OVERBRUSHING, overdo a good thing….

drg. Marsellina Soenarto


“Dok, kog gusi saya ngilu sekali saat  menggosok gigi ya?” “Saat konsumsi minuman dingin ataupun makan sesuatu yang manis dan asam, kog gusi saya terasa tidak nyaman ya?” Mungkin saja anda mengalami overbrushing, yang terkadang tidak anda sadari…..

Apa itu overbrushing?
Overbrushing adalah istilah umum yang digunakan untuk “toothbrush abrasion,” atau kebiasaan menggosok gigi dengan tekanan yang berlebih, hingga dapat menyebabkan penurunan gusi. Kesalahan cara menggosok gigi dan pemilihan sikat gigi yang tidak tepat dapat pula memperburuk kondisi gigi dan gusi.
Akibatnya, lama kelamaan akar gigi akan terbuka (resesi gingiva), leher gigi berlubang, lapisan email pun akan terkikis sehingga akan terasa ngilu saat mengkonsumsi minuman dingin, manis/asam, atau bahkan saat tersentuh bulu sikat gigi.

Bagaimana cara mencegahnya?
Tips untuk mencegah overbrushing;
–    Mengurangi tekanan berlebih saat menggosok gigi
–    Menggunakan sikat gigi dengan jenis bulu sikat yang soft dan cara menggosok gigi yang benar.
–    Rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi (sekurang-kurangnya 6 bln sekali)
Dapatkah gigi saya diperbaiki?
    Pada kasus ringan, di mana belum terjadi lubang pada leher gigi, segera pensiun kan sikat gigi berbulu keras anda dan gantilah dengan sikat gigi berbulu soft, dan gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitive.
Pasta gigi khusus untuk gigi sensitive biasanya mengandung pottasium nitrate atau stronsium cloride, yang mampu membantu mengurangi rasa ngilu yang anda alami.

    Pada keadaan dentin/akar gigi yang terbuka/ cekungan pada leher gigi, sebaiknya dilakukan penambalan (filling). Penambalan gigi yang dilakukan, disesuaikan dengan derajat keparahan masing masing kasus.

    Bila dentin yang terbuka sudah mengenai jaringan pulpa, di mana terdapat saraf gigi di dalamnya, kemungkinan harus dilakukan perawatan saluran akar (root canal treatment).

Untuk informasi dan perawatan gigi anda, hubungi Dentia Dental Care Center, Klinik Perawatan Gigi Keluarga anda.

6 Comments

niken
February 25, 2012 6:50 pm

Dear DDCC. Anak saya 4 thn gigi seri depannya mulai renggang, saat ini mengeluh sakit, dan sepertinya bibir atas terlihat agak bengkak, mohon arahan selanjutnya. Terima kasih

admin
February 27, 2012 5:28 am

Dear, Niken
Kondisi gigi seri pada anak yang renggang merupakan kondisi yang wajar dan merupakan salah satu tahapan dari tumbuh kembang gigi pada anak, biasa disebut dengan “ugly duckling stage”. Biasanya tidak dilakukan perawatan apapun karena gigi akan rapat dengan sendirinya bila gigi permanennya telah tumbuh sempurna. Bila ada keluhan sakit, mungkin disebabkan olah adanya lubang gigi atau penyebab lainnya.
Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991, 5635992, 5632831.
Terima kasih, drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team

i hate dentist
January 12, 2014 6:18 am

gimana dok , bila ada dokter gigi yang membersihkan karang gigi pake bor, sampai dentin terekspose, gak pake peralatan scaling?

admin
January 20, 2014 10:47 am

I hate dentist,
Pembersihan karang gigi biasanya dilakukan oleh dokter gigi dengan menggunakan ultrasonic scaler. Cara kerja alat ini dengan menggetarkan ujung dari tip scaler dengan getaran ultrasonic sehingga dapat menghancurkan karang gigi dengan efektif tanpa merusak permukaan gigi
Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat…
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,
5635992, 5632831, 51300818
Terima kasih, drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team.

bram
December 1, 2016 8:25 am

Sepertinya gigi saya salah dibersihkan. Menurut saya mereka membersihkan pakai bor. Krn gigi saya jd menjorok ke dalam dan tampak seperti retakan. Bagaimana jika mereka membersihkan karang pakai mesin bor? Saya mencara ke google dan akhirnya menemukan pembahasan ini. Mohon pencerahan dgn masalah saya. Saya sampai mencara2 ke youtube bagaimana mesin bor dan ultrasonik scaler. Menurut video yg sy lihat mesin yg digunakan membersihkan karang gigi saya seperti mesin bor gigi yg digubakan di video youtube untuk membor gigi bukan ultrasonik scaler.
Bagaimana merawat retakan gigi sata? Apakah bs dihilangkan dan dipulihkan?

admin
December 5, 2016 4:39 am

Dear Bram,
Alat yang lazim digunakan untuk membersihkan karang gigi adalah ultrasonic scaler. Cara kerja ultrasonic scaler ini berupa getaran ultrasonik yang sangat halus,yang akan melepaskan ikatan karang gigi dengan gigi. Prosedur pembersihan karang gigi dengan ultrasonic scaler ini relatif sangat aman dan nyaman.Mengenai gigi yang retak, belum tentu terjadi akibat proses pembersihan karang gigi itu sendiri, bisa saja retakan itu terjadi secara mekanis. Harus dilihat juga apakah retakan itu membutuhkan perawatan lebih lanjut atau tidak..

Silahkan kunjungi klinik agar dapat dilakukan pemeriksaan dan mendapatkan solusi terbaik untuk gigi sehat anda.

Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021 – 5635991 / 5632831/5130-0818

Terima kasih, Drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team

Leave a Reply

January 2021
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031