Tanam Gigi di Gusi

Cuplikan wawancara majalah Tempo dgn drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI

Telah ada gigi palsu serasa asli dengan cara implan. Teknologi terbaru ”penanaman”-nya memungkinkan pemasangan lebih cepat, yaitu hanya beberapa hari.

Nicky Hogan pernah punya rutinitas yang merepotkan. Setiap malam menjelang tidur, pria 41 tahun ini harus mencopot dan membersihkan gigi palsunya. ”Kadang sehabis makan untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal,” kata karyawan sebuah perusahaan sekuritas di Jakarta ini Rabu pekan lalu.

Itu cerita dua tahun lalu, ketika dia masih menggunakan gigi palsu lepasan, pengganti tiga biji gigi gerahamnya, yang dikaitkan di gusi. Kini kerepotan itu tak ada lagi. Nicky hanya perlu menggosok gigi dan menggunakan obat kumur sekurang-kurangnya dua kali sehari. Padahal Nicky masih bergigi palsu. Tapi gigi palsunya bukan sembarangan. Ketiga gigi gerahamnya terpasang dengan teknik implan alias tanam. ”Sama sekali tidak ada masalah, seperti gigi asli saja,” katanya.

Dental implant atau gigi implan adalah teknik ”menanam” gigi pada tulang rahang. Hebatnya, gigi ini dapat berdiri sendiri tanpa mengganggu gigi lain. ”Paling mirip dengan gigi asli, paling andal saat ini,” kata Djoko Micni, dokter gigi spesialis bedah mulut dan implan, pendiri Dentia Dental Care Center, Jakarta.

Gigi implan ditanam di rahang atas atau bawah. Ketika teknik implan ini mulai masuk Indonesia pada 2000, waktu yang dibutuhkan dari pemasangan implan gigi hingga berfungsi penuh adalah 3-4 bulan, karena menunggu akar gigi menyatu dengan tulang sebelum mahkota gigi dipasang.

Dengan teknologi yang sekarang—yang dinikmati Nicky—akar gigi dan penampang untuk mahkota gigi dapat dipasang langsung, sehingga waktu yang dibutuhkan relatif singkat, yakni 1-4 hari (lihat infografis ”Cara Menanam Gigi”). ”Tapi ada syarat-syaratnya,” kata dokter gigi ahli bedah mulut Peter Agus, yang merupakan konsultan spesialis bedah mulut dan maksilofasial Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga, Surabaya. Kepadatan (densitas) tulang harus keras, dan pada gigi yang digantikan tidak terdapat kelainan akar gigi seperti abses, granuloma (tumor jaringan ukuran kecil), dan kista.

Gigi implan dapat digunakan untuk menggantikan gigi yang hilang, misalnya akibat tanggal, atau berlubang yang sudah tanpa akar. Gigi implan ini tidak perlu dilepas seperti gigi palsu lepasan ataupun gigi tiruan cekat (crown and bridge porselen) karena memiliki akar yang ditanam dalam tulang.

Posisi gigi implan pada gusi ini pun lebih stabil. ”Dapat dipakai hingga akhir hidup,” kata Peter Agus. Jangka waktu pemakaian gigi implan bisa mencapai 20 tahun.

Sejauh ini, tingkat keberhasilan pemasangan gigi implan cukup tinggi. Menurut Djoko Micni, keberhasilannya mencapai 95 persen bila implan dipasang di rahang bawah dan 85 persen di rahang atas—karena tingkat kesulitannya lebih besar. Menurut Peter Agus, rata-rata keberhasilannya 80 persen. ”Kegagalan terjadi karena kurangnya kompetensi dokter, bisa juga karena pasien tidak mengikuti anjuran dokter,” ujarnya.

Ada prasyarat kesehatan bagi pasien implan gigi, yaitu tulang rahang cukup tebal dan kebersihan mulut baik. Tingkat keberhasilan pemasangan gigi implan menurun bila pasien menderita diabetes melitus atau osteoporosis, kesehatan gigi dan mulut jelek, gigi banyak yang terkikis (atrisi), mengerat waktu tidur (brukisme), perokok dan peminum, serta dalam keadaan hamil. Dan teknik ini baru bisa diterapkan bagi orang berusia di atas 17 tahun, karena di usia itu pertumbuhan tulang rahang sudah berhenti. ”Bila tulang masih tumbuh, implan bisa tenggelam oleh tulang,” kata Djoko Micni.

Keberhasilan pemasangan implan gigi juga ditentukan sang dokter. Dokternya tidak boleh sembarangan, harus berkualifikasi sebagai dokter spesialis bedah mulut, dokter spesialis gusi (prostho), dan dokter gigi yang masuk FISID (Fellowship Indonesian Society of Implant Dentistry). ”Saat ini ada sekitar 50 dokter di Indonesia yang memenuhi syarat ini,” kata Peter Agus.

Proses pemasangan gigi implan butuh biaya mahal, yaitu Rp 10-15 juta per satu gigi. Nicky berseloroh, ”Hanya seribu per gigi, kok.” Maksud dari ”seribu” adalah US$ 1.000. Biaya ini jauh lebih mahal dibanding gigi palsu biasa komplet, yang berkisar Rp 2 juta per gigi.

Meski demikian, permintaan pemasangan gigi implan cukup tinggi, terutama di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Malang, juga di Bali. Di Surabaya, misalnya, dalam satu minggu Peter Agus menerima rata-rata dua-empat orang yang berkonsultasi tentang pemasangan. ”Dalam satu bulan minimal dua pasien kami pasangi gigi implan,” katanya. Secara umum implan gigi itu untuk menggantikan gigi geraham belakang pada pasien yang rata-rata berusia 40 tahun ke atas.

Gigi ompong memang sebaiknya diganti, kecuali orang yang bersangkutan sudah terlalu tua. ”Karena ada fungsi yang hilang,” kata Djoko Micni. Setidaknya fungsi kunyah dan estetika ikut tanggal. Ada juga dampak sampingan dari kehilangan gigi, yakni mengganggu proses buka-tutup mulut yang mempengaruhi artikulasi. Gangguan itu bisa menjalar ke sendi rahang, yang juga bisa mengakibatkan nyeri, sakit kepala, bahkan yang paling ekstrem adalah sendi terkunci hingga mulut tak bisa dibuka.

Kebutuhan penggantian gigi itulah yang mendorong perkembangan teknologi dari gigi palsu biasa sampai gigi implan. Perkembangan gigi implan sendiri sudah berakar lama, yakni sejak Dr Branemark menggunakan bahan pelat titanium untuk memperbaiki kerusakan tulang dengan menambah tandur alih tulang (bone graft) di laboratorium Universitas Kota Lund, Swedia, pada 1952. Percobaan itu membuktikan kerusakan tulang dapat pulih tanpa ada penolakan terhadap bahan titanium, sehingga tulang yang sehat dengan titanium implan menyatu.

Pertama kali gigi implan diaplikasikan pada penderita yang tidak bergigi sama sekali pada 1965. ”Penelitian penggunaan selama lima tahun, 90 persen sukses,” ujar Peter Agus. Gigi implan berkembang pesat sejak 1993. Saat ini lebih dari 100 industri gigi implan bertebaran di Amerika Serikat, seperti Nobel Biocare, Straumann, 3i, Zimmer, BioHorizons, AstraTech, Ankylos, Implant Direct, Lifecore, dan Biolock.

Gigi implan sudah masuk Indonesia pada 2000, tapi baru marak belakangan setelah informasi melalui Internet meluas. ”Dulu informasi implan terbatas di kalangan dokter,” kata Djoko Micni. Dalam waktu dua tahun ini, orang makin berminat karena waktu tanamnya juga cepat.

Harun Mahbub

Cara Menanam Gigi

Gigi implan ditanam pada rahang bawah atau rahang atas.

1. Dilakukan dengan pembedahan minor dan bius lokal sekitar setengah jam. Gusi dibuka, dibuat lubang di bagian tulang dengan ukuran 3-4 milimeter.
2. Pengganti akar gigi yang ditanam, disebut body implant, berbentuk silinder dari bahan titanium dengan diameter 1,8-4,3 milimeter dan panjang 10-18 milimeter. Ditanam dengan kedalaman yang bergantung pada kemampuan gusi menahan beban dan ketebalan tulang.
* Bahan titanium dipilih karena bersifat bio inner, yakni tidak dianggap benda asing oleh tubuh, tahan korosi, dan dapat membentuk lapisan titanium oksida yang tidak larut dalam cairan tubuh. Itu mencegah lepasnya ion logam yang dapat bereaksi dengan jaringan tubuh.
* Bahan titanium ini juga digunakan untuk abutment, yakni bagian lain dari gigi implan, yang dipasang pada body implant sebelum mahkota gigi.
3. Abutment dipasang pada body implant. Prosesnya cepat, sekitar 10 menit.
4. Setelah body implant tertanam, selanjutnya menunggu body implant menyatu dengan tulang (osseointegration). Tunggu 1-4 hari untuk pemasangan mahkota gigi. Paling lama butuh dua menit untuk satu gigi.

sumber dari www.majalah.tempointeraktif.com

478 Comments

aprian
November 17, 2015 6:23 pm

Maaf dok mau tanya., saya 2 bulan yg lalu cabut gigi depan, sekira nya bisa di pasang gigi palsu dok. Trima kasih

admin
November 20, 2015 2:39 am

Dear Aprian,
Aprian sudah dapat menggunakan gigi tiruan karena luka bekas pencabutan sudah sembuh. Mengenai jenis gigi tiruan yang akan dibuat (gigi tiruan cekat atau lepasan), dapat berkonsultasi langsung dengan dokter gigi .
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

hera
November 30, 2015 3:43 pm

Klo gusinya udah tilis.pake apa ya

admin
December 5, 2015 6:54 am

Dear Hera,
Mungkin maksudnya gusi sudah tipis ya?
Gusi yang sudah tipis dapat ditebalkan dengan beberapa metode operasi. Jika gusi yang tipis itu mengganggu dan membuat gigi menjadi ngilu, maka gusinya dapat ditebalkan atau dengan cara giginya diberi pelapis supaya tidak terasa ngilu.
Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso, SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Heni
April 21, 2016 2:41 am

Dok,gusi saya makin tipis dan gigi juga beberapa sudah tanggal,bisakah operasi penebalan gusi,berapa biayanya n butuh waktu berapa lama operasinya sampai penyembuhan?

admin
April 26, 2016 6:51 am

Dear Heni,
Gusi yang masih ada giginya namun gusinya saja yang menipis, bisa dilakukan penebalan gusi namun harus dilihat dulu kondisinya. Sedangkan di tempat yang masih ada giginya, bisa ditebalkan kembali gusinya untuk kemudian dipasang dental implant. Operasinya rata-rata setengah sampai 1 jam per gigi. Penyembuhan luka operasi sekitar 2 minggu. Saat ini kami sedang ada promo untuk dental implant, klik link ini untuk info detail : http://dentiadental.com/promo-special-dental-implant/
atau wa atau sms ke no. 0812-1023-5588
Kode : PROMO-IMPLANT
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG,FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

nita
January 30, 2016 2:25 am

Dok 2 gigi geraham saya udah lama bolong tapi belum saya cabut.. rencananya mau saya cabut.. tapi gigi atasnya udah pada turun.. kira2 masih bisa pasang gigi palsu lepasan g y dok?

admin
February 3, 2016 11:52 am

Dear Nita,
Jika masih ada ruangan yang cukup untuk dibuatkan gigi palsu lepasan, maka dapat dibuatkan gigi palsu. Namun jika gigi atasnya sudah terlalu turun sampai tidak ada sisa ruangan lagi, maka harus dicermati lagi apakah ruangan dapat dibuat dengan cara mengasah sedikit gigi atasnya.Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

rahmad purba
April 13, 2016 4:10 pm

Dr JOKO micni yth ;saya lk umur 52 thn udah ompong total apakah bisa pasang implan gigi penuh dok . . .
brp biaya dan proses pemasangan, sy ada juga diabetes kering 300 mdl juga udah pasang gigi lepasan apakah ada pengaruh krn gusiudah tipis trims” ats jawaban
ooh ya dimana alamat RS nya sy berasal dari medan

admin
April 18, 2016 10:01 am

Pak Rahmad Purba,
Perawatan implant tetap bisa untuk pasien yg sudah kehilangan semua gigi. Namun perlu perawatan pendahuluan yaitu menambah tebal tulang. Bila mungkin bapak mengirim ke kami rontgen foto panoramic supaya ada gambaran ttg kondisi tulang rahang pak Rahmad, kami sudah membalas via email pribadi bapak.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI
Dentia Dental Dentist Team

Ayu
April 20, 2016 3:56 pm

Dok mau tanya kalo pasang gigi tiruan depan bagian atas apakah cocok pakai gigi tiruan cekatan dan kira” biayanya berapa

admin
April 22, 2016 1:23 pm

Dear Ayu,
Gigi depan dapat dibuatkan gigi tiruan cekat. Kami tidak membahas tentang biaya di media ini, kami sedang ada promo dental implant, silahkan kunjungi halaman informasi promo. Perlu dilakukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat.Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG,FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

indri
April 24, 2016 9:36 am

Dok saya cabut gigi saya yang bagian dalam dan menipis lalu apakah itu masih bisa di perbaiki, krn saya t

indri
April 24, 2016 9:38 am

Karn saya takut klo saya tdk di terima di test kesehatan untuk bisa masuk di suatu sekolah kesehatan dolong dok jawabannya secepatnya, makasih

admin
April 26, 2016 6:46 am

Dear Indri,
Setelah dicabut dapat diganti dengan gigi tiruan. Baik berupa gigi tiruan lepasan maupun gigi tiruan cekat. Yang paling bagus adalah dengan dental implant.
Saat ini kami ada promo dental implant, klik link ini utk informasi : http://dentiadental.com/promo-special-dental-implant/
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

dasrun
June 3, 2016 4:51 am

Dok mau tanya… apa bisa gigi yang baru di cabut langsung pasang gigi palsu. Dan pasang nya itu di tanam digusi yang baru di cabut tadi giginya. Mohon tanggapannya soalnya lagi butuh banget infonya.. makasih

admin
June 9, 2016 9:21 am

Dear Dasrun,
Memang pada beberapa kasus dapat langsung dipasang gigi palsu. Namun pada umumnya lebih baik menunggu sampai gusinya sembuh dulu. Untuk lebih tepatnya, Dasrun dapat melakukan konsultasi dengan dokter gigi untuk diperiksa langsung keadaan gigi bapak.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Dwi
June 30, 2016 8:04 am

Dok mau tnya…
Di jawa timur di mana tempat pasang implan dental ??kusus nya daerah kdiri dan sekitar

admin
July 9, 2016 8:04 am

Dwi,
Untuk pemasangan implan dental dapat dilakukan di Rumah sakit dengan Drg SpBM yang menerima pemasangan dental implan. Saat ini di klinik kami sedang ada Promo untuk Dental Implant : wa atau sms ke no. 0812-1023-5588
Kode : PROMO-IMPLANT
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

nur wahid
June 30, 2016 5:10 pm

dok. gigi graham atas sebelah kiri hilang 1 dan kanan hilang 1 . apakah kehilangan 2 gigi itu bisa membuat wajah jadi kempot . trus dengan sisa akar gigi yang sudah rata dengan gusi apa masih bisa di pulihkan .? klo misalkan pakai gigi palsu apa bisa mengembalikan bentuk muka sperti dulu lagi

admin
July 13, 2016 3:51 am

Dear Nur Wahid,
Biasanya jika kehilangan hanya 2 gigi, tidak merubah bentuk muka. Gigi yang hanya tersisa akarnya saja kemungkinan besar tidak dapat dipulihkan kembali dan harus dicabut. Setelah dicabut sebaiknya segera dibuatkan gigi palsu agar bentuk muka tidak kempot dan posisi gigi tidak berubah.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Dita
July 19, 2016 1:30 am

Dok saya mau tanya guri saya pernah ada benjolannya dan bernanah tp skr udah hilang.pas saya raba bagian hidung dalam ada benjolan jg.tepatnya d aras gusi yg dulu pernah bernanah.itu penyebabnya apa ya dok

admin
July 20, 2016 12:48 pm

Dear Dita,
apakah gigi yang di dekat gusi yang pernah bernanah itu ada lubang besar? Jika sudah berlubang besar apakah pernah dilakukan perawatan untuk menghilangkan nanahnya dan kemudian ditambal permanen? Jika belum, maka cobalah ke dokter gigi untuk memeriksakan keadaan gigi tersebut sehubungan dengan adanya benjolan pada hidung Dita. Karena bisa saja nanahnya belum sembuh sempurna sehingga masih terdapat benjolan.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat. Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Naya
July 19, 2016 4:02 pm

Dok gigi depan saya patah dan desember lalu sdh perawatan saluran akar dan dipasangkan implant atau semacam jaket ya? Dan gusi sebelahnya sangat sensitif kadang suka keluar darah saat sikat gigi dan terasa ngilu jg di gigi yg dijaket dan gusinya hitam itu knp ya dok sakitnya jg sampai ke mata dan ke kepala

admin
July 22, 2016 9:17 am

Dear Naya,
jika masih terasa ngilu harus diperiksa apakah perawatan saluran akarnya sudah sempurna atau belum. Jika belum bisa saja gigi tersebut kambuh lagi dan terasa sakit. Atau sakitnya bisa berasal dari gusi karena gigi jaketnya terlalu menekan gusi. Warna hitam tersebut kemungkinan berasal dari pancaran logam yang berasal dari bahan dasar jaket nya. Sebaiknya kontrol ke dokter gigi untuk menghindari komplikasi lebih lanjut.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat. Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Nedyo
July 27, 2016 9:17 pm

Gigi depan sy tanggal semua dan mau implant gigi kira2 berapa lama proses pemasangannya kan malu klu ompong sy selama ini pakai gigi pasangan apa selama proses pemasangan gigi implan kita ompong dan berapa biaya implan 4 gigi dan apa saja yang dilakukan sblm impant

admin
July 29, 2016 6:15 am

Dear Nedyo,
Setelah implant dipasang, harus menunggu paling tidak 3 bulan. Selama menunggu 3 bulan dapat tetap memakai gigi palsu lepasan sehingga tidak terlihat ompong.
Saat ini kami sedang ada promo Implant, terbatas, silahkan wa atau sms ke no. 0812-1023-5588
Kode : PROMO-IMPLANT.
Sebelum pemasangan implant harus konsultasi dahulu dengan dokter gigi, lalu dilakukan foto roentgen panoramik atau CT scan bila diperlukan.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso, SpKG,FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

muhammad
August 1, 2016 7:58 am

dok saya punya keluhan gigi depan gingsul smakin lama makin maju kedepan dikrenakan belakangx tumbuh gigi taring akibat gigi susu wktu kecil saya belum dicabut krn takut, itu mnurut dokter gigi mana yg seharusx dicabut? berapa biaya dan waktu untuk meratakn gigi gingsul saya? apakh perlu dipasang behel untuk merapikanx dok? terimakasih jawabanx dokter smoga sll diberi kesehatan

admin
August 12, 2016 6:38 am

Dear Muhammad

Pada kasus gigi tersebut sebaiknya dilakukan pemasangan kawat gigi untuk memperbaiki gigi gingsul yang kurang rapi. Untuk pencabutan gigi kami perlu menganalisa kasus yang ada apakah memerlukan pencabutan ataukah tidak.

Biaya pemasangan kawat gigi akan kami email. Lama waktu perawatan tergantung dari tingkat keparahan kasus yang ada biasnya memerlukan waktu minimal 1-2 thn. Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Steiven Adhitya Mkes,
Dentia Dental Dentist Team

Asih
August 6, 2016 5:21 am

Dok saya kan giginya ga rata udah dibehel tapi ratanya ga lurus digusi
Gimana masih bisa lanjut perawatan behel ga

Edi pranata
August 14, 2016 6:48 am

Slamat sore dok..saya mau konsultasi..keluhannya 8 blan yg lalu saya kecelakaan dan gigi depan saya atas sama bawah copot semua dok tapi saya mau implan namun gusinya sudah habis..mungkin diperlukan penambahan tulang dok..nah kira kira kalau dilakukan pencangkokan tulang brapa estimasi biaya nya dok..
Tolong infonya dok..

admin
August 17, 2016 8:01 am

Edi
Mengenai biaya penambahan tulang memerlukan pemeriksaan terlebih dahulu supaya lebih akurat estimasinya. Saya sarankan unt dilakukan scan agar ketebalan tulang bisa diukur.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI
Dentia Dental Dentist Team

amelia
August 25, 2016 6:00 pm

Dok, sy mau tanya. Selama 8thn sy menggunakan 1gigi tiruan lepasan yang fleksibel di bagian depan atas. Thn ini sy mengganti gigi saya yg sebelahnya karena retak dan mulai berubah warna (akhirnya dilakukan perawatan syaraf dan gigi di kecilkan). Akhirnya saya menggunakan 2 gigi tiruan permanen yg bridge. Bagaimana cara mengatasi gusi gigi saya yg 8th menggunakan gigi tiruan lepasan sekarang jd menciut karena sdh tdk ada gigi aslinya?Trims

admin
August 27, 2016 9:28 am

Dear Amelia,
apakah bridge nya sudah terpasang permanen lalu masih terlihat celah karena gusinya menciut? Jika sudah, maka ada operasi khusus untuk menebalkan gusi kembali. Apabila belum dipasang permanen, maka mintalah design bridge supaya dapat mengkamuflase gusi yang sudah menciut tersebut.Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Edi pranata
August 31, 2016 1:30 am

Jadi hasil scannya saya kirim via ap dok. Biar dokter bisa melihatnya..
Trims

admin
August 31, 2016 5:46 am

Edi Pranata,
Hasil scan bisa dikirim via email ke info@dentiadental.com.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,

Dentia Dental Dentist Team

Putri Cahyati
September 2, 2016 1:16 pm

Dok mau tanya, gigi saya ini udh ompong di geraham atas, tp masih ada gigi sedikit dong, jd yg tersisa hanya gusi dan gigi yg sedikit itu. Kadang juga terasa nyeri. Itu baiknya gimana ya dok?
Kalau implant gigi brp ya biayanya?

admin
September 12, 2016 7:12 am

Dear Putri,
Gigi yang tinggal sedikit tersebut harus dicabut karena sudah menyebabkan nyeri oleh karena adanya infeksi. Lalu setelah dicabut dapat dibuatkan gigi tiruan atau gigi implant. Saat ini kami sedang melakukan promo untuk Dental Implant.

Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Rikiriyadi
September 17, 2016 2:38 pm

Dok,saya mau tanya nih?misalnya saya udh cabut gigi yg tengah , terus gk pede,saya pake gigi palsu ,gigi aslinya bakalan tumbuh lagi gk dok.setelah saya memakai gigi palsu ?
Umur saya 13 tahun
Sekian trimakasih

admin
September 21, 2016 5:08 am

Dear Rikiriyadi,
jika yang dahulu dicabut adalah gigi susu, maka masih dapat tumbuh gigi tetap. Namun apabila yang dicabut adalah gigi tetap, maka tidak akan tumbuh lagi gigi pada daerah tersebut.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Yasin
October 7, 2016 12:43 am

Dok mau tanya
Cara memperbaiki gusi yg turun itu dg Cara apa agar kembali ke Posisi semula ?
Sehingga gigi yg kelihatan Panjang kembali terlihat normal kembali

admin
October 12, 2016 10:03 am

Dear Yasin,
posisi gusi dapat dikembalikan dengan cara operasi gusi. Biayanya tergantung dari tingkat kesulitan kasus. Jika tidak terlalu parah, dapat ditambal dengan bahan tambal berwarna pink untuk mengkamuflase.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG,FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

irin irianti
November 4, 2016 3:25 pm

Dok, klo pasang implan biayax brp ya…
Gigi depan sya patah, trus tinggal akar gigix saja…
Tp sekarang udh sy cabut beberapa hr yg lalu…
Tp klondisi gigi kanan n kiri sy jg patah tp cm sedikit

admin
November 7, 2016 9:58 am

Irin,

Untuk biaya implan kami sedang ada promo.
HARGA KHUSUS UNTUK TREATMENT DENTAL IMPLANT
Kesempatan Terbatas , SEGERA Daftarkan diri anda.

wa atau sms ke no. 0812-1023-5588
Kode : PROMO-IMPLANT
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

aswad
November 24, 2016 9:38 am

Dok saya sudah cabut gigi depan atas 6 bulan yang lalu dan sekarang pake gigi tiruan,tp sring Longgar dan kadang lepas.sama mau nanya apa masih bisa dibagian depan bisa diganti gigi tanam Dok.???

admin
November 24, 2016 12:29 pm

Aswad,

Gigi pengganti yang nyaman untuk saat ini memang dengan gigi implan. Kami sedang ada promo implan.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Dian
December 11, 2016 10:16 am

Dok mau tanya.. Saya sdh pasang bridge pada gigi atas 2 geraham.. Hingga yg dipakai utk menopang adalah gigi taring..
Tp hasilnya kurang bagus dan saat mengunyah seperti mengganjal dan berasa tertarik di bagian gigi taring saya..
Kira2 bs diganti gak ya dok dan brp biaya misal mau pasang gigi implan?

admin
December 13, 2016 9:43 am

Dear Dian,
Jika merasa kurang nyaman, boleh saja diganti. Untuk pemasangan gigi implant kami sedang ada promo. Informasi kami kirimkan via email.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

eka
December 17, 2016 5:05 pm

Dok , ada buka cabang GK dok pemasangan gigi implant di kota Payakumbuh ,sumatera barat dok ?

admin
December 19, 2016 8:46 am

Eka,

Kami tidak membuka cabang di luar jakarta.

Dentia Dental Care Center – Tanjung Duren
Alamat Klinik:
Ruko Sentra Bisnis no.A7
Tanjung Duren Raya
Jakarta Barat, 11470

Dentia Dental Care Center – Cabang Puri Indah

Alamat Klinik:
Jl. Puri Kembang Timur Raya blok E1 no.48
Puri Indah
Jakarta Barat

HARGA KHUSUS UNTUK TREATMENT DENTAL IMPLANT
Kesempatan Terbatas , SEGERA Daftarkan diri anda.

wa atau sms ke no. 0812-1023-5588
Kode : PROMO-IMPLANT

Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021 – 5635991 / 5635992 / 5632831/5130-0818

Terima kasih, Dentia Dental Dentist Team

lindasari
December 25, 2016 8:47 am

Dok saya mau tanya,,saya mempunyai dua gigi gingsul di bagian atas,,ini membuat saya tidak percaya diri dan membuat gigi lain tertekan. Sebaiknya gigi itu dicabut dan digantikan dengan gigi palsu atau dirapikan dengan behel.tapi jika dirapikan dengan behel ruangnya tidak cukup, bagaimana dok?trmksh

admin
December 27, 2016 9:30 am

Lindasari,

Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Masalah minor bisa diperbaiki dengan veneer, masalah mayor diperlukan pemakaian kawat gigi.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Ira
February 25, 2017 6:29 am

Dok saya dulu kecelakaan trs gigi depan saya patah, terus saya ke dokter gigi kata dokternya di cabut aja. Trs saya cabut. Saya sampe sekarang masih pakai gigi palsu lepasan dok. 2 thn yg lalu masih blm ada biaya buat implan gigi. Menurut dokter apa bisa lg pasang implan setelah 2 thn saya pake gigi palsu lepasan? Kan dok soalnya gusi saya kyk kembali lg ga berlubang bekas dicabut dulu dok. Apa bisa implan lg?

admin
March 3, 2017 9:54 am

Dear Ira,
Untuk mengetahui apakah kondisi gigi anda dapat diimplant atau tidak,tentu saya harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Silahkan kunjungi klinik agar dapat dilakukan pemeriksaan dan mendapatkan solusi terbaik untuk senyum sempurna anda.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Marsellina S.
Dentia Dental Dentist Team

Manunggul Siregar
March 3, 2017 12:10 am

Manunggul Siregar 03 Maret 2017
Yth,
Saya telah berusia 62 tahun, apakah sahy masih bisa memakai implan pada gigi saya ?
Terimakasih dan salam !
email : manunggul.siregar@gmail.com

admin
March 3, 2017 9:51 am

Manunggal Siregar,

Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat, silahkan datang ke klinik untuk dilakukan pemeriksaan langsung. Biasanya dapat dilakukan hanya kemungkinan diperlukan penambahan tulang. Saat ini ada promosi Implant di klinik kami.

Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Dhutaji
March 15, 2017 7:13 am

Mohon info segera, anak saya hrs implant 2 gigi atas karena accident, brp biayanya dr?
Terima kasih.. Salam

admin
March 15, 2017 9:51 am

Dhutaji,

Informasi biaya kami kirimkan via email, saat ini kami ada promo untuk Dental Implant.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

dimas hadi wibowo
March 22, 2017 3:52 pm

dok, saya mau tanya.saya mempunyai 2 gigi gingsul. apakah bisa gigi saya ini dirapikan dengan tanam gigi.

admin
March 24, 2017 3:17 am

Dimas,

Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Masalah minor bisa dengan veneer, untuk masalah mayor diperlukan pemakaian kawat gigi. Tanam gigi dilakukan untuk gigi yang ompong.

Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

anty
June 19, 2017 11:43 pm

Dok aq mau nanya gigi atas sya sdah sya cabut semua trus sya pakai gigi palsu tpi bntuk muka sya bruba dok umur bru 20 thun dok….sy mau psang imlan tkut apaka bisa di psangkan implan law gigi sy dlu kuning sjak tumbuh dok

admin
June 20, 2017 5:42 am

Anty,

Implant merupakan solusi yang terbaik untuk saat ini, perlu dilakukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Kami sedang ada promo untuk Implan.
Untuk informasi tentang kenapa gigi yang sudah dicabut harus ganti dengan gigi palsu, silahkan baca artikel berikut : http://dentiadental.com/2017/03/

Demikian penjelasan kami, semoga membantu
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

setyawan
June 25, 2017 2:59 am

kalau gigi gingsul bisa di ganti ngk…

admin
June 26, 2017 4:09 am

Setyawan,

Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat, untuk gingsul bila tidak mayor bisa diperbaiki dengan veneer, tapi bila mayor harus menggunakan kawat gigi.
Demikian penjelasan kami, semoga membantu
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Riri aulia
July 8, 2017 5:44 am

Dok saya mw tanya kalo masang gigi implant ttpi sudah gaada gigi asli bisakah memasang gigi implan??

Riri aulia
July 8, 2017 5:47 am

Oh iya btw saya masih umur 13thn ttpi hari itu saya pernah jatuh dan gigi saya tinggal separuh jdi kata drg gigi saya gigi yg separuh itu harus dicopot dan ganti gigi palsu ttpi saat saya sudah pakai gigi palsu bongkar pasang saya ingin mengganti dgn gigi implant apakah masi bisa dok?

admin
July 12, 2017 1:52 pm

Dear Riri Aulia,
Gigi implant bisa dipasang apabila gigi aslinya sudah tidak ada. Nanti oleh dokter gigi akan diperiksa, apakah sebelum pemasangan gigi implant diperlukan penebalan tulang terlebih dahulu atau tidak. Karena seringkali jika gigi sudah lama dibiarkan ompong, tulangnya menipis sehingga perlu dipertebal dahulu.
Kami sedang ada promosi untuk Dental Implant.
Demikian penjelasan kami, semoga membantu
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Fikri Ferdiansyah
August 8, 2017 10:16 am

Assalamu’alaikum
Mau nanya Dok, Saya kan udh 5bln cabut ggi geraham Tpi saya pengen pasang ggi implant masi bisa gk y Dok Gusi ny udh gk berlubang lgi & kira” membutuh kan biaya nyampe berapa y Dok???
Salam

admin
August 9, 2017 2:17 pm

Fikri,
Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Kami sedang ada promosi dental Implant, informasi biaya kami kirimkan via email.
Demikian penjelasan kami, semoga membantu
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Ardi
August 11, 2017 6:07 am

Mau nanya dok
Di makassar dimana tempat memasang gigi implant.?

admin
August 12, 2017 5:00 am

Ardi,

Untuk Makassar silahkan datang ke Rumah Sakit saja, biasanya ada dokter gigi khusus Implant.
Kami sedang ada promo Implant, bisa datang ke klinik kami.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Reza
August 12, 2017 2:33 pm

Dok Maaf kalau keluar dari topik,
Untuk pemasangan behel, apakah harus di kerjakan oleh dokter gigi spesialis bergelar Sp.Ort? Kalau kita mau pasang behel tidak ke dokter spesialis bergelar Sp.Ort namun tergabung dalam FISID apakah boleh dok? Saya berencana pasang behel kebetulan dokter langganan saya kalau sy perhatikan tidak bergelar Sp.Ort namun ada embel2 FISID di belakangnya

Mohon pencerahannya Dok
Salam

admin
August 14, 2017 3:29 pm

Reza,
Untuk pemasangan kawat gigi sebaiknya dengan dokter yang spesialis ortodontis atau yang sudah mengambil pendidikan khusus tentang kawat gigi. Untuk boleh atau tidaknya kembali lagi kepada pilihan pasien untuk melakukan perawatan giginya.
Demikian penjelasan kami, semoga membantu
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Steiven A. MKes
Dentia Dental Dentist Team

kennely
January 10, 2018 4:02 pm

Dok saya pakai gigi palsu di gigi seri udah 2 tahun trus gusi nya menyusut kalo senyum keliatan gusi nya misah sama gigi. Gimana solusinya dok?agar saya punya gigi yg kayak gigi asli disampingya

admin
January 11, 2018 9:33 am

Kennely,

Dental Implant adalah gigi palsu yang sangat mirip dengan gigi asli, perlu dilakukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Kami sedang Promo Dental Implant.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Implant Gigi
January 13, 2018 2:33 am

Selamat pagi Dok,

Saya ada masalah dengan 2 gigi taring saya.
Gigi taring yang kanan, masih gigi susu dan saat ini mahkota giginya sudah tidak ada, tapi gigi masih ada di gusi.

Sedangkan gigi taring yang sebelah kiri, sudah tanggal.
Saya berencana untuk implant gigi.

Berhubung saya tidak tinggal di Jakarta, mohon konfirmasinya:
– Frequensi pemeriksaan pre-during-post implant
– Berapa total biaya nya (menurut informasi diatas sedang ada promo di Jan 2018) ini.

Mohon konfirmasinya.

Terima kasih banyak,
Salam,
Maria
+60 162619478

admin
January 13, 2018 11:06 am

Margaretha,

Untuk pemasangan implant bisa dilakukan pada saat kunjungan pertama kali asalkan tulangnya cukup tebal, dan bila telah dipasang implant perlu datang lagi stl 3 bulan , unt bln Januari ’18 ini ada disc 10%.
Demikian penjelasan kami.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Djoko Micni SpBM. FICOI
Dentia Dental Dentist Team

Virli
March 12, 2018 11:50 am

Dok saya mau tanya, kalo gigi saya yg bagian depan ompong 1 saya takut mau tanam gigi palsu bisa ga ya kalo pake dental veneer buat ngakalin gigi saya yg udah copot satu, sekaligus mau dental veneer gigi yang lain karna warna jelek dan tidak rapi

admin
March 16, 2018 8:21 am

Dear Virli,
Dental veneer hanya dapat dilakukan jika giginya masih ada. Jika sudah ompong maka solusinya adalah pembuatan gigi tiruan lepasan atau dental bridge atau dental implant. Lalu untuk gigi sebelahnya yang warnanya tidak bagus kemungkinan dapat dilakukan dental veneer.
Semoga informasi ini membantu ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Yusfizar
April 7, 2018 1:00 pm

Belitung apa uda Ada cabang Dr, biaya kalau Gigi depan Berapa satu

admin
April 9, 2018 4:39 am

Yusfizar,
Kami tidak membuka cabang di belitung, perkiraan biaya kami kirimkan via email.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818. Whatsapp : 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

1 3 4 5

Leave a Reply

January 2021
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031