Pilihan pertama adalah dipertahankan dengan cara dilakukan perawatan saluran akar, yaitu gigi tersebut diobati dari kuman penyebab infeksi untuk kemudian ditambal kembali. Pilihan kedua adalah jika memang sudah tidak dapat dipertahankan lagi gigi tersebut harus dicabut. Sebelum pencabutan akan diberi obat dan diberi rasa baal (anestesi) supaya tidak mengalami sakit saat dilakukan pencabutan.
Demikian penjelasan kami, semoga membantu
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Ryan
July 23, 2017 3:29 pm

Dok,.Mulai Beberapa Hari Ini Saya Sakit Gigi geraham yg paling atas ujung sm kiri apabila du sentuh dua duanya Sakit Bagaimana Cara menanganinya Dok Di tambal Atau Harus di Cabut Dok

admin
July 24, 2017 7:36 am

Ryan,

Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Bila masih dapat dipertahankan dengan perawatan maka gigi tidak akan dicabut.
Segera kunjungi dokter gigi sehingga sakitnya tidak berkelanjutan.
Demikian penjelasan kami, semoga membantu
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Ulfa
July 24, 2017 4:52 am

Siang dokter, apabila ingin melakukan perawatan saraf dan membuat mahkota gigi dibutuhkan biaya berapa ? Terimakasih ditunggu jawabannya

admin
July 26, 2017 10:50 am

Dear Ulfa,
Perawatan saraf gigi bervariasi harganya tergantung dari tingkat kesulitannya, perkiraan harga kami kirimkan via email.
Demikian penjelasan kami, semoga membantu
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Syahidin
July 29, 2017 2:52 pm

Malam dok. Saya mau bertanya! Apakah tidak apa2 jika gigi bolong yg sakit d masukan obat sakit gigi?
Mohon jawaban y dok.

admin
July 31, 2017 5:13 am

Syahidin,
Untuk gigi yang berlubang segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
Demikian penjelasan kami, semoga membantu
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

dian
August 5, 2017 5:01 pm

Dok saya kmren habis bersihin gigi berlubang blm boleh d cabut karna bengkak dipipi lalu untuk sementara di tutup pakai kapas. Kira2 itu harus d ganti kapas brapa lama?

atik mujiarti
August 16, 2017 2:17 am

Dok sy lg hamil 16minggu..mnggu kmrn gigi geraham kanan bawah sakit bgt smpe nangis2..lalu sy pergi ke dokter gigi nah disana gigi sy dibius lokal lalu dibersihkan lalu diberi obat dan ditutup kayae ini tindakan PSA..2hr kmdn msih kerasa skit nyut2 ringan..hr jmt disuruh dtg lg untuk ditambal gigi..spertinya gigi sy sedikit oglak dok..dokternya pas meriksa jg blg gt tp sy tanya ke dokternya apa tdk apa2 klo sdkt aglak ditambal?trs dokternya blg oglak itu dsebabkan krn akarnya yg skit..yg sy mau tanyaka apakah gigi sy hrs ditambal dok?dan klo sdh ditambal bs kambuh lg tdk sakitnya?sedangkan gigi gerahamku yg sblh kiri jg lobang dan tdk bs dipakai ngunyah..jd skrg ngunyak pkai gigi taring dok..klo mau mkn jd was2 dl dg gigi..mhon dijawab dok thx 🙂

admin
August 22, 2017 2:32 pm

Dear Atik,
gigi Atik sebaiknya dilakukan PSA agar tidak sakit lagi. Goyangnya gigi tersebut ada kemungkinan karena gigi terebut sedang infeksi, dan setelah dilakukan PSA akan sembuh. Disarankan agar Atik periksa gigi ke dokter gigi Spesialis Konservasi Gigi (Sp.KG) yang lebih ahli dalam melakukan perawatan saluran akar.
Demikian penjelasan kami, semoga membantu
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

edo
August 18, 2017 2:52 pm

Apakah gigi berlobang dapat di sembuhkan, tampa di tambal atau di cabut..?

admin
August 19, 2017 11:40 am

Edo,

Gigi berlubang harus diperiksa untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat, bila masih dapat dipertahankan akan dirawat dan ditambal, bila tidak dapat dipertahankan terpaksa dicabut. Bila gigi sudah berlubang sebaiknya segera kunjungi dokter gigi untuk segera mendapatkan perawatan yang tepat.
Demikian penjelasan kami, semoga membantu
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

novan
August 22, 2017 1:05 pm

Dok,gigi Graham sy berlubang sesekali sering berdenyut tadi nya hanya malam saja yg berdenyut,tapi hampir 1bln siang pun kadang berdenyut.Pertanyaan nya di tambal atau dicabut dok?

admin
August 22, 2017 2:34 pm

Novan,
Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Bila sudah sakit cukup lama segera kunjungi dokter untuk segera mendapatkan perawatan, bila dapat dipertahankan maka gigi akan tetap dipertahankan/dirawat dan tidak dicabut.
Demikian penjelasan kami, semoga membantu
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Nur
September 8, 2017 11:15 am

Dok mau nanya sy skrng menjalani psa gigi dpn, trus dokter menawarkan pemasangan crown atau biasa tp aku msh bingung, yg sy mau tanyakan lebih bagus’y crown apa biasa dok trus klu crown acrilik bagus g’ dok n ada efek samping’y g’ dok ??
Mksh dok…

Evita Yuliani
October 19, 2017 11:32 pm

pagi dok, mau tanya nih gigi bawah saya yg depan geraham bolong dan rasanya sakit sekali hingga menimbulkan rasa pusing.saya sampai tidak bisa tidur semalaman. apa yang harus saya lakukan dok

admin
October 20, 2017 2:08 pm

Evita,
Gigi yang berlubang dan sudah menimbulkan rasa sakit harus segera diobati dan dilakukan perawatan oleh dokter gigi, segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk sementara dapat makan obat penahan rasa sakit.
Semoga informasi ini cukup menjelaskan.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

prima
February 2, 2018 12:53 pm

Dok, gigi saya berlubang. Sudah tidak sskit. Tp tiba2 ketika mengunyah makanan, gigi saya tiba2 berdenyut sangat keras. Dan selanjutnya nyut nyutan terus. Itu kenapa ya dok?

admin
February 3, 2018 11:24 am

Prima,
Gigi yang berlubang harus segera dilakukan perawatan sehingga tidak menjadi bertambah sakit. Segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan penanganan perawatan yang tepat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Andrea Marco
March 15, 2018 4:40 am

Dok, gigi saya nyeri berdenyut, terasa sakit apabila terjadi kontak fisik, kemudian yg anehnya dok, ketika minum air dingin seperti es dan yg lain, denyutnya reda dok, minum air hangat atau panas, denyutnya sakit sekali dok, kemudian, bentuk gigi saya seperti ada cacat/lubang dok, seperti pecah sedikit dok, terletak di sisi sudut geraham atas yg kedua dok, dari situ nyerinya dok.
Apakah ini berlubang/karies?? Haruskah saya cabut atau ada opsi lain dok?? Kemudian apabila saya cabut sendiri, ada efek negatifnya tidak dok??
Terima kasih.

admin
March 16, 2018 8:37 am

Andrea,
Harus dilakukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat, gigi yang sudah berlubang dan menimbulkan sakit perlu dilakukan perawatan, dokter gigi yang akan menentukan dan melakukan tindakan pencabutan bila diperlukan pencabutan gigi, biasanya pencabutan merupakan opsi terakhir.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Aldillah
March 18, 2018 1:05 pm

Dok saya mau tanya, gigi saya yg depan ada bolong sedikit terus sekarang gigi itu sakit, apakah gigi itu bisa ditambal atau harus dicabut? Thx

admin
March 19, 2018 4:03 am

Aldilah,
Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Gigi yang masih bisa dirawat akan dipertahankan untuk tidak dicabut, sebaiknya Aldilah segera kunjungi dokter supaya dapat segera dilakukan perawatan yang tepat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Ernes Khezya
April 2, 2018 11:39 am

Dok,saya Ernes.Gigi geraham atas kanan saya yang paling belakang berlubang,berlubangnya sudah lama.tapi rasa sakitnya baru terasa belakangan ini.saya sudah kasih air garam,sikat gigi terus,air sirih hingga obat gigi.tapi setiap saya sikat gigi,setelah 5 menit sakit nya muncul lagi berdenyut.tapi setelah saya sikat gigi,tidak sakit lagi dan begitu seterusnya.solusi nya apa ya dok untuk menghilangkan sakit berdenyut mya?

admin
April 3, 2018 4:54 am

Ernes,
Untuk solusi yang terbaik adalah mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat, gigi yang bermasalah harus segera ditangani. Obat hanya solusi sementara.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Dorea Trifena Sinaga
April 18, 2018 9:46 pm

Dok, gigi saya sakit bgt kalau di kumur pakai air, atau minum, itu sakit banget, sampai ke akar sakit nya, itu kenapa ya dok? Dan kalau kumur pakai listerine gak sakit dok… itu kenapa ya dok?

Dentia Dental
April 19, 2018 8:30 pm

Dorea,
Gigi yang sudah sakit sebaiknya segera diperiksakan ke dokter gigi sehingga mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat.
Semoga informasi ini membantu ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

adela yusdara
June 27, 2018 6:01 pm

saya mau nanya dok, kemaren saya memutuskan untuk perawatan akar gigi pada konsuktasi pertama gigi saya di dalam nya di kasi kapas yg sudh di kasi cairan lalu di tambal sementara, lalu dokter menyuruh saya kembali minggudepan, tetapi pada selesai tembal sementara dan keesokan hari nya gigi saya sakit hingga berdenyut. apakah itu reaksi obat atau gimana ya dok, mohon bantuannya ?

Dentia Dental
June 29, 2018 2:10 pm

Adela,
Bila ada keluhan sebaiknya segera kembali ke dokter gigi anda, diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat.
Semoga informasi ini membantu ya
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Dhuwie Saputra
June 28, 2018 3:24 pm

Hai dok, sya mau tanya gigi sya sebelah kanan berlubang tapi yg sakit bukan bagian yg berlubang tapi sebelah kanan kiri bagian 1gigi yg berlubang yg sakit ditekan aja sakit cekot” sampe pipi beengkak kira” penyebab sakitnya knp iya dok.

Dentia Dental
July 2, 2018 6:05 pm

Dear Dhuwie,
Gigi yang berlubang dan sakit bahkan sampai bengkak berarti harus dilakukan perawatan saluran akar. Atau kalau tidak dapat diselamatkan lagi,maka gigi tersebut harus dicabut. Terkadang sakitnya memang bisa terasa di sisi lain oleh karena adanya refered pain. Oleh sebab itu harus diperiksa dahulu oleh dokter gigi untuk menentukan gigi mana yang menjadi penyebab rasa sakitnya tsb. Segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
Semoga informasi ini membantu ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Intan
August 22, 2018 11:02 pm

Dok , gigi saya yang graham atas sebelah kanan itu bolong dan pecah samoai keakar..jadi saya selama ini ga bisa kunyah karena kalau saya berusaha ngunyah jika kena gigi itu saya langsung sakit nyeri dan pusing seketika. Apakah gigi atas saya itu boleh dicabut? Karena sudah ditambah berkali2 slalu lepas dok. Terimakasih

Dentia Dental
August 24, 2018 5:58 pm

Intan,
Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Apabila masih bisa dipertahankan sebaiknya dipertahankan dengan melakukan perawatan saluran akar gigi tetapi bila tidak dapat dipertahankan alternatifnya memang harus dicabut. Sebaiknya konsultasikan dengan spesialis konservasi (SpKG).

Semoga informasi ini membantu.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Nita
October 4, 2018 2:39 am

Dok mau nanya, saya 17th dulu wktu skolah smp gigi graham bawah saya dicabut karena bolong , trus yang kiri ditambal karena bolong trus gigi disampingnya itu udah mulai bolong lagi padahal saya sudah benar merawatnya apakah gigi yang baru bolong/ bolong sedikit harus ditambal? tidakkah ada cara lain untuk menghentikan lubang giginya agar tidang membesar?

Dentia Dental
October 10, 2018 4:01 pm

Nita,
Gigi yang berlubang sebaiknya segera ditambal supaya tidak membesar dan mengganggu. Sebaiknya lakukan kunjungan rutin ke dokter gigi minimal 1 x tiap 6 bulan.Semoga informasi ini membantu.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Dimpan
November 23, 2018 5:15 pm

Dok gigi geraham kanan sayah pecah 1/4 dan berlubang dibagian yg pecah nya ,,
Dan sekarang mulai sakit ,,,
Sebaiknya tindakan apa yg harus saya lakukan?mencabut atau ditambal ??
Trimakasih.

Dentia Dental
November 26, 2018 2:14 pm

Dimpan,
Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat.Silahkan datang untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Dian Safitri Wahyudi
November 24, 2018 9:21 pm

Dear Dian Safitri Wahyudi
Saya memiliki masalah pada gigi geraham kanan bawah. Yang pertama gigi tambalan saya bocor, dan yg kedua gigi bungsu saya tumbuh. Sdh lama banget tdk sakit usai pertumbuhan gigi dan sdh hmpir 3 tahun skrg sakit lagi dok. Kebetulan gigi dekat gigi bungsu saya retak dok jadi ikutan sakit juga. Saya sdh kedokter gigi dan melakukan perawatan saluran akar gigi. Tapi tidak pada gigi bungsu saya dok. Yang ingin saya tanyakan dok, apakah gigi bungsu jika dibiarkan dan tidak dilakukan pencabutan akan menimbulkan rasa sakit terus menerus?. Solusinya bagaimna dok?

Dentia Dental
November 26, 2018 2:13 pm

Dear Dian,
Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Gigi bungsu yang posisinya tidak benar dan menimbulkan rasa sakit perlu diangkat, lakukan rontgen gigi untuk mengetahui diagnosa dengan tepat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

1 2 3

Leave a Reply

January 2021
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031