Wisdom Tooth (Gigi Geraham Bungsu)

Drg. Djoko Micni, Sp.BM, FICOI

wisdom1-jpg

Dari namanya kita pasti menginginkan gigi ini kita miliki selamanya, namun wisdom tooth atau yang sering kita kenal dengan sebutan gigi geraham bungsu acap kali menimbulkan masalah pada saat usia menjelang remaja.

Alih-alih menjadi gigi dambaan, gigi ini malah harus cepat enyah dari si pemiliknya. Ditenggarai sebagai salah satu alasan utama untuk datang ke dokter gigi, sebenarnya apa yang menjadi pertimbangan utama untuk membuang gigi ini dan bagaimana prosedur yang aman?

Istilah yang Rancu
Wisdom tooth adalah gigi geraham bungsu atau gigi geraham ketiga dari seri gigi geraham pada lengkung rahang. Merupakan gigi yang terakhir erupsi/tumbuh pada saat usia 16-18 tahun suatu masa saat seseorang telah dianggap dewasa dan mulai bijaksana. dari sinilah mungkin istilah wisdom ini muncul. Saat gigi ini erupsi gusi di sekitarnya/pericoronal mengalami peradangan sehingga timbul rasa sakit yang berangsur-angsur akan hilang setelah mahkota gigi tumbuh sempurna. Akan tetapi, apa yang sering terjadi adalah gigi ini mengalami impaksi/retensi dikarenakan terhalang oleh gigi geraham di depannya, sehingga peradangan menjadi berkepanjangan/kronis. kondisi inilah yang merupakan pemicu dari gangguan kesehatan organ-organ tubuh lainnya (infeksi focal)

wisdom2-woodlakedental

Gangguan Kesehatan karena “Wisdom Tooth”
“Dok, saya sudah berobat kemana-mana, tapi tetap saja sakit kepala saya tidak sembuh-sembuh, saya sudah melakukan CT scan, MRI, tapi tetap saja tidak menemukan apa-apa di kepala saya” demikianlah kalimat yang terlontar dari banyak pasien yang saya hadapi saat menemukan adanya gigi wisdom.

Dari masalah yang sifatnya lokal seperti pericoronitis(radang di sekitar mahkota gigi), caries, kista atau tumor rahang yang dapat timbul dari gigi impaksi, gangguan kesehatan dalam bentuk atau menifestasi di luar rongga mulut juga sering kali muncul seperti sakit kepala/migrain, otalgia/sakit telinga, myalgia/nyeri otot, bahkan endokarditis/infeksi katub jantung dapat dibuktikan sumbernya dari gigi ini.

Oleh karena itu, bila dijumpai masalah-masalah kesehatan yang belum ditemukan solusinya adalah bijaksana untuk melakukan pemeriksaan radiologis gigi dan bila menemukan gigi impaksi/wisdom tooth, tindakan selanjutnya adalah mengangkat gigi tersebut walaupun dirasa hal ini belum pasti.

Teori yang kontroversial.
Dalam kondisi yang meragukan apakah gigi ini merupakan penyebab gangguan yang selama ini diderita, anjuran untuk mengangkatnya tetap menjadi pilihan utama. Hal ini sebenarnya dapat dijelaskan dari teori focal sepsis, yaitu dengan adanya kondisi infeksi kronis di duatu tempat yang menyebar ke tempat lain dan bermanifestasi sebagai gangguan dari organ yang jauh dari sumber tersebut. Jadi dapat disimpulkan pertimbangan utama untuk mengangkat gigi ini atau diistilahkan dengan odontektomi adalah selain untuk mengatasi gangguan-gangguan lokal juga untuk profilaksis masalah-masalah kesehatan yang sifatnya sistemik.

Apakah aman melakukan operasi Wisdom Tooth (gigi Geraham Bungsu)?
Setiap tindakan operasi memang mengandung resiko timbulnya komplikasi, dari yang sifatnya sederhana/sementara seperti pembengkakan, pendarahan, nyeri sampai pada komplikasi yang lebih berat/permanen seperti paresthesia/gangguan saraf perasa sampai fraktur tulang rahang.

Semuanya ini bisa diantisipasi/dihindari dengan :
1. Pemeriksaan yang teliti dan menyeluruh: lakukan pemeriksaan laboratorium darah, pemeriksaan radiologis baik panoramic maupun CT scan dental 9melihat jarak antara gigi dengan saraf)
2. lakukan operasi gigi ini/odontektomi sedini mungkin antara usia 12-18 tahun
dengan perimbangan profilaksis karena saat usia ini akar gigi belum terbentuk sempurna sehingga proses pengangkatan menjadi lebih mudah dan terhindar dari kemungkinan trauma pada saraf 9karena jarak gigi dengan saraf jauh).
3. Prosedur operasi yang asepsos dan antisepsis dengan kontrol sterilisasi yang optimal disertai penggunaan alat operasi non-traumatis, yaitu piezoelectric dapat menghindari cedera saraf.
4. untuk kasus-kasus tertentu, yaitu pada posisi-posisi gigi impaksi yang letaknya dekat dengan organ anatomisn penting seperti saraf atau di luar rahang seperti di dalam sinus, maka operasi dapat dilakukan dengan bantuan anestesi umum

Dengan pemahaman yang lebih dalam dan luas, wisdom tooth bukan lagi masalah yang rumit dan dambaan akan gigi dan tubuh yang sehat bukan merupakan mimpi.

TIPS :
Lakukan panoramic untuk screening
Jangan ragu untuk “early removal of wisdom tooth”
Percayakan pada ahlinya

Early removal of wisdom tooth makes a contribution towards the prophylactic and reduction of complication rate.

Note : gambar diambil dari woodlakedental.com

334 Comments

Indriani
February 29, 2016 3:19 pm

Malam dok, gusi di graham bawah saya luka besar seperti sariawan dan bengkak,sakit sekali ketika membuka mulut, saya sudah ke dokter gigi dan diberikan antibiotik dan obat penghilang nyeri, namun masih sakit sekali ketika membuka mulut dan rahang agak kaku, saya tersiksa sekali dok..berapa lama penyembuhannya

admin
March 7, 2016 6:53 am

Dear Indriani,
Luka di gusi terjadi karena apa? Sudah berapa lama? Ada baiknya anda menemui dokter gigi spesialis penyakit mulut bila setelah penggunaan obat tidak terjadi penyembuhan.Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Amel
February 29, 2016 7:37 pm

Dok, saya melakukan OD sekitar 2 minggu yg lalu, pipi saya masih terasa bengkak dan jika disentuh tulang di dalamnya masih terasa lebih tebal dibanding pipi sebelah. Apakah itu normal dok?

admin
March 7, 2016 6:52 am

Dear Amel,
Reaksi tubuh kita terhadap luka memang berbeda-beda, pada beberapa orang bengkak nya bisa sampai 2 minggu lebih. Selama tidak sakit tidak apa-apa. Yang penting semakin lama semakin mengecil.Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Ratna
March 1, 2016 2:03 am

Selamat Pagi Dok, saya mau tanya, tgl 12 feb kmrn sy operasi cabut gigi bungsu 4 dg bius total di rs..ktny bengkak sampai 4hr, tapi sy msh terasa baal dan kesemutan bag.bibir bawah dan dagu, baris dpn gigi bawah jg ngilu bila disikat dan sakit bila mangap. Lalu seminggu kemudian kontrol sy diperiksa trs mulut dibuka paksa agar bs mangap lebih lebar cm akit smpai ketelinga, lalu sy diberi obat neurobion sm methylcobal untuk 10hr. Obat sudah habis sy sudah lebih lebar mangapnya Dok, tp bibir sm dagu bawah msh baal dan kesemutan, gt jg dg gigi baris bawah msh terasa kencang ngilu saat sikat gigi. Gmn solusinya ya Dok, sy takut bs permanen. Terimakasih banyak penjelasannya.

admin
March 7, 2016 6:52 am

Dear Ratna,
Bila baal berkepanjangan neurobion nya boleh diteruskan dibantu dengan vit C. Saraf yang terluka memang membutuhkan waktu lama untuk penyembuhannya.Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

ayu
May 30, 2017 6:28 am

Assalamualaikum mba ratna. Saya baru saja melakukan operasi geraham bungsu juga 1 gigi. Pasca operasi bibir dan dagu saya jg terasa baal dan sangat tidak nyaman. Saya searching di google dan menemukan tulisan mbak ratna. Bgmn perkembangannya mbak setelah minum obat? Brp lama waktunya mbak sampai pulih kembali seperti normal? Makasih mbak 🙂

admin
June 2, 2017 11:04 am

Dear Ayu,
Maaf yang dimaksud Ratna siapa ya? Kami dari Dentia Dental Care center, kami akan menjawab comment Ayu :
Operasi gigi bungsu adakalanya menimbulkan rasa baal pasca operasi. Hal ini disebabkan karena posisi gigi bungsu tersebut dekat dengan saraf besar di dalam tulang. Namun mengenai rasa baal tsb berapa lama dapat berangsur pulih, itu tergantung dari seberapa dekat posisi gigi tsb dengan saraf.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Istiqomah
March 18, 2016 1:30 pm

Selamat malam Dokter..
Saat usia 17 tahun wisdom tooth bagian bawah saya sudah tumbuh dua2 nya..
Sekarang umur saya 19 tahun 6 bulan dan wisdom tooth bagian atas baru mulai tumbuh..
Saat tumbuh selalu dibarengi dengan demam dan tidak enak badan..
Dulu gigi saya rapi tapi karena desakan wisdom tooth yg tumbuh, gigi saya tidak lagi rapi..
Penanganan yg baik bagaimana ya dok?
Bisakah dicabut dan pemasangan kawat gigi?

admin
March 23, 2016 12:01 pm

Dear Istiqomah,
Bagaimana posisi gigi bungsu anda yang tumbuh? Apakah miring ke arah gigi depannya? Bila gigi bungsu miring (impaksi) sebaiknya memang dicabut. Untuk penanganan gigi yang tidak rapi harus dilihat kondisinya terlebih dahulu supaya bisa ditentukan rencana perawatan yang tepat.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

eri milayanti
March 29, 2016 1:24 pm

Dok saya mau nanya tgl 26 saya cabut gigi geraham bungsu krn posisi miring setelah dicabut tidak dijahit dok… sekarang masih sering sakit rasanya dari telinga sampai kepala dok..kira2 sebabnya apa dok.. dan brp lama proses penyembuhanya dok?

admin
March 31, 2016 12:22 pm

Dear Eri Milayanti,
Rasa sakit yg anda rasakan seperti apa? Apakah sakit berdenyut atau nyeri tajam saat minum air dingin misalnya? Proses penyembuhan dapat terjadi dalam beberapa hari-minggu. Apakah anda diberikan obat-obatan? Bila diberikan antibiotik harus diminum teratur dan sampai habis. Bila masih terasa sakit bisa minum pereda nyeri. Biasa dokter juga sudah memberikan obat tersebut. Anda dapat kontrol kembali setelah 7-10 hari untuk mengecak bekas luka dan bila masih ada keluhan bisa dicari penyebabnya.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Sulistia
April 15, 2016 2:01 pm

Dokter, saya mengalami impaksi gigi geraham sebelah kanan, namun saya belum operasi pencabutan gigi, selain itu..saya mengalami keluhan luka di pipi bagian dalam sebelah kanan, seperti sariawan, namun lukanya lebih dalam, berwarna kekuningan, terasa sangat sakit jika saya menggerakkan mulut, apakah ini memang sariawan?apakah hal ini berbahaya?

admin
April 19, 2016 8:59 am

Dear Sulistia,
Apakah sariawan di pipi kiri letaknya dekat dengan gigi yang impaksi? Mungkin saja terjadi luka karena pipi tergigit terus menerus. Sariawan biasa akan sembuh dalam waktu beberapa hari, atau bila lesi traumatik (misalnya tergigit) akan sembuh setelah penyebabnya dihilangkan. Supaya lebih pasti sebaiknya anda datang ke dokter gigi untuk memeriksakan secara langsung. Tim dokter gigi kami akan senang hati membantu anda. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Dynar
November 3, 2018 8:37 pm

Ini persis seperti yang sy alami sekarang. Dulu luka seperti sariawan itu diobati apa y mba?

Dentia Dental
November 8, 2018 3:40 pm

Dynar,
Luka seperti sariawan dapat dibantu atasi dengan obat kumur, bila masih belum membaik segera periksakan ke dokter.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818, 0812-1023-5588

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Asfara Noory
April 30, 2016 4:33 pm

Dokter, saya baru melakukan odontektomi 1 minggu yang lalu, dan baru saja lepas jahitan. Setelah saya lihat ternyata bekas odontektomi meninggalkan lubang besar di gusi. Apakah itu wajar? Dan adakah cara untuk menutup lubang itu, dok?

admin
May 3, 2016 12:53 pm

Dear Asfara,
Setelah dilakukan odontektomi memang akan ada lubang bekas pencabutan gigi tersebut. Tidak perlu khawatir karena lubang tersebut akan tertutup setelah beberapa bulan. Anda hanya perlu menjaga kebersihannya saja.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Rahma yessi
May 16, 2016 2:24 pm

Dokter saya 3 minggu yg lalu sdh melakukan operasi geraham bungsu bawah bag kiri.sampai saat ini lubang bekas operasi msh blm mnutup dan bila terkena air dingin suka ngilu dan menjalar smpai sepanjang 3 buah gigi didepan beks pencabutan, saya juga masih merasa kurang nyaman di bagian rahang jg telinga,apakah hal ini masih wajar

admin
May 24, 2016 12:40 pm

Rahma,
sebaiknya dilakukan pemeriksaan untuk melihat kondisi gigi setelah pencabutan tersebut, biasanya gusi akan menutup daerah bekas pencabutan sekitar 3-4 minggu.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat. Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Mery Cahyadi
Dentia Dental Dentist Team

Kasih Mira
May 17, 2016 6:27 pm

dok usia saya kini 21 thn 4 bln,,,
be2rapa minggu blakangan ini saya mengalami gangguan digigi geraham kanan bwah,,,awalx gusi membengkak,,,kmudian gejala yg lain mulai mncul diantaranya kesulitan mengunyah&menelan,gigi nyeri,terkadang bagian rahang agk kaku, sedikit nyeri dibgian leher bawah gigi yg sakit+bawah telinga kanan+kepala+rongga mata
awalnya saya biarkan saja krna smcam gusi bengkaksakit gigi biasa,,tpi kemudian sakitnya berkepanjangan&cenderung bermasalah
,,,,,stlh sya perhatikan ternyata wisdom tooth menekan gigi depannya, shg posisi gigi depannya agak berubah miring
nah kebetulan gigi yg terdorong tsb mrpkn gigi berlubang, shg sakitnya pun bertambah
kira2 dok langkah pengobatan apa saja yg perlu saya ambil??perlukah saya mencabut terlebih dahulu gigi brlubangnya bru kmudian mnangani wisdom toothnya???

admin
May 20, 2016 7:29 am

Dear Mira,

Pertama-tama, untuk mengetahui treatment apa yang paling sesuai untuk masalah kamu, lakukan foto rontgen untuk mengetahui detail posisi gigi bungsu dan sejauh mana kerusakan gigi di depannya, selanjutnya silahkan lakukan konsultasi dengan dokter gigi, untuk membantu kamu memberikan solusi terbaik untuk masalah gigi kamu. Kami tidak dapat menentukan secara pasti treatment apa yang sesuai untuk kamu melalui media ini,dikarenakan keterbatasan informasi yang kamu berikan.

Silahkan kunjungi klinik agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih detail dan mendapatkan solusi terbaik untuk kesehatan gigi kamu.

Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021 – 5635991 / 5635992 / 56327831
Terima kasih, Drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team

mira
May 24, 2016 7:11 pm

Trimakasih dok atas sarannya,,,
TUHAN YESUS Memberkati anda Amin!!!

Eka noviana
May 22, 2016 2:16 am

Dokter, saya sudah beberapa bulan ini mengalami sakit telinga ketika menguap…saya belum pasti karena gigi ato bukan tapi pas ditelusuri gigi geraham bungsu saya tumbuh miring kearah lidah dan ketika saya membuka rahang bagian daerah dekat dengan gigi tsb nyeri…saya belum konsultasi dgn dokter gigi lagi setelah pencabutan gigi yg tumbuh disebelah gigi geraham bungsu yg sakit ini per desember 2015 lalu..dan bagian pipi dalam saya tepatnya dibagian samping atas gigi geraham yg sakit itu bengkak dan ada titik merah..saya sentuh tapi tidak sakit…umur saya 25 jalan 26 dok..bahaya tidak dok bengkak nya itu?…kira2 solusi nya gimna ini ya dok apa harus dicabut?

admin
May 25, 2016 11:07 am

dear eka noviana,
gigi bungsu yang impaksi atau posisinya tidak benar dapat menyebabkan bengkak dan sakit saat membuka mulut. Bila sudah menyebabkan sakit sebaiknya dicabut saja.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Hartinik
May 22, 2016 10:27 pm

Pagi Dok….umur saya 36 tahun. Baru bbrp bln ini mengalami sakit pada gigi bungsu bagian bawah kiri. Sakit itu muncul disertai bengkak pada gusi daerah gigi bungsu tersebut. Kadangkala sakitnya hilang sendiri dan tau2 muncul kembali selang beberapa minggu kemudian. Hal itu terjadi berulang-ulang. Setiap sakit, saya periksakan ke drg. dan di beri obat antibiotik serta pereda nyeri/infeksi, lantas di sarankan hanya membersihkan bagian gigi tersebut. Pernah tidak saya minum obat dari dokter, dan sembuh dg sendirinya.
Mohon informasinya Dok….apakah merupakan solusi tepat, jika gigi bungsu itu di cabut saja??? Amankah dg usia saya???
Trimakasih..

admin
May 25, 2016 11:06 am

dear hartinik,
bila gigi bungsu sakit terus menerus dan sudah terjadi beberapa kali sebaiknya memang dicabut saja. Dengan usia anda tidak masalah, yang perlu dicek adalah posisi gigi dan akarnya untuk memperkirakan tingkat kesulitan pencabutan. Kemudian juga kesehatan dan obat-obatan lain yang anda minum harus dipastikan tidak ada yang menyulitkan operasi (misal: anda mengkonsumsi pengencer darah, ada penyakit jantung, darah tinggi, dll).
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Indah
May 27, 2016 2:02 pm

Dokter, 1minggu yang lalu saya operasi gigi geraham. Langsung dua sekaligus bagian bawah, untuk bagian kanan saat itu hanya dicabut biasa, namun dibagian kiri bawah sepertinya dokter kesulitan mencabut dan akhirnya dibor dulu kemudian di ambil, sampai sekarang bekas yg bagian kiri nyeri terus. Apakah itu wajar? Sedangkan kanan tidak sakit sama sekali. Dan bagaimana cara pembersihan daerah lubangnya karena sangat dalam dan tidak bisa menggunakan sikat gigi. Trimakasih dok

admin
June 6, 2016 8:31 am

dear Indah,
bekas operasi gigi bungsu membutuhkan waktu untuk penyembuhannya. Tetapi bila sudah 1 minggu masih sakit terus menerus tidak berkurang rasa sakitnya coba anda kembali ke dokter gigi anda untuk kontrol dan melihat apakah bekas lukanya baik. Mungkin saja terjadi dry socket sehingga sakit terus. Pastikan anda mengikuti instruksi pasca operasi dan meminum obat yang diberikan sesuai anjuran. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik, antiinflamasi, dan penghilang rasa sakit. Untuk membersihkannya cukup dikumur ringan saja sehingga sisa makanan yang masuk ke dalam lubang bisa keluar. Tidak perlu disikat.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat. Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Puput
June 12, 2016 5:02 pm

Dok, sy bru hr ini sadar kalo sy juga mengalami wisdom teeth, stelah buka internet.. Saya pikir hnya gusi bengkak biasa, uda seminggu ini.. Pdhl sy bln dpn akan mnikah, saya taluy klo hrs operasi dok.. Apakah lbh baik saya operasi stelah menikah?

admin
June 14, 2016 9:12 am

dear puput,
bila tidak ada keluhan apa-apa tidak harus segera dioperasi kok. tetapi jika sudah bengkak besar dan sakit puput harus minum obat dulu lalu setelah sembuh baru diangkat giginya. kalau tidak sakit tidak apa setelah menikah saja baru operasi.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat. Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Indah
June 13, 2016 1:45 am

Terimakasih dok infonya, ciri2 dry socket sendiri seperti apa dok… Skrg rada nyeri giginya sudah hilang. Namun gusi kanan saya sudah mulai mengecil, tapi yg kiri kok masih lubang besar bekas odontektomi. Apa itu wajar dok? Dan butuh berapa lama lubang tersebut menutup kembali? Trimakasih

admin
June 14, 2016 9:11 am

dear indah,
lubang pasca odontektomi membutuhkan waktu beberapa bulan sampai dapat menutup lagi. lubangnya akan menutup dari dalam, jadi selama belum tertutup anda harus menjaga kebersihannya, dikumur-kumur bila ada makanan terselip.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat. Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Feny putri
June 15, 2016 2:07 pm

Dokter sya sudah melalukan pecabutan gifi geraham bungsu kanan dan kiri,smua nya berjalan dgn lancar..
Yg sy rasa kan skrng gusi sy blom tertutup secara keseluruhan,jdi ketika sya mkan bnyk mkanan yg masuk didlm gusi yg berlubang,sudh sy kumur2 tp susah untuk keluar,apa yg harus sy lakukan? Jika sy diam kan sja apakah berbhaya?trimkasih

admin
June 21, 2016 10:58 am

dear Feny Putri,
setelah pencabutan gigi bungsu, gusi dan tulang butuh waktu beberapa bulan untuk menutup kembali. Bila ada sisa makanan yang masuk ke dalam lubangnya sebaiknya dikumur sampai keluar, bila sulit bisa disemprot menggunakan air bertekanan tinggi (misalnya menggunakan spuit atau mesin khusus untuk membersihkan sisa makanan di sela gigi). Bila didiamkan saja akan menimbulkan bau mulut karena sisa makanan yang membusuk.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat. Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Aulia
June 20, 2016 2:03 pm

Malam dok, saya mau tanya, kalo benang jahit terlepas dlm waku kurang dari 24jam stelah operasi, efeknya apa ya? Soalnya saya spt itu, tp tidak perdarahan, bengkak atau nyeri, paling terkdang hanya ngilu2 sedikit yg masih bisa diatasi. Sayatan di gusi saya jadi tidak menyatu dok, apakah akan tetap spt itu atau akan menyatu nantinya? Kalo saya lihat juga sepertinya tidak ada gumpalan darah yg terbentu di bekas operasi, apa saya mengalami dry socket?

admin
July 18, 2016 11:04 am

Dear Aulia,
Biasanya jahitan pada luka operasa ada lebih dari 1 jahitan. Apabila yang lepas hanya 1, kemungkinan masih tidak bermasalah. Namun jika lepas semua, sebaiknya kembali dijahit supaya penyembuhannya berjalan dengan baik, tidak menimbulkan komplikasi, dan gusinya kembali menyatu. Jangan memegang luka dengan jari kaena akan menyebabkan infeksi. Dry socket dapat saja terjadi apabila sama sekali tidak ada darah di lubang bekas pencabutan, dan tandanya adalah terasa sakit sekali. Disarankan agar Aulia kembali ke dokter gigi tsb untuk diperiksa mengenai kondisi jahitannya.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat. Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

indra
August 2, 2016 1:41 am

pagi dok saya baru saja cabut gigi gusi sebelah kiri paling ujung.
setelah saya perhatikan terlihat tulangnya dok. apakah itu akan tertutup. dan berapa lama proses penyembuhannya dok??

admin
August 12, 2016 7:01 am

Dear Indra
Soket atau lubang bekas pencabutan rata-rata mulai menutup dalam waktu 1 minggu namun baru benar-benar sembuh dalam 1 bulan. Namun tingkat penyembuhan setiap orang berbeda bergantung pada usia, asupan nutrisi, konsumsi vitamin, kebiasaan buruk merokok dan sebagainya. Jika terlihat tulang saat baru dicabut itu tidak apa-apa, namun jika ada rasa sakit yang dasyat segera kembali ke dokter gigi tersebut. Jika Indra ingin mempercepat penyembuhan dapat menghindari rokok, konsumsi vitamin C dan hindari menghisap/memainkan lidah didaerah bekas pencabutan.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Astrid
Dentia Dental Dentist Team

Riska
September 4, 2016 12:57 pm

Dok..
5hr lalu saya melakukan pencabutan gigi bungsu bawah sebelah kiri, sebelumnya yang kanan sudah d operasi terlebih dahulu karena impaksi. Sekarang bila saya makan, ada sisa-sisa makanan yang masuk lubang bekas cabutan. Sudah kumur tapi tidak bisa keluar karena dalam sekali, pertama saya gunakan tusuk gigi untuk mengangkat sisa makanan pun tidak berhasil. Saya sudah kumur-kumur agak keras tapi tetap tidak bisa keluar. Menggunakan tekanan air yg deras pun tidak keluar. Sekarang rasanya sakit dan mengganjal. Juga agak perih seperti sariawan. Apakah sisa makanan di soket tersebut berbahaya atau tidak? Saya ingin ke dokter tapi terbentur jam kerja. untuk sementara ini apa yang harus saya lakukan? Karena saya takut ada efek yang akan ditimbulkan. Terima kasih dok sebelumnya..

admin
September 6, 2016 4:45 am

dear riska,
sisa makanan yang masuk dalam soket sebaiknya dikeluarkan, bila sulit sekali walaupun telah diberi air tekanan kencang dan sekarang terasa mengganggu sebaiknya anda kembali ke drg untuk kontrol dan membersihkan lubang bekas operasi nya. untuk sementara anda dapat menggunakan obat kumur antiseptik. jangan gunakan tusuk gigi karena dapat melukai gusi.
Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat. Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Riska
September 9, 2016 8:33 pm

Terima kasih dok..
saran nya membantu sekali..

Yulia
September 12, 2016 6:25 am

dokter saya mau tanya,, tgl 26agustus 2016 saya operasi odontektomi 7 gigi impaksi sekaligus sekalian pasang pen dan rantai platina dirahang kiri krna tulang rahang jd tipis dan rawan patah stlh operasi
saya jga skrg sdg menjalani terapi syaraf sejak tgl 5sep16 dgn obat karena pasca operasi seluruh pipi kiri sampai dagu mati rasa..
yg mau saya tanyakan, td pagi dibelakang geraham bawah kanan ada makanan nyangkut di gusi bekas operasi gigi nmr 48, saya coba sikat gigi masih belum dapet yg nyangkut itu, akhirnya saya coba brsihkan pelan2 pake cotton bud, saya lihat ada lapisan putih dan gusi saya hitam dan mengeluarkan cairan hitam yg bau beserta beberapa plak yang ngangkut disana.. apakah itu normal dok? atau apakah itu ciri2 geraham blkang saya didekat gusi bekas operasi itu bolong? mhon jawabannya ya dokter

admin
September 17, 2016 1:39 pm

dear yulia,
plak dan sisa makanan yang ada di socket bekas operasi sebaiknya dikeluarkan dengan dikumur-kumur, bila anda menggunakan cotton bud jangan samoai bekas luka nya tertusuk. apakah cairan hitam yang anda maksud adalah darah kering? apakah ada rasa sakit pada socket tersebut? bila ada keluhan sakit segera periksakan ke dokter gigi untuk cek apakah bekas luka nya terinfeksi.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

An
September 20, 2016 8:51 am

Dear dokter, Saya An umur 20
Gigi geraham sebelah kiri saya no.6 berlubang cukup besar dan dalam, awalnya terjadi pada dua tahun yg lalu krn retak pas lagi makan makanan yg keras, lalu gigi yg retak itu diambil dan sempat ditambal sementara, sudah bolak balik dan akhirnya sama dokternya mau dicabut, krn saya takut akhirnya ditambal permanen. Lama lama tambalan permanennya semakin terkikis, bulan juli kemarin pas saya makan tiba-tiba terasa sakit, berdenyut denyut, sampai nggak tahan lagi akhirnya saya ke dokter gigi utk periksa, tambalannya diambil dan ternyata lubangnya sudah besar dan dalam. Untuk memastikan tindakan apa yg mau dilakukan saya harus di rontgen dulu, kata dokternya kalau lubangnya sudah mencapai akar tidak ada harapan lagi utk dipertahankan, tapi kalau belum sampai akar masih bisa dilakukan perawatan saluran akar. Dari hasil rontgen ternyata gigi geraham bungsu bawah kanan kiri impaksi angular tapi dua duanya belum tumbuh. Jadi saya harus gimana dok, apakah gigi geraham yg lubang dan sakit itu perlu dilakukan perawatan saluran akar, dan apakah gigi impaksi harus dibuang dua duanya dengan operasi? saya juga mau rincian harga utk PSA dan operasi gigi impaksi, terima kasih dok.

admin
September 27, 2016 4:58 am

dear an,
bila kondisi giginya masih memungkinkan untuk ditambal atau dibuatkan restorasi, sebaiknya gigi 6 tersebut dirawat saluran akar. bila sudah tidak bisa ditambal atau lubangnya terlalu dalam sampai terkena akar, maka gigi terpaksa dicabut. gigi geraham bungsu yang impaksi memang sebaiknya dioperasi namun yang harus diutamakan sekarang adalah gigi geraham yang sakit berdenyut-denyut. maaf kami tidak membicarakan harga di media ini.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

An
September 27, 2016 8:08 am

terima kasih dok.. tgl 21 kmrn sudah dicabut gigi geraham no.6 krn selain berlubang besar dan dalam giginya sudah goyang, jadi tidak ada harapan lagi utk dipertahankan. setelah geraham no.6 dicabut apakah geraham 7 bisa maju? atau apakah gigi geraham yg sudah dicabut itu harus digantikan dengan gigi palsu? krn jujur saja rasanya tidak enak ada ruang kosong yg besar dok, sisa makanan selalu masuk. terus kalau sisa makanan masuk ke lubang bekas cabutan, apakah berbahaya dok? saya selalu bersihkan pelan-pelan dg cotton bud setelah makan. saya juga jadi kesulitan mengunyah krn sampai skrg saya hanya mengunyah pakai gigi sebelah kanan. tapi keluhan sakit berdenyut denyut sudah berkurang, rasa sakit setelah dicabut juga sudah berkurang.

admin
September 30, 2016 5:34 am

Dear An,
Bila gigi 6 nya dibiarkan kosong, gigi 7 di belakangnya bisa maju, dan gigi lawannya juga bisa turun. Sebaiknya space yang kosong segera diganti gigi palsu. Wajar kok bila ada sisa makanan masuk, dikumur pelan saja supaya sisa makanan bisa keluar.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

An
September 30, 2016 4:02 pm

terima kasih dok atas sarannya.. 🙂

Krystian efraym
September 28, 2016 12:36 pm

Dok, sudah 2 rahun blakangan ini saya merasakan sakit pada kepala, akhir tahun kemarin saya baru sadar akan wisdom tooth yang muncul, setelah lama saya perhatikan ternyata wisdom tooth tumbuh agak mirirng dan mendoronh geraham yang ada di depannya, dan gusi yang tidak sempurna karana separuh gigi wisdom tertutup gusi, pada kasus ini sering kali dalam udara yang dingin gusi menjadi agak bengkak dan sakit kepala sebelah kiri disertai nyeri otot pada bahu kiri.memang gigi wisdom yg tumbuh di sebelah kiri tidak begitu sama sakitnya saat yang di sebelah kanan dlu tumbuh..apakah pada kondisi gigi yang miring dan separuh tertutup gusi perlu dilakukan langkah pencabutan dengan pembedahan?terima kasih

admin
October 5, 2016 11:11 am

Dear Krystian,
ya untuk gigi bungsu yang impaksi (tumbuh miring, tidak sempurna) sebaiknya dilakukan pencabutan dengan bedah kecil.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

dmel
September 30, 2016 12:16 pm

Dok saya mau tanya..baru kmtn saya operasi odontectomy…3 gigi bungsu…nah gigi bawah saya nempel dgn tulang rahang,sehingga saat selsei oprasi dikasih tau kalo tulang rahang bawah kiri saya retak….apa yg harus saya lakukan?apakah bisa menyembuhkan secara alami?oia skr muka saya bengka sekali,dan bibir bawah saya mati rasa…terima kasih

admin
October 5, 2016 11:10 am

Dear Desi,
pipi bengkak setelah operasi gigi bungsu adalah hal yang wajar, tergantung reaksi tubuh setiap orang. Konsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter secara teratur, nanti kondisi pipi akan kembali normal. Untuk rasa baal yang belum hilang, anda dapat mengkonsumsi vitamin B, seperti neurobion, untuk membantu penyembuhan saraf yang terluka. Untuk tulang yang retak, bisa sembuh dengan sendirinya tergantung retaknya. Hal ini sebaiknya konsultasikan lagi dengan dokter bedah mulut anda.

Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Ahmad ilham
October 7, 2016 4:01 pm

Salam dok,
Saya mau tanya apakah gigi graham tumbuh miring bisa menyebabkan telinga menjadi tuli? Dan apakah perlu untuk melakukan pencabutan pada gigi tsb? Soalnya gigi tersebut belum sempurna tumbuh. Mohon pencerahannya dok, trimakasih 🙂

admin
October 10, 2016 9:04 am

Dear Ahmad,
Apakah anda sudah memeriksakan telinga yg hilang pendengaran ke dokter THT? Mungkin ada penyebab lain untuk masalah telinga anda. Gigi yang tumbuh miring sebaiknya dicabut, karena miring pasti tidak bisa tumbuh sempurna, dapat menyebabkan sisa makanan terselip, dll.Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Irene Puspitasari
October 11, 2016 9:54 am

Dear Dokter,

Tanggal 26 September 2016 saya operasi gigi impaksi rahang atas kanan yang akar giginya panjang sampai ke sinus, sehingga pada saat operasi dan pencabutan, satu jam setelahnya keluar darah lewat hidung, kemudian disuntik anti pendarahan dan diberi Kalnex. Pipi kanan bengkak besar sekali, namun sudah mengecil sedikit demi sedikit. Seminggu setelah operasi, tanggal 3 Oktober saya rontgen untuk mengetahui apakah ada sinus yang terluka atau tidak, dan ditangani oleh Spesialis THT, kemudian hasil rontgen sinus bagus, namun terdapat air fluid di sinus maxilla kanan, yang akhirnya di pungsi irigasi oleh Spesialis THT, dan skrg tidak lagi pendarahan. Kemarin malam, dua minggu setelah operasi, 10 Oktober 2016, saya kontrol ke Bedah Mulut yang mengoperasi saya, dan buka jahitan. Yang mau saya tanyakan Dokter, sudah dua minggu langit-langit sebelah kanan bekas injeksi bius waktu operasi masih baal sampai sekarang, padahal sudah dua minggu. Dan semalam diberi dokter Neurodex untuk dikonsumsi 1 kali sehari, dan saya baru mengkonsumsi 2 kali sampai hari ini. Saya mau tanya Dok, apakah rada baal saya ini akan berkepanjangan? Atau haruskah saya konsultasi ke Spesialis Syaraf? Karena rasanya baal di langit-langit atas kanan sangat tidak nyaman dan membuat tidak nafsu makan. Terima kasih Dokter. Salam, Irene.

admin
October 18, 2016 6:00 am

Dear Irene,
Baal yang anda rasakan bisa jadi berkepanjangan, bisa untuk sementara atau menetap kemungkinan karena ada jaringan saraf yang terluka. Vitamin saraf yang dokter berikan sebaiknya diminum secara rutin ya, untuk membantu penyembuhan sarafnya. Bila rasa baal tidak kunjung hilang boleh saja bila anda ingin berkonsultasi pada dokter saraf.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

satria
November 5, 2016 12:24 am

Dok kemarin saya habis cabut gigi paling bawah paling belakag pendarahan cukup banyak dok. Sampe gumpalan darahnya sekarang memenuhi bagian luar gigi/di area pipi apa itu tidak apa dok

admin
November 14, 2016 7:30 am

Dear Satria,
Tidak apa2 nanti gumpalan darahnya akan hilang sendiri. Yang penting sudah tidak sakit lagi.Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Winda
November 7, 2016 10:36 am

Dok, sudah 1 minggu ini saya mrasakan sakit pada gigi paling belakang, kbtulan gigi paling blakang (bungsu) saya diatasnya masih tertutup gusi, tp saya kira sakit yg saya alami karena gigi bungsu saya mau tumbuh. Tp anehnya di gusi tersebut ada luka seperti sariawan. Apakah itu normal dok, mnelan pun sakit dan kdng saya sulit mmbuka mulut dan makan jg. Saya blm k dokter, tp saya sudah mncoba mmkai paracetamol asam mefenamat sama ibuprofen buat pnahan nyrinya. Kira2 knp yah dok dgn gigi saya

admin
November 9, 2016 5:11 am

Winda,

Untuk gigi yang sudah menimbulkan keluhan sebaiknya segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat, pemakaian obat hanya bersifat sementara karena tidak memperbaiki masalahnya.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Aditya
November 9, 2016 3:26 pm

Selamat malam. Saya mau bertanya saya mengalami nyeri di bagian leher dan telinga belakang..lalu dianjurkan utk rontgen gigi dan ternyaata gigi saya impaksis…saya lalu dioperasi tetapi stlh dioperasi rasa sakit tdk berkurang..bahkan terkadang bekas operasi masih terasa kaku…dan sy masih merasakan nyeri dr leher sampai telinga…kenapa ya? Mohon informasi..

admin
November 12, 2016 3:10 am

Dear Aditya,
Bila sakit masih ada di bagian leher dan telinga, mungkin sakitnya bukan berasal dari gigi yang impaksi. Coba periksakan ke dokter saraf. Untuk bekas operasi bila masih sakit sebaiknya anda kontrol kembali ke dokter gigi.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

jessica katherine
November 12, 2016 5:50 am

selamat siang dok…
Saya ingin bertanya masalah keluhan di gigi saya…
Saya sebelumnya sudah melakukan operasi pertama krna terdpt kista di gigi tp pada kenyataanya stlh di lakukan rontgen ke 2 x masih terdapat kistanya di dalam nya. Dan dktr nya menganjurkan untuk operasi ke 2 x nya stlh melakukan operasi ke2 saya mengalami anh di mulut saya , di dalam mulut saya bnyk sariawan pdhl saya tidak makan gorengan dan makan an smua d pantang oleh orgtua agar bekas operasi cpt kering, jahitan nya sudah d buka tetapi klu saya membuka mulut terlalu besar rsanya sakit dan perih…
truz yang anh nya begini dok,, Operasi d lakukan sblh kanan dan pda akhrinya saya mkan sblh kiri tetapi lama kelamaan gigi sblh kiri saya yg sakit sprti tertekan n ngilu nyut’ dan saya mencoba makan d sblh kanan dgn makanan yg lmbt tetapi sakit jd saya bggng cara makan saya harus d sblh mana lg…
truz bekas operasi sblh kanan ini masih kebal atw tebal pdahal saya sudah mnum obat neurobion itu
bagaimana dok caranya mengatasi masalah keluhan saya itu ????
mohon untuk d jelaskan dok
terima kasih sblm nya….

admin
November 19, 2016 1:23 pm

Dear Jessica,
Kista yang telah dioperasi memang bisa timbul lagi dan perlu operasi lagi. Apakah anda sering sariawan sebelumnya? Rasa sakit dan perih bila membuka mulut besar di bagian bekas operasi? Bila operasi nya besar, tentu perlu waktu lebih panjang untuk penyembuhannya. Cobalah makan yang lembut dulu untuk sementara. Rasa kebal pada bagian bekas operasi bisa sementara atau menetap, dan tidak dapat diketahui berapa lama. Hal itu terjadi karena ada saraf yang terluka. Penyembuhan saraf membutuhkan proses yang cukup lama, untuk membantu penyembuhan nya sebaiknya minum terus neurobion yang diberikan dokter. Bila anda masih merasa sakit anda dapat kembali kontrol ke dokter gigi untuk memastikan kondisi bekas operasi nya.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Iis
November 14, 2016 4:19 pm

Dok 2 minggu setelah OD bekas cabutan masih berlubang dan bawah ” gigi seperti bengkak.bagai mna cara merawat bekas lubang di kumur masih banyak sisa makanan.obat apa yang harus sy bki karna obat dr dokter aydah habis smua

admin
November 19, 2016 1:22 pm

Dear Iis,
Apakah masih terasa sakit di bagian bekas operasi? Bila tidak ada sakit tidak apa2. Lubang bekas pencabutan gigi baru akan tertutup setelah beberapa bulan. Untuk sekarang anda bisa berkumur ringan untuk membersihkan sisa makanan nya, atau gunakan semprotan air bila masih ada sisa makanan yang susah dikeluarkan. Tidak perlu minum obat lagi. Bila anda ragu akan kondisi bekas pencabutannya, sebaiknya anda kembali kontrol ke dokter gigi.Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Anna Aurelia
Dentia Dental Dentist Team

Nadia
December 2, 2016 4:48 pm

Selamat malam dok. Mohon pencerahannya. 3 hari lalu saya operasi geraham bungsu. Hari 1-2, terlihat gumpalan hitam darah di atas gusi. Tapi skrg hari ke 3, gumpalan darah hitam itu sudah tidak ada dan malah muncul seperti tulang putih menonjol dr dalam lubang gusi bekas gigi yg dicabut. Apakah ini normal? Sy tidak merasakan sakit atau bengkak. Tp khawatir apakah gumpalan darahnya terlalu cepat hilang dan hal ini bisa menyebabkan dry socket? Terima kasih sebelumnya 🙂

admin
December 6, 2016 11:51 am

Dear Nadia,
salah satu tanda dry socket adalah terasa sakit. Kemungkinan besar itu bukan dry socket. Mengenai warna putih bisa juga tulang yang belum tertutup gusi karena belum sembuh, atau memang terdapat sisa gigi yang belum tercabut. Coba ditanyakan saja ke dokter gigi tsb pada saat pencabutan benang.
Silahkan kunjungi klinik kami agar dapat dilakukan pemeriksaan dan mendapatkan solusi terbaik untuk gigi sehat anda.

Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021 – 5635991 / 5632831/5130-0818

Terima kasih, Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU, Dentia Dental Dentist Team

mey
December 8, 2016 6:00 am

siang dok…
tgl 22 nov kmrin sya lepas jahitan abis operasi gigi bungsu kanan bawah..
sampai sekarang sya merasa nyeri berdenyut saat minum atau berkumur..
memang tidak setia hari…berpa lama biasanya sembuh dok? umur sya 30 tahun..
terimakasih.

admin
December 13, 2016 10:44 am

Dear Mey,

Bila rasa nyeri yang dirasakan ringan,tidak perlu kuatir, walaupun kelihatannya lubang bekas pencabutan gigi nya sudah tertutup,luka bekas pencabutan itu sendiri membutuhkan waktu beberapa bulan untuk sembuh dan menutup secara total,rasa nyeri yang ringan,masih dalam batas normal.. bisa juga dijadikan pertimbangan,adakah gigi gigi di depannya yang berlubang,sehingga berpotensi menyebabkan rada nyeri juga.. bila anda merasa sangat tidak nyaman dan terganggu dengan rasa nyeri tersebut?silahkan kunjungi dokter gigi anda,agar dapat dilakukan pemeriksaan.

Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021 – 5635991 / 5635992 / 5632831

Terima kasih, Drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team

mey
December 13, 2016 8:03 pm

terimakasih dokter.
tidak ada gigi berlubang.apalagi jika saya gunakan untuk menguyah rasa nyerinya bertambah meskipun akan hilang dengan sendirinya dalam bbrpa jam sehingga saya takut untuk mengunyah disisi bekas pencabutan gigi.

admin
December 16, 2016 4:11 am

Mey,
Sebaiknya Mey kontrol ke dokter gigi untuk diperiksa penyebab pasti ketidaknyamanan yang dialami,agar mendapatkan solusi yang tepat.
Untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021 – 5635991 / 5635992 / 5632831/5130-0818

Terima kasih, Drg. Marsellina Soenarto, Dentia Dental Dentist Team

astri
December 16, 2016 2:05 am

selamat siang dok,
saya baru saja mencabut gigi bungsu saya, 3 hari yang lalu. menurut dokternya, kasus nya sulit, sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk mencabutnya. hampir 2.5 jam.
sampai sekarang masih bengkak dan saya masih mengkonsumsi ibuprofen dan antibiotik. .
yang mau saya tanyakan, pada saat proses pencabutan, alatnya tergesek ke sudut bibir saya, sehingga menyebabkan luka. sampai skrg (3 hari pasca operasi) masih nyeri dan lukanya belum kering (ada yang menghitam spt mau borok dan masih ada yang putih spt kulit yang mau mengelupas) dan membuat saya sulit untuk membuka mulut.
apakah ibuprofen dan antibiotik (amoxsan) yang saya konsumsi cukup? atau kah ada obat tambahan lagi untuk luka di sudut bibir saya? perlukah saya mengkonsultasikan ke dokter gigi atau dokter umum?

terimakasih

admin
December 19, 2016 11:21 am

Dear Astri,
luka di sudut bibir bisa diberi obat oles berbentuk gel atau cream khusus yang biasanya dipakai juga untuk mengobati sariawan di dalam mulut, contohnya aloclair gel.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

Eko P
December 27, 2016 12:53 pm

Selamat malam Dok,
Pada 16 Desember lalu saya mencabut gigi geraham bungsu bawah sebelah kiri. Lalu tanggal 26 Desember (sepuluh hari kemudian) saya melepas benang jahitan. Luka bekas jahitan dinyatakan normal walau lubang belum menutup. Tidak ada rasa sakit, sariawan, atau panas dok pasca pencabutan (bahkan obat anti nyeri hanya saya minum di hari pertama). Tetapi sampai hari ke 11 pasca operasi, saya liat di daerah gusi sekitar operasi (dan pipi bagian dalam) masih terdapat bengkak walau tidak besar sekali. Bengkak itu tidak terasa sakit atau ngilu. Sedangkan untuk bengkak di luar sudah hampir tidak ada (wajah saya sudah seperti biasa, sisa bengkaknya hampir tak terlihat)

Pertanyaan saya:
1. Apakah sisa bengkak itu berbahaya dok? Akankah sisa bengkak itu hilang sendiri, pasalnya ini sudah hari ke 11 pasca operasi? Bengkaknya memang tidak membesar sih dok, hanya saja masih tersisa
2. Saya sempat disuruh meminum obat anti inflamasi seperti cataflam 50, tapi karena saya cukup sensitif terhadap obat, sehingga saya menghindari nya. Lagipula sudah tidak ada rasa nyeri, apakah ada cara alami untuk mengecilkan sisa bengkak itu Dok?
3. Setelah cabut benang, saya melihat masih ada lubang bekas operasi. Apakah lubang itu rentan terkena infeksi Dok? Ataukah sudah aman karena sudah tertutup sebagian? Apakah konsumsi vitamin C dapat membantu mempercepat penyembuhan lubang dok?

Terima kasih atas jawabannya

admin
January 2, 2017 1:29 pm

Dear Pak Eko,
Pencabutan gigi geraham bungsu merupakan termasuk tindakan operasi kecil, karena itu penyembuhannya memang lebih lama dari pencabutan gigi biasa. Proses penyembuhan untuk operasi gigi geraham bungsu:
– 2-4 hari pasca pencabutan akan terlihat bengkak
– 1 minggu gusi sudah mulai menutup walau belum sempurna ( pencabutan benang) bengkak sudah sangat berkurang (tidak terlihat dari luar)
– untuk gusi menutup sempurna dengan baik 3 -4 minggu
– berfungsi normal tanpa ada rasa gangguan/ketidaknyamanan 1-3 bulan (lambat karena proses pembentukan tulang)

proses penyembuhan ini juga tergantung banyak faktor seperti usia, kebiasaan merokok, kebersihan mulut, asupan multivitamin/suplemen. Pada kasus pak Eko saya tidak melihat ada ketidakwajaran, jika bapak ingin mempercepat penyembuhan bapak bisa mengkonsumsi vitamin C, menghindari rokok, menjaga kebersihan dengan sikat gigi dan berkumur air garam/obat kumur betadin. Obat dalam kondisi bapak sudah tidak perlu dikonsumsi karena sudah tidak ada keluhan nyeri dan sisa bengkak yang ada merupakan proses penyembuhan/ reaksi radang karena sering kali pasien khawatir dalam membersihkan daerah bekas operasi sehingga kurang optimal. Semoga informasi ini dapat membantu ya pak.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Astrid
Dentia Dental Dentist Team

Jacinta
February 6, 2017 8:18 pm

Dok, Gigi geraham bungsu saya tidur ( horizontal) , saya sudah ke dokter dan dokter menyarankan agar gigi gerahamnya dipotong , tidak dicabut karena di dekat akar gigi saya ada pembuluh darah besar. Apakah metode ini lebih aman, Dok?
Apabila dipotong, apakah gusi dijahit atau tidak perlu dijahit, dok? Apakah benar akar gigi yang tidak dipotong bisa maju sehingga suatu hari dapat dicabut tanpa mengenai pembuluh darah?
terima kasih

admin
February 7, 2017 9:45 am

Jacinta,
Bila mungkin diusahakan dicabut semua tapi bila terpaksa akarnya bisa saja ditinggal . Gusinya tetap dijahit . Untuk maju atau bergerak butuh waktu lebih dari setahun.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI
Dentia Dental Dentist Team

admin
February 7, 2017 9:46 am

Jacinta,
Bila mungkin diusahakan dicabut semua tapi bila terpaksa akarnya bisa saja ditinggal . Gusinya tetap dijahit . Untuk maju atau bergerak butuh waktu lebih dari setahun.

Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI
Dentia Dental Dentist Team

Ranti
February 8, 2017 12:55 pm

Dok umur saya 17th. Terus sekarang saya mengalami wisdom teeth. Waktu saya lihat ada gigi yg terlihat sedikit. Itu rasanya sakit sekali. Gimana cara penangannya. Saya takut operasi. Dan harus mikir” lagi buat biaya operasi angkat wisdom teeth.

admin
February 13, 2017 1:27 pm

Dear Ranti,
satu-satunya jalan adalah dengan membuang gigi tersebut. jangan takut dioperasi karena pengangkatan wisdom tooth hanyalah operasi kecil, tidak seperti operasi lain yang harus dibius total. Segeralah berkonsultasi dengan dokter gigi untuk diberi obat terlebih dahulu. Setelah sakitnya reda baru dapat dilakukan operasi kecil.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

sherly
February 22, 2017 5:03 am

Dok, saya mau tanya. Kenapa ya gusi di gigi bungsu saya sakit padahal gigi bungsu sudah lama keluar dan tidak merasa sakit waktu itu? Saya takut nanti gusi kembali menutup gigi bungsu soalnya ada gusi kecil di atas gigi bungsu saya dok

admin
February 27, 2017 5:56 am

Dear Sherly,
Kelihatannya tdp peradangan di gusi dekat gigi bungsu, penyebabnya bisa bermacam-macam spt faktor kebersihan atau tergesek dgn gigi lawannya saat dipakai mengunyah. Diperiksakan lbh lanjut ya agar segera teratasi.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Trini S. Pramudita SpKG
Dentia Dental Dentist Team

admin
March 3, 2017 10:03 am

Sherly,
gusi yang terasa sakit biasanya akibat dari peradangan yang terjadi pada area sekitar gusi tersebut karena adanya sisa kotoran yang tidak dibersihkan dengan baik. Hal ini dapat terjadi karena gigi geraham bungsu yang tidak dapat tumbuh ( erupsi) dengan sempurna akibat dari posisi gigi yang tidak seharusnya. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan baik secara klinis dan radiologis (rontgen gigi) sehingga dapat menentukan diagnosa dan perawatan yang tepat.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Mery Cahyadi
Dentia Dental Dentist Team

Panji Handoko
February 25, 2017 3:18 pm

Malam dok, tanggal 24 feb kemaren saya melakukan pencabutan wisdom teeth, dan kapas yang menyumbat lubang juga sudah saya cabut dan meninggalkan lubang yang cukup besar. apakah harus saya sumbat terlebih dahulu menggunakan kapas lagi atau dibiarkan? saya pikir kalo makan, makanan bisa masuk ke sela tersebut, jika masuk ke sela tersebut apa yang harus saya lakukan? takutnya infeksi dok. trims

admin
February 27, 2017 6:12 am

Panji,

Setelah pencabutan wisdom teeth biasanya anda harus kembali kunjungan ke dokter gigi ybs. Silahkan kembali ke dokter gigi anda.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

Claudia
March 2, 2017 6:47 pm

Dok, setelah 3 minggu pasca oprasi pengangkatan gigi graham bungsu, sudah tidak bengkah tp terkadang saya terbangun malam hari dikarenakan nyilu di bekas oprasinya dok. Sudah konsul ke dokter beberapa kali dinyatakan baik2 saja bekas lukanya. Kira2 kenapa ya dok hal ini terjadi? Terima kasih

admin
March 8, 2017 10:28 am

Claudia,
jika rasa nyeri masih berlanjut setelah luka paska operasi gigi sudah menutup maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Mery Cahyadi
Dentia Dental Dentist Team

eko sulis
March 11, 2017 4:35 am

siang dok…sktr 9 hri yg lalu sy mlakukan pencabutan wisdom teeth bawah kanan dan kiri juga geraham atas satu, pasca operasi pipi kanan bengkak besar sdangkan yg kiri tdk bengkak cma utk mnelan sakit sktr 2 hari, ttpi stlh 6 hri kmudian yg sblh kiri bengkak sptnya sktr tenggorokan jd utk menelan sakit mlebihi 1-2 hri pasca operasi, nyeri dan untuk buka mulut sakit sekali hny sktr 1cm (padahal sblmnya tdk bhkn pasca operasi bsa gosok gigi dan buka mulut cukup lbr), klu dipaksa sakit disktr area telingga dan rahang bawah, apakah itu normal? dan brp lama bsa pulih spt semula? terimakasih

admin
March 18, 2017 6:13 am

Hallo Eko Sulis,
Komplikasi pasca pencabutan gigi yang kamu alami kemungkinan diakibatkan oleh drysocket/ alveolar osteitis. Drysocket biasanya terjadi bbrp hari setelah pencabutan, diakibatkan terlepasnya bekuan darah dari tulang alveolar dan mengganggu proses penyembuhan. Silahkan lakukan kontrol ke dokter gigi agar mendapatkan penanganan segera.

Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Marsellina S.
Dentia Dental Dentist Team

Muhammad Marhamis
March 15, 2017 6:54 pm

Dok… Saya beberapa hari yg lalu mengalami sakit di gigi bungsu saya yg bawah bagian kiri terdapa sedikit bolong dan bengkak, pada gusi dan sekarang sudah berkurang sakitnya tetapi setelah saya lihat2 lagi masih sedikit bengkak dan setelah saya tekan perlahan ada cairan yg keluar dari gusi yg bolong sedikit tersebut cairan itu seperti nanah dan gigi saya tidak mengalami salah posisi, posisinya sempurna… Apakah perlu di cabut setelah mengalami ini… Dan gigi bungsu yg sebelah kanan, gusinya yg dekat gigi geraham membuka sedikit, kemarin saya kira ada bolong di gigi bungsunya tetapi tidak stelah saya bersihkan saya sikat2 ternyata
bersih tidak ada bolong sama sekali apakah apakah nantinya akan kebuka sendiri dok… Ini posisinya juga bagus tidak terjadi salah posisi

admin
March 18, 2017 6:03 am

Dear Muhammad,
Sebaiknya diperiksa dulu apakah bengkaknya disebabkan karena gigi bungsu tsb atau bukan. Jika memang benar dikarenakan gigi tsb, sebaiknya dicabut agar tidak kambuh lagi bengkaknya. Untuk gigi sebelah kanan, jika gusinya juga bermasalah sebaiknya juga dicabut.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke S. SpKG, FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

fauzan irfandy
March 19, 2017 2:00 am

dok bbrp minggu lalu sy baru melakukan pencabutan gigi bungsu sebelah kiri bawah karena akan mengikuti tes polisi. ini sudah 3 minggu pasca operasi, namun lubang bekas pencabutan tak kunjung menutup.
nah yg sy mau tanyakan apakah lubang pasca operasi tidak mempengaruhi nilai pada tes?

admin
March 21, 2017 11:28 am

Dear Fauzan,
Lubang pasca operasi untuk menutup sempurna memang membutuhkan waktu di atas 2 bulan. Namun jika sekarang kondisi gusinya sudah tidak meradang dan gigi lainnya dalam keadaan sehat, tidak akan mempengaruhi nilai test.

Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso, SpKG. FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

ramdhani
March 27, 2017 1:24 am

Dok setelah 10 hari bedah gigi geraham kiri bawah paling belakang karena miring, ko rahang sy cuma bisa dibuka 2 jari. Kalo dipaksa otot kuping kiri ketarik langsung budek sebelah. itu gimana ya dok ?

admin
April 3, 2017 10:37 am

Ramdhani
Kondisi itu disebabkan krn masih ada radang , untuk itu perlu antibiotik lagi dan fisioterapi.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Djoko Micni, SpBM FICOI
Dentia Dental Dentist Team

ulfah
April 30, 2017 5:19 am

Siang dok, gigi bungsu atas saya baru tumbuh,saya tidak merasakan sakit, atau demam kebanyakan org rasakan, apakah itu berbahaya? Namun ada daging yg lunak keluar menggantung, bagaimana solusinya dok?apakah daging tersebut berbahaya ?

admin
May 6, 2017 2:04 pm

Dear Ulfah,
Tidak semua gigi geraham bungsu berbahaya. Daging lunak itu mungkin gusi yang menutupi gigi yang baru mau tumbuh tersebut. Jika merasa ada bengkak atau rasa sakit, lebih baik gigi geraham bungsu itu dicabut. Jika tdk merasa sakit tidak masalah jika tidak dicabut. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami, Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

ina
June 10, 2017 12:12 am

pagi dokter. 3 bulan terakhir ins saya merasakan pelipis kanan suka ber getar diikuti dengan getarqn rahang. ternyata gusi saya yang kanan paling belakang terjadi robekan apt mau tumbuh gigi.dan getarannya sering kambuh. dan kurang lebih aatu bulan terakhir ini punggung atas bagian kanan sering sakit ngilu sekaki apalagi jika ada rangsangan dingin.bagian giginya sendiri tidak terkalu sakit.hasil panoramic wisdom teeth mmg dalam masa pertumbuhan dan kelihatannya agak sedikit mendesak gigi depannya.menurut dr gimana solusinya.apakah keluhan2 saya itu memang dari gigi yang mau tumbuh.

admin
June 14, 2017 6:16 am

Dear Ina,
bisa saja keluhan tersebut timbul akibat wisdom tooth. Namun tidak dapat dipastikan 100% berasal dari wisdom tooth tersebut. Sebaiknya dilakukan pencabutan gigi tersebut lalu dikontrol lagi apakah keluhannya berangsur hilang.
Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Ricke Santoso SpKG. FIPGU
Dentia Dental Dentist Team

dona
July 2, 2017 8:56 am

Sore dok, 2hari yang lalu saya demam, pusing dan badan saya ngilu seperti masuk angin, jadi awalnya saya pikir masuk angin. Tapi lama kelamaan saya merasakan gusi sakit, gusi yang menutupi gigi bungsu sedikit demi sedikit mengelupas. Sekarang gigi bungsu sudah terbuka namun gusi yang dulunya menutup gigi bungsu masih menonjol sehingga menjadi bengkak, rasanya sakit sekali bahkan hanya until menelan ludah pun sakit. Barusan saya minum asam mefenamat berharap rasa sakitnya reda, apakah yang harus saya lakukan selanjutnya dok? Gigi bungsu saya sudah tumbuh sempurna apakah harus dicabut? Atau gusinya harus dipotong?

admin
July 3, 2017 3:33 am

Dona,
Diperlukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan diagnosa perawatan yang tepat, obat penahan sakit hanya bersifat sementara. Untuk mengetahui kondisi gigi perlu dicabut atau tidak diperlukan pemeriksaan langsung.
Demikian penjelasan kami, semoga membantu
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Dentia Dental Dentist Team

lhia
July 18, 2017 10:05 pm

halo doc,
trmakasih untuk kolom pertanyaan yg tlh di sediakan.
sy 1mgg yg lalu cabut gigi atas, selang dua hari masih merasakan nyeri hebat. lalu sy control kembali dan dokter menjahit bekas gusi yg dicabut, selang dua hari kmudian jahitan tiba2 lepas sendiri dan sy control kembali dan dokter blg gusi sy dry socket. alhasil gusi sy dibersihkan dan dijahit ulang namun smpai saat ini sdh 3hr setelah dijahit sy masih merasakan nyeri. pertanyaan sy adalah..
1. apakah gusi yg sudah dijahit masih bs mengalami dry socket?
2. berapa lama gusi yg telah dijahit itu kembali menutup?
3 nyeri setelah dijahit pada normalnya akan hilang stelah brp lama? krn terus terang nyeri ini sangat mengganggu.
trmksh dok.

admin
July 24, 2017 11:51 am

Dear Ihia,
Dry socket merupakan kondisi ketika perdarahan saat pencabutan sedikit/tidak ada sehingga penyembuhan terhambat. Penjahitan yang dilakukan pada bekas pencabutan dilakukan untuk menahan obat yang diberikan di dalam soket dan mempercepat penyembuhan. Dry socket memang sangat lah menyakitkan sehingga biasa akan diberikan antibiotik dan anti nyeri. Soket akan mulai menutup dalam 7 hari, dan dibantu dengan obat nyeri rasa sakit akan berangsur berkurang. Penyembuhan soket secara menyeluruh (tulang sudah terbentuk) 2-3 bulan. Jika rasa sakit tidak berkurang maka sebaiknya kembali ke dokter gigi, karena ada kemungkinan soket mengalami infeksi dan perlu dibersihkan. Semoga informasi ini membantu ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
Dentia Dental Dentist Team

ApriliA
July 20, 2017 4:35 am

Dok,saya mau konsul saya baru saja cabut gigi geraham,kiri atas setelah pencabutan saya num obat dexa,declof,cotrim,setelah itu saya melakukan gerakan mulut,kok tiba2 mulutnya sperti miring kalo mencoba menutup mulut?seperti org stroke apa hub.nya dengn syaraf y dok?,trus bisa sembuh gk?makasih dok

admin
July 24, 2017 11:49 am

Dear Aprillia,
Kemiringan atau ketidakseimbangan membuka menutup mulut bisa terjadi oleh karena banyak hal. Stroke merupakan kelumpuhan otot yang disebabkan oleh gangguan saraf pusat, sehingga
tidak hanya membuka dan munutup mulut, semua otot pada regio tersebut akan lemah. Jika keluhan Aprillia hanya keterbatasan membuka mulut pada satu sisi, sakit pada sendi ketika membuka atau menutup mulut, atau ketidakseimbangan dalam membuka mulut maka kemungkinan ada gangguan pada sendi rahang / Temoro Mandibular Joint dan tidak berkaitan dengan pencabutan. Perlu pemeriksaan lengkap untuk memastikan hal tersebut.
Semoga informasi ini membantu ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
Dentia Dental Dentist Team

heri heriyanto
July 24, 2017 3:59 pm

Malam dok, saya ada masalah pada gigi graham paling atas sebelah kiri. Dulu ketika saya periksa ke dokter disarankan untuk mencabutnya, tapi karna belum menimbulkan masalah sakit jadi tidak saya cabut. Dam sekarang sudah beberapa hari ini terasa sakit senut2, gigi saya tumbuh menyamping mengenai pipi. Jadi apa tindakan yg saya harus lakukan saat ini?, terimakasih.

admin
July 27, 2017 3:18 am

Dear Heri,
Rasa sakit pada gigi yang sudah berlubang disebabkan karena infeksi. Jika sudah tidak dapat dipertahankan sebaiknya dicabut karena gigi tersebut akan menjadi sumber infeksi dan menyebabkan keluhan yang berulang.
Segera kunjungi dokter gigi untuk segera mendapatkan tindakan perawatan yang tepat.
Semoga informasi ini membantu ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
Dentia Dental Dentist Team

Elma
July 25, 2017 9:44 pm

dok mau konsul .. wisdom tooth ny udh ad sjak 2016 pertngahan pas brsihin krang ggi kata dkter nya ada ggi wisdom msh kecil .. katanya suruh cabut..tapi ga nurut 🙁 skrg gigi nya udh mulai keliatan brarti udh skitar stahun brarti udh dalem ya dok akar nya? smpe saat ini blum pernah ada keluhan .. belum sakit ..krna d bersihin tiap hri tumbuh nya miring ..cuma msh tkut sama operasi ny. gmna ya dok klo misal nanti ambil tndkn operasi apa kmungkinan komplikasinya kecil?

admin
July 27, 2017 3:12 am

Dear Elma,
Resiko dari operasi gigi bungsu bervariasi bergantung dengan posisi dan arah/ inklinasi gigi tersebut. Sebaiknya pengambilan gigi bungsu tidak ditunggu hingga ada keluhan, karena biasanya keluhannya tidak spesifik dan dapat sangat mengganggu, terlebih lagi jika gigi tersebut miring dan merusak gigi geraham sebelahnya. Sebaiknya Elma foto rontgen panoramik untuk mengetahui posisi dan tingkat resiko operasi gigi bungsu Elma. Sebaiknya kunjungi Spesialis Bedah Mulut, di klinik kami Elma bisa berkonsultasi dg Drg. Djoko Micni SpBM, FICOI.
Semoga informasi ini membantu ya.
Untuk informasi, konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, silahkan hubungi klinik kami,

Dentia Dental Care Center 021-5635991,5635992, 5632831, 5130-0818.

Terima kasih,
Drg. Astrid Dinda R. Hutabarat
Dentia Dental Dentist Team

1 2 3 4

Leave a Reply

December 2020
M T W T F S S
« Nov    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031