Wisdom Tooth (Gigi Geraham Bungsu)

Drg. Djoko Micni, Sp.BM, FICOI

wisdom1-jpg

Dari namanya kita pasti menginginkan gigi ini kita miliki selamanya, namun wisdom tooth atau yang sering kita kenal dengan sebutan gigi geraham bungsu acap kali menimbulkan masalah pada saat usia menjelang remaja.

Alih-alih menjadi gigi dambaan, gigi ini malah harus cepat enyah dari si pemiliknya. Ditenggarai sebagai salah satu alasan utama untuk datang ke dokter gigi, sebenarnya apa yang menjadi pertimbangan utama untuk membuang gigi ini dan bagaimana prosedur yang aman?

Istilah yang Rancu
Wisdom tooth adalah gigi geraham bungsu atau gigi geraham ketiga dari seri gigi geraham pada lengkung rahang. Merupakan gigi yang terakhir erupsi/tumbuh pada saat usia 16-18 tahun suatu masa saat seseorang telah dianggap dewasa dan mulai bijaksana. dari sinilah mungkin istilah wisdom ini muncul. Saat gigi ini erupsi gusi di sekitarnya/pericoronal mengalami peradangan sehingga timbul rasa sakit yang berangsur-angsur akan hilang setelah mahkota gigi tumbuh sempurna. Akan tetapi, apa yang sering terjadi adalah gigi ini mengalami impaksi/retensi dikarenakan terhalang oleh gigi geraham di depannya, sehingga peradangan menjadi berkepanjangan/kronis. kondisi inilah yang merupakan pemicu dari gangguan kesehatan organ-organ tubuh lainnya (infeksi focal)

wisdom2-woodlakedental

Gangguan Kesehatan karena “Wisdom Tooth”
“Dok, saya sudah berobat kemana-mana, tapi tetap saja sakit kepala saya tidak sembuh-sembuh, saya sudah melakukan CT scan, MRI, tapi tetap saja tidak menemukan apa-apa di kepala saya” demikianlah kalimat yang terlontar dari banyak pasien yang saya hadapi saat menemukan adanya gigi wisdom.

Dari masalah yang sifatnya lokal seperti pericoronitis(radang di sekitar mahkota gigi), caries, kista atau tumor rahang yang dapat timbul dari gigi impaksi, gangguan kesehatan dalam bentuk atau menifestasi di luar rongga mulut juga sering kali muncul seperti sakit kepala/migrain, otalgia/sakit telinga, myalgia/nyeri otot, bahkan endokarditis/infeksi katub jantung dapat dibuktikan sumbernya dari gigi ini.

Oleh karena itu, bila dijumpai masalah-masalah kesehatan yang belum ditemukan solusinya adalah bijaksana untuk melakukan pemeriksaan radiologis gigi dan bila menemukan gigi impaksi/wisdom tooth, tindakan selanjutnya adalah mengangkat gigi tersebut walaupun dirasa hal ini belum pasti.

Teori yang kontroversial.
Dalam kondisi yang meragukan apakah gigi ini merupakan penyebab gangguan yang selama ini diderita, anjuran untuk mengangkatnya tetap menjadi pilihan utama. Hal ini sebenarnya dapat dijelaskan dari teori focal sepsis, yaitu dengan adanya kondisi infeksi kronis di duatu tempat yang menyebar ke tempat lain dan bermanifestasi sebagai gangguan dari organ yang jauh dari sumber tersebut. Jadi dapat disimpulkan pertimbangan utama untuk mengangkat gigi ini atau diistilahkan dengan odontektomi adalah selain untuk mengatasi gangguan-gangguan lokal juga untuk profilaksis masalah-masalah kesehatan yang sifatnya sistemik.

Apakah aman melakukan operasi Wisdom Tooth (gigi Geraham Bungsu)?
Setiap tindakan operasi memang mengandung resiko timbulnya komplikasi, dari yang sifatnya sederhana/sementara seperti pembengkakan, pendarahan, nyeri sampai pada komplikasi yang lebih berat/permanen seperti paresthesia/gangguan saraf perasa sampai fraktur tulang rahang.

Semuanya ini bisa diantisipasi/dihindari dengan :
1. Pemeriksaan yang teliti dan menyeluruh: lakukan pemeriksaan laboratorium darah, pemeriksaan radiologis baik panoramic maupun CT scan dental 9melihat jarak antara gigi dengan saraf)
2. lakukan operasi gigi ini/odontektomi sedini mungkin antara usia 12-18 tahun
dengan perimbangan profilaksis karena saat usia ini akar gigi belum terbentuk sempurna sehingga proses pengangkatan menjadi lebih mudah dan terhindar dari kemungkinan trauma pada saraf 9karena jarak gigi dengan saraf jauh).
3. Prosedur operasi yang asepsos dan antisepsis dengan kontrol sterilisasi yang optimal disertai penggunaan alat operasi non-traumatis, yaitu piezoelectric dapat menghindari cedera saraf.
4. untuk kasus-kasus tertentu, yaitu pada posisi-posisi gigi impaksi yang letaknya dekat dengan organ anatomisn penting seperti saraf atau di luar rahang seperti di dalam sinus, maka operasi dapat dilakukan dengan bantuan anestesi umum

Dengan pemahaman yang lebih dalam dan luas, wisdom tooth bukan lagi masalah yang rumit dan dambaan akan gigi dan tubuh yang sehat bukan merupakan mimpi.

TIPS :
Lakukan panoramic untuk screening
Jangan ragu untuk “early removal of wisdom tooth”
Percayakan pada ahlinya

Early removal of wisdom tooth makes a contribution towards the prophylactic and reduction of complication rate.

Note : gambar diambil dari woodlakedental.com

334 Comments

Indiranita
March 27, 2015 7:08 am

Kemaren tgl 26 maret saya juga habis oprasi gigi graham yg bawah…. ga ada masalah sih cuma tadi ada sedikit pendarahan pas selesai makan bubur dan minum…apakah tdk apa dok?? dan satu lagi dibuka jahitan sakit ga?hehehe tks…

admin
March 27, 2015 1:59 pm

Dear Indiranita,

Tidak apa-apa, normal masih ada sedikit pendarahan sehari setelah operasi. Ketika buka jahitan tidak akan terasa sakit kok 🙂 Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
Terima kasih, Drg. Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

Rezva yuliana
December 25, 2015 6:25 pm

Slamat malam dok. Nama sy rezva umur hampir 30th. mau nanya dok 2minggu yg lalu sy operasi gigi bungsu bawah kiri dan kanan. Setelah operasi dokternya bilang kalo rahang saya tipis sekali. Shingga butuh perawatan agar tdk trjatuh atau terbentur sampai selama 6 bulan kedepan biar tdk patah rahangx. Selama 2minggu kemarin gigi sy membaik namun sekarang pipi sebelah kiri membengkak lg dok. Normalkah itu dok?kasus sblah kiri gigi bungsunya tumbuh miring. Trimakasih dok sblmx..

admin
December 29, 2015 11:57 am

Dear Rezva,
Pada kondisi normal gusi dan pipi tidak bertambah bengkak lagi setelah 2 minggu. Bisa saja belum kempes, tetapi tidak bertambah bengkak. Apakah ada keluhan sakit? Sebaiknya Rezva kontrol ke dokter gigi lagi.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

budi
March 31, 2015 10:10 am

dok. sy umur 35 thn. sdh poto utk gigi dan paling belakang tumbuh ke depan. utk yg atas paling belakang tumbuh sempurna tapi tumbuh agak ke belakang aehingga kena rahang. dan rencana minggu depan akan operasi untuk pencabutan. yg saya tanyakan. 1. rencana 4 gigi mau di cabut bersama dgn metode di bius total. apakah boleh.
2. apa efek ke saraft apabila di copotjawabannya. sy ucapkan terima kaaih.semua.
atas

admin
April 1, 2015 7:09 am

Budi
Untuk pencabutan gigi dg bius total termasuk aman karena dilakukan di RS dan oleh dokter anestesi. Bila semua prosedur dijalankan dg baik maka hasilnya memuaskan.
Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
Terima kasih, Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI, Dentia Dental Dentist Team

febriana
October 16, 2015 11:26 pm

Kemrn saya ke dokter gigi dan katanya posisi gigi sebelah kanan miring jadi menarik saraf kepala. Dan di suruh operasi. Apakah benar perlu d oprasi dok ? Lalu apa efeknya stelah di Oprasi ? Trimaksih

admin
October 23, 2015 9:13 am

Dear Febriana,

bila ada gigi bungsu/wisdom tooth/molar ketiga yang letaknya miring (impaksi) dan menyebabkan pusing atau menimbulkan keluhan memang sebaiknya diangkat saja. Karena letaknya yang miring gigi tersebut harus dikeluarkan dengan cara operasi. Tidak ada efek samping dari operasi gigi. Namun bila posisi gigi sangat dalam dan menyentuh saraf, bisa saja terjadi baal berkepanjangan bila sarafnya terluka. Bila posisinya tidak terlalu dalam tidak akan ada masalah. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

jihan sri lestari
April 29, 2015 3:39 am

selamat siang dok saya jihan 20 Th saya ingin bertanya saya sudah pake behel kurang lebih hampir 3th ada masalah di gigi atas saya yang tidak rapih. untuk saat ini gigi saya sudah rapih tapi bagian atas yg depan 2 itu belum rapih dan terdapat dibelakang gigi atas saya ada numbuh gigi baru, saat pemakaian behel tidak saya cabut karna katanya tidak menggagu. tapi bentuk gigi depan saya masih seperti awal mula tidak ada kemunduran.apakah itu pengaruh dengan timbul nya gigi baru saya itu?? mohon info dan solusinya yah dok trimakasih dan selamat siang .

admin
May 2, 2015 5:20 am

Dear Jihan

Untuk bisa menentukan penyebab kurang rapinya gigi Jihan kami perlu menganalisis kasus yang ada lebih lanjut dengan foto rontgen dan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Kemungkinan bisa juga terjadi dikarenakan gigi baru yang tumbuh mengganggu posisi gigi yang ada saat ini. Untuk solusi yang bisa kami tawarkan yaitu untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu sehingga bisa ditentukan solusi yang tepat untuk kasus Jihan.

Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Steiven Adhitya Mkes,
Dentia Dental Dentist Team

guntur
May 9, 2015 12:46 pm

malam dokter saya m.guntur syuhada’ posisi di korea selatan umur 24 th seminggu yang lalu gigi bungsu geraham kiri bawah telah dioperasi jahitannya jg telah dilepas tapi setelah operasi bekas pengangkatan gigi ada lubang besar yang menganga rasanya nyeri banget disertai kepala pusing sebelah
pertanyaan kira” butuh waktu berapa lama lubang bekas pengangkatan gigi bungsu itu tertutup kembali??
trimakasih dok

admin
May 10, 2015 1:42 pm

Dear Guntur,

Sudah berapa lama sejak dilakukan operasi gigi bungsu? Apakah nyeri dan pusingnya terasa sejak selesai operasi sampai sekarang? Atau setelah berapa lama baru muncul rasa nyeri dan pusing? Dan apakah nyerinya muncul tiba-tiba atau saat kamu sedang melakukan sesuatu? Lubang bekas operasi gigi bungsu membutuhkan waktu beberapa bulan untuk menutup, tetapi normalnya tidak ada rasa nyeri. Rasa nyeri pasca operasi biasa hanya 3-5 hari saja. Bila nyeri berkepanjangan sebaiknya segera periksa kembali ke dokter gigi untuk dicari tau penyebab nyeri nya. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
Terima kasih, Drg. Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

Monica Listya
May 10, 2015 2:23 pm

Dok, 5 hari yg lalu saya menjalani operasi cabut graham belakang karna tumbuh miring ke arah gigi depannya. Sekarang benangnya seperti hampir terlepas dari gusinya. Kalau benangnya tertelan bahaya/tidak? Kebetulan dulu graham belakang saya yg lain juga pernah di operasi dengan masalah yg sama dan benang jahitannya tertelan sebelum dicabut. Apakah itu bahaya?

admin
May 19, 2015 1:58 pm

dear Monica,

bila ikatan benangnya sudah terlepas dari gusi dan bisa ditarik sebaiknya dilepas saja, tetapi bila ikatannya masih utuh dibiarkan saja sampai saatnya kontrol dan buka jahitan. bila tertelan tidak berbahaya. demikian pejelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
Terima kasih, Drg. Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

Dewi
May 15, 2015 12:43 pm

Malam Dokter, saya mau Bertanya saya sekarang Usia 24 dan Gigi Gerahan Bungsu saya Tumbuh dan sangat sakit apa yg perlu saya lakukan dokter apakah boleh di cabut ??? dan apa jika tidak di cabut akan menimbulkan masalah ??? apakah gak ada efeknya jika di cabut dok

admin
May 19, 2015 1:44 pm

Dear Dewi,

Bila gigi geraham bungsu sudah sakit dan mengganggu, sebaiknya gigi tersebut diangkat saja. Tidak berbahaya bila gigi bungsu dicabut, hanya saja tidak disarankan pencabutan saat sedang sakit. Segera pergi ke dokter gigi dan minum obat dahulu kemudian setelah tidak sakit lagi baru dilakukan pencabutan gigi bungsu. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
Terima kasih, Drg. Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

fitri
May 17, 2015 11:21 am

Malam dok, Saya perempuan usia 22 thn. Awalnya saya merasakan sakit gigi bagian kanan bawah lalu menjalar keatas. Akhirnya saya periksa ke dokter gigi dan diagnosa bahwa tumbuh gigi geraham bungsu bagian kanan atas. Dokternya bilang bahwa tumbuhnya itu miring dan mengganggu gigi depannya sehingga menimbulkan radang dan harus dicabut. Yang ingin saya tanyakan jika harus dicabut kan tunggu nyerinya hilang, sedangkan ini sudah 2 minggu nyerinya masih terasa sampai kepala, mata, hidung, telinga dan leher. Bagaimana cara agar nyerinya hilang, padahal sudah diberi obat dari dokter pun masih tak kunjung hilang? Ditunggu jawabannya dok. Terima kasih.

admin
May 28, 2015 9:44 am

dear fitri,
untuk menghilangkan radang pada gigi bungsu kamu dapat minum obat antibiotik dan penghilang rasa sakit. bila dokter sudah memberi obat dan sakitnya tidak kunjung hilang mungkin antibiotik yang diberikan kurang cocok (bila kamu sebelumnya sering minum antibiotik bisa jadi sudah tidak mempan dengan antibiotik ringan), atau bisa juga sebenarnya sakitnya berasal dari tempat lain dan bukan gigi bungsu tersebut sehingga perlu diperiksa lebih lanjut. segera kembali ke dokter gigi untuk memeriksakan kembali. demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
Terima kasih, Drg. Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

aztrii
May 25, 2015 5:33 am

Dok saya punya msalh dgn gigi saya, gigi graham bungsu sya tumbuh tapi masih tertutupi gusi rasanya ngilu bgt dn gusi sdkt bngkak, apa itu harus di cabut atau di potong gusinya biar giginya tumbuh normal

admin
May 28, 2015 9:53 am

Aztrii,
Gigi geraham bungsu yang sudah menimbulkan gangguan sebaiknya diangkat, perlu dilakukan pemeriksaan langsung sehingga didapatkan diagnosa yang tepat.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
Terima kasih, Dentia Dental Dentist Team

Eric
May 31, 2015 7:14 pm

Dok, saya mau tanya saya ada keluhan mengenai gigi geraham bungsu saya dan saya sudah pernah konsultasi ke seorang dokter, dan kata nya gigi bungsu saya dekat dgn saraf dan jika dicabut resiko nya adalah baal permanen seumur hidup, apakah itu benar? Krn saya jadi takut untuk dcabut. Mohon bantuan pencerahan nya dok, Terimakasih.

admin
June 3, 2015 5:29 pm

Dear Eric,
Pada gigi bungsu yang letaknya dekat dengan saraf, memang ada kemungkinan ketika diangkat saraf tersebut tergores. Bisa saja hanya baal sementara atau yang paling buruk bisa baal permanen tergantung seberapa besar kerusakan pada saraf tersebut. Saraf yang tergores bisa disembuhkan dengan konsumsi vitamin B1, B6, dan B12, tetapi membutuhkan waktu yang lama. Kemungkinan tergoresnya saraf 50:50. Pada kasus yang posisi giginya sulit seperti ini sebaiknya ditangani oleh dokter gigi spesialis bedah mulut. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
Terima kasih, Drg. Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

Esti
June 19, 2015 10:29 am

Dok saya lg hamil 5 bln.
Sudah sebulan ini saya skt gigi dr rahang sampai telinga.
saya ke dokter gigi dan katanya ada kemungkinan wisdom teeth ini mau tumbuh tp miring.
tp karena sedang hamil, saya tidak diperbolehkan untuk rontgen gigi dan operasi gigi.
namun saya tidak kuat menahan sakitnya setiap hari, dan sampai kelahiran anak saya msh ada skitar 4 bulanan lg.
saya diberi paracetamol namun saya tidak mau mengkonsumsinya setiap hari karena sedang hamil.
Apa ada saran dok untuk menghilangkan rasa nyerinya??
Saya sudah sering berkumur namun hasilnya sama saja.
Terima kasih.

admin
June 30, 2015 3:56 pm

Dear Esti,

Bila gigi bungsu terinfeksi dan sakit bisa diatasi dengan minum antibiotik dan obat pereda nyeri. Untuk ibu hamil antibiotik yang aman salah satunya adalah amoksilin, untuk pereda nyeri boleh parasetamol. Kalau terpaksa harus difoto ronsen, pastikan kamu menggunakan apron pelindung untuk mencegah paparan radiasi pada tubuh anda dan bayi di kandungan. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
Terima kasih, Drg. Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

Ilham Saputra
July 4, 2015 3:29 pm

Dok, saya sudah hampir 2 minggu lebih setelah odontectomy dan sudah lepas jahitan. Tapi kenapa masih terasa nyeri di bagian sekitar rahang, dan buat buka mulut juga masih susah. Apa ini normal?

admin
July 10, 2015 4:16 am

Dear Ilham, biasanya rasa sakit sudah hilang setelah 2 minggu. Bila masih sakit mungkin masih ada infeksi di bekas luka pencabutan, sering disebut dengan dry socket. Ilham dapat berkunjung ke dokter gigi untuk memeriksakan kondisi tersebut. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
Terima kasih, Drg. Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

Erita
July 31, 2015 9:01 am

2 tahun lalu di Surabaya saya pernah operasi gigi bungsu sebelah kanan, atas dan bawah, dgn bius local dan berhasil. kali ini gigi bungsu yg sebelah kiri, bagian atas dan bawah juga hrs dikeluarkan. setelah di panoramic rupanya gigi yg bawah tumbuh 2 gigi yg berhadapan (posisi tidur) dan yg bagian atas syarafnya dekat dgn mulut (begitu keterangan dokter gigi di salah satu wilayah jawa tengah) dan beliau bilang ini hrs di bedah dgn bius total dan opname 2 hari. apakah harus begitu ya dok? apakah keliatannya cukup serius dgn posisi spt itu? terimakasih

admin
August 6, 2015 11:19 am

Dear Erita,
Pada kasus gigi impaksi (letak miring atau tidak bisa tumbuh) yang sulit, memang sebaiknya dilakukan operasi dengan bius total karena prosedurnya lama dan dokter harus melakukan dengan hati2 agar tidak melukai saraf. Bisa dilakukan one day care (tidak perlu menginap) atau opname bila perlu pengawasan lebih intensif setelah operasi. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.
Terima kasih, drg Anna Aurelia, Dentia Dental Dentist Team

jefri y
August 20, 2015 5:53 pm

seminggu yg lalu operasi pencabutan gigi bungsu 2bwh 1 atas.,opname 1hri 1mlm,d bius total,2hri setalah itu saya bersin kuat sekali,jahitan yag bawah lepas semua dok.terlihat sakali lobang yang menganga,itu gimana dok .tpi nggak begitu nyeri,.

admin
August 29, 2015 10:30 am

dear jefri,
bila luka bekas operasi belum sembuh benar, sebaiknya segera kembali ke dokter gigi untuk diperiksa, mungkin ada bagian yang harus dijahit ulang. jahitan pada luka operasi akan membantu penyembuhan jaringan, bekas luka cepat rapat dan rapi seperti semula. demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Desi
August 22, 2015 3:56 am

Dok,saya mau tanya mengenai gigi bungsu saya,gigi bungsu saya tumbuh miring,dan saya pernah konsultasi ke dokter gigi katanya jika kepala sering pusing sebaiknya gigi diangkat,tapi kalau tidak pusing tidak masalah,nah saya bingung kalau pusing penyebabnya apa,tapi jarang pusingnya,tidak sering jadi saya bingung apa itu pengaruh gigi atau tidak,dan sampai sekarang belum saya cabut. Tapi dengar dengar posisi gigi seperti itu bisa ganggu program kehamilan,sedangkan saya sedang menjalani progmil? Apa benar dok? Dan apa yang sebaiknya saya lakukan?

admin
August 29, 2015 10:31 am

dear desi,
gigi bungsu yang miring memiliki resiko infeksi, kadang bisa membuat pusing dan pegal-pegal di leher. memang hal tersebut belum pasti terjadi namun tidak dapat dijamin juga tidak akan sakit. saat menjalani program kehamilan tentu kita berharap tidak akan ada gangguan selama bayi dikandung. gigi bungsu yang miring bisa saja tiba-tiba sakit sehingga anda harus mengkonsumsi obat-obatan, dan tidak bisa segera dilakukan operasi pengangkatan gigi bungsu saat hamil karena penggunaan xray serta obat-obatan selama hamil sebaiknya dihindari kecuali sangat terpaksa. (ada obat penghilang rasa sakit dan antibiotik yang aman digunakan untuk ibu hamil, namun sebisa mungkin kita menghindari konsumsi obat selama hamil). itulah sebabnya sebelum program kehamilan sebaiknya masalah gigi dibereskan terlebih dahulu. demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Tyas
September 4, 2015 3:08 am

Dok.. sebulan yg lalu saya sudah melakukan operasi gigi bungsu, dan yang diambil adalah gigi depannya yg rusak, tapi sekarang daging pipi bagian dalam saya menonjol ke daerah yg sudah tidak ada giginya itu, dan menutupi gigi bungsu saya, dan tonjolan itu sering tergigit dan terasa sakit dan skrg semakin menonjol lagi. sebaiknya bagaimana ya dok?? trimakasih

admin
September 10, 2015 7:20 am

Dear Tyas,
Kalau dari cerita Tyas, berarti gigi bungsu nya masih ada ya, yang diambil kan gigi di depannya. Bila gigi bungsu atas dan bawah posisinya tidak baik, daging pipi bagian dalam jadi suka tergigit, semakin lama tergigit jadi semakin sakit dan bengkak. Solusinya harus dilakukan pencabutan gigi bungsu. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,
Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Ita
September 10, 2015 7:43 am

Dok,hari Senin kmaren saya oprasi gigi bungsu kata nya rasa baal akan hilang dlm wktu 1×24 jam tapi Ko saya sudah ke 3 hari ini rasa baal nya belum hilang juga yah,kira2 itu knp ya dok apa karna ada saraf yg terkena jika iya bagaimana mengatasi nya dan apa kan iya akan hilang nya lama. Trima kasih

admin
September 18, 2015 10:23 am

Dear Ita,
Rasa baal yang berkepanjangan bisa terjadi karena saraf yang terluka. Hal ini biasa terjadi pada posisi gigi bungsu yang sangat dekat dengan saraf. Apakah baal permanen atau sementara tergantung bagian saraf yang terkena. Cara mengatasinya anda dapat minum neurobion untuk membantu penyembuhan saraf. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,
Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

dewi aprilia
September 20, 2015 3:13 am

dok sayaa mau bertanya ..
beberapa hari yg lalu tepat.nyaa 5 hari yg lalu saya hbis cabut gigi kalo gak salah nama.nyaa gigi geraham kecil krna mau pasang behel untuk perataan gigi jadi keempat gigi geraham kecil saya harus di cabut dan 5 hari yg lalu adalah pencabutan pertama saya dan yg di cabut gigi geraham kecil sebelah kiri ..
tapi sampai skrg masih sakit dok , saat setelah cabut saya di minta untuk kembali control setelah 3hari jika masih terasa sakit dan saya sudah kembali 2 hari yg lalu dan kata.nyaa ada peradangan ..
sudah di kasih obat sampai 3 macam dan di minta untuk lihat sehari masih sakit ato tidak jika masih sakit di minta untuk control kembali senin besok ini ..
yang mau saya tanyakan , knpa rasa sakit.nya masih sangat terasa bhkan sampai mengganggu aktifitas bahkan untuk makan gak bisaa . ?? .. setahu saya rasa sakit setelah pencabutan akan hilang dalam waktu 1-2 hari ..
mohon penjelasan.nyaa dok ..
terima kasih .

admin
September 25, 2015 8:21 am

Dear Dewi,
Rasa sakit berkepanjangan setelah pencabutan gigi mungkin disebabkan peradangan di tulang, sering juga disebut dry socket. Hal tersebut sangat umum dan dapat terjadi karena berbagai hal, misalnya terlalu banyak berkumur setelah pencabutan sehingga bekuan darah terlepas terus dari socket bekas pencabutan, merokok atau minum alkohol setelah pencabutan, dan lainnya. Cara mengatasinya selain dengan pemberian antibiotik dan penghilang rasa sakit juga dapat dilalukan kuretase pada socket bekas pencabutan sehingga terjadi perdarahan baru. Gunakan antiseptik pada luka bekas operasi, taati saran dokter untuk tidak terlalu banyak berkumur, meludah, menghisap2 dan memainkan area bekas pencabutan, makan makanan terlalu panas, minum alkohol, atau merokok setelah pencabutan. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

annisa
September 26, 2015 11:14 am

Dok sy 24thn gusi paling belakang graham sy menganga tdk menempel pada gigi… awalnya terasa sakit ngilu seperti mau tumbuh gigi disertai demam,sakit kepala,sakit leher.. lama2 terlihat dalamnya putih dan menganga.. apa ini termasuk gigi graham bungsu yg mau tumbuh??

admin
October 9, 2015 9:04 am

Dear Annisa,
Saat pertumbuhan gigi bungsu wajar bila disertai rasa sakit dan demam, mungkin juga pembengkakan gusi di sekitar gigi yang mau tumbuh. Putih yang kamu lihat kemungkinan besar adalah mahkota gigi tersebut. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Liedia
October 4, 2015 2:33 am

Dok ini saya sedang hamil 4 bulam, gigi belakamg saya tumbuh, sakit sekali sampai ga bisa tidur kalau malam gimana solusinya ya?

admin
October 6, 2015 10:09 am

dear Liedia,

apakah giginya tumbuh lurus atau miring? Untuk sementara dapat minum obat penahan sakit yang aman untuk ibu hamil, seperti asam mefenamat, tetapi jangan diminum terus menerus. coba di cek ke dokter gigi, apakah ada radang dan memerlukan antibiotik juga. sebaiknya Liedia tidak asal meminum obat tanpa berkonsultasi ke dokter. demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia,
Dentia Dental Dentist Team

Ayu kusuma sari
October 7, 2015 1:39 pm

Malam dokter…
2bln yg lalu saya melakukan operasi gigi impaksi sebelah kanan sebenarnya operasi harus dilakukan sebelah kanan dan kiri tp karena operasinya selama 3 jam akhirnya untuk gigi yg kiri saya tunda..setelah 2 bulan berjalan gigi kiri sudah mulai menunjukkan minta di operasi tetapi saya trauma dok
Padasaat proses pembedahan tdk terasa apa2 tp pada saat pencabutan saya mengalami rasa sakit yg luar biasa sampai trauma…yg saya tanyakan apa ada proses pencabutan yg tdk menimbulkan rasa sakit atau meringankan rasa sakit?

Ayu kusuma sari
October 7, 2015 1:42 pm

Misal saya melakukan operasi 1 gigi impaksi saja dgn bius total apakah bisa dok?

admin
October 8, 2015 10:22 am

Dear Ayu Kusuma Sari,
Pada saat pencabutan gigi impaksi, rasa sakit mungkin dapat terjadi karena beberapa hal, misalnya terdapat peradangan pada ujung akar atau akar gigi tersebut menyentuh saraf sehingga ketika digoyangkan sakit sekali, bisa juga karena pengaruh obat anestesi sudah habis atau tidak tepat sasaran sehingga harus ditambah. Operasi gigi bungsu memang bisa saja dilakukan dengan bius total, namun harus dilihat manfaat dan resiko nya lebih besar mana. Bila hanya satu gigi dan posisinya tidak sulit, lebih baik dengan bius lokal saja. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,
Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Hajar
November 3, 2015 12:41 pm

Dok, kmaren tgl 31 saya cabut gigi bungsu saya yg sebelah kanan, sekarang bengkak di pipi dah berkurang, tapi bagian dalam mulut ( lidah dan area mulut dekat kerongkongan terasa agak gatal, apakah itu wajar?.
Thanks atas tanggapannya

admin
November 7, 2015 9:19 am

Dear Hajar,
Biasanya tidak terasa gatal di area dekat luka operasi. Bila ada gatal kemungkinan anda alergi terhadap bahan yang digunakan. Apakah gatalnya baru saja terasa atau langsung setelah operasi? Lalu apakah anda menggunakan salep di area luka bekas operasi? Bila setelah distop masih terasa gatal segera konsultasikan ke dokter.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Citra
November 5, 2015 4:40 pm

Malam dok.

Gigi graham belakang kiri bawah saya mengalami pengikisan/gompal, setelah kejadian pengikisan tersebut, gigi saya yg lain jadi terasa ngilu (sebelah kiri). Dan apabila beradu dengan gigi atas, rasanya ngilu sekali. Apakah yg harus saya lakukan dok?
Terima kasih.

admin
November 7, 2015 9:20 am

Dear Citra,
Gigi dapat terkikis bila mendapat tekanan yang berlebihan. Apakah Citra memiliki kebiasaan menggesekan atau menggertakan gigi saat tidur (bruxism)? Kemungkinan lainnya adalah adanya kontak prematur pada gigi tersebut sehingga perlu dilakukan penyesuaian oklusal (gigi diasah sedikit agar kontaknya sama dengan gigi sebelahnya). Sebaiknya Citra datang ke dokter gigi agar bisa dilakukan pemeriksaan, diagnosa, dan penentuan rencana perawatan yang tepat.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Enny
November 6, 2015 2:26 am

Dokter, 27 Oktober saya operasi gigi bungsu, sudah lepas jahitan tanggal 3 November, tapi sampai sekarang nyeri dokter, pusing sakitya sampe ke tekuk, saya meriang,..dokter tidak kasi resep obat lagi, katanya kalau nyeri tidak tertahankan minum pondstan saja..apakah nyeri ini berkepanjanga dokter ? sudh 9 hari pasca operasi…sampai kpan berakhir nyeri ya dokter, saya taya ke dokter yg operasi katanya nyeri biasa terjadi pasca operasi..terima kasih.

admin
November 7, 2015 9:21 am

Dear Enny,
Bila nyeri berkepanjangan kemungkinan ada infeksi tulang di area tersebut (sering disebut dry socket). Sebaiknya anda kembali ke dokter gigi anda untuk memeriksakan luka operasinya. Bila perlu gusinya dibuka lagi dan dikuret hingga bersih.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

vyona
November 6, 2015 5:55 am

dok, sy sedang hamil masuk bulan ke-4. gigi bungsu sy tumbuh dan sangat sakit. sy sudah ke-3 dokter gigi tanpa diberi tindakan apapun hanya dpt paracetamol 600 mg sehari sekali. krn tdk tahan sakitnya, sy dtg ke spesialis bedah mulut, tnpa tindakan juga, tp diberi mefinal 500 mg dan lincomycin 500 mg. jika minum obat itu nyerinya hanya reda sekitar 2 jam an saja, sementara efeknya pun baru berasa sejam lebih. sakitnya ini sy gak nahan dok. ke kepala, ke leher, ke mata, terutama ke telinga. gigi lainnya juga ikut2an nyeri. smalam sy ke mantri gigi dan dibersihkan nanahnya tanpa diberi tambahan obat. yg ingin sy tanyakan, adakah jalan lain untuk mengatasi nyeri ini? krn sy sudah sangat tidak tahan. tidak bs menganga, tdk bs makan, tdur sehari hanya 2 jam an. bagaimana nasib janin sy kalau begini terus? apakah kira2 opname akan mengatasi rasa sakitnya? atau adakah jalan lain?mohon bantuannya ….

admin
November 7, 2015 9:21 am

Dear Vyona,
Pada orang biasa penanganan gigi bungsu yang terinfeksi adalah dengan pemberian antibiotik, penahan sakit, kemudian setelah sakitnya hilang gigi tersebut dioperasi. Namun pada kondisi kehamilan pemberian obat-obatan akan dibatasi seperlunya saja, bila tidak terpaksa tidak akan diberi obat. Bila terasa sangat sakit sampai tidak bisa melakukan hal-hal lain sebaiknya memang diberi antibiotik dan penahan nyeri yang aman bagi ibu hamil, misalnya amoxcilin. Sebaiknya penggunaan obat-obatan tersebut dikoordinasikan dengan dokter kandungan anda.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Salley
November 7, 2015 8:57 am

Doc, saya sudah menjalani xray dan didapati ada 4 biji gigi bungsu saya harus di buang. Apa advise doc? ia harus dilakukan dengan operasi bius local atau bius total? Dan berapa lamakah nyeri akan dirasakan setelah operasi? Saya mengalami asthma pada masa ini. Adakah saya boleh menjalankan operasi bius total ? Lagi pulak Pada masa ini saya merasakan sakit pada kepala, telinga, hidung sepertinya tersumbat ( susah mau bernafas) dan sakit leher. Minta penjelasaanya doc… Tq

admin
November 10, 2015 10:07 am

Dear Salley,
Gigi bungsu yang impaksi atau miring sebaiknya memang diangkat saja. Apalagi bila sudah mengalami infeksi dan menyebabkan berbagai keluhan seperti sakit, bengkak, sakit kepala, sulit membuka mulut lebar dan lainnya. Operasi pengangkatan gigi bungsu, sering disebut odontektomi (OD) dapat dilakukan satu per satu atau dua sekaligus (atas bawah) bila posisinya tidak sulit dengan bius lokal. Bila posisinya sangat sulit atau mau diangkat ke-empatnya sekaligus dapat juga dilakukan dengan bius total. Keduanya mungkin dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai hal, seperti posisi gigi juga termasuk kondisi kesehatan secara menyeluruh karena bius total menggunakan anestesi yang berbeda. Berapa lama nyerinya tergantung dari masing-masing orang, rata-rata selama 3-5 hari, tetapi ada juga yang nyerinya sudah hilang keesokan harinya. Untuk sakit kepala, telinga, leher, hidung tersumbat sebaiknya dikonsultasikan juga ke dokter umum atau THT apakah ada penyebab selain gigi impaksi dan apakah diperbolehkan menggunakan bius total. Asthma juga dikonsultasikan ke dokter umum atau paru atau penyakit dalam, namum biasanya impaksi tidak ada hubungan dengan asthma. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Ayi nuning
November 9, 2015 4:31 pm

Malam dok, saya ayi.
Saya baru saja melakukan operasi odontectomy, setelah 3 jam kemudian saya merasakan rasa sakit yg sama seperti sebelum dicabut giginya dok, saya pikir setelah dioperasi sakitnya tidak akan sama dok hanya cenat cenut biasa, tp kenapa sakit yg saya rasa sama ya dok sebelum dilakukan operasi, apa itu wajar ?
Terimakasih dokter.

admin
November 13, 2015 11:53 am

Dear Ayi,
Sekarang sudah berapa hari setelah operasi? Apakah sakitnya masih ada dan sama seperti sebelum dicabut? Bisa jadi anda mengalami dry socket atau infeksi pada tulang alveolar (alveolitis). Dengan meminum obat dan mentaati instruksi pascaoperasi dari dokter, dry socket tersebut dapat dihindari. Bila telah diperiksakan kembali ke dokter gigi dan tidak terjadi apa-apa di area bekas operasi, kemungkinan sakitnya bukan berasal dari gigi. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

wulan febrina
November 11, 2015 1:57 am

Pagi dok. Saya wulan usia 21 tahun .Gigi geraham bungsu yg terakhir kemarin tumbuhnya masih setengah dok. Dan sekarang terasa sakit kepala saya pusing demam. Yg membuat saya susah makan. Saya udah berobat katanya minum antibiotik . saya minum redah skitny. Dan sekarang kumat lagi. Solusinya gimana dok

admin
November 14, 2015 10:08 am

Dear Wulan,
Gigi geraham bungsu yang terinfeksi dan menyebabkan sakit kepala, demam, dan lainnya sebaiknya segera diangkat. Cara meredakan infeksinya memang dengan minum antibiotik tetapi agar tuntas masalahnya gigi tersebut sebaiknya diangkat saat sakitnya sudah reda.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Andriani
November 13, 2015 6:47 am

Hallo dok…2 minggu lalu saya operasi pencabutan gigi bungsu sebelah kiri bawah, sampai sekarang rasa kebal akibat anestesi blm hilang juga padahal sdh 2 minggu, pipi bagian dlm terasa ada yg mengganjal tetapi tidak bengkak, apakah ini normal dok? Maksimal berapa lama rasa kebal akan hilang? Mohon jawabannya dok, terimakasih

admin
November 14, 2015 10:09 am

Dear Andriani,
Saat dilakukan operasi gigi bungsu yang dalam dan dekat saluran saraf, ada kemungkinan saraf di area tersebut terluka dan menyebabkan kebal berkepanjangan. Berapa lama kebalnya tergantung baguan saraf yang terluka. Untuk mempercepat penyembuhan anda bisa mengkonsumsi vitamin B1, B6 dan B12. Saraf yang terluka perlu waktu lama untuk sembuh jadi anda harus sabar.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

riksha
November 13, 2015 3:20 pm

Dok,hasil panoramic,gigi bungsu bawah kiri kanan harus di angkat,tp dokter menyarankan gigi bungsu atas juga harus diangkat padahal posisi normal.apakah ada efek samping bila gigi bungsu atas diangkat atau tidak?terima kasih dok

admin
November 17, 2015 7:46 am

Dear Riksha,
Salah satu fungsi gigi kita adalah untuk mengunyah makanan, tetapi harus ada sepasang gigi atas dan bawah. Bila gigi bungsu bawah impaksi dan harus diangkat, gigi bungsu atas tidak lagi memiliki pasangan. Lama kelamaan gigi tersebut akan turun karena tidak ada lawannya. Bila sudah turun dapat menimbulkan masalah lain, misalnya kontak dengan gigi sebelah yang jelek bisa menyebabkan terselipnya makanan di antara gigi, lalu bila susah turun dan terkena gusi bawah pasti gusi juga akan sakit. Karena itu dokter menyarankan agar gigi bungsu atas juga diangkat. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

sy
November 22, 2015 1:39 pm

selamat malam dok.
saya ingin bertanya mengenai kasus impaksi. berdasarkan keterangan dari dokter yang sy kunjungi, dari hasil rontgen, gigi geraham susu saya harus di operasi.
tetapi sebelumnya membuat jadwal operasi 1 minggu setelahnya, dan sy di beri obat untuk di minum sebelum di lakukan operasi di hari yang di tentukan.
hanya saja berhubung sy mendapat tugas keluar pada minggu yang sudah di tetapkan, jadi sy undur waktu operasinya.
Apakah kira-kira saya bisa langsung datang untuk operasi setelah 1 minggu dari jadwal yang seharusnya (obat yang di berikan sudah habis), atau akan di berikan obat baru, sehinggan harus menjadwal ulang operasi?

Terima kasih atas jawabannya

admin
November 27, 2015 2:24 pm

Dear Sy,

Maaf maksud anda gigi geraham bungsu yang impaksi dan harus dioperasi kan? Di pertanyyan tertulis geraham susu. Bila gigi sudah tidak sakit lagi boleh saja langsung diangkat, tidak perlu minum obat lagi. Nanti setelah operasi sebaiknya tetap minum obat.Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Satriya
November 27, 2015 5:05 am

Dok sy mau tanya. Tggl 24 kmrin sy oprasi gigi bungsu dan geraham depanya ug bolong tp udh 3 hri kug masih meriang tubuh sy knp ya dok. .

admin
November 28, 2015 10:42 am

Dear Satriya,

Operasi gigi bungsu dan pencabutan gigi geraham biasanya tidak disertai demam atau meriang. Apakah masih ada keluhan sakit atau nyeri berdenyut di area bekas operasi? Sejak kapan meriang nya terjadi? Segera periksakan ke dokter gigi anda untuk memastikan penyebab demam nya apakah dari gigi atau bukan. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

luqman
November 30, 2015 6:15 am

dok, mau tanya
bekas operasi impaksi kan berlubang, setiap selesai makan pasti ada nasi/lainya yang nyangkut dilubang bekas gigi impaksi tadi. cara membersihkanya gmn ya dok, meskipun sudah kumur2 juga g mau keluar makananya? kalau dibiarkan apa nanti makananya tidak membusuk/ meyebabkan infeksi? terimakasih

admin
December 5, 2015 3:12 pm

Dear Luqman,
Makanan yang terselip di luka bekas operasi sebaiknya dikeluarkan, bila tidak bisa keluar dengan kumur2 coba semprotkan air dengan spuit atau suntikan. Lebih bagus bila ada alat pembersih gigi khusus dengan air bertekanan.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia,
Dentia Dental Dentist Team

himawan
November 30, 2015 6:35 am

dok saya mau tanya,
saya operasi impaksi geraham kanan bawah (impaksi vertikal) kmrn tgl 28 oktober, tapi sampai sekarang (tanggal 30 november) masih terasa nyeri di bagian yang dicabut. apakah ini normal dok? ataukah ada kemungkinan yang lain dok penyebab nyeri ini?
akibat nyeri ini badan terasa drop dan merasa meriang 🙁

admin
December 5, 2015 3:12 pm

Dear Himawan,
Rasa nyeri pasca operasi gigi bungsu biasa hanya selama beberapa hari saja. Bila sudah satu bulan tidak hilang juga coba kembali ke dokter gigi anda dan periksakan area bekas luka operasi. Mungkin saja terjadi dry socket (infeksi tulang) sehingga terasa sakit terus.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia,
Dentia Dental Dentist Team

Eki
November 30, 2015 6:48 am

Helo Dok,

Kamis, 26 November lalu saya melakukan operasi untuk geraham belakang. Setiap hari saya coba mengamati progress penyembuhan dan hari ini saya mendapati benang jahitan bergeser ke bawah dan luka bekas potongan terbuka dan terlihat lubang kecil. Tidak ada darah ataupun nanah. hanya ruam merah. Yang saya tanyakan apakah berbahaya ketika saya makan atau perlukah saya memajukan konsultasi dari kamis ini untuk melakukan pengecekan?

Thanks

admin
December 5, 2015 3:16 pm

Dear Eki,
Tidak berbahaya kok bila jahitan sedikit bergeser, hal itu wajar karena gusi di daerah tersebut tidak lagi mengalami inflamasi. Anda boleh makan seperti biasa.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia,
Dentia Dental Dentist Team

Anty
December 1, 2015 12:36 pm

Saya habis melakukan operasi gigi bungsu kurang lebih seminggu yg lalu, saat skr sy sariawan di sekitar yg habis dioperasi dan saat ini jg sy kdg masi merasa suka pusing dn kaku leher, dan kdg gigi yg lain ikt ngilu seperti mau copot smua..knapa ya dok?terimakasih

admin
December 5, 2015 3:11 pm

Dear Anty,
Sariawan di sekitar bekas operasi dapat dioles obat seperti aloclair atau oxygel. Untuk pusing dan leher kaku serta gigi ngilu semua seperti mau copot bukan hal yang lazim terjadi pasca operasi gigi bungsu. Sebaiknya segera kontrol ke dokter gigi anda, bila luka bekas operasi tidak ada masalah berarti hal tersebut bukan disebabkan operasi nya. Coba periksa ke dokter saraf juga. Apakah ngilu semua gigi hanya terjadi sebelah saja atau di kedua sisi kanan dan kiri? Sejak kapan mulai terasa ngilu seperti itu? Coba diingat2 lagi dan jelaskan kepada dokter.
Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

siti riyani
December 13, 2015 9:57 am

Dokter ana kliniknya alamatnya dimana?….saya tinggal di jati asih

admin
December 14, 2015 8:42 am

Dear Siti,
Berikut alamat klinik kami :
Dentia Dental Care Center – Tanjung Duren
Ruko Sentra Bisnis no.A7
Tanjung Duren Raya
Jakarta Barat, 11470

Dentia Dental Care Center – Cabang Puri Indah
Jl. Puri Kembang Timur Raya blok E1 no.48
Puri Indah
Jakarta Barat
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia,
Dentia Dental Dentist Team

Vivi
December 21, 2015 6:16 pm

Dok saya abis melakukan operasi gigi bungsu. Sudah 1minggu lebih 3hri dan skrng d bekas operasi ada sariawan gede sekali dan juga bekas operasi berlubang smkin dalam. Sampai sisa makanan bisa masuk. Apa ini wajar dok? Thank you 🙂

admin
December 23, 2015 8:30 am

Dear Vivi,
Sariawan mungkin saja terjadi, anda dapat menggunakan salep khusus untuk mengobati sariawan. Bekas luka tidak semakin dalam, hanya terlihat semakin dalam. Setelah operasi selesai, gusi dalam kondisi agak bengkak dan dijahit sehingga lubang bekas operasi tertutup, sejalan dengan penyembuhan gusi tersebut sidah tidak bengkak lagi sehingga lubang di dalamnya terlihat. Bila ada makanan terselip dikumur saja agar keluar.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

saswita
January 2, 2016 3:54 pm

Halo dok, saya habis odontektomi di sebelah kanan atas dan bawah 2 sekaligus dicabut.. tgl 28.12.2015
Yang di bawah di jahit, tetapi yang atas TidaK dijahit..
Hari ini 02.01.2016 jahitan bawah di buka, kta drg nya sudah menutup baguss.. bengkak juga sudah jauh berkurang.. tapi belun kmpes smpurna.. dan masalah yg timbul adalah sariawan yg hebaaat dok, dan bekas luka yg atas yg tidak dijahit masih sering ngiluu..
Apakah luka / lubang yg diatas bisa menutup kmbali sprti sblm dioperasi? Stlh brp lama? Apa boleh sy kumur pakai obat kumur antiseptic? Oiya knapa ya drg saya melarang saya makan bubur ? Teimakasih dok,

admin
January 7, 2016 10:24 am

Dear Saswita,
Bekas luka pencabutan gigi pasti bisa kembali seperti sebelumnya, tetapi membutuhkan waktu beberapa bulan. Berkumur dengan obat antiswptik boleh dilakukan cukup 1 minggu saja setelah operasi, setelah itu tidak perlu lagi. Untuk sariawan bisa dioleskan obat sariawan (tanyalah pada dokter anda obat sariawan yang boleh digunakan, jangan hanya percaya iklan). Makan bubur boleh saja, tapi setelah operasi sebaiknya tidak makan/minum panas agar darah cepat berhenti. Sehari setelah nya boleh makan apa saja asal tidak terlalu keras.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Mom Vie
January 3, 2016 5:24 pm

Selamat Malam dokter,
Sudah 1 minggu lebih ini telinga sebelah kiri berdenging sepanjang hari. Sdh ke Dr. Tht dan menurut Dr Tht, telinga saya baik2 saja. Kemungkinan telinga berdenging berasal dari syaraf.
Baru hari ini saya merasa gigi geraham sakit lagi, memang gigi geraham bagian kiri sering terasa sakit karena tidak bisa keluar semua. Apakah telinga dengung ini pengaruh dari gigi geraham bungsu yg tidak bisa keluar semua pada gusi?
Apabila dilakukan operasi pengangkatan gigi geraham bungsu, apakah akan menganggu syaraf? Apakah setelah diangkat gigi geraham bungsu, telinga saya bisa normal kembali? Alias tdk berdengung lagi…
Terima Kasih dokter atas waktunya.

admin
January 7, 2016 10:22 am

Dear Mom Vie,
Gigi bungsu yang impaksi (tidak dapat keluar sepenuhnya karena miring) bisa saja menyebabkan telinga berdenging. Bila hanya gigi bungsu penyebabnya, sesudah gigi tersebut diangkat keluhannya akan hilang. Pencabutan gigi bungsu tidak mengganggu saraf kecuali akarnya menempel pada saraf di tulang rahang.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Bulan
January 5, 2016 12:29 pm

Dok saya baru saja cabut gigi bungsu bagian bawah pagi ini dan tiba2 siang bleeding kemudian saya ganjal lagi dengan kain kasa bleedingnya tidak berhenti dan semakin hebat darah yg keluar membeku dan besar2 sekali bentuknya sampai akhirnya saya kembali ke dokter dan saat di tangani dokter jg merasa bingung kenapa pendarahan bgtu hebat akhirnya dia membuka jahitan saya dan mengganjal akar gigi yg sudah di cabut dengan sejenis tulang gigi katanya jangan di sentuh biarkan saja dia bisa lepas sendiri dan gusi saya sudah tidak dijahit katanya akan lubang nantinya dan daging gusi akan tumbuh perlahan-lahan dan saat penanganan sakitnya luar biasa dok , apakah ini salah satu penanganan yg tepat ? terimakasih

admin
January 12, 2016 8:23 am

Dear Bulan,
Apakah anda sudah mengikuti seluruh instruksi dokter setelah operasi dan masih terjadi perdarahan? Untuk meredakan perdarahan memang ada semacam obat yang bisa dimasukan ke soket gigi (lubang bekas gigi yang dicabut, warnanya putih namun bukan tulang. Penjahitan seharusnya dapat turut meredakan perdarahan dan membuat luka lebih cepat sembuh. Namun pasti ada pertimbangan tertentu mengapa tidak dijahit lagi. Terasa sakit karena efek obat anestesi nya sudah hilang. Bila masih terjadi perdarahan atau hal-hal janggal lainnya segera kembali ke dokter gigi.
Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

jennie
January 13, 2016 2:31 am

Dok sy mau tanya..sy habis operasi gigi bungsu kanan bawah pd tgl 9..terus td pagi saya bersin..apa jaitannya bisa terlepas yah? Tp tidaka ada rasa sakit ataupun darah di lokasi operasi.hanya sepertinya terdapat lubang..apa itu wajar? Terimakasih

admin
January 15, 2016 1:30 pm

Dear Jennie,
Hal tersebut wajar, tidak perlu khawatir. Lubang bekas pencabutan gigi akan tertutup setelah beberapa bulan.
Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Rima
January 18, 2016 3:00 pm

Dok, 10hari yg lalu saya habis operasi impaksi dan hari ini saya lepas jaitan. Tapi pas saya liat di kaca kenapa bekas jaitannya ada lubang di pinggir gusi, saya takut makanan sisa bisa nyangkut dan busuk dilubang itu dok, apa saya harus berkonstultasi lagi dengan lubang bekas operasi itu? Terimakasih Dok

admin
January 23, 2016 5:11 am

Dear Rima,
Tidak apa-apa, memang gusi nya belum menutup sempurna. Bila ada makanan yang masuk anda dspat berkumur untuk mengeluarkannya. Yang penting tidak ada bengkak dan rasa sakit pada gusi.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Fitha
January 19, 2016 4:07 am

Dok saya mau tanya, saya baru 2 hari lepas jahitan setelah oprasi gigi bungsu. Namun gusi saya seperti ada lubangnya. Ketika saya makan, ada sisa makanan yang masuk. Apakah tidak apa bilan tidak dikeluarkan atau harus dikeluarkan? Kalau harus dikeluarkan bagaimana caranya ya dok? Terimakasih dok mohon balasannya

admin
January 23, 2016 5:11 am

Dear Fitha,
Wajar bila terdapat lubang di tempat bekas operasi gigi bungsu, nanti lubang tersebut akan menutup setelah beberapa bulan. Bila ada makanan terselip dikumur-kumur saja sampai keluar, atau disemprot air dengan spuit irigasi.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Anferta
January 27, 2016 4:51 am

Dok,saya mau nanya. Saya 9 hari yang lalu melakukan odontektomi rahang kanan bawah. Setelah jahitan dibuka,saya liat ada socket. Jadi kalo makan pasti makanan nya masuk ke dalam soket,dan katanya tidak boleh di cungkil2 dg tusuk gigi,kumur kumur pun sudah tapi susah hilang nya. Apakah soket itu nantinya akan kembali normal dan menutup?

admin
January 29, 2016 12:04 pm

Dear Intan,
Bila kumur-kumur masih susah bersih boleh dibersihkan dengan spuit irigasi, dengan air matang saja tidak apa. Socket bekas pencabutan gigi akan tertutup setelah beberapa bulan.Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Anferta
January 27, 2016 4:52 am

Spuit irigasi itu apa yg isinya Nacl dok? Spuit yg dibengkokkan itu ya dok?

Asher messi
February 6, 2016 4:33 pm

Salam dok..maf sy ingin konsultasi..2 minggu lalu sy odontektomi krn gigi graham bungsu sy tumbuhx miring jd sy putus kan utk dilakukan operasi pengangkatan gigi..waktu d oprasi gusi sy sdh d suntik bius sbyk 3 kali tp masih terasa sakit wkt di cungkil gigix..nah skrg sdh 2 mnggu kok msh terasa sakit nyut2 dan perih gt dok,bekas t4 gigix berlubang besar n dalam..pertanyaan sy knp y dok smpe skrg msh terasa sakit n gusi sy berlubang besar apa memang d biar lan sperti itu n apa kah akan tertutup nntix..mhon penjelsanx dok..trimakasih byk

admin
February 9, 2016 4:46 am

Dear Asher Messi,
Setelah operasi gigi bungsu wajar bila gusi masih berlubang butuh beberapa bulan sampai tulangnya tumbuh dan gusi tertutup rapat. Bila masih sakit terus mungkin ada infeksi tulang, segera kembali ke dokter gigi anda untuk memeriksakan nya.Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Monica
February 21, 2016 2:26 am

Selamat pagi dok, saya monica. Kemarin pagi saya baru menjalani operasi pencabutan gigi bungsu sebelah kiri atas dan bawah dengan general anestesi. Tapi kata dokternya saat proses operasi juga digunakan lokal anestesi. Sekarang pipi kiri saya bengkak dan terasa baal pada bagian bibir bawah sampai ke dagu sebelah kiri. Yang ingin saya tanyakan apakah rasa baal ini normal dok? Biasanya bertahan sampai berapa lama?
Terima kasih sebelumnya

admin
February 26, 2016 4:52 am

Dear Monica,
Terkadang setelah bius lokal memang terjadi rasa baal berkepanjangan karena ada saraf yang terluka. Anda dapat mengkonsumsi vitamin B1, B6 dan B12 untuk membantu penyembuhannya.
Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

winson tanaka
February 22, 2016 7:31 am

halo dok, mohon penjelasannya. 4 hari yang lalu tepatnya hari kamis tanggal 18 feb gigi bungsu saya dioperasi karena posisinya yang berada di bawah gusi dan tumbuh nya juga miring, oleh karena itu dilakukan operasi. sekarang ini, ada gumpalan hitam yang hampir menutup seluruh luka bekas operasi tersebut, apakah itu aman dok? memang tidak ada rasa sakit, namun untuk membuka mulut msih kaku.. selain itu juga terdapat lubang di dekat tempat operasi.. mohon penjelasannya dok..
terimakasih banyak sebelumnya

admin
February 26, 2016 4:52 am

Dear Winson,
Gumpalan hitam yang anda maksud mungkin bekuan darah setelah operasi. Tidak apa-apa. Bila masih kaku juga wajar karena gusi masih dijahit jadi pergerakan mulut agak terbatas. Dikompres dengan air hangat bisa membantu membuat anda lebih nyaman. Lubang di tempat bekas operasi adalah hal yang wajar, lubang tersebut akan tertutup setelah beberapa bulan.Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Naila
February 23, 2016 1:01 am

Dok, saya mau nanya, saya baru operasi gigi bungsu. 4 hari setelah pencabutan jahitannya lepas dok sehingga saat makan ada makanan yang masuk ke lubang bekas cabutan gigi tsb. Itu gimana dok? Makanan yg masuk tsb apakah dpt menimbulkan masalah dok? Krn jahitannya baru dilepas seminggu setelah operasi tapi sudah lepas pada hari keempat. Apakah akan menimbulkan masalah dok? Makasih dok

admin
February 26, 2016 4:50 am

Dear Naila,
Bila ada makanan masuk ke lubang pencabutan gigi kumur2 dengan air saja supaya keluar. Tidak apa-apa sebagian jahitan terlepas. Asal tidak ada keluhan.Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

uwid
February 27, 2016 10:24 am

dok, gigi geraham saya, kiri bawah telah dicabut 1 tahun yg lalu, beberapa bulan setelah dicabut, gigi bungsu mulai muncul dan tidak sakit, tumbuhnya miring, tidak ada lubang namun kalau makan? makanan masuk. saya takut hal ini dapat menyebabkan gigi berlubang. untuk kasus seperti ini apa solusinya ya dok? apa gigi bungsu harus dicabut? atau gigi ditambal biar rata dan makanan gak masuk? atau ada solusi lain?

admin
February 29, 2016 2:10 pm

Dear Uwid,
Maksud anda makanan masuk ke sela-sela gigi dan gusi karena gigi tersebut miring? Bila ditambal malah akan semakin banyak makanan yang terjebak. Sekarang tidak usah dicabut dulu tidak apa, yang penting anda rajin bersihkan, sikat dan kumur sampai bersih bila ada makanan yang terselip atau gunakan bantuan semprotan air bila susah dengan berkumur. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

1 2 3 4

Leave a Reply

December 2020
M T W T F S S
« Nov    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031