5 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mulut

Lebih dari 50% pasien yang datang ke dokter gigi mengeluh mengalami kesakitan di mulut, dan kebanyakan dari keluhan tersebut ternyata disebabkan oleh kebiasaan buruk manusia yang sebenarnya dapat dicegah. Padahal ada kata pepatah yang mengatakan, “sedia payung sebelum hujan,” hal ini ingin menyorotkan bahwa pencegahan memang lebih baik daripada pengobatan. Kabar baiknya, menjaga kesehatan mulut tidak sulit lho, yuk kita simak cara-caranya:

1. Sikat gigi 2 Sekali Sehari

Sikat gigi adalah kebiasaan menjaga kesehatan mulut yang paling mendasar. Sikat gigi berguna untuk mencegah gigi berlubang dengan mengurangi penumpukan karang gigi dan plak di permukaan gigi. Menurut dokter gigi, menyikat gigi paling tidak harus dilakukan 2 kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Tentunya harus dilakukan dengan cara yang benar agar membuahkan hasil yang positif.

2. Kurangi konsumsi gula berlebihan

Gula dapat menyebabkan kerusakan gigi karena reaksi kimiawi yang mengurai gula menjadi asam oleh mikroba mulut. Itu mengapa kamu bisa merasakan asam di mulut beberapa saat setelah mengonsumsi minuman atau makanan manis. Di saat itu juga, gula akan terjebak di sela-sela gigi, dan jika tidak dibersihkan secara benar, dapat mengumpul dan berakumulasi sehingga lama-lama memengikis lapisan terluar gigi. Oleh karena itu, ada baiknya kita batasi konsumsi makanan dan minuman manis kita.

3. Floss gigi setelah makan

Flossing adalah aktivitas menjaga kesehatan mulut yang baik dilakukan berbarengan dengan menyikat gigi. Kalau kamu berpikir, “Sudah sikat gigi, tidak perlu flossing kan, Dok?” pemikiran ini belum sempurna karena sebenarnya kedua aktivitas memiliki tujuan yang sedikit berbeda. Flossing dapat membersihkan sela-sela di antara gigi yang tidak mampu dijangkau sikat gigi. Penumpukan plak di antara gigi memang terkadang susah dilihat secara kasat mata, namun bukan berarti mereka tidak ada lho. Oleh karena itu, yuk kita mulai menanamkan kebiasaan ini.

4. Minum air putih

Minum air putih adalah kebiasaan yang baik untuk mencegah mulut dari bau yang tidak sedap. Bau mulut adalah kondisi yang timbul karena produksi air liur yang berkurang, bakteri, sisa makanan dan kotoran yang berakumulasi di mulut. Sisa-sisa makanan tersebut dapat menimbulkan gigi berlubang bila tidak dibersihkan secara benar. Oleh sebab itu, kebiasaan untuk minum sehabis makan bukan saja kebiasaan yang baik untuk kesehatan tubuh, namun juga untuk gigi.

5. Lakukan check up rutin

Nah, kalau sudah menjaga kesehatan gigi dengan baik sesuai tips-tips diatas, saran terakhir tidak lain dan tidak bukan dari melakukan check up dengan dokter gigi secara rutin. Riset membuktikan bahwa orang yang melakukan checkup dengan rutin, mempunyai 30% kemungkinan lebih rendah akan mengidap penyakit gigi yang serius di dalam hidupnya. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menyisihkan waktu 1 kali dalam 6 bulan untuk bertemu dengan dokter gigi mu ya.

Jadi, begitulah 5 cara efektif untuk menjaga kesehatan gigi. Seperti yang kalian sudah kenali sekarang, tidak semua gejala penyakit gigi akan terasa dan kelihatan secara dini lho teman-teman. Jadi, ada baiknya jika teman-teman melaksanakan tindakan preventif ini agar dapat beraktivitas dengan optimal di tengah kesibukan. Artinya, jangan sia-siakan waktu yang kalian punya dan mulai budidayakan kebiasaan positif untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi sebelum terlambat ya.

Untuk mengetahui lebih lanjut dan membuat jadwal konsultasi dengan dokter gigi kami, hubungi whatsapp Dentia Dental Care Center di +62 81210235588

No Comments

Leave a Reply

October 2020
M T W T F S S
« Jun    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031