Mengenal Nyeri Gigi dan Penanganannya

Meski kecil, sakit gigi menimbulkan nyeri yang luar biasa. Mengapa bisa begitu? Mengapa pula bisa menyebabkan kematian?

Nyeri gigi, biasanya muncul karena adanya rangsangan langsung pada gigi. Rangsangan itu bisa berupa minuman/makanan panas, dingin atau saat mengunyah. Nah, rangsangan-rangsangan seperti itu, menyebabkan peradangan pada pulpa (pusat syaraf gigi) yang terdapat pada setiap gigi.

Pulpa itu sendiri merupakan ujung dari serabut syaraf gigi yang sangat sensitif, sehingga bila ada rangsangan akan menimbulkan rasa nyeri yang berdenyut-denyut dan dapat terus berlangsung meski rangsangan berhenti.

Namun, peradangan pada pulpa bisa juga disebabkan oleh beberapa hal lain, seperti gigi berlubang, trauma, infeksi atau pasca pencabutan gigi. Sedang penyebab lainnya, adalah penyakit sinusitis, nyeri telinga, trauma pada sendi rahang dan penyakit jantung.

Nyeri Kunyah

Nyeri karena tekanan yang berlebihan, disalurkan melalui akar ke jaringan penyangga gigi. Gigi yang mempunyai permukaan kunyah yang lebih tinggi umumnya dimiliki oleh gigi yang baru ditambal. Gigi menjadi miring atau terlalu panjang. Pada kasus-kasus seperti ini, bila gusi di daerah puncak akar gigi diraba dengan ujung jari akan terasa sedikit nyeri dan bengkak.

Penanganan

Hindari mengunyah dengan menggunakan gigi tersebut. Dokter akan menyesuaikan permukaan gigi yang terlalu tingggi sehingga menjadi normal. Infeksi akar gigi memerlukan perawatan saluran akar, agar gigi bisa diselamatkan atau dicabut bila tidak bisa dipertahankan lagi.

Gigi yang terlalu sensitif

Dentin (kerangka gigi) sangat sensitif dalam keadaan terbuka, sehingga sangat mudah terangsang oleh dingin, rasa manis dan asam dari sisa makanan yang menempel, serta tekanan sewaktu mengunyah atau saat sikat gigi. Nyeri yang timbul merupakan reaksi yang sementara dari pulpa dan dentin yang terbuka. Sensitivitas ini berlangsung beberapa saat dan hilang bila rangsangan dihentikan.

Kerusakan gigi karena erosi enamel, bisa disebabkan karena zat asam yang dihasilkan oleh bakteri pada sisa makanan atau terlalu keras menyikat gigi. Selain itu, kebiasaan makan makanan yang kecutdapat melarutkan lapisan enamel sehingga dentin terbuka.

Penanganan

Sikatlah gigi dengan pasta gigi yang mengandung flouride. Periksakan ke dokter agar dilakukan penambalan pada dentin yang terbuka atau memoleskan flouride atau pelindung dentin, bila hanya sedikit dentin yang terbuka. Untuk pencegahan, hindarilah rangsangan panas, dingin dan makanan manis atau kecut.

Pertumbuhan geraham akhir

Tumbuhnya geraham akhir, yang biasanya terjadi di usia 20-an, bisa pula menimbulkan nyeri, yang kadang disertai pembengkakan. Biasanya lebih sering terjadi pada gigi bawah daripada gigi atas.

Nyeri dan bengkak disebabkan oleh infeksi di bawah gusi yang menutupi gigi yang sedang tumbuh. Sering sangat sakit jika digunakan mengunyah, karena gigi yang letaknya berlawanan justru menggigit gusi tersebut.

Kadang gigi geraham akhir tersebut posisinya miring, terbenam dan mendorong atau tertahan oleh gigi di sebelahnya. Ini disebabkan karena sempitnya ruang pada tulang rahang mulut. Daerah tersebut memang merupakan bagian yang sulit untuk dibersihkan, sehingga gusi mudah terkena infeksi dan gigi rusak.

Penanganan

Kumurlah dengan menggunakan air hangat yang diberi garam, untuk membersihkan daerah yang sulit tersebut. Untuk mengurangi rasa nyeri, minumlah obat pereda nyeri.

Sementara waktu, jangan digunakan untuk mengunyah. Periksakan ke dokter gigi, untuk mengeluarkan nanah atau kotoran, sehingga membuka daerah tersebut agar mudah dibersihkan.

Selain anti nyeri, dokter juga memberikan antibiotik bila ada infeksi. Bila infeksi telah mereda, gigi geraham yang terbenam atau impacted dapat dicabut agar tidak terjadi infeksi lagi.

Periksakan ke dokter gigi

Seringkali jika sakit gigi biasanya orang hanya memberikan obat anti nyeri tanpa diperiksakan lebih lanjut ke dokter gigi. Sebaiknya ubahlah kebiasaan lama tersebut. Sebab, nyeri memang hilang namun akan mudah kumat lagi.

Pengobatan dengan anti nyeri diberikan hanya untuk mengatasi nyeri sementara. Sedangkan penyebab nyerinya sendiri perlu diperiksakan ke dokter gigi. Pemeriksaan oleh dokter untuk mengatasi penyebabnya.

Jika berlubang akan ditambal atau dicabut jika gigi sudah tidak bisa dipertahankan lagi atau perlu tindakan lainnya untuk mengatasi nyeri. Gigi yang dibiarkan berlubang akan menjadi sarang kuman dan akan semakin memperparah pengrusakan gigi. Oleh sebab itu jangan tunda lagi, segera periksakan ke dokter gigi.

Jangan anggap remeh sakit gigi

Dari satu gigi yang terinfeksi, bisa menimbulkan penyakit lain yang tak terduga. Bahkan ada yang meninggal gara-gara sakit gigi. Kok bisa? Berikut beberapa penyakit yang dapat berasal dari gigi.

– Rheumatic heart disease (demam rematik)

Penyakit ini disebabkan karena adanya kuman streptococcus yang menyerang organ jantung. Kuman ini awalnya berasal dari infeksi gigi. Penderita kelainan katup jantung biasanya mempunyai riwayat terserang penyakit ini saat mudanya.

– Sinusitis

Selain ke jantung, kuman-kuman yang berasal dari gigi juga dapat menjalar ke daerah sinus tengkorak. Bila sampai ke sana, sinus akan meradang dan menjadi sinusitis.

– Radang selaput otak (meningitis)

Penyakit ini sering menyebabkan kematian. Lagi, gara-gara kuman dari gigi yang menyebar ke otak sehingga selaput otak meradang dan timbul panas yang disertai kejang.

– Alergi

Gigi yang berlubang (caries) menjadi sarang bermacam-macam sisa makanan dan kuman. Seringkali penyakit-penyakit alergi seperti gatal-gatal atau diare berawal dari lubang gigi yang mengandung sllergen (bahan penyebab alergi)

Gigi Sehat

Perawatan gigi yang teratur dapat mencegah nyeri dan permasalahan gigi lainnya.

Berikut tips agar gigi sehat :

– Makanan yang sehat. Bakteri akan tumbuh subur dengan adanya sisa gula dan tepung di gigi. Hindari makanan kecil yang manis dan lengket. Bahan-bahan ini dapat merusak enamel gigi. Jangan sampai ada sisa makanan di sela-sela gigi.

– Akhiri makan dengan buah sebagai pencuci mulut dan berkumurlah untuk membersihkan sisa makanan.

_ Sikat gigi sehabis makan atau paling tidak sehari 2 kali. Bersihkan sela-sela antar gigi sekali sehari dengan dental floss. Periksa gigi secara teratur minimal 2 kali dalam setahun.

– Cegah timbulnya gigi berlubang dengan pasta gigi berflouride.

– Hindari merokok. Merokok menyebabkan suasana mulut menjadi asam yang mempermudah pengrusakan gigi.

Sumber : Majalah Kesehatan….

121 Comments

Adela
January 31, 2018 12:46 pm

Malam dok,
Gigi bawah sebelah kanan saya berlubang, sakitnya luat biasa menjalar dari kuping hingga kekepala. Saya sudah minum obat pereda sakit namun beberapa jam kemudiam sakit kembali hingga kepala saya sampai ikut nyut nyutan. Apakah gigi berlubang saya sudah parah? Apakah lebih baik jika dilakukan pencabutan atau hanya penambalan saja? Mohon tanggapannya dok terimakasih sebelumnya.

admin
February 3, 2018 11:12 am

Adela,
Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Obat pereda sakit bukan solusi untuk gigi sakit tapi hanya pereda sakit sementara. Dari pemeriksaan langsung akan diketahui kondisi gigi yang sebenarnya, kalau masih bisa dilakukan perawatan akan dilakukan perawatan, pencabutan adalah alternatif terakhir.
Semoga informasi ini membantu ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Fuji
February 2, 2018 2:50 am

Dok. Gigi geraham atas paling pojok saya berlubang dan terasa sakit sampai terasa ke kening dan bawah rahang. Saya sudah ke puskesmas dan diberi antibiotik dan paracetamol. Dan disarankan untuk cabut gigi ke rsud setelah sakitnya hilang. Tapi setelah saya minum antibiotik dan paracetamol tetap terasa nyeri dan sakit dok bahkan gigi bawah juga terasa sakit. Sudah 3 hari saya konsumsi obat dan masih terasa sakit.. saya harus bagaimana ya dok ?
Terima kasih sebelumnya dok

admin
February 3, 2018 11:22 am

Fuji,
Sebaiknya segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan penanganan perawatan yang tepat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

djono triyoko
March 13, 2018 3:46 pm

dokter numpang tanya ya
gigi geraham saya bawah sblh kanan sudah tercabut dngan sendirinya sekitar 6 bulan lalu,tp sejak terlepas saya sering mendapatkan rasa nyeri sampai gak bs istirahat tenang pas malam hari
cuman saya minum obat pereda nyeri
tiap malam.
apa ya dok solusinya biar saya gak tergantung sama obat trus
terima kasih

admin
March 16, 2018 8:33 am

Dear Djono,
kemungkinan gigi Djono patah dan meninggalkan sisa akar, sehingga sisa akar tersebut yang menyebabkan sakit. Segera periksakan ke dokter gigi ya.
Semoga informasi ini membantu ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Astrid D. R.Hutabarat
Dentia Dental Dentist Team

Nuril
May 6, 2018 10:55 pm

Malam dok,
Saya mau bertanya,
Beberapa waktu yang lalu gigi geraham kanan bawah saya sakit dan saya bawa kedokter gigi dan dilakukan perawatan,dari mulai tambal sementara dan pada akhirnya di tambal permanen.beberapa hari kemudian tiba – tiba gigi geraham kiri saya sakit dimalam hari sampai saya tidak bisa tidur.apakah ada hubungannya dengan geraham yg kanan y dok?
Untuk saat ini saya hanya minum obat pereda rasa sakit untuk mengurangi sakit,mohon advicenya.terimakasih dok

Dentia Dental
May 8, 2018 6:16 pm

Nuril,
Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Bila sakit dari gigi yang berbeda apalagi beda kiri dan kanan, sepertinya tidak ada hubungannya, bila telah terjadi keluhan gigi sebaiknya segera kunjungi dokter gigi untuk segera ditangani. Obat pereda rasa sakit hanya untuk sementara waktu dan tidak menyelesaikan masalah.
Semoga informasi ini membantu ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Mukid
June 7, 2018 9:01 pm

Malam dok
Saya mau bertanya.
Gigi sebelah kanan yang paling belakang terasa denyut. Saya sudah ke pukesmas dikasih obat anti denyut. Namun itu semata hanya menghilangkan rasa denyut sekejap. Jika reaksi obat itu habis maka terasa denyut lagi. Apakah harus dicabut ini dok. Terimakasih

Dentia Dental
June 9, 2018 7:16 pm

Mukid,
Obat anti nyeri hanya bersifat sementara. Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Gigi akan diusahakan untuk dirawat, pencabutan gigi adalah alternatif terakhir.
Semoga informasi ini membantu ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

merry hastuty
July 13, 2018 1:02 pm

Gigi bawah sebelh kanan saya yg ke 2 dari ujug terasa nyeri tidak nisa untuk ngunyah kalo ke senggol makanan nyerinya sampe di kepala tpi gigu ku tidak lubang dan kalo di lihat baik2 saja tdak rusak kira2 kenapa ya dok ?dan bagemana penyembuhanya?

Dentia Dental
July 20, 2018 6:26 pm

Dear Merry,
Sebaiknya Merry periksakan ke dokter gigi karena lubang gigi tidak selalu dari permukaan atas gigi dan sulit terlihat hanya dengan cermin. Dan selain lubang gigi terdapat penyakit gigi atau gusi yang dapat menyebabkan keluhan sakit pada saat mengunyah. Semoga informasi ini cukup membantu Merry ya.
Semoga informasi ini cukup membantu Wita ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Drg. Astrid Dinda Hutabarat
Dentia Dental Dentist Team

Riswan
July 24, 2018 10:14 pm

Dok, gigi geraham saya lubang trus sudah saya tambal, sakitnya udah hilang trus ada obat juga dikasih sudah 4 hari sejak ditambal. Tapi gigi geraham saya kok malah brngkak dan tinggi. Jadinya kalau gigi geraham atas saya sama bawah ketemu ranya ngak rata trus sakit.
Tapi katabya dokter kemarin akibat ada gifi geraham akhir yang tumvuh makanya jaringannya rusak. Tapi koko idah ada obatx udah berapa hari kok tetap aja yah.
Saya harus nfapain saranya apa yah??? Dimohon ?

Dentia Dental
July 25, 2018 2:03 pm

Riswan,
Sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter gigi yang merawat anda, karena pemakaian obat hanya bersifat sementara.
Semoga informasi ini cukup membantu ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Wen
August 17, 2018 7:25 am

Dok, gigi geraham bawah kiri saya bolong dan sudah ditambal. Tapi ketika mengunyah terasa ngilu, dan kalau gigi geraham di bagian tertentu ditekan terasa ngilu yg bersumber dari dalam gigi (saya menekan menggunakan kuku. Menekan menggunakan jari tidak terasa ngilu, dan jika menekan dengan kuku hanya daerah tertentu saja yang jika ditekan akan terasa ngilu). Sudah dikonsultasikan, dan spekulasi pertama adalah terjadi bolong pada tambalan. Gigi tersebut dibersihkan dan ditambal ulang. Karena sakit masih tetap ada ketika gigi ditekan/mengunyah, pergi mengkonsultasikan lagi dan solusi kedua adalah menambah tinggi tambalan gigi. Sakitnya berkurang, tapi seperti yang dijelaskan diatas sakit tersebut tetap ada. Apakah masalahnya pada saraf? Haruskah mematikan sarafnya? Mohon bantuannya….

Dentia Dental
August 20, 2018 2:11 pm

Wen,
Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Sebaiknya konsultasikan dengan spesialis konservasi (SpKG) untuk masalah anda.
Semoga informasi ini membantu.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Aii
September 15, 2018 10:10 pm

Mlam dok sya mau nnya..
Udah sminggu akar gigi bwah sya skit…
Pnyebab nya ap ya dok…
Sya tkut priksa k dokter…

Dentia Dental
September 17, 2018 6:41 pm

Aii,
Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat. Bila sudah ada sakit sebaiknya segera kunjungi dokter sehingga mendapat perawatan yang tepat.
Semoga informasi ini membantu.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

1 2

Leave a Reply

April 2021
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930