"Tips mudah menjaga tambalan gigi tetap awet" (Cavity Filling Aftercare)

by drg. Trini Santi Pramudita, SpKG

1

Anda baru saja menambal gigi dengan resin komposit?

Dapat dikatakan anda telah membuat keputusan yang tepat untuk meningkatan kesehatan rongga mulut anda. Keunggulan resin komposit adalah estetik, kekuatan yang baik dan pembuangan jaringan gigi yang minimal. Namun tahukah anda bagaimana menjaga supaya tambalan ini tetap awet? Karena sebagian besar bergantung dari pemeliharaan anda dirumah. Berikut beberapa hal yang dapat dijadikan pedoman untuk anda:

 

  •      Setelah penambalan, kapankah boleh dipakai makan?

     Tambalan resin komposit akan segera mengeras setelah penyinaran pada proses menambal. Maka, sepulang dari dokter gigi anda tidak perlu ragu menggunakannya langsung untuk mengunyah.

 

  •    Penggunaan anestesi lokal

 

Bila pada saat penambalan disertai anestesi lokal/bius, umumnya rasa baal tersebut masih menetap dalam beberapa jam. Lebih baik untuk makan setelah rasa baal hilang untuk menghindari tergigitnya lidah atau pipi secara tidak sengaja.

 

  •   Gigitan terasa “mengganjal/tinggi”?

 

Bila tambalan terasa mengganjal atau tinggi dibanding gigi lainnya, maka mungkin anda merasa tidak nyaman dan sensitif saat mengunyah. Tidak perlu khawatir, periksakan kembali ke dokter gigi anda apakah  perlu dilakukan pengasahan untuk penyesuaian gigitan / occlusal adjustment.

 

  •  Adanya peningkatan sensitivitas

2

Sensitif terhadap tekanan, udara, atau minum dingin setelah ditambal adalah  hal yang umum terjadi dan normal.

Bila memang hanya ini penyebabnya, maka dalam beberapa hari sensitivitas akan semakin berkurang dan terus membaik.

 

3

 

Namun bila rasa ini tidak membaik setelah dua minggu atau semakin tajam, maka sebaiknya diperiksakan kembali. Pada lubang yang dalam dan dekat dengan saraf gigi, maka bakteri bisa saja sudah masuk terlalu dalam dan merusak saraf gigi. Dalam keadaan ini, maka gigi memerlukan perawatan saluran akar.

 

  • Pemeliharaan sehari-hari yang baik

Tidak perlu takut merusak tambalan akibat menyikat gigi. Justru menyikat gigi dengan teratur akan mencegah penumpukkan sisa makanan dan plak yang menempel pada gigi yang merusak tambalan.

6

Begitupula dengan pasta gigi. Peran pasta gigi selain untuk membantu menghilangkan plak dan sisa-sisa makanan pada saat penyikatan gigi tersebut, kandungan fluoride di dalamnya akan membunuh kuman penyebab gigi berlubang dan membantu proses perbaikan mineral gigi. Untuk gigi berjejal maupun sela-sela gigi yang sulit dibersihkan, gunakan dental floss atau obat kumur.

  •    Sadari apakah anda memiliki bad habit?

Umur tambalan juga dipengaruhi oleh kebiasaan pasien mengunyah, menggigit, atau grinding gigi pada saat tidur. Keadaan ini dapat menyebabkan tambalan lebih cepat pecah dan aus. Pada kondisi ini, konsultasikan dengan dokter gigi anda mengenai penggunaan night guard.  Hindari juga makanan yang terlalu keras seperti kacang, atau menggigit apel dengan gigi depan yang memiliki tambalan besar.

4

Minum-minuman seperti : teh, kopi, soda, sebaiknya dihindari, karena dapat menodai daerah yang telah ditambal dengan komposit.

Begitu pula dengan merokok, karena penggunaan tembakau dapat merubah warna gigi.

 

275 Comments

Nay
May 15, 2018 4:20 pm

Dok mau tanya kemarin saya ke dokter dan gigi saya di ambil xray nya disitu dokter menyarankan supaya ditambal saja, karna akar giginya masih kuat, nah kalo misalkan dicabut saja apakah bisa jadi pengaruh buruk ?

Dentia Dental
May 15, 2018 4:48 pm

Nay,
Kalau masih bisa ditambal sebaiknya ditambal karena bila dicabut harus dibuatkan gigi palsu pengganti.
Semoga informasi ini membantu ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

surya jayakarta
May 24, 2018 8:58 pm

saya 2x tambal gigi geraham belakang bawah dalam selang 3 hari. yg jadi pertanyaan saya adalah: kenapa tambalan gigi kembali tergerus dan kembali berlubang lagi?

apakah ini karena dipakai mengunyah makanan 2 jam setelah gigi di tambal?

mohon jawabannya.

Dentia Dental
May 29, 2018 5:07 pm

Dear Surya,
Apakah gigi tersebut sudah tambalan tetap atau masih sementara? Jika tambalan sementara, memang dapat tergerus. Diharapkan tidak sampai tergerus semuanya sampai waktu kontrol berikutnya. Namun jika tergerusnya sangat banyak, sebaiknya segera kembali ke dokter gigi.
Semoga informasi ini membantu ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

sindi
June 13, 2018 12:55 pm

Kalo gigi tambalan permanen nya itu gi mn

Dentia Dental
June 21, 2018 8:20 pm

Dear Sindi,
Tambalan permanen adalah tambalan yang tidak perlu diganti lagi untuk jangka waktu yang cukup lama.

Semoga informasi ini membantu ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Lily
June 25, 2018 12:43 pm

Dok mau tanya,saya dari tambal gigi,tapi takut mau mengunyah makanan nnti tambalannya rusak,cara atasinya giman ya dok

Dentia Dental
June 25, 2018 5:13 pm

Lily,
Tambalan gigi yang sudah permanen bisa dipakai untuk mengunyah setelah minimal 3 jam.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Intan dwi jayanti
July 8, 2018 8:53 am

Dok, 2 hari yang lalu saya mengalami kecelakaan tunggal yang membuat 2 gigi depan bagian atas saya patah. 1 mahkota patah tidak lebih dari setengah, dan 1 gigi lagi di sebelah kanannya patah lebih dari setengah. Dan 2 hari ini saya sudah pergi ke dokter untuk cek. Ketika gigi 2 diketuk, rasanya ngilu hingga menjalar ke hidung dan mata. Kemudian saya diminta untuk ronsen gigi. Saya diminta kembali kontrol 4 hari kedepan. Apakah ada solusi untuk perbaikan gigi saya kedepan? Apakah saya harus menambal gigi? Atau pasang jaket gigi?

Dentia Dental
July 10, 2018 4:58 pm

Dear Intan,
Lebih baik dilakukan roentgen untuk mengetahui kondisi gigi dan akar giginya. Lalu dicek apakah saraf giginya masih hidup atau mati karena benturan keras. Jika ternyata giginya mati, maka dilakukan perawatan saluran akar lalu dicrown (jacket). Jika masih hidup, kemungkinan masih dapat ditambal langsung. Namun biasanya gigi yang terkena beturan keras, lambat laun sarafnya akan mati.
Semoga informasi ini membantu ya
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Wita
July 11, 2018 12:22 am

Dok klo tambalan gigi depan besar emang gampang copot ya tambelannya??
Slnya kmrn saya nambel 2 hari lepas..
Biasanya berapa lama rentang waktu yg baik setelah nambel untuk makan..?
Terimakasih sebelumnya dok

Dentia Dental
July 20, 2018 6:25 pm

Dear Wita,
Tambalan gigi yang sangat besar lebih rentan untuk patah bukan copot/lepas, dan jika sudah berulang kali ditambal tetap lepas dikarenakan lubang terlalu besar sebaiknya Wita mempertimbangkan penggunaan veneer/crown/ Tambalan sinar terkini dapat digunakkan langsung untuk makan setelah penambalan.
Sebaiknya Wita konsultasi langsung untuk mendapatkan saran terbaik untuk gigi Wita. Semoga informasi ini cukup membantu Wita ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Drg. Astrid Dinda Hutabarat
Dentia Dental Dentist Team

Ipah
July 20, 2018 9:43 pm

Maaf dok sy mau bertanya udh 3 bln sy tambel gigi tp skrng gigi sy sedikit pecah krna wktu d tambel gdean gigi tambelan dok
Apa yg hrs sy lakuin skrng

Dentia Dental
July 21, 2018 6:08 pm

Ipah,
Segera kunjungi dokter gigi untuk perawatan, karena tambalan yang pecah harus segera diperbaiki.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Nisse
July 23, 2018 4:49 pm

dok saya mau tanya , tadi pagi saya abis tambal gigi permanen laser klo g salah ( yang sewarna gigi) terus pas pulang baru nyadar kalo tambalannya sedikit menggannjal , tapi waktu kontrol nya minggu depan , apakah masih bisa diperbaiki walupun minggu depan?

Dentia Dental
July 23, 2018 6:09 pm

Nisse,
Sebaiknya segera hubungi dokter gigi anda.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Adi setiawan
July 25, 2018 12:56 pm

Maaf dok sayabmau nanya, kan gusi saya yg bwah itu udah berlubang dan dalam, cuma tersisa pinggirannya saja. Dulu pas sd sering sakit tapi setelah sma ngga pernah sakit lagi, dan kalau menyikat gigi kadang berdarah, apakan itu bisa ditambal atau dicabut dok, mohon solusinya terimakasih..

Dentia Dental
July 25, 2018 1:44 pm

Adi Setiawan,
Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Gigi yang sudah tersisa sedikit bila dapat dipertahankan harus dilakukan perawatan saluran akar dan dibuatkan crown, bila tidak dapat dipertahankan maka harus dicabut dan diganti gigi palsu : bisa lepasan atau implant.
Semoga informasi ini cukup membantu ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Adi setiawan
August 1, 2018 7:18 am

Ohh begitu, kalau dicabut trus diganti dengan gigi palsu yang permanen harganya berapa ya dok kira kira, mohon saranya terimakasih

Dentia Dental
August 1, 2018 6:02 pm

Adi,
Perkiraan biaya kami kirimkan via email.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Kamsah arip
July 26, 2018 6:15 pm

Maaf dok mau tanya.
Saya barusan abis tambal gigi yang depan. Apakah bisa langsung buat makan?
Sama harus gmna cara perawatannya supaya hasil tambalan nya menetap?

Mksh sblmnya dok

Dentia Dental
July 30, 2018 6:47 pm

Dear Kamsah,
Penambalan Sinar Komposit merupakan tambalan yang mengeras dengan proses sinar UV, sehingga dapat digunakkan segera setelah penambalan.
Namun untuk gigi depan Kamsah harus berhati-hati ketika makan terutama jika tambalan besar. Sebaiknya memakan yang menggunakan gigi depan lebih diperhatikan (contoh : hindari memakan jagung secara langsung). Selain itu Kamsah harus jaga kebersihan dengan baik dengan gosok gigi dengan baik dan benar serta flossing, sehingga mencegah terjadinya kebocoran dan menjaga warna tambalan.
Semoga informasi ini membantu Kamsah ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Drg. Astrid Dinda Hutabarat
Dentia Dental Dentist Team

nu
July 27, 2018 7:43 pm

dok sy mau tanya. beberapa minggu lalu kan sy tambal gigi depan lalu bbrp minggu patah sedkit sdh diprbaiki patah lg trs patah lg. sdh 3 kali patah, rencana mau diperbaiki lgi. klo di perbaiki lg apa kemungkinan akan patah lg atau hrs bagaimana dok?

Dentia Dental
July 30, 2018 6:46 pm

Dear Azizah,
Ketahanan dari tambalan terutama gigi depan bergantung pada sisa gigi sehat yang ada. Jika memang lubang gigi tersebut sangat besar dan sudah berulang kali patah,
Azizah perlu mempertimbangkan untuk indirek Veneer/ Crown (pemilihan ini bergantung dengan sisa gigi yang ada). Veneer dan crown memiliki ketahanan yang lebih tinggi karena menggunakan material yang lebih kuat dan di proses di dental laboratorium. Semoga informasi ini membantu Azizah ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Drg. Astrid Dinda Hutabarat
Dentia Dental Dentist Team

ika eliana sofa
August 1, 2018 7:19 pm

dokter saya mau nanya..
kemarin saya tambal gigi geraham bawah sebelah kanan, 8 jam kemudian saya buat makan. saya makan pakai gigi sebelah kiri tapi ngunyahnya nggak bisa sampai lembut gitu dok, karena tambalannya yang mengganjal jadi gigi sebelah kiri tidak bisa menggigit sampai erat. apakah tambalannya ini kebesaran atau memang saya yang belum terbiasa ya dok? lalu saya harus bagaimana?
terima kasih…

Dentia Dental
August 4, 2018 6:58 pm

Ika,
Untuk tambalan yang mengganjal silahkan kembali kunjungi dokter gigi anda.
Semoga informasi ini membantu.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

erika nur rizki septian
August 6, 2018 7:58 pm

dok saya mau tanya.. gigi depan saya ditambal, gigi yg ditambal jumlahnya 4. nah warna mereka tersebut berbeda gigi sya yg lainnya. gigi tambalan nya berwarna abu, bagaimana ya dok?? sy inngin putih giginya

Dentia Dental
August 7, 2018 11:00 am

Erika,
Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Bila warna berbeda sebaiknya tambalan diganti dan gigi lainnya di bleaching.
Semoga informasi ini membantu.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

istiqom
August 13, 2018 10:49 am

dok tanya, bagaimana caranya tambalan gigi sementara takut tergerus dan belum seharai saja tmbalannya sudah ilang dikit gara-gara kena air liur. solusinya apa dokter

Dentia Dental
August 13, 2018 11:41 am

Istiqom,
Tambalan sementara memang untuk sementara, kembali ke drg gigi anda sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
Semoga informasi ini membantu.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Evelynn
August 16, 2018 6:23 pm

Tanya dokter, hai dok saya mau tanya, saya ingin melakukan tambalan gigi tapi saya masih ragu, soalnya waktu itu mama saya pernah melakukan tambalan gigi dan setelah sebulan kemudian warna tambalan giginya berbeda dengan gigi yg lain, padahal sewaktu awal melakukan tambalan giginya warnanya sama semua.
Dan apakah melakukan penambalan itu sakit?
Solusinya dong dok, terimakasih..

Dentia Dental
August 20, 2018 2:09 pm

Evelyn,
Tidak perlu takut untuk melakukan tambalan gigi, karena memang gigi harusnya tidak dibiarkan berlubang, soal warna tergantung dari bahan tambalan yang digunakan. Kami melakukan perawatan gigi dengan painless system.
Semoga informasi ini membantu.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Jerrel
August 29, 2018 10:25 pm

Bertanya dok. Apakah tambalan gigi yg sudah menguning harus diganti? Kira2 berapa lama sampai komposit dlm mulut menguning?

Dentia Dental
September 3, 2018 1:00 pm

Dear Jerrel,
Tambalan yang harus diganti adalah jika terdapat kebocoran atau menimbulkan rasa tidak nyaman. Salah satu cirinya adalah tambalan berubah warna. Apabila memang tambalannya bocor dan warnanya mengganggu estetik lebih baik diganti. Warna tambalan menguning tidak dapat dipastikan rentang waktunya.
Semoga informasi ini membantu.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Marni
September 21, 2018 5:39 pm

Dok klo tambal gigi di di tempat masang behel itu berbahaya kga ya dok??

Dentia Dental
September 27, 2018 2:38 pm

Dear Marni,

Perawatan gigi seharusnya dilakukan oleh dokter gigi sebagai ahli di bidang nya.Semoga informasi ini membantu.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Sri L Fauzi
October 17, 2018 9:15 pm

dok saya tambal 2 gigi depan yg patah akibat jatuh, ditambalnya menggunakan sinar uv, sampai saat ini udh bertahan kurang lebih 8thn, tp selama itu kadang gusi saya suka ngilu disekitar gigi yg ditambal itu dok, dan pernah sampai bibir saya bengkak, akibatnya saya susah untuk gosok gigi karena ngilu sekali, saya liat bagian belakang tambalan gigi saya udh mulai retak dan ada sedikit karang gigi.
bagaimana cara membersihkan karang gigi pada gigi tambalan dok? dan apakah tambal gigi menggunakan sinar uv bisa permanen?
terimakasih

Dentia Dental
October 19, 2018 5:59 pm

Sri,
Untuk tambalan yang sudah retak dan bermasalah harus segera ditangani, segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.Semoga informasi ini membantu.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

ana
October 18, 2018 7:57 am

dok mau tanya. gigi saya yg depan sudah ditambal. kemudian selama 2 tahn lebih tambalannya kayak kelihatan atau agak terlihat garisnya dg yg asli. trz apakah gihi depan saya tadi yg 2 nya harus dibongkar dan dilakukan oenambalan lagi. trima kasih

Dentia Dental
October 19, 2018 6:00 pm

Ana,
Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Sebaiknya kunjungi dokter gigi secara berkala, minimal 1 kali tiap 6 bulan.Semoga informasi ini membantu.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Ndha
October 20, 2018 6:54 pm

Dok mau tanya, kira kira jaket/veeneer harga berapa yaaak ?

Dentia Dental
October 24, 2018 8:26 pm

Ndha,
Perkiraan biaya jaket/veneer kami kirimkan via email.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Madun
October 23, 2018 1:54 pm

Dok saya mau tanya, kemarin saya baru tambal gigi sementara, bolehkah saya merokok dan apakah dampaknya jika kita merokok

Dentia Dental
October 26, 2018 4:11 pm

Madun,
Merokok dapat menyebabkan timbulnya karang gigi, sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi minimal 1x tiap 6 bulan.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Djingga anggra
November 9, 2018 10:33 am

Dok, setelah tambal gigi, boleh minum air putih ga?

Dentia Dental
November 9, 2018 2:10 pm

Djingga,
Boleh saja.

Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

sundari
November 10, 2018 11:38 am

Dok.. Kemaren saya baru tambal gigi depan tapi cuma satu yg patah karna jatuh… Terus saya veneer direct,, cara merawat gigi yg sudah di veneer itu gmna dok?

Dentia Dental
November 26, 2018 2:09 pm

Dear Sundari,
Caranya seperti merawat gigi biasa. Namun usahakan tidak menggigit dengan gigi tersebut dan lakukan kontrol rutin ke dokter gigi.Demikian penjelasan kami, semoga membantu.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Aini
November 10, 2018 2:26 pm

Dok saya mau tanya, saya sudah 2 kali tambal gigi atas samping mahkota gigi saya. tapi setelah 1 minggu selalu lepas terus. penyebabnya apa ya dok??

Dentia Dental
November 26, 2018 2:08 pm

Dear Aini,
Banyak hal yang dapat mempengaruhi. Misalnya karena tambalannya besar, struktur gigi yang tersisa tinggal sedikit, cara penambalan, tambalan terkena tekanan gigit yang besar, dll.
Demikian penjelasan kami, semoga membantu.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Nia Yuliati
December 13, 2018 4:04 am

Hallo dok, saya mau tanya. Saya suka sekali minum es kopi dan susah untuk menghilangkan kebiasaan itu. Gigi depan saya tambalan di tengah antara gigi kelinci saya, karna kebiasaan itu jd tambalan gigi cepat menguning. Kira2 tambalan berbahan apa ya dok agar awet dan tidak cepat menguning?

Dentia Dental
January 7, 2019 5:46 pm

Nia,
Bisa dilakukan whitening untuk gigi untuk memutihkan warna gigi. Bila ada keluhan segera konsultasikan ke dokter gigi anda.Silahkan datang untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Maulana
December 26, 2018 9:31 pm

Dok , sya mau nnya kan setelah sya priksa gigi ke dokter ktnya gigi graham nya harus dicabut ga bisa di tmbal ,karna udah ada pholip, tpi sya mau daftar polisi , solusinya gimana y dok
Mohon infonya

Dentia Dental
January 7, 2019 5:42 pm

Maulana,
Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat, konsultasikan dengan dokter gigi anda untuk keinginan anda mendaftar polisi.Silahkan datang untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Mellyza dwi soegiyanti
January 4, 2019 2:34 pm

Dok saya mau nanya.. kenapa si harus mondar mandir kontrol gigi tambalan? Memang tidak bisa ya abis ditambal langsung di pasang permanen?
Trimakasih

Dentia Dental
January 7, 2019 5:34 pm

Mellyza,
Silahkan baca artikel kami http://dentiadental.com/kenapa-sih-gigi-saya-tidak-dapat-langsung-ditambal-permanen-dalam-1-kali-kunjungan/
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Nun
January 6, 2019 3:01 am

Dok saya mempunyai 2 gigi yg tumbuhnya miring tidak menyatu dan menyebabkan ditengah jadi kosong nah yg saya mau tanyakan apakah ada cara lain selain behel yg dapat membuat kedua gigi saya menyatu kembali?

Dentia Dental
January 7, 2019 5:32 pm

Nun,
Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Silahkan datang untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Pasienn
January 15, 2019 2:33 pm

Dok sebulan lalu saya tambal gigi,lalu tambalannya tiba” skrng mau lepas/renggang,sebaiknya gimana dok ? Selama ini saya jaga dia baik”,saya gamau lepasin semudah itu dok

Dentia Dental
January 17, 2019 11:34 am

Mohamad Nurul Amin,
Sebaiknya segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat untuk tambalan yang bermasalah.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Rahmat baihaki
January 6, 2019 7:14 pm

Dok saya mau tanya, gigi depan saya patah akibat kecelakaan. Patahnya sebatas gusi, apakah masih bisa ditambal?

Dentia Dental
January 7, 2019 5:31 pm

Rahmat,
Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat, bila sebatas gusi sepertinya tidak dapat ditambal lagi, harus dicabut dan dipakai gigi palsu, sebaiknya diperiksa langsung.
Silahkan datang untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Bobby
January 9, 2019 9:46 pm

Dokter, saya mau tanya..
jika sudah di tambal gigi sementara, bisa engga kalau sewaktu-waktu saya beralih ke tambal gigi permanen? apakah ada efeknya Dokter?
Terimakasih

Dentia Dental
January 10, 2019 12:33 pm

Bobby,
Tambalan sementara sifatnya hanya sementara, jadi harus dituntaskan sampai tambalan permanen. Bila ada keluhan segera konsultasikan ke dokter gigi anda. Silahkan datang untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Revalina
January 15, 2019 8:39 pm

Dok saya mau nanya
Kan saya pergi ke dokter buat tambal gigi depan,katanya gigi saya kurang kalsium dari ibu waktu ada dijanin,terus karena itu gigi saya mudah patah,lalu waktu kecil dulu saya jatuh dari sepeda sehingga gigi depan saya retak terus gimana buat ngak gampang patah/retak dok.
Solusinya gimana?

Dentia Dental
January 17, 2019 11:39 am

Revalina,
Bila kurang kalsium silahkan anda mengkonsumsi kalsium dan makanan-makanan yang mengandung kalsium. Kunjungi dokter gigi minimal 2 x setahun untuk mendapatkan perawatan yang tepat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Relaluvita
January 16, 2019 2:10 pm

Dokter. Sy mau tanya. Ini gigi depan sy mau sy tambal dan cukup besar dan dalam bolongnya. Ini sblmnya sdah d tambal dan kmrin baru lepas stalh 7tahun d tambal. Yg mau sy taNya apakah stlah d tambal nanti sy akan sikat gigi sy setiap hari itu bisa menyebabkan tergerusbtdk gigi tambalan sy yg depan? Soalnya tambalan sblmnya yg tengah itu sprt tergerus dok. Dan kbiasaan sy minum air es apakah itu juga harus sy hindari. Terimakasih Dokter 🙂

Dentia Dental
January 17, 2019 11:38 am

Relaluvita,
Sikat gigi tidak akan menyebabkan tambalan tergerus, untuk perawatan gigi yang baik, kunjungi dokter gigi secara berkala minimal 2 kali setahun.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Ry.kelsa
January 30, 2019 6:32 pm

Saya ingin bertanya, Dok. Saya kan baru saja tambal gigi depan bagian atas sebanyak 4 gigi, terus gigi depan saya kan miring, saya pengen pasang behel, apakah boleh, Dok? Kalau boleh, berapa lama setelah tambal gigi dibolehin pasang behelnya?

Dentia Dental
February 6, 2019 3:44 pm

Rykelsa,
Setelah tambalan gigi permanen bisa digunakan kawat gigi.Sebaiknya datang langsung untuk konsultasi.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

1 2 3

Leave a Reply

January 2021
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031